Mengajarkan Membaca Sejak Dini Dengan Cara Menyenangkan


            Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya yang cerdas, kreatif, dan memiliki pengetahuan yang sangat luas. Tentunya untuk membentuk karakter anak dambaan orang tua, memerlukan berbagi cara supaya dapat mengoptimalkan potensi anak . wajar saja bila orang tua sudah mengajarkan membaca pada usia yang masih dini asalkan tidak mengganggu masa masa bermainnya.

            Hasil penelitian ahli bidang perkembangan anak menyatakan bahwa usia 5 tahun awal kehidupan yang disebut sebagai golden age perkembangan otak manusia. Dimasa itu otak dapat menyerap informasi dengan baik . ole karena itu tidak ada salahnya bila orang tua mengajarkan membaca sambil bermain pada anak. Orang tua bisa menggunakan flash card atau yang di sebut juga bayi pintar.

            Flash card adalah alat bantu yang sudah lama digunakan dinegara maju dan efektif dalam proses mengajarkan membaca bagi bayi dan balita. Flash card digunakan dengan cara diperlihatkan kepada aank dan dibacakan secara tepat, masing masing  kartu hanya 1 detik . manfat dari flash card yaitu mengembangkan daya ingat , melatih konsentrasi , dan mendorong kreativitas imajinasi pada bayi dan balita.

            Untuk hasil yang diinginkan orang tua dan untuk menghindari kesalahan dalam mengajarkan bayi dan balita, perhatikan hal-hal berikut ini :

1.      Mengajarkan bayi dan balita membaca harus dalam keadaan dan suasana yang menyenangkan
2.      Di dalam mengajarkan bayi dan balita membaca harus dalam waktu singkat, cepat dan lembut jika bayi dan balita sudah terlihat bosan maka segera hentikan
3.      Ucapkan kata kata dengan jelas dan benar
4.      Hindari pemaksaan pada bayi dan balita
5.      Hindari proses pengajaran dengan terburu-buru karena proses penyerapan bagi bayi dan balita
6.      Ajarkan bayi dan balita dengan konsisten, minimal 1 kali sehari
7.      Jika anda punya kondisi yang memungkinkan, tunjukan benda asli dengan yang sudah dipelajari
8.      Berikan puluhan pujian maupun hadiah untuk menghargai kemauan bayi dan balita anda untuk belajar


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengajarkan Membaca Sejak Dini Dengan Cara Menyenangkan"

Posting Komentar