Bank Syariah, Potensi Baru Negara Indonesia

Negara Indonesia merupakan negara dengan memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan negara lainnya. Ada banyak sekali kelebihan yang dimilikinya salah satunya yaitu adalah jumlah penduduk yang termasuk milenial serta penduduk terbanyak di dunia yang memeluk agama Islam. Dengan dua kelebihan yang dimiliki oleh negara Indonesia seharusnya negara Indonesia dapat menjadi pelopor dan majunya berbagai sektor yang berkaitan dengan syariah.

Pada beberapa tahun kebelakang ini mulai munculnya kepermukaan akan kata syariah. Munculnya kata tersebut tentunya menjadi buah pembicaraan yang cukup menarik didalam kalangan anak muda milenial serta kalangan orang dewasa. Terlebih kata syariah ini mulai dikaitkan dengan sebuah sektor kehidupan masyarakat yaitu sektor perbankan.

JADI APA ITU SYARIAH???

Jika kita lihat dan baca diberbagai macam media pastinya memiliki pendapat tersendiri akan pengertian dari kata syariah. Walaupun memiliki banyak sekali perbedaan sudut pandang akan kata syariah tetapi memiliki benang merah yang cukup sama. Sedangkan menurut penulis sendiri syariah dapat dikatakan sebagai sebuah sebuah aturan yang berfungsi untuk mengatur segala macam sendi-sendi kehidupan bagi manusia didalam kesehariaannya.

Dengan adanya pengertian tersebut ditambah dengan potensi yang dimiliki oleh negara Indonesia yang telah dipaparkan tersebut seharusnya dapat lebih maju dalam sektor bank syariah. 

Apalagi menurut beberapa sumber bahan bacaan bank syariah memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan bank konvensional. Salah satu contoh kelebihan bank syariah yaitu:

Pertama adalah menggunakan konsep syariah. Dari hulu ke hilir bank syariah segala macam kegiatanya pastinya mengusung konsep syariah. Konsep syariah pastinya memiliki alur menjalankan apa yang baik dan meninggalkan yang buruk ataupun yang tidak baik sesuai ketentuan ajaran agama Islam. Adanya konsep tersebut tentunya menjadi sinyal positif bagi seseorang yang memegang prinsip ajaran agam Islam didalam kehidupan sehari-hari terutama dalam menggunakan sebuah produk layanan bank syariah.

Kedua adalah sistem pembangian keuntungan. Untuk pembagian keutungan dari bank syariah dikenal dengan istilah bagi hasil. Bagi bahas yang diusung oleh bank syariah memiliki arti bahwa para nasabah yang menggunakan produk bank syariah tersebut akan memperolah keutungan dari aset atau dana yang telah diinvestasikan sebelumnya. Maka dari itu itu pihak bank syariah harus dapat menjalankan dengan baik segala macam kegiatannya dengan benar agar dapat memberikan keutungan bagi para pengguna dari produk layanan bank syariah.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh bank syariah dibandingkan bank konvensional namun salah satu contoh kelebihan telah disebutkan diatas. Dengan penjelasan yang telah disebutkan diatas seharusnya negara Indonesia dapat menjadi pelopor untuk bergeraknya bank syariah di negara Indonesia. Maka timbul sebuah pertanyaan akan produk syariah di negara Indonesia.

BAGAIMANA CARA MENARIK AGAR PARA MILLENIAL DI NEGARA INDONESIA DAPAT MAU MENGGUNAKAN PRODUK LAYANAN BANK SYARIAH???

Pastinya tidak mudah untuk mengubah sesuatu yang sudah melekat didalam kehidupan menjadi dirubah. Walaupun tidak mudah tetapi masih bisa dilakukan. Ada banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat menarik anak muda millenial untuk mau menggunakan produk layanan dari bank syariah. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukannya yaitu:

Pertama adalah memberikan informasi yang sangat sangat bermanfaat. Informasi yang bermanfaat dapat mengubah seseorang juga dalam hal tindakan. Maka untuk mengubah tersebut agar anak muda milenial dapat mau menggunakan produk bank syariah maka pihak-pihak yang bekerja di bidang yang berkaitan dengan bank syariah dapat memberikan sebuah informasi yang bermanfaat. Ada banyak sekali media yang digunakan untuk memberikan informasi yang bermanfaat salah satunya melalui video, gambar, ataupun tulisan.

Kedua adalah memberikan jaminan. Setiap orang didalam menjalani kehidupan pastinya menginginkan sebuah jaminan. Adanya jaminan tersebut tentunya memberikan rasa aman. Maka disini pihak-pihak yang bekerja didalam bidang bank syariah harus dapat memberikan jaminan bahwa uang yang disimpan oleh nasabah pengguna layanan bank syariah harus tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketiga adalah transparan dalam mengelola dan mengatur uang nasabah pengguna produk layanan dari bank syariah. Dengan adanya sifat stransparan dalam mengelola dan mengatur uang nasabah maka para pengguna dari layanan bank syariah dapat lebih percaya. Ketika rasa percaya sudah dipegang oleh pihak-pihak yang bekerja didalam bidang bank syariah maka para pengguna layanan akan terus menerus menggunakan layanan dari produk bank syariah tersebut.

Diharapkan dengan bahan bacaan yang telah dipaparkan didalam tulisan ini dapat memberikan dampak positif yang sangat luar biasa bagi negara Indonesia khususnya dalam hal yang berkaitan dengan bank syariah. Setelah bank syariah di negara Indonesia maju maka diharapkan di ujungnya akan memberikan dampak manfaat yang sangat luar biasa bagi negara Indonesia serta bagi masyarakat yang ada didalamnya. Dimana manfaat yang dapat tersebut dapat membuat kehidupan setiap orang dapat menjadi lebih baik lagi.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.







 

#ibmarcomm.id  #shariabankingonlinefestival2020 #ojkindonesia #milenialasyikbertransaksisyariah #brisyariah # hidupharusberfaedah

Sumber:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Syariat_Islam
  2. https://republika.co.id/berita/q6s37z430/apa-itu-syariah
  3. https://ekonomi-islam.com/9-keunggulan-bank-syariah-di-bandingkan-bank-konvensional/ (akses 24 Oktober 2020)
  4. https://pixabay.com/id/photos/sebagai-anak-anak-aktivitas-asia-1822605/
  5. https://pixabay.com/id/photos/koin-uang-kertas-uang-mata-uang-1726618/
  6. https://pixabay.com/id/photos/tangan-tergenggam-kenyamanan-tangan-541849/
  7. https://www.youtube.com/watch?v=KmJkwh3JD-8 
  8. https://www.instagram.com/p/CGesc1KgXun/
  9. https://www.mandirisyariah.co.id/news-update/edukasi-syariah/prinsip-dan-konsep-dasar-perbankan-syariah 
  10. https://pixabay.com/id/photos/dolar-mata-uang-uang-kami-dolar-499481/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bank Syariah, Potensi Baru Negara Indonesia"

Posting Komentar