EKRUT, Tempat Mencari Pekerjaan Zaman Now

 

Berdasarkan informasi baik itu berupa video, gambar, ataupun tulisan banyak sekali yang menjelaskan bahwa di dunia ini telah terjadi beberapa kali revolusi industri. Setiap revolusi industri memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan revolusi satu dengan yang lainnya. Pada revolusi industri pertama ditandai dengan ditemukannya mesin uap untuk membantu kehidupan aktifitas manusia. Sedangkan revolusi industri ke dua ditandai dengan ditemukannya penemuan tenaga listrik. Revolusi indutri ke tiga ditandai dengan mesin yang dapat bergerak dan berpikir secara otomatis. Kini didalam kehidupan sehari telah muncul lagi istilah revolusi industri ke empat ditandai dengan penggabungan otomatisasi dengan teknologi siber.

Pastinya munculnya revolusi industri yang terjadi didalam kehidupan akan merubah tatanan kehidupan sehari-hari setiap orang. Contoh saja pada revolusi industri ke dua yang ditandai dengan munculnya berbagai penemuan listrik pastinya mengubah berbagai alat. Dimana alat yang pada awalnya dapat bergerak dengan bantuan manusia kini mulai dapat bergerak dengan bantuan listrik.

Adanya revolusi industri yang terjadi pastinya dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua dimana disatu sisi berbendera positif dan sisi lainnya berbendera negatif. Sisi positif dari adanya revolusi industri pada manusia adalah semakin mudahnya pekerjaan manusia. Jika pada zaman dahulu setiap pekerjaan sangat memerlukan tenaga manusia yang lebih dominan sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang banyak. Namun kini untuk melakukan setiap pekerjaan hanya membutuhkan sedikit sumber daya manusia dikarenakan sisa pekerjaan biasanya menggunakan tenaga mesin. Dari contoh yang diberikan dapat tersirat sisi negatif dari adanya revolusi industri adalah mematikan pekerjaan yang tadinya hidup subur serta memutuskan sumber dana seseorang.

Perlu digaris bawahi bahwa memiliki pekerjaan yang dapat menghasilkan uang merupakan sebuah keharusan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup seseorang. Apalagi dari tahun ke tahun setiap barang ataupun benda akan kebutuhan hidup seseorang mengalami peningkatan dari sisi harga. Naiknya harga barang ataupun benda yang berkaitan dengan kebutuhan hidup seseorang dikarenakan terjadi sebuah inflasi yang terjadi.

Setiap orang pastinya memiliki pengertian tersendiri akan kata inflasi tidak heran kalau pengertian yang dihasilkan akan berbeda-beda tetapi memiliki benang merah yang hampir mirip. Bagi penulis sendiri pengertian dari kata inflasi adalah suatu keadaan akan naiknya harga suatu barang ataupun alat yang terjadi secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Beban yang diberikan oleh inflasi ditambah revolusi industri yang terjadi membuat seseorang mau tidak mau harus memiliki sebuah pekerjaan agar mendapatkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Di negara Indonesia sendiri jika berbicara akan mencari dan mendapatkan sebuah pekerjaan bisa dibilang cukup sulit. Saking sulitnya mendapat sebuah pekerjaan tidak heran kalau di berbagai media baik itu media cetak sampai media elektronik banyak sekali yang membahas akan hal tersebut. Bahkan bisa dilihat secara mata telanjang atau dilihat dilapangan terkadang jumlah lowongan pekerjaan tidak sebanding dengan sumber daya manusia yang mencari pekerjaan. Tidak heran kalau hanya sedikit yang dapat lolos untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Keadaan tersebut pastinya sangat dihindari oleh pemerintah negara Indonesia. Alasannya menghindari kejadian tersebut dikarenakan apabila seseorang atau didalam sebuah masyarakat banyak yang tidak dapat memiliki pekerjaan maka tingkat kriminalitas akan meningkat. Banyaknya kejadian tingkat kriminalitas dikarenakan sebuah alasan bertahan hidup demi menyambung kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali cara-cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah hal tersebut seperti melakukan pelatihan, mewajibkan sekolah selama 9 tahun, dan masih banyak lagi.

Bagaimana pun kebijakan sampai program yang dibuat oleh pemerintah kepada masyarakatnya akan mengurangi ataupun menanggulangi akan permasalahan pengangguran ataupun mencari pekerjaan tetap tergantung akan individunya. Dikarenakan tergantung akan individunya maka untuk lebih mmenyukseskan seseorang individu dalam mencari pekerjaan dibutuhkan bantuan dari EKRUT.

Apa itu EKRUT???

EKRUT adalah sebeuah tempat akan talent marketplace yang memiliki konsep berbasis data science. 

Dikarenakan mengusung konsep berbasis data science tersebut maka memudahkan setiap perusahaan agar mencari seseorang kandidat yang dibutuhkan. Bahkan agar sesuai dengan keinginan para kandidat EKRUT akan menghubungkan dengan perusahaan yang cocok dengan kandidat.

Lantas bagaimana cara kerja EKRUT???

Bisa dikatakan cara kerja dari EKRUT bisa dikatakan cukup sederhana dan mudah walaupun demikian tetap saja kinerja pekerjaan yang dilakukan oleh EKRUT dapat membantu seseorang akan mendapatkan pekerjaan. 

Untuk mendaftarkan diri didalam EKRUT seseorang harus menggunakan akun Linkedln. Kemudian melakukan dua hal yaitu:

Pertama adalah masuk ke halaman sign up EKRUT, daftar dirimu dan isi profil. Pastinya di dalam akun EKRUT seseorang harus mengisi data diri dengan benar dan menarik. Dua hal tersebut pastinya akan sangat berpengaruh kepada seseorang agar dapat kesempatan interview oleh perusahaan yang telah dipilihkan oleh EKRUT.

Kedua adalah perEKRUT dari berbagai perusahaan akan aktif mencari kandidat. Disinilah uniknya dari EKRUT dimana perEKRUT dari berbagai macam perusahaan yang ada di EKRUT dapat mencari kandidatnya sesuai kebutuhannya. Sehingga para pencari pekerjaan tidak usah lagi melakukan kegiatan apply lamaran pekerjaan kesana-kemari.

Apa emang kelebihan EKRUT????

Ada banyak sekali kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh EKRUT dibandingkan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan yang dimiliki EKRUT yaitu:

Membuka pintu peluang akan perusahaan yang cocok untuk calon pekerja. Dengan adanya kecanggihan yang dimiliki oleh EKRUT yaitu data science maka para calon pekerja dapat ditemukan dengan mudah oleh para perusahaan yang cocok akan data diri para calon pekerja.

Tidak perlu mencari lowongan pekerjaan seperti pada umumnya. Tidak seperti pada umunya dalam mencari pekerjaan dimana para pekerja harus mencari dan mengirim berkas data diri agar dapat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Namun dengan menggunakan layanan dari EKRUT maka para calon pelamar pekerjaan akan mendapatkan tawaran yang akan masuk.

Gratis. Terkadang biaya menjadi sebuah kendala yang selalu dialami oleh para calon pekerja dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Banyak sekali hal-hal didalam mencari pekerjaan yang membutuhkan biaya terlebih dahulu. Bahkan dari mulai mencari pekerjaan sampai mengirim berkas bisa memiliki peluang akan mengeluarkan biaya terlebih dahulu. Dengan masalah tersebut maka terkadang menjadi masalah oleh karena itu agar tidak ada masalah dalam hal biaya maka EKRUT diberikan gratis namun tetap dibeberapa bagian harus tetap bayar agar memiliki akun premium

Diharapkan dengan adanya EKRUT yang memiliki fungsi sebagai tempat TALENT MARKET PLACE dan DIGITAL TALENT RECRUITMENT maka para pencari kerja khususnya CARI KERJA INDONESIA dapat mendapatkan pekerjaan dalam PENCARIAN KERJA. Ketika sudah mendapatkan pekerjaan salah satunya seperti PEKERJAAN PROGRAMMER maka secara perlahan-lahan akan merasakan rasanya NAIK GAJI.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca khususnya orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Terima kasih.

Sumber:

  1. https://www.wartaekonomi.co.id/read226785/mengenal-revolusi-industri-dari-10-hingga-40
  2. https://greatdayhr.com/id/blog/inflasi-dan-deflasi/
  3. https://www.ekrut.com/media/cari-kerja-tidak-perlu-apply-ini-kelebihan-ekrut-untuk-kamu#:~:text=EKRUT%20adalah%20talent%20marketplace%20yang,kamu%20dengan%20perusahaan%20yang%20cocok.
  4. https://pixabay.com/id/photos/oldtimer-otomotif-mobil-brouhot-60521/
  5. https://pixabay.com/id/photos/dasi-menyesuaikan-pria-bisnis-690084/
  6. https://pixabay.com/id/photos/koin-kalkulator-anggaran-1015125/
  7. https://youtu.be/Oq0QeAbU2EI
  8. https://youtu.be/dVNm9x7luaA

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "EKRUT, Tempat Mencari Pekerjaan Zaman Now "

Posting Komentar