Manfaat Mendaki Gunung



Mendaki gunung merupakan kegiatan yang bisa di bilang mengaksikan dan juga menyeramkan. Mengaksikan karena saat mendaki ke gunung kita mendapatkan pemandangan yang sangat indah untuk memanjakan mata. Menyeramkan karena saat mendaki gunung kita tidak tau apa saja bahaya yang akan kita terima saat kita sedang mendaki. Mendaki gunung yaitu suatu merupakan kegiatan kombinasi antara olahraga dan kegiatan rekreasi untuk mendapatkan sebuah tantangan dilereng ataupun dijurang untuk mendapatkan pemandangan yang sangat indah dari atas puncak walapun saat mendaki gunung kita pasti akan mengalami berbagai macam kesulitan untuk sampai kepuncak.

Mendaki gunung juga pada dasarnya memiliki berbagai macam manfaat yang sangat banyak. Tentunya manfaat yang diberikan saat mendaki gunung ada yang dapat langsung dirasakan dan ada juga manfaat yang tidak langsung dirasakan. Apa saja yang manfaat mendaki gunung ? Berikut ini merupakan manfaat yang dapat dirasakan saat anda mendaki gunung :

a.       Memperkuat Otot-Otot
Mendaki gunung tentunya anda harus siap-siap dengan kekuatan otot anda. Karena untuk mendaki gunung tentunya anda harus dapat berjalan sangat jauh dan sangat terjal. Jika anda tidak kuat bisa-bisa anda tidak akan menuju puncak. Dengan mendaki gunung juga akan dapat membentuk otot-otot anda terutama otot-oto kaki. Karena kaki anda akan sangat dipacu untuk jalan sangat jauh dan sangat terjal.

b.      Pengalaman Baru
Dengan mandaki gunung juga bisa menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bagi anda. Karena dengan mendaki gunung  anda pasti saja mengalami beberapa pengalaman yang sangat seru. Entah itu pengalaman saat anda tersasar atau pengalaman ketika anda bertemu teman baru saat anda mendaki.

c.       Belajar Mandiri Dan Sabar
Saat mendaki gunung entah itu dari mana asalnya tapi tiba-tiba saja saat anda mendaki gunung anda akan mendapatkan pembelajaran yang baru tentang artinya sabar dan mandiri. Sabar karena saat anda mendaki sebuah gunung pastinya anda akan harus selalu sabar untuk mencapai puncak dari sebuah gunung yang anda daki. Saat anda mendaki juga sifat dari mandiri tiba-tiba saja keluar dari dalam diri anda karena saat anda mendaki sebuah gunung anda dituntut untuk melakukan segala hal seorang diri tanpa dibantu oleh orang lain.

d.      Sarana Olah Raga
Nah untuk manfaat yang satu ini biasanya, manfaat ini dirasakan oleh orang-orang yang sudah penat atau strees dengan pekerjaan atau orang-orang yang menganggap bahwa naik gunung merupakan sebuah olah raga. Memang benar saat anda menaik gunung pasti saja menyehatkan karena naik gunung dapat menguarkan keringat yang sangat banyak dan juga memperkuat otot-otot kaki khususnya otot-otot kaki.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Mendaki Gunung"

Posting Komentar