Mengatasi Perbedaan Pendapat Di Dunia Kerja


            Di dalam dunia kerja kita sering sekali ada debat, konflik, maupun beradu argument baik denag bos , rekan dank lien di kantor. Biasanya kalau di perlombaan debat, anda bisa memakai jurus bertahan supaya menang, namun di dunia kerja untuk mengakhiri “perang” dibutuhkan cara yang sangat elegan. Setiap orang mempunyai hak untuk mengemukakan pendapt atau opini atau argumennya sendiri. Kadang pula anda anda memiliki perbedaan pendapat mengenai suatu masalah.

            Hal itu memang sangat wajar. Di bawah ini tips mengatasi perbedaan pendapat di dunia kerja  :
1.      Gunakan Bahasa Yang Halus
Sering kali acara debat berujung pada sebuah pertengkaran, jika anda ingin terhindar dari pertengkaran maka gunakan bahasa yang halus. Contoh kalimatnya “menurut saya pendapat anda bagus tetapi masih ada kekurangan mohon pertimbangkan lagi”

2.      Tersenyumlah
Saat seseorang megkritik anda, berilah senyuman agar anda bisa merendam emosi. Sama seperti respons menganggukan kepala saat sedang berargumen dan cara ini di yakini bisa membuat lawan bicara tertular sehingga suasana debat bisa lebih damai.

3.      Mencari Solusi Bersama
Di dalam debat bukan mencari ide siapa yang paling bagus dan layak, melainkan bagaimana cara kita mengombinasikan ide-ide menjadi jalan keluar dari suatu permasalahan

4.      Berpikir Positif
Di dalam dunia kerja anda harus berpikir positif walaupun ide anda ditolak oleh atasan anda atau penawaan kerjasama tak memikat hati klien. Karena di setiap kegagalan pasti ada hikmahnya.


Semoga bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Perbedaan Pendapat Di Dunia Kerja"

Posting Komentar