IDN App, Aplikasi Membawa Perubahan

Informasi yang real merupakan sebuah hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang didalam menjalani kehidupan sehari-hari apalagi dengan hidup ditengah-tengan kondisi zaman yang sudah canggih seperti saat ini. Kondisi zaman yang sudah sangat canggih dibuktikan dengan tiap tahun munculnya berbagai alat teknologi yang canggih maka tidak heran kalau informasi dapat ditransfer dengan cepat bahkan hanya dalam hitungan detik. Keseharian tersebut tentunya memberikan sisi positif dan sisi negatif dalam mendapatkan informasi. Sisi positif adalah dalam hitungan detik tanpa mengenal waktu dan tempat dapat mengetahui akan kejadian ataupun peristiwa dalam genggaman sehingga batas-batas antar negara kian mengecil. Sedangkan untuk sisi negatifnya yaitu tidak dapat terbendung informasi baik itu yang nyata ataupun yang hoax.

Munculnya informasi hoax tidak begitu saja tetapi ada banyak sekali faktornya. Salah satu contoh faktor munculnya informasi hoax adalah dengan mudahnya setiap orang dapat menciptakan informasi dengan mudahnya. Hanya cukup bermodal alat teknologi seperti hp ataupun laptop ditambahkan internet kini seseorang dapat membuat dan menyebarkan sebuah informasi dengan mudah dan cepat. Media upload akan informasi hoax biasanya melalui beberapa hal dari mulai akun media sosial bodong sampai akun informasi bodong.

Konten yang mengandung informasi hoax pastinya memiliki tujuan utama. Tujuan utama diciptakan informasi hoax salah satunya adalah pertama menggiring orang lain untuk sesuai keinginan si pembuat informasi hoax, kedua menjatuhkan lawan atau seseorang yang berseberangan dengan si pembuat hoax, dan masih banyak tujuan lainnya. Memang membuat dan menggiring seseorang agar dapat mudah terpengaruh informasi hoax pastinya susah-susah gampang. Susah apabila seseorang tidak 100% akan setiap informasi yang beredar dan menginvestigasi setiap informasi yang beredar. Sedangkan gampang apabila seseorang tidak membaca informasi yang beredar secara seluruh dan mempercayai hanya dengan membaca judulnya saja.

Informasi hoax yang beredar didalam masyarakat pastinya akan memberikan efek negatif bagi masyarakat serta pemerintah. Efek negatif bagi masyarakat terhadapa informasi hoax adalah masyarakat akan mudah terpengaruh dan melakukan beberapa tindakan yang kurang baik seperti merusak hubungan persaudaraan ataupun hal lainnya. Sedangkan efek negatif bagi pemerintah adalah ketika kebijakan yang dibuat pemerintah berdasarkan informasi hoax pastinya akan membuat kekacauan ditengah wilayah yang dikuasainya.

Pastinya efek negatif bagi masyarakat ataupun pemerintah terhadap informasi hoax harus dapat dihindari ataupun ditekan. Oleh karena itu tidak heran kalau disini pemerintah selalu saja mengupayahkan berbagai macam cara untuk dapat menekan akan pembuat dan penyebaran informasi hoax. Jika kita lihat dan analisis maka disini pemerintah telah melakukan berbagai macam cara salah satunya adalah membuat kebijakan yang berkaitan dengan informasi hoax.

Jika hanya mengandalkan pihak pemerintah saja dalam menanggulangi informasi hoax pastinya pemerintah akan sangat kewalahan. Apalagi dengan kondisi saat dimana setiap orang dapat dengan mudah membuat dan menyebarkan informasi. Maka untuk mendukung keinginan pemerintah yaitu untuk menekan penyebaran akan informasi hoax salah satunya adalah dengan membentuk sebuah platform yaitu IDN App.

Apa itu IDN App???

IDN App adalah sebuah aplikasi yang membahas mengenai berbagai berita untuk setiap generasi khususnya generasi millennial dan generasai Z. 

Aplikasi baca berita yang berada di IDN App telah lebih dari 50 juta pembaca setiap bulannya. Banyaknya pembaca tersebut tentunya memiliki visi akan menjadi sebuah wadah suara bagi para generasi millennials dan generasi Z agar dapat membawa sebuah pesan positif bagi masyarakat luas yang ada di negara Indonesia.

Didalam aplikasi IDN App juga banyak sekali berita yang diberikan agar para pembaca menikmati berita didalamnya. Namun berita yang cukup populer berada didalam aplikasi IDN App salah satunya yaitu: Pertama berita news, didalam berita news terdapat berbagai macam informasi akan hukum sampai politik yang berasal dari negara Indonesia ataupun di dunia. Kedua berita bisnis, didalam berita bisnis ini membahas mengenai hal-hal yang berkaitan ekonomi baik itu yang berasal dari negara Indonesia ataupun dari dunia. Pada dasarnya ada banyak sekali berita yang sangat populer berada di IDN App namun salah satu topik pembahasnya telah disebutkan diatas.  

Perlu digaris bawahi bahwa didalam kehidupan sehari-hari ini kita pasti memiliki dua sisi yaitu sisi positif dan sisi negatif begitupun dengan IDN App. Pada tulisan kali ini tidak akan membahas sisi positif dikarena untuk sisi positif biasanya sudah dibahas oleh banyak penulis lainnya yang disebarkan melalui media yang digunakan oleh penulis lainnya. Menurut penulis sendiri aplikasi berita baca yang memiliki nama IDN App memiliki sisi negatif yaitu:

Pertama adalah banyak pecutan akan keraskan kehidupan yang sebenarnya. Terkadang ketika masih kecil ataupun masih memiliki status sebagai pelajar kita tidak pernah diberi tahu akan kerasnya hidup ketika sudah mulai memasuki usia dewasa. Dengan hal tersebut terkadang seseorang merasakan rasa terkejut ketika sudah mulai merasakan kerasnnya kehidupan yang sebenarnya. Maka untuk menghindari rasa terkejut dan lebih awal mempersiapkan diri membutuhkan bahan bacaan yang berisikan pecutan kepada diri sendiri. Dimana untuk mendapatkan bahan bacaan tersebut tentunya berada di IDN App. Walaupun terkadang ketika membaca bahan bacaan tersebut akan sakit tetapi anggapannya seperti obat pahit tetapi untuk menyebuhkan akan masa depan.

Kedua adalah sangat mudahnya mendapatkan pundi-pundi uang. Padahal seperti yang kita ketahui terkadang untuk menghasilkan uang dari menjadi seseorang penulis rasanya sangat sulit sekali. Namun berbeda di aplikasi IDN App dimana didalam aplikasi tersebut dapat mendapatkan untuk mendapatkan uang sebesa Rp 100.000 dengan cara menuliskan 4 artikel. Maka semakin banyak artikel yang dibuat dan diterbitkan maka semakin besar pula uang yang didapatkan. Tentunya uang yang didapatkan tersebut sangat berguna untuk membeli kebutuhan hidup ditengah pandemik seperti saat ini.

Ketiga adalah semua batasan hanya dirimu sendiri. Terkadang didalam menjalani kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia memiliki batasan. Dengan batasan tersebut terkadang seseorang pastinya memiliki keinginan untuk menghancurkan batasan tersebut. Contoh apabila seseorang bernama X mengatakan bahwa Y tidak bisa maka terkadang seseorang yang bernama Y ini akan selalu berusaha melawan perkataan X untuk membuktikan dirinya bahwa Y memang bisa . Namun berbeda dengan aplikasi IDN App batasan hanya diri sendiri. Jadi apabila anda dapat memasimalkan apa yang ada di IDN App maka dapat membuat kehidupan anda menjadi lebih baik. Semua hal tersebut hanya tergantung kepada anda.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda sebagai pembaca didalam kehidupan sehari-hari. Dengan hal-hal yang ada di IDN App baik semoga dapat membuat anda para pembaca menjadi lebih baik lagi dimasa depannya. Apalagi IDN App Merupakan App Baca Berita ataupun Aplikasi Baca Berita sehingga dapat melakukan kegiatan Baca Berita baik itu Berita Terbaru, Berita Terlengkap, ataupun Berita Indonesia. Terima kasih.




Sumber:

  1. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.idntimes.idntimes
  2. https://pixabay.com/id/photos/pengetahuan-buku-perpustakaan-1052010/
  3. https://pixabay.com/id/photos/salah-pesan-berita-palsu-media-5238319/
  4. https://pixabay.com/id/photos/berita-palsu-tipuan-jalan-raya-3843976/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "IDN App, Aplikasi Membawa Perubahan "

Posting Komentar