Merantau


Banyak sekali orang entah itu anak muda maupun orang dewasa yang tidak mau meninggalkan kampung halamnanya. Bahkan ada juga orang yang dari SD sampai kuliah di kota yang sama. Sampai tiba saatnya untuk mencari kerjaan yang mengharuskan orang tersebut untuk pindah, kengundahan hatinya pun mulai melanda.

Merantau yaitu perginya seseorang dari tempat asal dimana ia tumbuh besar ke tempat atau wilayah, kota, maupun propinsi lain untuk mencari kehidupan atau pengalaman yang belum pernah ia rasakan. Merantau juga memiliki arti yaitu bahwa anda berani meninggalkan zona nyaman hidup kamu ke zona yang sama sekali anda tidak mengetauhinya dan anda memulai semuanya dari nol. Selagi anda merantau pasti saja anda akan merasakan kesepian, kesendirian, dan tidak nyaman dengan suasana baru. Tapi meskipun sangat berat, hal berikut ini keuntungan yang kamu dapatkan jika anda berani untuk meninggalkan zona nyaman kamu di kampung halaman :

a.       Mendapatkan Hal Baru
Yang harus anda ingin bahwa dunia inti tidak hanya itu-itu saja. Banyak sekali orang-oranag di luar sana dengan segala pengalaman baru yang belum anda pernah coba untuk mengetauhinya. Ketika anda mau bernai mengambil langkah keluar dari znona nyaman di kampung halaman dan mencari hal-hal yang baru, maka dapat dipastikan anda akan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru ketika anda merantau.

b.      Menjadi Lebih Mandiri
Pernah kan anda merasa jika anda di kampung halaman, anda selalu saja mengandalkan orang tua jika terjadi sebuah masalah yang belum bisa anda selesaikan. Contoh misalnya saja sarapan pasti saja sarapan anda sudah siap di meja makan oleh orang tua anda, namun ketika anda mulai merantau untuk sarapan aja anda harus menyiapkan sendiri. Dari menyiapkan itu anda mulai dituntu untuk belajar mandiri dalam mengurusi diri sendiri.

c.       Menambah Ilmu
Memang benar untuk mendapatkan ilmu bukan hanya dari sekolah saja, anda dapat mendapatkan ilmu maupun pengetahuan dari orang-orang yang anda temui di lingkungan anda.  Jika anda berada di tempat yang baru bagi anda, anda akan mendapatkan pengetahuan dari orang-orang yang akan temui di lingkungan baru anda. Bukan bearti bahwa di kampung halaman anda, anda tidak akan mendapatkan ilmu tetapi jika anda merantau anda akan mendapatkan ilmu-ilmu yang baru dan belum anda tau sebelumnya.

d.      Mulai Menghargai Perbedaan

Ketika anda keluar dari zona nyaman di kampung halaman anda, anda tentunya akan bertemu dengan berbagai jenis orang-orang baru yang baru anda kenal dengan berbagai karakter beragam. Mungkin saja awalnya anda akan merasa aneh dengan beberapa perbedaan kebiasaan mereka dengan anda. Misal saja anda melakukan sebuah kebiasaan di kampung halaman anda dan ternyata saat anda melakukan kebiasaan dilingkukan baru, yang sudah menjadi kebiasaan anda tersebut ternyata kegiatan yang dilarang dilakukan di tempat anda merantau tersebut. Dengan berbagai ragam jenis maupun kegiatan tersebut maka anda akan mulai perlahan-lahan menghargai berbagai jenis perbedaan baru tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Merantau"

Posting Komentar