Guruinovatif.id, Meningkatkan Skill Para Pengajar

Memiliki ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari merupakan sebuah harapan dan impian dari banyak orang. Apalagi ilmu tersebut digunakan oleh seseorang yang berada di usia remaja merupakan sebuah anugrah yang luar biasa. Alasannya cukup klasik kenapa ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan merupakan anugrah bagi anak muda adalah karena anak muda memiliki keinginan, kreatifitas, sampai daya juang yang tinggi untuk mewujudkan keinginannya. Untuk dapat merealisasikan keinginan tersebut dibutuhkan sebuah pondasi yang berasal dari ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

Kedudukan ilmu pengetahuan memang tidak termasuk ke dalam kebutuhan primer bagi manusia namun jika dijejerkan maka kebutuhan ilmu pengetahuan dapat sejajar dengan kebutuhan primer. Menurut beberapa sumber bahan bacaan ataupun berbagai macam hal-hal yang termasuk ke dalam kebutuhan primer adalah sandang, papan, dan pangan. Agar lebih mudah mendapatkan kebutuhan primer bagi manusia didalam menjalani kehidupan sehari-hari maka dibutuhkan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan.

Saat ini diseluruh bagian negara sedang dilandai sebuah pandemik dari sebuah virus Corona. Untuk beberapa negara mungkin virus Corona sudah menyerang lebih dahulu dibandingkan negara Indonesia ataupun sebaliknya tetapi dampak efek kejut dari virus Corona bagi sebuah negara masih terasa. Banyak sekali negara-negara di dunia yang sebelum terjadi pandemik virus Coroan aman-aman saja namun setelah dilandai mulai beberapa bidang di negara tersebut kini menjadi terganggu. Di negara Indonesia sendiri kita sebagai masyarakatnya mulai merasakan akan dampak kurang enak dari adanya pandemik virus Corona. Bidang kesehatan kini mulai bermunculan orang-orang yang terinfeksi sengkan sumber daya manusia serta fasilitas kesehatan yang tidak bertambah. Bidang ekonomi kini gelombang PHK serta penurunan daya beli masyarakat mulai menghantui setiap orang. Sedangkan untuk bidang pendidikan kini fasilitas sekolah ditutup untuk memperkecil penyebaran virus Corona bagi pihak-pihak yang ada disekolah.

Penutupan sekolah ataupun fasilitas pendidikan telah lama ditutup dengan cukup lama dan transfer ilmu pengetahuan yang biasa dilakukan kini telah berganti media. Jika sebelum pandemik virus Corona berlangsung transfer ilmu pengetahuan dari guru ke murid melalui tatap muka atau bertemu di sekolah kini berubah menjadi tranfer ilmu pengetahuan melalui tekonologi baik itu berupa hp, laptop, sampai pc dengan bantuan beberapa software. Baik itu menggunakan sistem tatap muka ataupun sistem online dalam transfer pendidikan bagi para siswa memiliki sisi baik dan sisi kurang baik.

Untuk sistem tatap muka langsung kelebihannya adalah para pelajar memiliki satu tujuan yaitu belajar sehingga lebih fokus dalam menerima ilmu pengetahuan. Namun sisi kurang baiknya adalah para siswa harus mengeluarkan tenaga sampai waktu agar dapat datang kesekolah tepat waktu. Sedangkan sistem online memiliki kekurangan yaitu membutuhkan biaya yang berlebih untuk membeli alat-alat yang dapat menunjang seseorang pelajar untuk mengakses ilmu pengetahuan yang diberikan oleh tenaga pengajar seperti guru ataupun dosen. Sedangkan kelebihannya dari sistem online adalah dapat melakukan transfer ilmu pengetahuan tanpa mengenal waktu dan tempat.

Perlu diketahui oleh setiap orang bahwa dari tahun ke tahun teknologi baik itu berupa software maupun hardware mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Adanya perubahan tersebut terkadang membuat sebagian orang sebagai pengguna merasakan kebinggungan akan menggunakan alat-alat teknologi tersebut begitupun dengan para tenaga pengajar. Apalagi tenaga pengajar ini merupakan seseorang yang lahir sebelum teknologi berkembang dengan pesat seperti saat ini maka akan lebih cenderung sulit untuk memahami. Dengan kondisi tersebut terkadang pembelajaran dengan menggunakan sistem online menjadi terhambat. Walaupun dengan kondisi demikian tetap saja semangat untuk bergerak ke arah yang lebih baik dari tenaga pengajar sangatlah tinggi. Maka untuk dapat memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan tersebut terlahirlah Guruinovatif.id.

Apa itu Guruinovatif.id???

Guruinovatif.id adalah sebuah platform yang baru diluncurkan untuk para tenaga pengajar yang memiliki tujuan untuk dapaat melatih kemampuan para guru ataupun dosen dalam hal mengajar. Apalagi didalam Guruinovatif.id terdapat berbagai macam fitur dari mulai kursus online, webinar, sertifikasi, dan berbagai macam program online lainnya. Menurut penulis sendiri ada beberapa alasan mengapa seseorang yang berprofesi sebagai guru harus menggunakan platform Guruinovatif.id berikut ini adalah beberapa alasannya yaitu:

Pertama adalah dikarenakan ada fitur Online Course. Didalam Online Course yang ada didalam Guruinovatif.id terdapat tiga bagian. Bagian yang terdapat pada Online Course adalah Online Certification, Productivity Course, dan Mini Course. Pada bagian Online Certification terdapat PCK Matematika (SMP/MTs/SMA/MA/SMK). Didalam kursus tersebut mengandung beberapa hal seperti 314 menit, 12 dokumen materi, 4 tugas, 32 Jam Pelajaran (jp), 30 hari masa berlaku, dan Online Certification.

Kedua adalah harga yang ditawarkan cukup bersahabat dengan kantong ataupun dompet. Memang terkadang masalah biaya merupakan masalah yang selalu saja menjadi penghalang terhadap sesuatu hal begitupun dengan ilmu pengetahuan bagi para tenaga pengajar. Jika kita melihat kedalam kursus ataupun fitur yang terdapat didalam Guruinovatif.id maka bisa dikatakan kursus ataupun fitur tersebut cukup bersahabat dengan kantong ataupun dompet. Ketika sudah cukup bersahabat dengan kantong ataupun dompet maka permasalahan biaya dalam mendapatkan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi para tenaga pengajar baik itu guru dan dosen demi memaksimalkan transfer ilmu pengetahuan bagi para siswanya.

Ketiga adalah dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Masalah lain selain biaya adalah permasalahan akan waktu dan tempat. Terkadang para tenaga pengajar baik itu guru ataupun dosen tidak memiliki waktu untuk datang kesebuah tempat agar dapat meningkatkan skill mengajarnya. Agar dapat tetap meningkatkan skill mengajar agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bagi negara Indonesia maka Guruinovatif.id kapan pun dan dimana pun dengan bantuan teknologi baik itu berupa hp, pc, sampai internet.

Pastinya ada banyak sekali alasan-alasan mengapa seseorang yang berprofesi sebagai tenaga pengajar baik itu yang berprofesi sebagai guru ataupun sebagai dosen untuk meningatkan skill mengajarnya dengan bantuan sebuah platform yang bernama Guruinovatif.id. Maka timbul sebuah pertanyaan kembali yaitu:

Bagaimana caranya agar Guruinovatif.id meningkatkan skill para tenaga pengajar agar menciptakan sumber daya manusia dimasa depan???

Memang jika kita melihat secara langsung ke websitenya Guruinovatif.id adalah untuk Pelatihan Guru, Sertifikasi Guru, dan Tempat Belajar Guru. Dimana ketiga point tersebut tentunya memiliki tujuan akhir yaitu untuk membentuk para guru agar dapat memberikan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan dan berguna bagi masa depan para siswa dan siswinya dalam menghadapi tantangan dan rintangan yang akan dihadapinya. Ketika tujuan akhir tersebut dapat tercapai maka para siswa dan siswi dapat bertahan hidup mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa depan dan menghadapi berbagai kondisi lingkungan seperti saat pandemik virus Corona terjadi.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca khususnya bagi para siswa, siswi, dan tenaga pengajar. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.



Sumber tulisan:

  1. https://hafecs.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Guruinovatif.id, Meningkatkan Skill Para Pengajar"

Posting Komentar