Sifat Yang Harus Dimiliki Pelajar


Dalam proses mencari ilmu sebanyak-banyaknya pasti saja banyak hal-hal yang bisa menjadi penghambat misalnya saja penghambatnya datangnya dari teman, orang tua, ataupun dari lingkungan. Contoh lainya juga saat sedang ujian sekolah, rasanya anda baru saja masuk sekolah atau kuliah kok tiba-tiba sudah ujian lagi. Memang waktu terasa begitu cepat, oleh karena itu anda sebagai pelajar harus memiliki sifat-sifat berikut ini yang dapat menunjang atau membantu agar anda tetap fokus dalam belajar dan tidak terpengaruh oleh lingkungan ataupun teman yang akan menghambat prestasi anda. Sikap-sikap ini lah yang harus dimiliki seorang pelajar :

Niat Yang Baik
Ketika anda sedang melaksanakan proses pembelajaran maka anda sebaiknya anda harus mempunyai niat yang baik, karena dengan anda memiliki niat yang baik maka anda pasti akan bersunggu-sunggu dalam mencari ilmu yang akan di berikan oleh guru anda. Pastikanlah niat yang anda tanamkan sebelum berangkat ke sekolah merupakan niat yang baik bukan niat yang buruk. Karena dengan niat yang buruk maka proses pembelajaran tidak akan didapatkan secara maksimal.

Sabar Dalam Mencari Ilmu
Sifat yang satu ini merupakan kunci sukses anda mencari ilmu. Karena jika anda tidak sabar mencari ilmu maka pasti anda akan tergesah-gesah dalam mencari ilmu, dan jika anda tergesah-gesah maka mareri yang anda dapatkan dari guru ataupun dosen tidak anda menyerap secara maksimal atau anda tidak memahami yang guru atau dosen anda sampaikan.

Rendah Hati
Jika anda mendapatkan nilai yang bagus saat anda ulangan atapun tes harian sebaiknya anda jangan terlalu cepat bangga atau menyombongkan diri. Jika anda sombong maka anda harus ingat kata-kata ini diatas langit masih ada langit yang lebih tinggi. Meliki sifat yang sombong dan cepat bangga merupakan rasa yang sangat tidak akan menguntungkan sama sekali. Karena dengan sifat itu anda bisa-bisa dimusuhin sama teman-teman anda saat anda memilki sifat itu.

Hormati Guru
Guru merupakan orang tua kita di sekolah. Jika guru merupakan orang tua kita disekolah maka, guru ini memiliki kedudukan yang sama dengan orang tua kita. Guru lah yang mengajari kita tentang ilmu-ilmu pengetauhan yang tidak di ketauhi oleh kita khususnya oleh para pelajar. Maka seharusnya anda menghormati seorang guru layaknya orang tua kita sendiri.

Catat Yang Diberikan Oleh Guru
Anda saat menjadi seorang pelajar ataupun mahasiswa anda harus rajin-rajin mencata apa yang menurut anda penting saat guru ataupun dosen anda berikan. Karena dari pengalaman penulis pribadi biasanya ulangan ataupun tes yang diberikan guru ataupun dosen biasanya yang keluar tentang materi-materi yang diberikan oleh dosen ataupun guru. Jadi saat anda menjadi seorang pelajar maka anda jangan pernah malas untuk mencatat apapun yang diberikan oleh guru atapun dosen.

Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pelajar jika anda ingin menjadi pelajar yang sukses.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sifat Yang Harus Dimiliki Pelajar"

Posting Komentar