Menjalani
kehidupan kita sebagai masyarakat pastinya akan merasakan berbagai macam
tahapan kehidupan. Kehidupan-kehidupan tersebut ada yang menarik, sedih,
membangkan, dan lain lain seperti gelombang pasang yang selalu naik turun.
Berbicara salah satu dari sekian moment kehidupan yang akan dilalui yaitu
kehidupan akan mencari pekerjaan.
Biasanya
pada masyarakat seseorang akan mencari pekerjaan ketika seseorang tersebut
sudah dinyatakan lulus dari pendidikan formal yang diembannya. Tetapi tidak
jarang pula dibeberapa kasus pada seseorang akan lebih cepat mendapatkan moment
mencari pekerjaan. Untuk penulis sendiri waktu mencari pekerjaan dialami di
tahun 2021 saat sedang pandemik virus Corona berlangsung dalam kehidupan
sehari-hari.
Kurang
lebih di pertengahan bulan Juni tahun 2021 penulis mulai mencoba-coba untuk
melamar pekerjaan keberbagai macam tempat. Dari mulai lowongan pekerjaan yang
berada di dekat rumah sampai lowongan pekerjaan yang cukup jauh penulis coba
semua dengan harapan dapat diterima ditempat kerja tersebut. Mungkin jika
dihitung-hitung sudah puluhan bahkan sudah ratusan berkas lamaran pekerjaan
yang dikirim penulis melalui email kepada berbagai macam lowongan pekerjaan.
Dari
sekian banyak berkas yang dikirim memang didominasi oleh penolakan yang
dikombinasikan dengan tidak ada pengumuman informasi. Tetapi dari sekian banyak
berkas yang dikirim ada juga beberapa yang masuk ketahap selanjutnya yaitu tes.
Tes yang dilakukan oleh penulis terbagi kedalam dua bagian. Pertama adalah tes
matematika sederhana yang berisikan penjumlahan, pengurangan, sampai perkalian
yang dikombinasikan dengan sebuah kasus dari mulai waktu, penjualan, sampai
persentasi keutnungan. Sedangkan untuk tes kedua adalah tes psikotes pada
umumnya. Tes psikotes tersebut sama seperti tes psikotes lainnya serta waktu
yang sama pula.
Setelah
selesai tes tersebut pihak HRD didalam perusahaan tersebut memberikan informasi
bahwa pengumuman masuk tahap wawancara akan diinformasikan dua minggu setelah
selesai. Ya, setelah menyelesaikan tahap tes tentunya penulis tidak akan
langsung diterima tetapi masuk terlebih dahulu tahap wawancara. Didalam tahap
wawancara penulis akan ditanya-tanya oleh pihak perusahaan tersebut dari mulai
pekenalan, latar belakang, gajih, motivasi, dan masih banyak lagi. Tujuan dari
wawancara tersebut adalah mengetahui latar belakang penulis serta kecocokan
dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Apabila penulis cocok sesuai standar
didalam perusahaan tersebut maka penulis dapat bergabung menjadi sumber daya
manusia atau biasa disebut sebagai pekerja di perusahaan tersebut.
Sudah
lewat dua minggu dari tes di perusahaan tersebut tetapi informasi yang
diberikan belum juga muncul. Cara perusahaan menghubungi biasanya melalui
beberapa cara seperti telpon, sms, sampai email. Tetapi sudah semua cara-cara
tersebut penulis cek satu persatu setiap hari dari mulai sudah tes sampai 2
minggu tetapi tidak ada inforamasi kelanjutan pekerjaan tersebut. Tentunya dari
kegagalan tes tersebut membuat penulis tidak hanya berdiam diri saja tetapi
penulis juga melamar pekerjaan ditempat lainnya.
Dengan
sudah banyak mengirimkan berkas lamaran pekerjaan kini penulis mengambil sebuah
benang merah bahwa pengiriman berkas lamaran tidak bisa disembarang waktu. Ada
satu waktu yang pas menurut penulis agar berkas lamaran yang dikirim dapat
memiliki peluang dibaca oleh HRD dari perusahaan tersebut. Dimana waktu
pengiriman dari mulai jam 7 sampai jam 9 pagi. Itulah menurut penulis waktu
yang tepat karena biasanya dijam tersebut biasanya HRD akan membuka email
terlebih dahulu sebelum mengerjakan pekerjaan lainnya. Dengan hal tersebut maka
potensi dibaca email berkas lamaran penulis lebih besar apabila dikirim dijam
lainnya.
Setelah
moment ditolak didalam perusahaan yang sudah tahap tes kini penulis mencoba
lagi mengirim berkas lamaran pekerjaan lagi. Dari sekian banyak berkas lamaran
pekerjaan yang dikirim ada satu moment yang menarik untuk dipaparkan oleh
penulis. Dimana berkas lamaran yang dikirim pada lowongan kerja tersebut tidak
melalui sebuah email tetapi melalui form khusus yang dimiliki perusahaan
tersebut. Bahkan didalam lowongan pekerjaan yang dikirimkan tersebut ada
beberapa berkas tambahan yang diminta oleh perusahaan tersebut dari pada
lowongan pekerjaan pada umumnya. Salah satu contoh berkas tambahan tersebut
seperti sertifikat keahlian, sertifikat bahasa asing khususnya bahasa Inggris,
sampai sertifikat berbagai macam prestasi kegiatan.
Tentunya
karena adanya perbedaan tersebut membuat pengalaman mencari pekerjaan tersebut
kian baru bagi penulis. Walaupun baru tetapi penulis harus mencobannya agar
harapan diterima didalam lowongan pekerjaan tersebut dapat diraih oleh penulis.
Sehingga diujungnya penulis dapat menjadi bagian dari sumber daya manusia atau
pekerja didalam perusahaan tersebut. Didalam perusahaan tersebut juga
dipaparkan bahwa setelah tahap berkas akan memasuki tahap lain dari mulai tahap
tes sampai tahap wawancara. Serta perbandingan jarak waktu dari tahap berkas ke
tahap tes kurang lebih dua minggu.
Tentunya
waktu dua minggu tersebut merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh penulis.
Saking ditunggu-tunggunya hampir setiap hari baik itu diwaktu pagi hari atau
sore hari penulis selalu mengecek pengumuman tersebut. Dimana berdasarkan
informasi pengumuman tersebut dipaparkan didalam website. Maka hampir setiap
hari penulis mengakses website tersebut untuk mengetahui diterima atau tidaknya
penulis menjadi bagian sumber daya manusia atau pekerja didalam perusahaan
tersebut. Ternyata diakhirnya pengumuman tersebut keluar dan penulis nyata
gagal kembali menjadi bagian dari sumber daya manusia atau pekerja didalam
perusahaan tersebut.
Karena
sudah beberapa kali gagal dalam mendapatkan pekerjaan penulis mendapatkan
sebuah benang merahnya mengapai seseorang seperti penulis masih belum
mendapatkan peluang untuk bergabung didalam perusahaan tersebut menjadi sumber
daya manusia atau pekerja. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi
penghambat seseorang seperti penulis untuk dapat bergabung didalam sebuah
perusahaan menjadi sumber daya manusia atau pekerja yaitu:
Berkas
yang diminta dikirim oleh calon pekerja kurang. Biasanya setiap lowongan
pekerjaan akan meminta beberapa berkas umum dan berkas tambahan sesuai
spesifikasi pekerjaan yang dilamar. Untuk berkas umum seperti KTP atau hal
lainnya masih dapat dipenuhi oleh setiap calon pekerja. Tetapi untuk berkas
tambahan terkadang banyak calon pekerja yang tidak melampirkan. Bahkan ada
beberapa calon pekerja yang sengaja tidak mengirim berkas tambahan tersebut.
Tentunya karena tidak lengkap berkas yang diminta oleh tempat kerja tersebut
secara otomatis terkadang para HRD didalam perusahaan tersebut menganggap bahwa
calon pekerja tersebut tidak kompeten. Ketika sudah ada label tidak kompeten
didalam calon pekerja tersebut maka tentunya peluang tidak diterima akan
menjadi lebih besar atau bahkan terkadang calon pekerja tersebut langsung
dihapuskan dari daftar calon pekerja.
Tidak
menyiapkan diri dengan baik. Biasanya untuk point kedua ini terjadi ketika
seseorang sudah mulai masuk kedalam tahap tes. Berdasarkan pengalaman penulis
yang sudah memasuki tahap tes pengumuman diberikan dengan jenjang waktu yang
berdekatan dengan tes. Waktu itu penulis diberikan informasi masuk tahap tes
saat mau malam hari yang mana besoknya adalah hari tes. Akibat jenjang waktu
yang berdekatan tersebut terkadang setiap calon pekerja tidak dapat maksimal
dalam menyiapkan dirinya untuk menghadapi tes. Akibatnya tidak memiliki
persiapan yang matang membuat calon pekerja memiliki peluang yang lebih besar
tidak diterima.
Tidak
memiliki skill khusus yang spesifik. Dari sekian hal yang telah dipaparkan pada
point ke tiga ini bisa dikatakan menurut penulis merupakan yang paling
didominasi. Terkadang harus diakui bahwa didalam dunia pekerjaan seseorang yang
memiliki skill khusus yang spesifik pastinya akan dihargai. Bahkan semakin spesifik
skill seseorang maka bayaran yang didapatkan akan semakin besar. Tidak hanya
bayaran saja yang tinggi dengan skill khusus yang spesifik membuat seseorang
memiliki peluang lebih besar diterima didalam sebuah perusahaan tempat melamar
pekerjaan. Maka dari itu agar seseorang memiliki peluang lebih besar diterima
bekerja ditempat melamar maka seseorang harus memiliki skill khusus yang
spesifik.
Berbicara
mengenai skill khusus yang spesifik pastinya akan membahas pula mengenai tempat
pelatihan skill yang spesifik tersebut. Skill pastinya akan selalu berkaitan
dengan tempat pelatihan terkadang apabila diibaratkan seperti dua sisi pada
mata koin. Dimana baik itu skill dan tempat pelatihan akan selalu berkiatan.
Agar seseorang seperti penulis memiliki skill khusus yang spesifik maka harus
terlebih dahulu mengetahui akan tempat pelatihan skill yang spesifik tersebut.
Berbicara mengenai tempat pelatihan skill yang spesifik tersebut ada banyak
yang beredar didalam masyarakat. Tetapi untuk penulis sendiri tempat pelatihan
skill yang spesifik tersebut maka akan langsung teringat akan sebuah pihak yang
bernama Arkademi.
Apa Itu Arkademi???
Arkademi
merupakan massive open online course (MOOC) platform yang dibuat dari hasil
karya anak bangsa dari Negara Indonesia. Pembelajaran yang ada didalam Arkademi juga dikhususkan untuk skill
based learning atau pembelajaran berbasis keahlian yang diberikan melalui kelas
belajar dan Kursus Online melalui
sebuah aplikasi Arkademi yang
menggunakan basis mobile app dan web. Tidak hanya itu saja didalam Arkademi juga setiap individu maupun
lembaga kursus dapat membuka serta mengkomersialkan kelas online yang dimiliki
agar dapat menjangkan setiap siswa dan siswi yang berasal dari seluruh wilayah
Negara Indonesia. Arkademi juga
menjadi sebuah bagian dari program inkubasi dan akselerator akan perusahaan top-level
dunia: SOSV MOX (Mobile Only Accelerator), Amazon Web Service (Edstart
Program), dan Y Combinator (Startup School) yang dipilih dari setiap tech
startup edukasi terbaik yang ada di dunia.
Didalam Arkademi ada banyak sekali pelatihan-pelatihan yang dapat diikuti oleh setiap orang. Dimana berikut ini adalah pemaparan akan setiap pelatihan yang dapat diikuti tersebut yaitu:
Kelas Spesialisasi, didalam kelas tersebut ada banyak sekali pelatihan yang dapat diikuti salah satu contohnya yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Pada pelatihan tersebut seseorang yang mengikutinya akan mempelajari seluk beluk mengenai keselamatan dan kesehatan kerja. Seluk beluk yang diajarkan dari mulai K3 Basic Factory, K3 Uum, sampai K3 Office Building. Secara rata-rata seseorang yang menyelesaikan pelatihan tersebut dapat menghabiskan waktu kurang lebih selama 27,6 jam. Untuk mengakses pelatihan tersebut caranya cukup mudah seseorang bisa mengakses melalui sebuah web atau app semua tergantung kondisi seseorang. Ketika seseorang telah menyelesaikan pelatihan tersebut maka seseorang akan mendapatkan sebuah sertifikat. Agar lebih jelas maka disini penulis akan memberikan sebuah contoh dari sertifikat yang akan didapatkan seseorang ketika sudah menyelesaikan pelatihan Keselamatan dan KesehatanKerja (K3).
Sedang Diskon,
didalam pelatihan yang sedang diskon disini ada banyak sekali pilihan yang
dapat dipilih salah satunya yaitu Menjadi Jurnalis Profesional. Sebelum menjelaskan review dari pelatihan Menjadi Jurnalis Profesional lebih baik
jika para pembaca melihat terlebih dahulu sebuah video dibawah ini:
Didalam
pelatihan Menjadi Jurnalis Profesional
terdapat dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari
adanya pelatihan tersebut agar para peserta yang mengambil pelatihan tersebut
dapat menerapkan sebuah teknik dasar dalam dunia Jurnalistik dengan baik serta
dapat menghasilkan tulisan dengan berbagai macam hal tetapi masih sesuai dengan
standar jurnalistik. Sedangkan untuk tujuan khusus ada banyak sekali salah satunya
yaitu menjelaskan fundamental jurnalistik menggali ide, mencontohkan teknik
menulis kategori spesifik, sampai mencontohkan teknik menulis feature.
Metode
yang diajarkan pada pelatihan Menjadi Jurnalis Profesional ada 3 cara yaitu: 1) Self-paced Learning dengan
Pre-Test pada setiap modul dan Post-Test pada akhir kelas untuk menguji
pemahaman materi 2)Video ajar berdurasi rata-rata 10 menit/video 3) Slide
materi PDF. Agar setiap materi yang diberikan benar-benar dipahami oleh setiap
peserta yang terlibat maka didalam pelatihan tersebut terdapat sebuah evaluasi.
Evaluasi tersebut diberikan untuk setiap modul dan post-test di akhir
pelatihan. Evaluasi tersebut setidaknya seseorang peserta membutuhkan minimal
nilai sebesaar 60 untuk dapat dinyatakan lulus didalam pelatihan tersebut.
Untuk durasi akses dari pelatihan ini akan diberikan akses masuk kedalam kelas
selama 750 hari.
Didalam
pelatihan yang bernama Menjadi Jurnalis Profesional dimentori oleh seseorang yang bernama Pepih Nugraha. Pepih
Nugraha merupakan seseorang wartawan senior yang berasal dari Kompas sekaligus
merupakan pendiri Kompasiana.com. Bisa dikaakan bahwa Pepih Nugraha merupakan
salah satu Begawan jurnalistik di Negara Indonesia dalam genre feature,
jurnalisme warga dan hybrid. Ketika sudah memutuskan pension dini dari Kompas
Pepih Nugraha kemudian mendirikan sebuah Pepnews. com. Papnews.com merupakan
sebuah platform yang berkaitan dengan jurnalisme warna yang dinobatkan sebagai
sebuah blog dan website personal terbaik berdasarkan penilaian dari Pengelola
Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) di tahun 2016.
Kursus Populer,
didalam pelatihan yang termasuk ke dalam point ini ada banyak sekali pelatihan
yang dapat diikuti salah satu contoh pelatihan tersebut yaitu Akuntansi Dasar dan Keuangan Bisnis –Bersertifikat. Didalam pelatihan tersebut terdapat dua tujuan yaitu tujuan
umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari pelatihan tersebut adalah membuat para
peserta dapat melakukan pembuatan catatan dan lapiran yang baik dan benar
sesuai standarnya serta dapat mengetahui maupun menilai kesehatan sebuah bisnis
yang sedang berjalan. Sedangkan untuk tugas khusus pelatihan tersebut ada
banyak sekali salah satu contohnya yaitu mencatat laporan keuangan bisnis,
mengidentifikasi analisis rasio keuangan, sampai memilih aplikasi keuangan
bisnis.
Pelatihan
Akuntansi Dasar dan Keuangan Bisnis –Bersertifikat menggunakan beberapa cara dalam metode ajar yang digunakan. Salah
satu metode ajar yang digunakan didalam pelatihan tersebut yaitu 1) Self-paced
Learning dengan Pre-Test pada setiap modul dan Post-Test pada akhir kelas untuk
menguji pemahaman materi. 2) Video ajar berdurasi rata-rata 10 menit/video. 3) Slide
materi PDF. Setelah para peserta mendapatkan materi pelatihan maka akan
dilanjutkan akan sebuah evaluasi. Evaluasi yang dilakukan pada setiap modul dan
post-test di akhir pelatihan. Dimana seseorang dapat dinyatakan lulus didalam
petaihan tersebut apabila seseorang mendapatkan sebuah nilai minimal 60 agar
dapat dinyatakan lulus pada pelatihan tersebut.
Pada
dasarnya ada banyak sekali pelatihan yang disediakan oleh pihak Arkademi tetapi salah satunya telah
dipaparkan diatas. Setelah membaca beberapa pelatihan yang telah dipaparkan
kini para pembaca pastinya memiliki sebuah pertanyaan. Dimana mungkin salah
satu pertanyaan tersebut sama seperti penulis yaitu:
Kenapa Seseorang Harus Menggunakan
Pelatihan Yang Disediakan Oleh Arkademi???
Jika
diberikan sebuah pertanyaan tersebut pastinya setiap orang memiliki pendapat
yang berbeda-beda. Walaupun ada perbedaan terkadang setiap pendapat yang
diberikan tersebut memiliki benang merah yang saling terhubung. Berikut ini
adalah beberapa pendapat akan alasan-alasan mengapa seseorang harus menggunakan
pelatihan yang disediakan oleh Arkademi
untuk meningkatkan skill seseorang yaitu:
Didirikan
oleh para sumber daya manusia yang berkualitas. Jika berbicara sumber daya yang
berkualitas didalam sebuah perusahaan bisa kita lihat contohnya dari CEO dan Co-founder.
Untuk Arkademi CEO dan Co-foundernya
dipegang oleh seseorang yang bernama Hilman Fajrian dan Resi Dwi Erveny. Hilman
Fajrian merupakan seseorang yang sudah menulis kode computer pertama kalinya
saat usia 8 tahun. Setelah itu Hilma Fajrian juga berkabung kedalam sebuah
sekolah hokum yang bergengsi di Negara Indonesia. Pada tahun 2000 Hilman
Fajrian juga mendirikan perusahan teknologi pertama kali. Dengan hal tersebut
pastinya sudah banyak sekali pengalaman pastinya akan dapat membantu membawa Arkademi menjadi lebih baik lagi.
Disini
Hilman Fajrian dibantu mengembangkan Arkademi
dengan seseorang bernama Resi Dwi Erveny. Resi Dwi Erveny sudah bergabung akan
perusahaan energy terbesar di Negara Indonesia sebagai Chief of Leadership
Learing ketika berusia 31 tahun bekerja berdampingan dengan McKinsey untuk
mengembangkan generasi professional berikutnya. Dengan pengalaman tersebut
tentunya harapannya dapat membawa Arkademik
kearah yang lebih baik lagi dari pada sebelumnya.
Testimoni
yang sudah terjamin oleh seseorang yang telah mengikuti pelatihan yang
disediakan oleh Arkademi. Tentunya untuk
point yang ini dibutuhkan sebuah bukti yang nyata. Dimana bukti tersebut harus
dapat dilihat dan dibaca dengan jelas. Maka dari itu disini pihak penulis akan
memberikan sebuah testimoni dengan sebuah gambar. Harapannya para pembaca dapat
dengan jelas membaca pengalaman seseorang yang mencoba pelatihan di dalam Arkademi.
Dapat
diakses melalui andoid dan iOS. Dua cara tersebut bisa dikatakan merupakan cara
yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan sudah didukung dua cara tersebut
maka seseorang yang mau mendapatkan sebuah pelatihan yang disediakan oleh Arkademi tidak usah repot-repot
kembali. Kini akses tersebut dapat menggunakan sebuah hp yang memiliki system andoid
maupun iOS.
Kali
ini juga pastinya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Apabila memang
para pembaca memiliki pendapat yang berbeda dengan penulis tidak ada salahnya
para pembaca untuk memaparkan didalam kolom komentar. Ketika para pembaca sudah
memaparkan didalam kolom komentar harapannya ada sebuah interkasi antara para
pembaca dengan penulis sehingga terjadi saling share informasi antara penulis
dan pembaca.
Harapan Dengan Adanya Pelatihan
Skill Oleh Arkademi
Negara Indonesia saat ini masih dihantui oleh permasalahan yang selalu menjadi bayang-bayang hitam yaitu permasalahan akan pengangguran. Berdasarkan data yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan bahwa jumlah pengangguran di Negara Indonesia mencapai 8,75 juta orang pada bulan Februari 2021. Banyaknya data tersebut bisa dikatakan mengalami peningkatan sebanyak 26,26% dibangkan ditahun yang lalu hanya sebanyak 6,93 juta orang.
Pastinya ada banyak sekali faktor
penyebabnya tetapi menurut penulis salah satunya adalah karena skill yang
dimiliki tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Harapannya dengan adanya Arkademi yang sudah menjadi KursusOnline, PelatihanPrakerja, sampai BelajarOnline
yang dibuktikan dengan KursusSertifikasi
membuat para anak muda dapat memiliki skill yang dibutuhkan didalam dunia
kerja. Sehingga data pengangguran yang menjadi masalah di Negara Indonesia
dapat lebih ditekan. Dan diujungnya kehidupan masyarakat dan Negara Indonesia
menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya.
Semoga
tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Sumber
gambar, tulisan, dan video:
- https://youtu.be/p-273wJCQOM
- https://Arkademi.com/kelas-spesialisasi/menjadi-ahli-k3ll/
- https://Arkademi.com/course/menjadi-jurnalis-profesional/
- https://youtu.be/cWhQNP8oV5k
- https://Arkademi.com/course/akuntansi-dasar-dan-keuangan-bisnis/
- https://youtu.be/SsCmyDEX710
- https://youtu.be/r4ZbTjMg3_M
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/05/jumlah-pengangguran-capai-875-juta-orang-per-februari-2021
- https://pixabay.com/id/photos/tangan-makro-tanaman-tanah-tumbuh-1838658/
- https://pixabay.com/id/photos/laptop-kantor-tangan-menulis-3196481/
- https://pixabay.com/id/photos/telepon-seluler-panggilan-samsung-586266/
- https://pixabay.com/id/photos/sedih-pria-tertekan-kesedihan-2635043/
Belum ada tanggapan untuk "Membuat Kehidupan Lebih Baik Dengan Mempelajari Skill Di Pelatihan Terbaik"
Posting Komentar