Perempuan Di Dunia Politik

Pembahasan mengenai issue yang berkaitan dengan masalah gender merupakan issue yang sudah ada sejak dahulu namun masih menjadi sebuah pembahasan yang sangat menarik untuk dibahas. Dilihat secara benang merahnya isuue dari gender merupakan sebuah issue yang menuntut untuk memiliki kesetaraan hak antara pihak laki-laki dan juga pihak perempuan didalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Walaupun setiap orang sudah memahami ataupun mengetahui akan issue mengenai masalah gender nyatanya tetap saja jalan keluar dari issue ini sangat sulit untuk diselesaikan secara tuntuas.

Munculnya dan kentalnya issue gender di negara Indonesia tidak terlepas dari kebiasaan yang sudah sangat melekat didalam kehidupan masyarakat. Pemahaman masyarakat juga turut menyumbang mengentalnya issue gender di negara Indonesia. Pemahaman dan kebiasaan tersebut adalah bahwa laki-laki haruslah bekerja mencari uang untuk keluarganya sedangkan untuk perempuannya tugasnya haruslah berada di dapur. Ketika sudah terjadi pengkotak-kotakan peran dari laki-laki dan perempuan maka ketika seseorang melenceng dari peran tersebut maka akan dianggap tidak baik oleh masyarakat pada umumnya.

Namun didalam menjalani kehidupan sehari-hari setiap orang memiliki keadaan yang berbeda. Dimana keadaan yang dimiliki seseorang tersebut terkadang tidak bisa memenuhi ekspektasi dari pemahaman dari masyarakat tersebut. Ketika itu semua sudah terjadi maka penyimpangan dari pemahaman masyarakat menjadi suatu jalan keluar demi dapat bertahan hidup ditengah-tengan tuntutan kebutuhan hidup sehari-hari. Pada umumnya penyimpangan yang terjadi dilakukan oleh para perempuan.

Perlu diakui terkadang issue gender yang terjadi didalam masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari lebih cenderung menekan perempuan di bandingkan laki-laki. Contoh saja didalam pekerjaan saja mungkin untuk para laki-laki ketika bekerja hanya fokus satu saja yaitu bekerja sedangkan bagi perempuan ketika bekerja tentunya fokusnya tidak hanya satu seperti bekerja tetapi ada banyak sekali dari mulai memasak, kesehatan, dan masih banyak lagi tetapi tetap berkaitan dengan keluarga. Dengan banyaknya fokus tersebut ditambah dengan beben kerja dan kondisi tubuh yang berubah-ubah maka terkadang membuat perempuan diremehkan oleh para kaum pria ketika perempuan memilih bekerja disamping menjadi ibu rumah tangga.

Jika kita melihat bukti pastinya akan sangat banyak sekali dan mudah untuk ditemukan. Contohnya saja bisa kita lihat dari berbagai acara tv luar negeri pastinya ada banyak sekali yang mengangkat tema tentang issue gender ini. Tentunya tema tersebut berasal dari kenyataan yang ada di dalam diri masyarakat. Padahal tidak semua perempuan bekerja di berbagai bidang seperti bidang politik dipandang sebelah mata. Ada banyak sekali perempuan-perempuan hebat yang sudah bekerja dan terjun ke dunia politik dan mampu merubah wilayah yang dipimpinya menjadi lebih baik lagi dari berbagai aspek. Perempuan-perempuan hebat tersebut salah satunya yaitu Hj Ananda.

SIAPA ITU HJ ANANDA???

Untuk mengetahui akan profil dari Hj Ananda tidak ada salahnya para pembaca untuk melihat video dibahwa. Apalagi didalam video dibawah ini menunjukan berbagai macam prestasi yang dimiliki oleh perempuan yang memiliki nama Hj Ananda didalam dunia politik. Berikut ini adalah video dari profil perempuan yang memiliki nama Hj Ananda yaitu:

PENTINGNYA WANITA BERPOLITIK???

Jika memang pertanyaan tersebut sudah dilontarkan seseorang kepada perempuan maka jawaban menurut sudut pandang penulis adalah tergantung dari situasi perempuan tersebut. Namun menurut penulis ada beberapa hal yang menjadi faktor pendorong kenapa perempuan harus terjun ke dunia politik salah satunya yaitu:

Pertama adalah sudut pandang perempuan sangatlah luas. Bukti sudut pandang luas adalah bahwa perempuan ketika sudah berkeluarga tidak hanya mengerjakan satu hal yaitu menjadi ibu saja didalam keluarga tetapi terkadang menjadi beberapa pihak dari mulai konsultan keuangan, dokter, koki, dan masih banyak lagi. Dengan dapat menjadi beberapa pihak didalam waktu yang bersamaan maka sudut pandang menjadi lebih luas. Sehingga ketika mengambil keputusan didalam dunia politik pertimbangan menjadi lebih banyak dan diujungnya ketika pengambilan keputusan akan dapat benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang khususnya bagi masyarakat diwilayahnya.

Kedua adalah perempuan cenderung lebih rajin. Pada point ke dua ini benar-benar menurut opini penulis. Biasanya dari zaman sekolah bisa dilihat kebanyakan para perempuan cenderung lebih rajin dibandingkan laki-lakinya walaupun ada banyak pula laki-laki yang rajin tetapi perbandingannya masih kebanyakan perempuannya. Dengan sifat rajin tersebut maka perempuan dapat lebih mengulik dan menganalisis akan kebijakan yang dibuat ketika perempuan didalam dunia politik.

Ketiga adalah memberikan dampak yang besar dalam hidup orang banyak. Jika perempuan memilih menjadi ibu rumah tangga dampak positif yang akan diterima pastinya memiliki lingkaran yang kecil yaitu pihak-pihak yang ada didalam keluarga. Namun jika seseorang perempuan memilih sebagai ibu rumah tangga dan bekerja dampaknya hanya diterima oleh orang-orang yang berada di dalam keluarga dan pekerjaan saja. Tetapi berbeda jika seseorang perempuan terjun ke dalam dunia politik maka dampak positif yang akan diterima sangatlah luas yaitu masyarakat yang berada di dalam kekuasaanya. Dampak positif tersebut adalah dikarenakan kebijakan-kebijakan yang dibuat akan benar-benar langsung dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Jadi bagaimana para perempuan???? apakah para perempuan masih tetap ingin mempertahankan issue gender dan anggapan masyarakat bahwa para perempuan bekerja di dapur saja ataukan para perempuan ingin merubah ke arah yang lebih baik???. Apalagi banyak sekali contoh sosok perempuan hebat lainnya yang sudah dapat kita temui baik itu hanya lewat media cetak, media elektronik, ataupun bertemu secara langsung. Tentunya perubahan bisa terjadi namun semua itu terganggung pilihan para perempuan. Jadi apa pilihan anda para pembaca yang memiliki status sebagai perempuan???.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca khususnya bagi para perempuan yang menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik lagi khususnya dalam menumbuhkan wanita berpolitik karena apabila ingin perubahan harus melalui politik dengan melibatkan wanita berpolitik. Terima kasih. Tidak ada salahnya anda juga untuk mengunjungi situs ini web FBB

Sumber:

  1. https://pixabay.com/id/vectors/ibukota-washington-politik-modal-32309/
  2. https://pixabay.com/id/illustrations/wanita-laptop-buku-catatan-duduk-1459220/
  3. https://pixabay.com/id/vectors/anak-laki-laki-karakter-komik-ayah-1299084/
  4. https://www.youtube.com/watch?v=RXMZGiWMHuc&feature=youtu.be

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perempuan Di Dunia Politik"

Posting Komentar