Tetap Sehat Didalam Kegiatan Di Rumah Secara Online Dengan Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513

Tetap sehat didalam kegiatan rumah secara online, hmmmm maksudnya apayah?. Mungkin dari banyak para pembaca ketika membaca kata-kata tersebut ada yang memberikan respon pertama dengan mengerutkan dahi. Setelah mengerutkan dahi kemudian timbul pertanyaan emang sesulit itu membuat seseorang tetap sehat walaupun didalam kegiatan rumah?.

Agar dapat memberikan sebuah kecerahan atas pertanyaan atau respon dari judul tersebut maka disini penulis akan menjelaskan dengan gaya penulis. Dalam melaksanakan kegiatan secara online didalam rumah kita sering kali mengabaikan sisi kesehatan pada diri sendiri. Bahkan ada sebuah alasan-alasan klasik yang selalu menjadi kambing hitam seseorang tidak menjaga kesehatan. Dimana salah satu alasan-alasan klasik tersebut seperti tidak ada waktu kosong, jam aktifitas yang padat, tidak ada ruang khusus, dan masih banyak lagi. Akibat lebih banyak alasan dibandingkan motivasi untuk bergerak didalam kesehatan maka tidak usah heran jika banyak timbul penyakit ketika melakukan kegiatan di rumah secara online.

Pengertian dan Jenis Kesehatan

Menurut peraturan Undang-Undang No 23 Tahun 1992 mengatakan bahwa kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dipihak lain juga mengeluarkan pendapatnya mengenai arti kata kesehatan salah satunya yaitu Majelis Ulama Indonesia atau biasa disingkat MUI. MUI mengeluarkan pendapat mengenai kesehatan di tahun 1983 dengan mengartikan bahwa kesehatan merupakan ketahanan jasmani, rohani, dan sosial yang dimiliki oleh manusia sebagai karunia dari Allah yang wajib disyukuri dengan cara mengamalkansegala ajaranNya.

Dari dua pengertian yang diberikan oleh dua pihak ternyata kita dapat menarik sebuah benang merahnya. Menurut penulis benang merah dari dua pendapat tersebut yaitu bahwa kesehatan merupakan keadaan yang baik akan tiga hal yaitu badan, jiwa, dan sosial yang diberikan oleh Allah SWT sebagai pemberiannya yang harus disyukuri dengan cara mengamalkan segala ajaranya serta terus berusaha untuk menjadi seseorang yang produktif didalam hidupnya.

Secara umum kesehatan terbagi kedalam dua hal. Pertama adalah kesehatan yang berkaitan dengan tubuh. Kedua adalah kesehatan yang berkaitan dengan mental. Agar lebih mudah memahaminya dua kesehatan baik itu tubuh dan mental dapat diibaratkan seperti sebuah laptop. Ya, bentuk laptop dapat diartikan seperti kesehatan. Dimana bentuk laptop dapat diibaratkan seperti tubuh sedangkan untuk sisi mental dapat diibaratkan sofware. Sehingga untuk dapat menjalankan laptop dengan baik dibutuhkan bentuk laptop dan sofware yang baik begitupun dengan kesehatan.

Kesehatan tubuh merupakan sebuah sisi kesehatan yang dapat dilihat secara mata telanjang. Dalam hal ini kesehatan tersebut dapat dilihat secara jelas dari kondisi fisik dari seseorang. Kesehatan tubuh juga biasanya memiliki kaitan cukup erat dengan berbagai masalah-masalah fisik. Sedangkan untuk kesehatan yang berkaitan dengan mental merupakan sebuah kesehatan yang tidak dapat dilihat secara mata telanjang. Tetapi untuk dapat melihat kesehatan mental dapat dilihat dari kondisi jiwa atau kondisi seseorang. Biasanya kesehatan mental akan memiliki kaitan dengan masalah kesehatan maupun kesehatan masalah didalam pikiran.

Pandemik Virus Corona

Saat ini di seluruh dunia sedang dilandai oleh sebuah pandemik virus Corona sehingga memaksa setiap orang untuk berubah. Banyak sekali didalam kehidupan ini yang terpaksa untuk merubah dirinya agar dapat beradaptasi dengan pandemik virus Corona. Salah satu adaptasi yang harus diubah ada banyak sekali salah satunya seperti definisikan makna hidup, tujuan pembelajaran, sampai hakikat kemanusiaan. Selama menjalani kehidupan manusia selalu dituntut dan dipaksa untuk selalu cepat tanpa adanya berhenti demi mengejar kehidupan yang lebih baik. Tetapi saat dengan adanya pandemik virus Corona memaksa setiap orang untuk berhenti sejenak dari berbagai macam aktifitas yang biasanya dilakukan serta mencari kembali makna akan apa yang sebenarnya seseorang cari didalam menjalani kehidupan ini.

Ketika terjadi pandemik virus Corona tidak hanya didominasi oleh satu pihak dalam hal ini manusiannya saja yang menjadi perhatian tetapi juga hal lain seperti negara. Ya, saat ini negara Indonesia memiliki yang lebih besar lagi dalam semua askep kehidupan salah satunya dalam aspek pendidikan. Dalam hal ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) harus melakukan sebuah perubahan dalam dunia pendidikan apalagi saat ini dengan penerapan kebijakan sosial distancing. Adanya penerapan kebijakan sosial distancing tentunya direspon positif oleh Kemdikbud melalui perubahan sistem pembelajaran dari sistem tatap muka menjadi sistem online atau biasa disebut pada masyarakat dengan sebutan daring.

Tantangan Pembelajaran Sistem Online Atau Daring

Penyebaran virus Corona masih cukup menghantui diberbagai negara salah satunya di negara Indonesia. KASUS aktif virus Corona di negara Indonesia tercatat sebanyak 5.363 orang hingga Rabu 8 Desember 2021. Dari angka yang diberikan tersebut hampir setara dengan 0,12% dari total kASUS corona di dalam negeri. Bersarkan pihak Worldometer mengatakan bahwa jumlah kASUS aktif dari Covid di negara Indonesia menempati peringkat ketujuh untuk kawasan Asia Tenggara. Posisi negara Indonesia dihapit oleh beberapa negara Singapura dan Myanmar dengan kASUS aktif dengan angka 7.775 dan 4.726 orang.

Angka tersebut tentunya memaksa semua pihak dalam negara Indonesia yang diwakili oleh Kemdikbud membuat  kebujakan terbaik agar transfer ilmu pengetahuan dari tenaga pengajar kepada setiap murid. Walaupun ada satu kebijakan yang telah diterapkan yaitu kebijakan sistem online nyata masih menghadapi tantangan. Ada beberapa tantangan nyata yang harus diselesaikan dari kegiatan online yaitu: 1. Ketimpangan dalam teknologi antara siswa dan siswi dari kota besar dan daerah, 2. Kompetisis guru dalam memanfaatkan teknologi dalam dunia pembelajaran, 3 keterbatasan dana untuk membeli barang-barang teknologi keperluan pendidikan online.

Penerapan akan kebijakan physical distancing membuat perubahan dalam sistem pelaksanaan pembelajaran yang biasa dilakukan didalam fasilitas sekolah berupa sekolah kini menjadi pelaksanaan pembelajaran online dari dalam rumah. Perubahan sistem pembelajaran yang tiba-tiba berupa tersebut membuat tenaga pendidikan dan para siswa menjadi kaget. Walaupun sistem pembelajaran sistem online sudah dilaksanakan beberapa bulan atau bahkan sudah masuk tahap tahun. Tetapi nyata sistem pembelajaran online tersebut masih tetap merupakan kejutan yang cukup mengagetkan setiap orang yang terlibat di dalam dunia pendidikan.

Disini level paling bawah dalam lembaga pendidikan yang dipegang oleh kepala sekolah juga dituntut untuk dapat merespon akan kebijakan pembelajaran online atas dasar surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Disini setiap tenaga pengajar harus dapat membuat siste, silabus, dan proses kegaitan menjadi kegiatan online yang dipantau oleh kepala sekolah atas pelaksanaan. Tidak usah heran karena sistem baru tersebut akan membuat para siswa terbata-bata karena tugas yang menumpuk dalam melaksanakan sistem pembelajaran online. Dampak dari perubahan tidak hanya dirasakan oleh pihak tenaga pengajar dan siswa saja ternyata dampaknya terasa juga pad apara orang tua murid. Para orang tua murid mau tidak mau kini menjadi terlibat dalam mendapingi proses kegiatan pembelajaran dari mulai tugas sampai hal lain yang biasanya dilakukan oleh para tenaga pengajar di fasilitas pendidikan.

Penyakit Muncul Dari Kegiatan Pembelajaran Sistem Online

Indra mata merupakan sebuah organ yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan Indra mata merupakan satu dari sekian banyak orang yang paling sering digunakan diantara kelima indera lainnya. Indra mata merupakan sarana utama dalam mengumpulkan informasi. Sekitar 75% informasi yang diterima berupa visual. US National Library of Medicine. Medline Plus (2017). Eye Care. Untuk waktu harian yang bisa dihabiskan melakukan kegiatan menatap layar disebut dengan nama screen time. Beberapa informasi yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa durasi screentime sebanyak ≤ 2 jam/hari baik untuk anak-anak maupun remaja. Nyatanya rekomendasi atas informasi yang beredar tersebut tidak dapat direalisasikan secara baik pada kebiasaan remaja. Di negara China terdapat 36,8% anak usia sekolah jenjang 9-17 tahun yang menggunakan media elektronik ≥ 2 jam per hari. Sedangkan untuk negara Vietnam sebanyak 56%-64% remaja dengan usia 13-14 menggunakan media elektronik ≥ 2 jam/hari.

Di negara Indonesia sendiri terdapat 60% anak usia sekolah yang menggunakan media elektronik > 2 jam. Untuk bukti bisa dilihat secara langsung bahwa ada banyak sekali usia sekolah banyak sekali anak usia sekolah yang lebih banyak menatap media elektronik dengan jenjang waktu cukup lama. Contoh nyata media elektronik yang banyak digunakan usia sekolah adalah menggunakan gadget ataupun laptop. Apalagi dengan adanya penerapan sistem pembelajaran online membuat penggunaan media elektonik menjadi kian meningkat. Banyak sekali media didalam pelaksanaan sistem online ada banyak sekali dari mulai WhatsApp, telegram, Zoom meeting, google meet, google classroom, dan masih banyak lagi.

Akibatnya banyak jumlah berbagai macam media tersebut membuat jam durasi penggunaan media elektornik menjadi lebih banyak lagi. Saking lamanya durasi penggunaan media elektronik akan mengakibatkan tanda maupun gejala kesehatan tergangguh. Salah satu contoh tanda maupun gejala mata terganggu yang paling sering dijumpai oleh masyarakat adalah kelelahan mata. Kelelahan mata juga ditandai oleh adanya sebuah iritasi pada mata atau konjungtivitis (konjungtiva berwarna merah dapat mengeluarkan air mata), penglihatan ganda, sakit kepala, daya akomodasi dan konvergensi menurun, ketajaman penglihatan kepekaan kontras dan kecepatan persepsi (Kurnia, 2009). Gejala umum lainnya yang akan timbul akibat dari penyakit mata lelah adalah sakit punggun dan vertigo. Pengelihatan yang kabur akibat penggunana media elektonik seperti laptop sampai netobook dapat bermanifestasi menjadi myopia, hipermetropi, dan astigma. Jika sudah terjadi penyakit pada indra mata membuat menjalani kehidupan sehari-hari menjadi lebih terhambat.

Tips-Tips Untuk Membuat Mata Tetap Sehat Walaupun Melakukan Kegiatan Menatap Layar Elektonik Dengan Waktu Lama

Ada beberapa tips yang diberikan oleh penulis agar para siswa dan siswi agar tetap melaksakan kegiatan menatap layar eleknokik dengan waktu lama yaitu:

  1. Memberikan Jarak. Ya, terkadang saat menatap layar elektronik seseorang cenderung ingin selalu mendekatkan indra matanya dengan layar. Agar terhindar dari penyakit mata akibat terlalu dekat menatap layar elektronik maka dibutuhkan jarak minimal. Untuk jarak pandang yang bisa digunakan yaitu 33 cm ketika menggunakan hp dan 60 cm ketika menggunakan komputer.
  2. Disiplin Pada Waktu Penggunaan. Disini pihak pengguna harus memiliki batas waktu penggunaan. Adanya batasan penggunaan harapannya dapat mencegah penyakit mata akibat menatap layar elektronik. Pastinya pada point ini setiap orang memiliki waktu batas penggunaan yang berbeda-beda. Ada yang batas penggunaannya selama 2 jam, 3 jam, sampai 4 jam. Perbedaan batas waktu penggunaan tentunya tidak menjadi masalah asalkan tidak akan memberikan efek samping berupa penyakit mata yang akan diderita.
  3. Mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk indra mata. Kesehatan mata tidak hanya diurus dari luar saja tetapi juga dari dalam. Dimana cara pengurusan indra mata adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk mata. Akan ada banyak sekali makanan dan minuman salah satu contohnya wortel. Untuk pengolahan dari wortel sendiri ada banyak sekali caranya dari mulai dijadikan jus atau dimakan secara langsung. Tetapi konsumsi dari wortel harus sesuai dengan aturan dari kesehatan agar tidak memberikan efek kurang baik ketika mengonsumsi wortel.
  4. Menggunakan peralatan elektronik yang nyaman untuk mata. Semua hal yang telah dipaparkan akan cukup percuma apabila seseorang tidak menggunakan peralatan elektonik yang nyaman untuk mata. Bahkan ketika sudah benar-benar mengganti peralatan elektronik yang nyaman untuk mata mungkin saja bisa benar-benar terhindar dari terjadi penyakit mata. Karena perlatan teknologi elektornik yang digunakan pada kegiatan belajar secara online adalah laptop. Maka seseorang dalam hal ini siswa dan siswi harus menggunakan laptop yang nyaman untuk indra mata.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis laptop yang nyaman digunakan didalam kegiatan sistem belajar online alangkah lebih baiknya para pembaca melihat terlebih dahulu video dibawah ini:

Dari video yang telah ditonton oleh bisa menarik sebuah benang merahnya bahwa laptop tersebut berasal dari perusahaan yang bernama ASUS. Mungkin para pembaca sekalian pastinya sudah mengenal akan apa itu ASUS. Tetapi agar benar-benar mengetahui secara dalam mengenai ASUS disini pihak penulis akan membahas sedikit lebih dalam mengenai ASUS. Alangkah baiknya jika para penulis membahas mengenai sejarah ASUS.

Berdasarkan sejarah mengatakan bahwa ASUS didirikan pada tahun 1989. Bisa dikatakan bahwa pada saat itu ASUS merupakan sebuah perusahaan multinasional yang dikenal dengan motherboardterbaik di dunia dan komputer pribadi yang berkualitas tinggi, monitor, kartu grafis, router, dan lain-lain. Tetapi saat ini ASUS sedang merancang dan membangun sebuah teknologi pintar untuk generasi berikutnya dalam memberikan sebuah pengalaman luar biasa yang dapat meningkatkan kehidupan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Untuk ide awal berdirinya perusahaan ASUS dimulai dari sebuah percakapan di sebuah kedai kopo di Taipe. Dimana percakapan tersebut muncul dari beberapa insinyur yang memiliki sebuah cita-cita dan ambisi untuk dapat berbagi mimpi dalam menciptakan sebuah perusahaan yang kecil tetapi indah. Setelah itu delapan bulan kemudian para insinyur tersebut telah dapat menciptakan sebuah benda yang bernama Cache 386/33 dan ISA 486/25. Kedua hal yang diciptakan tersebut merupakan dua motherboard dari komputer probadi yang digunakan dalam berbagai macam produk industri terkemuka yang dibuat oleh IBM dan ALR. Dengan keberhasilan motherboard awal tersebut membawa negara Taiwan dikenal secara global sebagai produk IT yang berkualitas tinggi. Saat ini salah satu produknya berupa laptop yang berjenis ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 memiliki berbagai macam kelebihan didalamnya. Berikut ini adalah pemaparan dari kelebihan dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 yaitu:

Mengoneksi Antar Perangkat

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 telah dilengkapi dengan sebuah fitur yang bernama Link To MyASUS. Link To MyASUS adalah sebuah tool praktis yang merupakan sebuah bagian dari aplikasi MyASUS. Bisa dikatakan bahwa toll ini dapat melakukan sebuah integrasikan antara PC ASUS dengan sebuah perangkat seluler para pengguna. Adanya intergarasi tersebut tentunya dapat meningkatan produktivitas para pengguna yang selalu dituntut untuk dapat multitasking didalam menjalani kehidupannya.

Koneksi

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dilengkapi dengan sebuah koneksi port USB 3.2 Gen 1 Type-C™ yang didesain secara fleksible untuk dapat menghubungkan antar perangkat menjadi lebih mudah. Tidak hanya dilengkapi oleh port USB 3.2 Gen 1 Type-C™ tetapi laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dilengkapi dengan beberapa koneksi seperti port USB 3.2 Gen 1 dan USB 2.0, output HDMI, dan pembaca kartu microSD. Semua koneksi yang dimiliki oleh laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 para penggunanya dapat menghubungkan kepada semua pereferal, display, dan protektor agar memudahkan kegiatan pembelajaran secara online menjadi lebih mudah.

Keyboard

Keyboard backlit ukuran penuh yang digunakan pada ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sehingga ketika para pengguna berada di lingkungan yang redut menggunakan keyboard masih tetap nyaman. Konstruksi yang kokoh dan travel key 1.4 mm memberikan luasan yang cukup lebar bagi jarik ketika mengetik dan pastinya nyaman.

One-Touch To Log In

Untuk dapat mengakses dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 kini lebih mudah dan nyaman. Bahkan cara akses laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 cukup bermodal sensor sidik jari bawaan yang terdapat pada touchpad dan Windows Hello. Sehingga para pengguna tidak usah lagi apabila mau mengakses memasukan kata sandi yang berbelit-belit. Hanya cukup dengan satu sentuhan sidik jari para pengguna sudah dapat menjalankan dan mengakses laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.

Penyimpanan

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 telah dipasang sebuah fitur storage. Ketika sudah ada fitur tersebut para pengguna pastinya dapat merasakan performa sebuah kegiatan transfer data super cepat. Kelebihan sisi penyimpanan pada laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga menawarkan SSD yang respon dan waktu loading aplikasi super cepat. Serta penyimpanan dapat ditambah 256 GB PCIe® SSD.

Ukuran dan Berat

Untuk berat dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 cukup ringan untuk dibawa kemana-mana. Dimana untuk berat sendiri dari laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 seberat 1,8 kg serta profil yang super tipis. Sedangkan untuk ukuran kurang lebih sebesar 17.9 mm. Dengan ukuran dan berat tersebut tentunya laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dapat dengan mudah dibawa kemana-mana untuk dapat mendukung berbagai macam aktifitas seseorang yang cukup padat.

NanoEdge Display

Layar NanoEdge berzel dibuat tipis sehingga dapat menghadirkan pengalaman nonton yang mendalam dengan menghadirkan layar yang lebih besar dalam bingkai kecil. Untuk layar sendiri pada laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sudah Full HD sehingga produksi warna sudah sangat memikat secara visual dengan jelas dan cerah.

ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT)

Pada setiap model jenis laptop untuk seri VivoBook keluaran terbaru selalu memberikan sebuah pembuang panas yang melalui pipa panas 8 mm yang ditingkatkan dan kipas IceBlades 87 bulah yang terbuat dari polimer kristal cair yang membuatnya lebih ringan dan tipis dari bahan kipas biasa. Setiap bilah kipas IceBlades didalam seri VivoBook memiliki desain aerodinamis melengkung 3D. Akibat bentuk tersebut memungkinkan kipas dapat mencapai laju aliran yang lebih baik serta mengirangi kebisingan yang dihasilkan.

Performa

Laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga. Sedangkan untuk laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 didukung oleh sebuah prosesor dari Intel Core 11th Gen terbaru dengan memori hingga 8GB yang dapat diupgrade hingga 16GB. Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga dilengkapi dengan PCIe® SSD berkapasitas besar. Dengan hal tersebut dapat membuat penggunanya merasa nyaman ketika menggunakan laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.

Warna

Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga menggunakan cover logam dengan tampilan yang menarik. Ada beberapa warna yang diberikan untuk laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 yaitu Indie Black yang diartikan tidak kenal kompromi, Silver Transparan yang futuristik, serta Hearty Gold yang memiliki arti berani bertualang.

Response Time

Untuk layar ASUS OLED telah memiliki response time sebesar 0,2 ms. Angka tersebut merupakan tercepat dari semua laptop serta 50x lebih cepat dari pada layar LCD laptop rata-rata yang ada di dalam masyarakat. Secara fakta hampir sebagian besar layar laptop LCD memiliki response time antara 10 sampai 25 ms. Tentunya dengan angka tersebut dapat memastikan setiap adegan aksi yang cepat lebih mulus serta gameplay latensi rendah bahkan sampai detail halus seperti pengguliran teks akan terbebas dari blur.

Contrast True Black: See The Unseen

Laptop ASUS OLED juga dapat mereproduksi warna hitam yang sempurna. Piksel OLED sendiri terdiri dari tiga sub-piksel yang masing-masing dilengkapi dengan iluminasi yang dihasilkan sendiri: layar 2,8K (2880 x 1800) memiliki 5.184.000 piksel yang diartikan memiliki 15.552.000 sub-piksel yang menyala sendiri dibandingkan denganhanya beberapa lusin. Lampu latar LED pada dalam layar juga sudah LCD Full HD. Ketika sedang menampilkan warna hitam pada layar OLED seketika piksel akan dimatikan begitu saja untuk dapat menghasilkan warna hitam yang paling gelap. Kondisi tersebut memungkinkan gambar yang sangat taham dan jelas bahkan ketika kondisi lingkungan paling gelap sekalipun.

Perceptual Brightness OLED has 1.6x color volume compared to LCD

Biasanya layar LCD konvensional, detail dan kualitas warna akan menurun drastis ketika cahaya lingkungan berkurang kecerahannya. Tetapi kini laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sudah mampu menampilkan detail yang luar biasa dengan pengaturan kecerahan yang lebih rendah karena kontrasnya yang tinggi serta kemampuan yang dapat mempertahankan gamut warna yang lebar pada kecerahan yang rendah. Ketika menghitung volume warna 3D dengan menambahkan ilmunikasi ke gamur warna 2D tradisional layar ASUS OLED memiliki volume warna sekitar 60% lebih tinggi serta menawarkan kinerja warna yang lebih baik pada tingkat kecerahan apapun.

Eye Care 70% Blue-Light Reduction For Eye Care

Pada umumnya cahaya biru diketahui menyebabkan ketidaknyamanan visual dan mengganggu akan kualitas tidur. Tetapi karena sifat bahan pencahayaan organik khusus yang terdapat pada layar OLED laptop ASUS OLED dapat memancarkan 70% lebih sedikit cahaya biru yang berbahaya. Tidak hanya itu laotp ASUS OLED juga telah sertifikasi oleh TÜV Rheinland dan SGS terlebih penting lagi tidak seperti filter cahaya biru tradisional yang menggeser spektrum berari tidak perlu mengobankan akurasi warna.

Harapannya dengan dipaparkan spesifikasi secara jelas atas laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 dapat menjadi sebuah alternatif akan penggunan laptop yang sehat bagi kesehatan. Sehingga ketika menggunakan laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 didalam kegiatan online jenjang waktu lama akan menjadi nyaman tanpa menimbulkan sebuah penyakit mata didepannya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber gambar, tulisan, dan video:

  1. https://www.pelajaran.co.id/pengertian-kesehatan-menurut-ahli-dan-jenis-jenis-kesehatan-secara-umum/
  2. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/09/kASUS-aktif-covid-19-indonesia-peringkat-ke-7-di-asia-tenggara
  4. http://ners.unair.ac.id/site/lihat/read/624/dampak-pembelajaran-daring-bagi-kesehatan-mata-pada-masa-pandemi-covid-19
  5. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4984719/7-cara-menjaga-mata-tetap-sehat-saat-terlalu-lama-menggunakan-gawai
  6. https://youtu.be/leitpbbxoxg
  7. https://www.ASUS.com/About-ASUS-History/
  8. https://www.ASUS.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-15-OLED-K513-11th-gen-intel/
  9. https://pixabay.com/illustrations/social-media-social-marketing-5187243/
  10. https://pixabay.com/illustrations/human-skeleton-human-body-anatomy-163715/
  11. https://pixabay.com/illustrations/virus-microscope-infection-illness-1812092/
  12. https://pixabay.com/vectors/online-school-education-student-5784756/
  13. https://bit.ly/ASUSOLED-ID

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tetap Sehat Didalam Kegiatan Di Rumah Secara Online Dengan Laptop ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513"

Posting Komentar