Tetap
sehat didalam kegiatan rumah secara online, hmmmm maksudnya apayah?. Mungkin
dari banyak para pembaca ketika membaca kata-kata tersebut ada yang memberikan
respon pertama dengan mengerutkan dahi. Setelah mengerutkan dahi kemudian
timbul pertanyaan emang sesulit itu membuat seseorang tetap sehat walaupun
didalam kegiatan rumah?.
Agar
dapat memberikan sebuah kecerahan atas pertanyaan atau respon dari judul
tersebut maka disini penulis akan menjelaskan dengan gaya penulis. Dalam
melaksanakan kegiatan secara online didalam rumah kita sering kali mengabaikan
sisi kesehatan pada diri sendiri. Bahkan ada sebuah alasan-alasan klasik yang
selalu menjadi kambing hitam seseorang tidak menjaga kesehatan. Dimana salah
satu alasan-alasan klasik tersebut seperti tidak ada waktu kosong, jam
aktifitas yang padat, tidak ada ruang khusus, dan masih banyak lagi. Akibat
lebih banyak alasan dibandingkan motivasi untuk bergerak didalam kesehatan maka
tidak usah heran jika banyak timbul penyakit ketika melakukan kegiatan di rumah
secara online.
Pengertian dan Jenis Kesehatan
Menurut
peraturan Undang-Undang No 23 Tahun 1992 mengatakan bahwa kesehatan merupakan
keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang
hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dipihak lain juga mengeluarkan
pendapatnya mengenai arti kata kesehatan salah satunya yaitu Majelis Ulama
Indonesia atau biasa disingkat MUI. MUI mengeluarkan pendapat mengenai
kesehatan di tahun 1983 dengan mengartikan bahwa kesehatan merupakan ketahanan
jasmani, rohani, dan sosial yang dimiliki oleh manusia sebagai karunia dari
Allah yang wajib disyukuri dengan cara mengamalkansegala ajaranNya.
Dari
dua pengertian yang diberikan oleh dua pihak ternyata kita dapat menarik sebuah
benang merahnya. Menurut penulis benang merah dari dua pendapat tersebut yaitu
bahwa kesehatan merupakan keadaan yang baik akan tiga hal yaitu badan, jiwa,
dan sosial yang diberikan oleh Allah SWT sebagai pemberiannya yang harus
disyukuri dengan cara mengamalkan segala ajaranya serta terus berusaha untuk
menjadi seseorang yang produktif didalam hidupnya.
Secara
umum kesehatan terbagi kedalam dua hal. Pertama adalah kesehatan yang berkaitan
dengan tubuh. Kedua adalah kesehatan yang berkaitan dengan mental. Agar lebih
mudah memahaminya dua kesehatan baik itu tubuh dan mental dapat diibaratkan
seperti sebuah laptop. Ya, bentuk laptop dapat diartikan seperti kesehatan.
Dimana bentuk laptop dapat diibaratkan seperti tubuh sedangkan untuk sisi
mental dapat diibaratkan sofware. Sehingga untuk dapat menjalankan laptop
dengan baik dibutuhkan bentuk laptop dan sofware yang baik begitupun dengan
kesehatan.
Kesehatan
tubuh merupakan sebuah sisi kesehatan yang dapat dilihat secara mata telanjang.
Dalam hal ini kesehatan tersebut dapat dilihat secara jelas dari kondisi fisik
dari seseorang. Kesehatan tubuh juga biasanya memiliki kaitan cukup erat dengan
berbagai masalah-masalah fisik. Sedangkan untuk kesehatan yang berkaitan dengan
mental merupakan sebuah kesehatan yang tidak dapat dilihat secara mata
telanjang. Tetapi untuk dapat melihat kesehatan mental dapat dilihat dari
kondisi jiwa atau kondisi seseorang. Biasanya kesehatan mental akan memiliki
kaitan dengan masalah kesehatan maupun kesehatan masalah didalam pikiran.
Pandemik
Virus Corona
Saat
ini di seluruh dunia sedang dilandai oleh sebuah pandemik virus Corona sehingga
memaksa setiap orang untuk berubah. Banyak sekali didalam kehidupan ini yang
terpaksa untuk merubah dirinya agar dapat beradaptasi dengan pandemik virus
Corona. Salah satu adaptasi yang harus diubah ada banyak sekali salah satunya
seperti definisikan makna hidup, tujuan pembelajaran, sampai hakikat
kemanusiaan. Selama menjalani kehidupan manusia selalu dituntut dan dipaksa
untuk selalu cepat tanpa adanya berhenti demi mengejar kehidupan yang lebih
baik. Tetapi saat dengan adanya pandemik virus Corona memaksa setiap orang
untuk berhenti sejenak dari berbagai macam aktifitas yang biasanya dilakukan
serta mencari kembali makna akan apa yang sebenarnya seseorang cari didalam
menjalani kehidupan ini.
Ketika
terjadi pandemik virus Corona tidak hanya didominasi oleh satu pihak dalam hal
ini manusiannya saja yang menjadi perhatian tetapi juga hal lain seperti
negara. Ya, saat ini negara Indonesia memiliki yang lebih besar lagi dalam
semua askep kehidupan salah satunya dalam aspek pendidikan. Dalam hal ini
pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) harus
melakukan sebuah perubahan dalam dunia pendidikan apalagi saat ini dengan
penerapan kebijakan sosial distancing. Adanya penerapan kebijakan sosial
distancing tentunya direspon positif oleh Kemdikbud melalui perubahan sistem
pembelajaran dari sistem tatap muka menjadi sistem online atau biasa disebut
pada masyarakat dengan sebutan daring.
Tantangan
Pembelajaran Sistem Online Atau Daring
Penyebaran
virus Corona masih cukup menghantui diberbagai negara salah satunya di negara
Indonesia. KASUS aktif virus Corona
di negara Indonesia tercatat sebanyak 5.363 orang hingga Rabu 8 Desember 2021.
Dari angka yang diberikan tersebut hampir setara dengan 0,12% dari total kASUS corona di dalam negeri. Bersarkan
pihak Worldometer mengatakan bahwa jumlah kASUS
aktif dari Covid di negara Indonesia menempati peringkat ketujuh untuk kawasan
Asia Tenggara. Posisi negara Indonesia dihapit oleh beberapa negara Singapura
dan Myanmar dengan kASUS aktif
dengan angka 7.775 dan 4.726 orang.
Angka
tersebut tentunya memaksa semua pihak dalam negara Indonesia yang diwakili oleh
Kemdikbud membuat kebujakan terbaik agar
transfer ilmu pengetahuan dari tenaga pengajar kepada setiap murid. Walaupun
ada satu kebijakan yang telah diterapkan yaitu kebijakan sistem online nyata
masih menghadapi tantangan. Ada beberapa tantangan nyata yang harus
diselesaikan dari kegiatan online yaitu: 1. Ketimpangan dalam teknologi antara
siswa dan siswi dari kota besar dan daerah, 2. Kompetisis guru dalam
memanfaatkan teknologi dalam dunia pembelajaran, 3 keterbatasan dana untuk
membeli barang-barang teknologi keperluan pendidikan online.
Penerapan
akan kebijakan physical distancing membuat perubahan dalam sistem pelaksanaan
pembelajaran yang biasa dilakukan didalam fasilitas sekolah berupa sekolah kini
menjadi pelaksanaan pembelajaran online dari dalam rumah. Perubahan sistem
pembelajaran yang tiba-tiba berupa tersebut membuat tenaga pendidikan dan para
siswa menjadi kaget. Walaupun sistem pembelajaran sistem online sudah
dilaksanakan beberapa bulan atau bahkan sudah masuk tahap tahun. Tetapi nyata
sistem pembelajaran online tersebut masih tetap merupakan kejutan yang cukup
mengagetkan setiap orang yang terlibat di dalam dunia pendidikan.
Disini
level paling bawah dalam lembaga pendidikan yang dipegang oleh kepala sekolah
juga dituntut untuk dapat merespon akan kebijakan pembelajaran online atas
dasar surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Disini setiap tenaga
pengajar harus dapat membuat siste, silabus, dan proses kegaitan menjadi
kegiatan online yang dipantau oleh kepala sekolah atas pelaksanaan. Tidak usah
heran karena sistem baru tersebut akan membuat para siswa terbata-bata karena
tugas yang menumpuk dalam melaksanakan sistem pembelajaran online. Dampak dari
perubahan tidak hanya dirasakan oleh pihak tenaga pengajar dan siswa saja
ternyata dampaknya terasa juga pad apara orang tua murid. Para orang tua murid mau
tidak mau kini menjadi terlibat dalam mendapingi proses kegiatan pembelajaran
dari mulai tugas sampai hal lain yang biasanya dilakukan oleh para tenaga
pengajar di fasilitas pendidikan.
Penyakit
Muncul Dari Kegiatan Pembelajaran Sistem Online
Indra
mata merupakan sebuah organ yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari.
Bahkan Indra mata merupakan satu dari sekian banyak orang yang paling sering
digunakan diantara kelima indera lainnya. Indra mata merupakan sarana utama
dalam mengumpulkan informasi. Sekitar 75% informasi yang diterima berupa
visual. US National Library of Medicine. Medline Plus (2017). Eye Care. Untuk
waktu harian yang bisa dihabiskan melakukan kegiatan menatap layar disebut
dengan nama screen time. Beberapa informasi yang beredar di masyarakat
mengatakan bahwa durasi screentime sebanyak ≤ 2 jam/hari baik untuk anak-anak
maupun remaja. Nyatanya rekomendasi atas informasi yang beredar tersebut tidak
dapat direalisasikan secara baik pada kebiasaan remaja. Di negara China
terdapat 36,8% anak usia sekolah jenjang 9-17 tahun yang menggunakan media
elektronik ≥ 2 jam per hari. Sedangkan untuk negara Vietnam sebanyak 56%-64%
remaja dengan usia 13-14 menggunakan media elektronik ≥ 2 jam/hari.
Di
negara Indonesia sendiri terdapat 60% anak usia sekolah yang menggunakan media
elektronik > 2 jam. Untuk bukti bisa dilihat secara langsung bahwa ada
banyak sekali usia sekolah banyak sekali anak usia sekolah yang lebih banyak
menatap media elektronik dengan jenjang waktu cukup lama. Contoh nyata media
elektronik yang banyak digunakan usia sekolah adalah menggunakan gadget ataupun
laptop. Apalagi dengan adanya penerapan sistem pembelajaran online membuat
penggunaan media elektonik menjadi kian meningkat. Banyak sekali media didalam
pelaksanaan sistem online ada banyak sekali dari mulai WhatsApp, telegram, Zoom
meeting, google meet, google classroom, dan masih banyak lagi.
Akibatnya
banyak jumlah berbagai macam media tersebut membuat jam durasi penggunaan media
elektornik menjadi lebih banyak lagi. Saking lamanya durasi penggunaan media
elektronik akan mengakibatkan tanda maupun gejala kesehatan tergangguh. Salah
satu contoh tanda maupun gejala mata terganggu yang paling sering dijumpai oleh
masyarakat adalah kelelahan mata. Kelelahan mata juga ditandai oleh adanya
sebuah iritasi pada mata atau konjungtivitis (konjungtiva berwarna merah dapat
mengeluarkan air mata), penglihatan ganda, sakit kepala, daya akomodasi dan
konvergensi menurun, ketajaman penglihatan kepekaan kontras dan kecepatan
persepsi (Kurnia, 2009). Gejala umum lainnya yang akan timbul akibat dari
penyakit mata lelah adalah sakit punggun dan vertigo. Pengelihatan yang kabur
akibat penggunana media elektonik seperti laptop sampai netobook dapat
bermanifestasi menjadi myopia, hipermetropi, dan astigma. Jika sudah terjadi
penyakit pada indra mata membuat menjalani kehidupan sehari-hari menjadi lebih
terhambat.
Tips-Tips Untuk Membuat Mata Tetap
Sehat Walaupun Melakukan Kegiatan Menatap Layar Elektonik
Dengan Waktu Lama
Ada
beberapa tips yang diberikan oleh penulis agar para siswa dan siswi agar tetap
melaksakan kegiatan menatap layar eleknokik dengan waktu lama yaitu:
- Memberikan Jarak.
Ya, terkadang saat menatap layar elektronik seseorang cenderung ingin selalu
mendekatkan indra matanya dengan layar. Agar terhindar dari penyakit mata
akibat terlalu dekat menatap layar elektronik maka dibutuhkan jarak minimal.
Untuk jarak pandang yang bisa digunakan yaitu 33 cm ketika menggunakan hp dan
60 cm ketika menggunakan komputer.
- Disiplin Pada Waktu
Penggunaan. Disini pihak pengguna harus memiliki batas waktu
penggunaan. Adanya batasan penggunaan harapannya dapat mencegah penyakit mata
akibat menatap layar elektronik. Pastinya pada point ini setiap orang memiliki
waktu batas penggunaan yang berbeda-beda. Ada yang batas penggunaannya selama 2
jam, 3 jam, sampai 4 jam. Perbedaan batas waktu penggunaan tentunya tidak
menjadi masalah asalkan tidak akan memberikan efek samping berupa penyakit mata
yang akan diderita.
- Mengonsumsi makanan dan
minuman yang baik untuk indra mata. Kesehatan mata tidak
hanya diurus dari luar saja tetapi juga dari dalam. Dimana cara pengurusan
indra mata adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk mata.
Akan ada banyak sekali makanan dan minuman salah satu contohnya wortel. Untuk
pengolahan dari wortel sendiri ada banyak sekali caranya dari mulai dijadikan
jus atau dimakan secara langsung. Tetapi konsumsi dari wortel harus sesuai
dengan aturan dari kesehatan agar tidak memberikan efek kurang baik ketika
mengonsumsi wortel.
- Menggunakan peralatan
elektronik yang nyaman untuk mata. Semua hal yang telah
dipaparkan akan cukup percuma apabila seseorang tidak menggunakan peralatan
elektonik yang nyaman untuk mata. Bahkan ketika sudah benar-benar mengganti
peralatan elektronik yang nyaman untuk mata mungkin saja bisa benar-benar
terhindar dari terjadi penyakit mata. Karena perlatan teknologi elektornik yang
digunakan pada kegiatan belajar secara online adalah laptop. Maka seseorang
dalam hal ini siswa dan siswi harus menggunakan laptop yang nyaman untuk indra
mata.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai
jenis laptop yang nyaman digunakan didalam kegiatan sistem belajar online
alangkah lebih baiknya para pembaca melihat terlebih dahulu video dibawah ini:
Dari
video yang telah ditonton oleh bisa menarik sebuah benang merahnya bahwa laptop
tersebut berasal dari perusahaan yang bernama ASUS. Mungkin para pembaca sekalian pastinya sudah mengenal akan
apa itu ASUS. Tetapi agar
benar-benar mengetahui secara dalam mengenai ASUS disini pihak penulis akan membahas sedikit lebih dalam
mengenai ASUS. Alangkah baiknya jika
para penulis membahas mengenai sejarah ASUS.
Berdasarkan
sejarah mengatakan bahwa ASUS
didirikan pada tahun 1989. Bisa dikatakan bahwa pada saat itu ASUS merupakan sebuah perusahaan
multinasional yang dikenal dengan motherboardterbaik di dunia dan komputer
pribadi yang berkualitas tinggi, monitor, kartu grafis, router, dan lain-lain.
Tetapi saat ini ASUS sedang
merancang dan membangun sebuah teknologi pintar untuk generasi berikutnya dalam
memberikan sebuah pengalaman luar biasa yang dapat meningkatkan kehidupan
menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Untuk
ide awal berdirinya perusahaan ASUS
dimulai dari sebuah percakapan di sebuah kedai kopo di Taipe. Dimana percakapan
tersebut muncul dari beberapa insinyur yang memiliki sebuah cita-cita dan ambisi
untuk dapat berbagi mimpi dalam menciptakan sebuah perusahaan yang kecil tetapi
indah. Setelah itu delapan bulan kemudian para insinyur tersebut telah dapat
menciptakan sebuah benda yang bernama Cache 386/33 dan ISA 486/25. Kedua hal
yang diciptakan tersebut merupakan dua motherboard dari komputer probadi yang
digunakan dalam berbagai macam produk industri terkemuka yang dibuat oleh IBM
dan ALR. Dengan keberhasilan motherboard awal tersebut membawa negara Taiwan
dikenal secara global sebagai produk IT yang berkualitas tinggi. Saat ini salah
satu produknya berupa laptop yang berjenis ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.
Laptop
ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
memiliki berbagai macam kelebihan didalamnya. Berikut ini adalah pemaparan dari
kelebihan dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 yaitu:
Mengoneksi
Antar Perangkat
Laptop
ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 telah dilengkapi dengan sebuah fitur yang bernama Link To MyASUS. Link To MyASUS adalah sebuah tool praktis yang merupakan sebuah bagian dari
aplikasi MyASUS. Bisa dikatakan
bahwa toll ini dapat melakukan sebuah integrasikan antara PC ASUS dengan sebuah perangkat seluler
para pengguna. Adanya intergarasi tersebut tentunya dapat meningkatan
produktivitas para pengguna yang selalu dituntut untuk dapat multitasking
didalam menjalani kehidupannya.
Koneksi
Laptop
ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
dilengkapi dengan sebuah koneksi port USB 3.2 Gen 1 Type-C™ yang didesain
secara fleksible untuk dapat menghubungkan antar perangkat menjadi lebih mudah.
Tidak hanya dilengkapi oleh port USB 3.2 Gen 1 Type-C™ tetapi laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
dilengkapi dengan beberapa koneksi seperti port USB 3.2 Gen 1 dan USB 2.0,
output HDMI, dan pembaca kartu microSD. Semua koneksi yang dimiliki oleh laptop
ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
para penggunanya dapat menghubungkan kepada semua pereferal, display, dan
protektor agar memudahkan kegiatan pembelajaran secara online menjadi lebih
mudah.
Keyboard
Keyboard
backlit ukuran penuh yang digunakan pada ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sehingga ketika para pengguna berada di
lingkungan yang redut menggunakan keyboard masih tetap nyaman. Konstruksi yang
kokoh dan travel key 1.4 mm memberikan luasan yang cukup lebar bagi jarik
ketika mengetik dan pastinya nyaman.
One-Touch
To Log In
Untuk
dapat mengakses dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 kini lebih mudah dan nyaman. Bahkan cara akses
laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
cukup bermodal sensor sidik jari bawaan yang terdapat pada touchpad dan Windows
Hello. Sehingga para pengguna tidak usah lagi apabila mau mengakses memasukan
kata sandi yang berbelit-belit. Hanya cukup dengan satu sentuhan sidik jari
para pengguna sudah dapat menjalankan dan mengakses laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.
Penyimpanan
Laptop
ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
telah dipasang sebuah fitur storage. Ketika sudah ada fitur tersebut para
pengguna pastinya dapat merasakan performa sebuah kegiatan transfer data super
cepat. Kelebihan sisi penyimpanan pada laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga menawarkan SSD yang respon
dan waktu loading aplikasi super cepat. Serta penyimpanan dapat ditambah 256 GB
PCIe® SSD.
Ukuran
dan Berat
Untuk
berat dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 cukup ringan untuk dibawa kemana-mana. Dimana untuk berat sendiri
dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 seberat 1,8 kg serta profil yang super tipis. Sedangkan untuk ukuran
kurang lebih sebesar 17.9 mm. Dengan ukuran dan berat tersebut tentunya laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dapat
dengan mudah dibawa kemana-mana untuk dapat mendukung berbagai macam aktifitas
seseorang yang cukup padat.
NanoEdge
Display
Layar
NanoEdge berzel dibuat tipis sehingga dapat menghadirkan pengalaman nonton yang
mendalam dengan menghadirkan layar yang lebih besar dalam bingkai kecil. Untuk
layar sendiri pada laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sudah Full HD sehingga produksi warna sudah sangat
memikat secara visual dengan jelas dan cerah.
ASUS
Intelligent Performance Technology (AIPT)
Pada
setiap model jenis laptop untuk seri VivoBook keluaran terbaru selalu
memberikan sebuah pembuang panas yang melalui pipa panas 8 mm yang ditingkatkan
dan kipas IceBlades 87 bulah yang terbuat dari polimer kristal cair yang
membuatnya lebih ringan dan tipis dari bahan kipas biasa. Setiap bilah kipas
IceBlades didalam seri VivoBook memiliki desain aerodinamis melengkung 3D.
Akibat bentuk tersebut memungkinkan kipas dapat mencapai laju aliran yang lebih
baik serta mengirangi kebisingan yang dihasilkan.
Performa
Laptop
modern ASUS OLED sudah diperkuat
oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan
keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang
dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga. Sedangkan untuk laptop
ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
didukung oleh sebuah prosesor dari Intel Core 11th Gen terbaru dengan memori
hingga 8GB yang dapat diupgrade hingga 16GB. Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga dilengkapi dengan PCIe® SSD
berkapasitas besar. Dengan hal tersebut dapat membuat penggunanya merasa nyaman
ketika menggunakan laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.
Warna
Laptop
ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
juga menggunakan cover logam dengan tampilan yang menarik. Ada beberapa warna
yang diberikan untuk laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 yaitu Indie Black yang diartikan tidak kenal
kompromi, Silver Transparan yang futuristik, serta Hearty Gold yang memiliki
arti berani bertualang.
Response
Time
Untuk
layar ASUS OLED telah memiliki
response time sebesar 0,2 ms. Angka tersebut merupakan tercepat dari semua
laptop serta 50x lebih cepat dari pada layar LCD laptop rata-rata yang ada di
dalam masyarakat. Secara fakta hampir sebagian besar layar laptop LCD memiliki
response time antara 10 sampai 25 ms. Tentunya dengan angka tersebut dapat
memastikan setiap adegan aksi yang cepat lebih mulus serta gameplay latensi
rendah bahkan sampai detail halus seperti pengguliran teks akan terbebas dari
blur.
Contrast
True Black: See The Unseen
Laptop
ASUS OLED juga dapat mereproduksi warna
hitam yang sempurna. Piksel OLED sendiri terdiri dari tiga sub-piksel yang
masing-masing dilengkapi dengan iluminasi yang dihasilkan sendiri: layar 2,8K
(2880 x 1800) memiliki 5.184.000 piksel yang diartikan memiliki 15.552.000 sub-piksel
yang menyala sendiri dibandingkan denganhanya beberapa lusin. Lampu latar LED
pada dalam layar juga sudah LCD Full HD. Ketika sedang menampilkan warna hitam
pada layar OLED seketika piksel akan dimatikan begitu saja untuk dapat
menghasilkan warna hitam yang paling gelap. Kondisi tersebut memungkinkan
gambar yang sangat taham dan jelas bahkan ketika kondisi lingkungan paling
gelap sekalipun.
Perceptual
Brightness OLED has 1.6x color volume compared to LCD
Biasanya
layar LCD konvensional, detail dan kualitas warna akan menurun drastis ketika
cahaya lingkungan berkurang kecerahannya. Tetapi kini laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sudah
mampu menampilkan detail yang luar biasa dengan pengaturan kecerahan yang lebih
rendah karena kontrasnya yang tinggi serta kemampuan yang dapat mempertahankan
gamut warna yang lebar pada kecerahan yang rendah. Ketika menghitung volume
warna 3D dengan menambahkan ilmunikasi ke gamur warna 2D tradisional layar ASUS OLED memiliki volume warna sekitar
60% lebih tinggi serta menawarkan kinerja warna yang lebih baik pada tingkat
kecerahan apapun.
Eye
Care 70% Blue-Light Reduction For Eye Care
Pada
umumnya cahaya biru diketahui menyebabkan ketidaknyamanan visual dan mengganggu
akan kualitas tidur. Tetapi karena sifat bahan pencahayaan organik khusus yang
terdapat pada layar OLED laptop ASUS OLED dapat memancarkan 70% lebih sedikit cahaya biru yang berbahaya. Tidak
hanya itu laotp ASUS OLED juga telah
sertifikasi oleh TÜV Rheinland dan SGS terlebih penting lagi tidak seperti
filter cahaya biru tradisional yang menggeser spektrum berari tidak perlu
mengobankan akurasi warna.
Harapannya
dengan dipaparkan spesifikasi secara jelas atas laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dapat menjadi sebuah alternatif
akan penggunan laptop yang sehat bagi kesehatan. Sehingga ketika menggunakan
laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513
didalam kegiatan online jenjang waktu lama akan menjadi nyaman tanpa
menimbulkan sebuah penyakit mata didepannya.
Semoga
tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.
Sumber
gambar, tulisan, dan video:
- https://www.pelajaran.co.id/pengertian-kesehatan-menurut-ahli-dan-jenis-jenis-kesehatan-secara-umum/
- https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/09/kASUS-aktif-covid-19-indonesia-peringkat-ke-7-di-asia-tenggara
- http://ners.unair.ac.id/site/lihat/read/624/dampak-pembelajaran-daring-bagi-kesehatan-mata-pada-masa-pandemi-covid-19
- https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4984719/7-cara-menjaga-mata-tetap-sehat-saat-terlalu-lama-menggunakan-gawai
- https://youtu.be/leitpbbxoxg
- https://www.ASUS.com/About-ASUS-History/
- https://www.ASUS.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-15-OLED-K513-11th-gen-intel/
- https://pixabay.com/illustrations/social-media-social-marketing-5187243/
- https://pixabay.com/illustrations/human-skeleton-human-body-anatomy-163715/
- https://pixabay.com/illustrations/virus-microscope-infection-illness-1812092/
- https://pixabay.com/vectors/online-school-education-student-5784756/
- https://bit.ly/ASUSOLED-ID
Belum ada tanggapan untuk "Tetap Sehat Didalam Kegiatan Di Rumah Secara Online Dengan Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513"
Posting Komentar