Cara Memilih Kayu Untuk Bahan Bangunan

Gambar ini diambil dari :properti.liputan6.com

Kayu merupakan sebuah bagian atau cabang serta ranting tumbuhan yang lama kelamaan akan mengeras karena mengalamu lignifikasi (pengayuan). Kayu sendiri banyak sekali digunakan untuk bahan bagunan atapun bahan-bahan lainnya yang sangat menguntungkan. Kayu dapat dijadikan tempat perabotan (meja dan kursi), bahan bagunan (pintu, jendela, dan rangkap atap rumah), dan masih banyak lagi. Kayu juga dipilih untuk dijadikan untuk bahan bagunan karena kayu memiliki kekuatan yang cukup kuat, cukup awet, dan mudah untuk dibentuk. Oleh karena itu anda sebagai orang yang ingin membuat rumah dari kayu ini harus selektif dalam memilih kayu. Untuk memilih kayu yang bagus untuk bahan bagunan rumah anda, anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini :

a.     Jenis Kayu
Jenis kayu yang digunakan merupakan salah satu penentu kekuatan kayu. Karena jenis kayu satu dengan jenis kayu yang lainnya kan berbeda kekuatan kayunya. Oleh karena itu anda harus menentukan dulu jenis kayu apa yang akan digunakan untuk bahan bagunan yang akan anda gunakan untuk membangun sebuah rumah.

b.     Cacat Kayu
Maksud dari cacat kayu disini yaitu ada sesuatuh hal yang akan mengurangi kekuatan kayu tersebuh. Sesuatu hal tersebut misalnya ada mata kayu, karena mata kayu ini akan merusak struktur dari kayu tersebuh sehingga akan menurunkan kekuatan kayu tersebut.

c.     Kayu Anti Rayap
Ini merupakan suatu kewajiban bagi kayu yang akan digunakan untuk bahan bangunan. Jika kayu tidak tahan terhadap rayap tentunya kayu tersebut akan mudah keropos, karena para rayap akan terus memakan kayu tersebut sampai kayu tersebut keropos. Jika sudah keropos kayu tersebut tidak akan kuat jika diberikan beban. Bisa-bisa rumah yang akan buat akan hancur karena kondisi kayu yang tidak kuat akan serangan rayap.

d.     Harga
Ini merupakan faktor yang sangat penting karena jika keinginan akan bangunan yang terbuat dari bahan-bahan kayu yang berkualitas namun tidak dibarengi dengan kondisi dompet yang tidak tebal sama aja bohong. Jadi jika anda keinginan yang mau terpenuhi tentunya anda juga harus memiliki uang yang pas agar cita-cita anda tercapai.


Berikut ini merupakan salah satu faktor-faktor yang bisa dijadian patokan untuk anda agar memilih kayu dengan baik.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memilih Kayu Untuk Bahan Bangunan"

Posting Komentar