Setiap negara yang ada di dunia pastinya ingin sekali
dapat mengharumkan nama negaranya di dunia dalam hal prestasi. Ada banyak
sekali alasan-alasan mengapa banyak negara menginginkan namanya harum di kanca
dunia melalui prestasi. Dimana salah satu contoh dari alasan tersebut yaitu
dengan nama negara tersebut harum akan prestasi karena akan mendapatkan sebuah
kepercayaan dari negara lain.
Ya, harus diakui bahwa dengan sudah mendapatkan
kepercayaan dari negara lain pastinya akan membawa dampak-dampak lainnya. Mulai
dari ekonomi, kerja sama, sampai hal positif lainnya bagi negara yang harum
akan prestasi. Didalam dunia ini ada banyak sekali cara-cara yang dapat dilalui
untuk mengharumpakan nama atas prestasi tetapi salah satu contoh cara tersebut melalui
e-sport. Kini timbul sebuah pertanyaan yaitu:
Apa Itu E-Sport???
Mungkin kata “e-sport” baru mulai muncul di
tengah-tengah kehidupan masyarakat baru-baru ini. Maka tidak usah heran jika mungkin
saja banyak masyarakat yang kurang mengetahui akan apa itu “e-sport”. Bahkan
mungkin saja bagi beberapa orang “e-sport” merupakan kata baru yang terdengar.
Dengan kondisi demikian maka pastinya setiap orang terkadang memiliki sisi
pandangan yang berbeda-beda atas pengertian kata “e-sport”.
Secara sederhana kata “e-sport” memiliki arti yaitu olahraga elektronik. Tentunya ketika mendengar
kata olahraga elektronik masih banyak para pembaca yang belum memahami. Apabila
diuraikan olaharaga elektronik merupakan sebuah istilah bagi kegiatan kompetisi
atas permainan video pemain jamak yang biasanya dilakukan oleh para pemain yang
sudah berprofesional memainkan video game tersebut. Biasanya ada banyak sekali
game yang dimainkan dari mulai Dota 2, League of Legends, dan masih banyak
lagi.
Loh!!!! Game!!! Olahraga Game!!!
Ketika membaca pemaparan diatas pastinya tidak sedikit dari
orang tua yang menentang anak-anaknya menjadi atlet e-sport. Apalagi atlet
e-sport memiliki kaitannya dengan game. Alasan terjadi penentangan tersebut
karena didalam masyarakat khususnya para orang tua menganggap bahwa seseorang
anak bermain game adalah sebuah kegiatan yang kurang perlu. Sudah banyak
anak-anak yang kecanduan bermain game yang memiliki dampak kurang baik. Dari
mulai menurunya nilai sekolah, munculnya berbagai macam penyakit akibat lamanya
bermain game, dan masih banyak dampak kurang baik dari bermain game.
Terlebih didalam pemaparan e-sport diartikan sebagai
atlet tentunya membuat banyak orang tua pastinya was-was ketika anaknya mau
menjadi e-sport. Di negara Indonesia sudah ada banyak sekali anak-anak yang
memiliki keinginan menjadi atlet harus diurungkan niat tersebut. Faktor utama
tersebut karena atlet tidak memiliki masa depan.
Mungkin untuk contoh secara nyata bisa kita temukan didalam
media internet yang memaparkan kondisi saat ini akan atlet yang dahulu
bersinar. Tidak menutut mata pula banyak atlet yang dulu bersinar saat ini
kehidupannya menjadi lebih baik. Namun tidak menutup mata pula bahwa sebagaian
lainnya masih banyak atlet yang dahulu bersinar kini kehidupannya kurang
bersinar. Masih banyaknya kondisi atlet yang kurang bersinar dimasa depan
tersebut membuat banyak orang tua terkadang mengurungkan niat dari anaknya
untuk menjadi atlet. Apalagi menjadi atlet e-sport tentunya masih menjadi
pertentangan orang tua.
Padahal jika kita telusuri lebih dalam menjadi atlet
e-sport memiliki peluang yang cerah dimasa depan. Terutama didepan mata bahwa
saat ini kehidupan ada serba digital sehingga game yang dapat dimainkan oleh
atlet e-sport menjadi lebih beragam dan banyak. Kita analisis saja dari sisi
pendapatan dari para atlet e-sport pastinya memiliki gajih yang cukup
menggirukan contohnya saja Jesse Vainikka alias JerAx.
Jesse Vainikka alias JerAx dikenal oleh masyarakat luas
sebagai atlet e-sport yang memainkan sebuah game DotA 2 yang berasal dari
negara Finlandia. Jika dicatat pendapatan dari Jesse Vainikka alias JerAx
kurang lebih sebesar US$ 6,47 juta atau jika dirupiahkan kurang lebih sebesar
Rp 91,3 miliar. Dengan pendapatan tersebut tentunya pemikiran yang ada didalam
masyarakat akan sebuah atlet tidak memiliki masa depan atau kurang mendapatkan
dana mulai terhapuskan karena sudah dipaparkan salah satu contoh secara langsung
akan pendapatan atlet e-sport khususnya dari pemain yang bernama Jesse Vainikka
alias JerAx.
Alah....Itukan Dari Luar Negeri Bukan Dari Negara Indonesia???
Pastinya tidak sedikit para pembaca khususnya dalam hal
ini orang tua yang akan menampar penulis dengan kata-kata seperti diatas. Untuk
itu disini juga penulis akan memaparkan salah satu contoh pemain e-sport yang
bernama Ryzen.
Ryzen dikenal oleh masyarakat khususnya para pemain game
sebagai seseorang pemain pro player PUBG Mobile. Ryzen sendiri saat ini berada
didalam sebuah tim pro player BTR RA. Selama didalam tim tersebut sudah banyak
kompetisi e-sport PUBG Mobile yang didapatkan. Salah satu contoh presitasi
tersebut seperti prestasi individual yaitu MVP pada PUBG Mobile Global
Championship Season 0: League pada week 2 dan 3, serta Terminator di PMPL
Spring Split 2020: Indonesia League. Akibat sudah banyak memenangkan berbagai
kompetisis tersebut jika di hitung-hitung Ryzen mendapatkan pendapatan sebanyak
$159,095 dollar AS jika dirupiahkan sebanyak Rp 2,26 miliar. Pentapatan
tersebut akan semakin besar apabila Ryzen beserta timnya terus melakukan
turnamen serta menjuarai berbagai turnamen yang diikuti.
Harus diingat menjadi seseorang atlet e-sport secara
profesional tidak hanya bisa memainkan game saja. Pastinya ada banyak sekali
hal-hal yang harus diperhatikan seseorang agar dapat menjadi sebuah atlet
e-sport secara propesional. Dimana berikut ini adalah beberapa hal-hal yang
harus diperhatikan oleh para pembaca sebelum para pembaca menginginkan menjadi
atlet e-sport secara profesional yaitu:
Pertama adalah keahlian dalam bermain game. Ya, hal utama
yang harus diperhatikan ketika sudah memutuskan mau menjadi atlet e-sport
adalah keahlian dalam bermain game. Di mana keahlian tersebut tidak hanya dari
sisi menyerang tetapi juga dari sisi bertahan atau menyelamatkan seseorang tim
dari penyerangan musuh sehingga diakhirnya tim tersebut dapat meraih
kemenangan. Pastinya untuk meraih kemenagan didalam turnamen e-sport seseorang
harus memiliki keahlian dalam bermain serta memahami berbagai macam strategi.
Kedua adalah tidak egois tetapi juga harus memikirkan
teman sekawan. Biasanya turmanen yang dilakukan oleh para pemain e-sport
dilakukan secara tim. Sangat jarang sekali kita sebagai penonton melihat
turnamen yang dilakukan secara mendiri. Oleh karena itu disini hal kedua yang
harus diperhatikan adalah jangan egois. Disini pihak pemain atlet e-sport harus
dapat melakukan kerja sama yang baik antar pemain atlet e-sport. Jangan sampai
ada sebuah gesekan antara satu pemain dengan pemain lainnya didalam satu tim.
Jika ada gesekan saja karena saling egois pastinya tim tersebut akan sulit
untuk memenangkan turnamen yang diikuti tersebut.
Ketiga adalah media internet yang digunakan. Harus diakui
bahwa untuk menjadi atlet e-sport secara profesional harus pula didukung oleh oleh
media internet. Ya, media internet bagi seseorang atlet e-sport bisa
diibaratkan seperti sebuah roda pada gerobak. Apabila gerobak itu mau jalan
dibutuhkan roda begitupun dengan atlet e-sport apabila ingin berkembang maka
dibutuhkan media internet yang baik.
Berbicara internet pastinya akan membicarakan pula
mengenai negara Indonesia sebagai pihak pemberi layanan internet. Disini pihak
negara Indonesia menyediakan sebuah layanan media internet melalui BUMN. BUMN
yang ditunjuk oleh pihak pemerintah negara Indonesia yang bertugas untuk
memberikan layanan internet adalah Telkom melalui layanan IndiHome.
IndiHome merupakan sebuah singkatan dari kata Indonesia
Digital Home. IndiHome merupakan salah satu layanan yang diberikan dari PT
Telkom Indonesia (Perseor) Tbk. Dimana produk layanan yang diberikan adalah
layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet
on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (UseeTV
Cable, IPTV). Dengan adanya tiga layanan didalam satu paket terkadang layanan
IndiHome dikenal dengan 3-in-1. Lantas bagaimana caranya atau dukungan apa yang
diberikan oleh pihak IndiHome untuk memajukan ekosisitem dari e-sport di negara
Indonesia agar terus tumbuh dan subur serta diujungnya dapat mengharumkan nama
negara Indonesia dimata dunia???.
Ada banyak sekali dukungan nyata yang dilakukan oleh
pihak IndiHome terhadap memajukan dunia e-sport di negara Indonesia berikut ini
adalah beberapa dukungan nyata yang dilakukan oleh pihak IndiHome yaitu:
Pertama adalah menyediakan layanan internet. Ya, hal
utama yang dilakukan oleh pihak IndiHome terhadap kemajuan dunia e-sport.
Dengan sudah disediakannya Internet cepat bagi aktifitas para atlet e-sport harapannya IndiHome dapat menjadi Internetnya untuk gamer dalam aktifitas
dari mulai latihannya sampai turnamennya. Dengan memberikan layanan Internet cepat maka membuat pihak
IndiHome juga turut membantu dan menyokong kemajuan dunia e-sport di negara
Indonesia agar lebih baik dan diterima oleh masyarakat luas.
Kedua adalah melakukan kegiatan Lead by IndiHome. LEAD merupakan sebuah singkatan dari kata
Limitless Esport Academy by IndiHome. Dimana Lead merupakan sebuah pusat
pengembangan yang dilakukan bagi para atlet e-sport untuk komunitas dan
antusias e-sport di negara Indonesia. Lead by IndiHome mengusung konsep Athlete enablement yang memiliki fokus kepada proses pendidikan player dari yang
bermain sebagai hobi menjadi beralih ke player yang bermain dengan mental
olaragawan.
Ketiga adalah menyelenggarakan turnamen dengan nama
IndiHome eSports League. Bisa dikatakan bahwa IndiHome eSports League merupakan
liga e-sport terbesar yang dilakukan di negara Indonesia. Apalagi liga tersebut
digelas secara masif dan serempak pada seluruh wilayah di negara Indonesia
dengan total IndiHome Cars lebih dari 3000 unit. Liga tersebut dilaksanakan
secara berkelanjutan hingga dua tahun kedepan serta melibatkan ribuan tim.
Total yang disediakan dari hadiah dari IndiHome eSports League sebanyak Rp 1
miliar. Berikut ini adalah satu satu bukti kegiatan dari Indihome eSports
League yaitu:
Dengan sudah dilakukannya hulu sampai hulir yang telah
dipaparkan diatas oleh pihak IndiHome dapat membuat dunia e-sport dapat
berkembang lebih pesat lagi. Tidak hanya berkembang dengan pesat tetapi juga
dunia e-sport di negara Indonesia dapat mengharumkan nama negara Indonesia di
kanca nasional maupun internasional. Sehingga di depannya negara Indonesia akan
disegani oleh negara lain melalui bidang atlet e-sport yang telah diberikan
fasilitas dari hulu ke hilir oleh pihak IndiHome.
Agar para pembaca lebih memahami akan beberapa hal
seperti Lead by IndiHome, academy eSport, Internet cepat, Internetnya untuk gamer, Athlete enablement,
sampai IndiHome Charity tidak ada
salahnya untuk mengakses website dari IndiHome.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Terima kasih.
Sumber tulisan, gambar, dan video:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga_elektronik
- https://inet.detik.com/games-news/d-5308374/10-atlet-esports-dunia-berpenghasilan-tertinggi-di-2020
- https://id.wikipedia.org/wiki/IndiHome
- https://www.youtube.com/watch?v=JpjAYMETvWQ
- https://telkom.co.id/sites/wholesale/id_ID/news/indihome-esports-league,-kompetisi-e-sports-terbesar-di-indonesia-berhadiah-rp-1-miliar-842#:~:text=IndiHome%20eSports%20League%20merupakan%20liga%20eSports%20terbesar%20di%20Indonesia%20dengan,dilaksanakan%20serentak%20di%203000%20titik
- https://www.indihome.co.id/
- https://esports.id/other/news/2021/10/859555c74e9afd45ab771c615c1e49a6/5-atlet-esports-terkaya-di-indonesia-xepher-urutan-pertama
Belum ada tanggapan untuk "Mengharumkan Nama E-Sport Di Negara Indonesia Melalui Internet Terbaik"
Posting Komentar