Mengharumkan Nama E-Sport Di Negara Indonesia Melalui Internet Terbaik

Setiap negara yang ada di dunia pastinya ingin sekali dapat mengharumkan nama negaranya di dunia dalam hal prestasi. Ada banyak sekali alasan-alasan mengapa banyak negara menginginkan namanya harum di kanca dunia melalui prestasi. Dimana salah satu contoh dari alasan tersebut yaitu dengan nama negara tersebut harum akan prestasi karena akan mendapatkan sebuah kepercayaan dari negara lain.

Ya, harus diakui bahwa dengan sudah mendapatkan kepercayaan dari negara lain pastinya akan membawa dampak-dampak lainnya. Mulai dari ekonomi, kerja sama, sampai hal positif lainnya bagi negara yang harum akan prestasi. Didalam dunia ini ada banyak sekali cara-cara yang dapat dilalui untuk mengharumpakan nama atas prestasi tetapi salah satu contoh cara tersebut melalui e-sport. Kini timbul sebuah pertanyaan yaitu:

Apa Itu E-Sport???

Mungkin kata “e-sport” baru mulai muncul di tengah-tengah kehidupan masyarakat baru-baru ini. Maka tidak usah heran jika mungkin saja banyak masyarakat yang kurang mengetahui akan apa itu “e-sport”. Bahkan mungkin saja bagi beberapa orang “e-sport” merupakan kata baru yang terdengar. Dengan kondisi demikian maka pastinya setiap orang terkadang memiliki sisi pandangan yang berbeda-beda atas pengertian kata “e-sport”.

Secara sederhana kata “e-sport” memiliki arti yaitu olahraga elektronik. Tentunya ketika mendengar kata olahraga elektronik masih banyak para pembaca yang belum memahami. Apabila diuraikan olaharaga elektronik merupakan sebuah istilah bagi kegiatan kompetisi atas permainan video pemain jamak yang biasanya dilakukan oleh para pemain yang sudah berprofesional memainkan video game tersebut. Biasanya ada banyak sekali game yang dimainkan dari mulai Dota 2, League of Legends, dan masih banyak lagi.

Loh!!!! Game!!! Olahraga Game!!!

Ketika membaca pemaparan diatas pastinya tidak sedikit dari orang tua yang menentang anak-anaknya menjadi atlet e-sport. Apalagi atlet e-sport memiliki kaitannya dengan game. Alasan terjadi penentangan tersebut karena didalam masyarakat khususnya para orang tua menganggap bahwa seseorang anak bermain game adalah sebuah kegiatan yang kurang perlu. Sudah banyak anak-anak yang kecanduan bermain game yang memiliki dampak kurang baik. Dari mulai menurunya nilai sekolah, munculnya berbagai macam penyakit akibat lamanya bermain game, dan masih banyak dampak kurang baik dari bermain game.

Terlebih didalam pemaparan e-sport diartikan sebagai atlet tentunya membuat banyak orang tua pastinya was-was ketika anaknya mau menjadi e-sport. Di negara Indonesia sudah ada banyak sekali anak-anak yang memiliki keinginan menjadi atlet harus diurungkan niat tersebut. Faktor utama tersebut karena atlet tidak memiliki masa depan.

Mungkin untuk contoh secara nyata bisa kita temukan didalam media internet yang memaparkan kondisi saat ini akan atlet yang dahulu bersinar. Tidak menutut mata pula banyak atlet yang dulu bersinar saat ini kehidupannya menjadi lebih baik. Namun tidak menutup mata pula bahwa sebagaian lainnya masih banyak atlet yang dahulu bersinar kini kehidupannya kurang bersinar. Masih banyaknya kondisi atlet yang kurang bersinar dimasa depan tersebut membuat banyak orang tua terkadang mengurungkan niat dari anaknya untuk menjadi atlet. Apalagi menjadi atlet e-sport tentunya masih menjadi pertentangan orang tua.

Padahal jika kita telusuri lebih dalam menjadi atlet e-sport memiliki peluang yang cerah dimasa depan. Terutama didepan mata bahwa saat ini kehidupan ada serba digital sehingga game yang dapat dimainkan oleh atlet e-sport menjadi lebih beragam dan banyak. Kita analisis saja dari sisi pendapatan dari para atlet e-sport pastinya memiliki gajih yang cukup menggirukan contohnya saja Jesse Vainikka alias JerAx.

Jesse Vainikka alias JerAx dikenal oleh masyarakat luas sebagai atlet e-sport yang memainkan sebuah game DotA 2 yang berasal dari negara Finlandia. Jika dicatat pendapatan dari Jesse Vainikka alias JerAx kurang lebih sebesar US$ 6,47 juta atau jika dirupiahkan kurang lebih sebesar Rp 91,3 miliar. Dengan pendapatan tersebut tentunya pemikiran yang ada didalam masyarakat akan sebuah atlet tidak memiliki masa depan atau kurang mendapatkan dana mulai terhapuskan karena sudah dipaparkan salah satu contoh secara langsung akan pendapatan atlet e-sport khususnya dari pemain yang bernama Jesse Vainikka alias JerAx.

Alah....Itukan Dari Luar Negeri Bukan Dari Negara Indonesia???

Pastinya tidak sedikit para pembaca khususnya dalam hal ini orang tua yang akan menampar penulis dengan kata-kata seperti diatas. Untuk itu disini juga penulis akan memaparkan salah satu contoh pemain e-sport yang bernama Ryzen.

Ryzen dikenal oleh masyarakat khususnya para pemain game sebagai seseorang pemain pro player PUBG Mobile. Ryzen sendiri saat ini berada didalam sebuah tim pro player BTR RA. Selama didalam tim tersebut sudah banyak kompetisi e-sport PUBG Mobile yang didapatkan. Salah satu contoh presitasi tersebut seperti prestasi individual yaitu MVP pada PUBG Mobile Global Championship Season 0: League pada week 2 dan 3, serta Terminator di PMPL Spring Split 2020: Indonesia League. Akibat sudah banyak memenangkan berbagai kompetisis tersebut jika di hitung-hitung Ryzen mendapatkan pendapatan sebanyak $159,095 dollar AS jika dirupiahkan sebanyak Rp 2,26 miliar. Pentapatan tersebut akan semakin besar apabila Ryzen beserta timnya terus melakukan turnamen serta menjuarai berbagai turnamen yang diikuti.

Harus diingat menjadi seseorang atlet e-sport secara profesional tidak hanya bisa memainkan game saja. Pastinya ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan seseorang agar dapat menjadi sebuah atlet e-sport secara propesional. Dimana berikut ini adalah beberapa hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pembaca sebelum para pembaca menginginkan menjadi atlet e-sport secara profesional yaitu:

Pertama adalah keahlian dalam bermain game. Ya, hal utama yang harus diperhatikan ketika sudah memutuskan mau menjadi atlet e-sport adalah keahlian dalam bermain game. Di mana keahlian tersebut tidak hanya dari sisi menyerang tetapi juga dari sisi bertahan atau menyelamatkan seseorang tim dari penyerangan musuh sehingga diakhirnya tim tersebut dapat meraih kemenangan. Pastinya untuk meraih kemenagan didalam turnamen e-sport seseorang harus memiliki keahlian dalam bermain serta memahami berbagai macam strategi.

Kedua adalah tidak egois tetapi juga harus memikirkan teman sekawan. Biasanya turmanen yang dilakukan oleh para pemain e-sport dilakukan secara tim. Sangat jarang sekali kita sebagai penonton melihat turnamen yang dilakukan secara mendiri. Oleh karena itu disini hal kedua yang harus diperhatikan adalah jangan egois. Disini pihak pemain atlet e-sport harus dapat melakukan kerja sama yang baik antar pemain atlet e-sport. Jangan sampai ada sebuah gesekan antara satu pemain dengan pemain lainnya didalam satu tim. Jika ada gesekan saja karena saling egois pastinya tim tersebut akan sulit untuk memenangkan turnamen yang diikuti tersebut.

Ketiga adalah media internet yang digunakan. Harus diakui bahwa untuk menjadi atlet e-sport secara profesional harus pula didukung oleh oleh media internet. Ya, media internet bagi seseorang atlet e-sport bisa diibaratkan seperti sebuah roda pada gerobak. Apabila gerobak itu mau jalan dibutuhkan roda begitupun dengan atlet e-sport apabila ingin berkembang maka dibutuhkan media internet yang baik.

Berbicara internet pastinya akan membicarakan pula mengenai negara Indonesia sebagai pihak pemberi layanan internet. Disini pihak negara Indonesia menyediakan sebuah layanan media internet melalui BUMN. BUMN yang ditunjuk oleh pihak pemerintah negara Indonesia yang bertugas untuk memberikan layanan internet adalah Telkom melalui layanan IndiHome.

IndiHome merupakan sebuah singkatan dari kata Indonesia Digital Home. IndiHome merupakan salah satu layanan yang diberikan dari PT Telkom Indonesia (Perseor) Tbk. Dimana produk layanan yang diberikan adalah layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (UseeTV Cable, IPTV). Dengan adanya tiga layanan didalam satu paket terkadang layanan IndiHome dikenal dengan 3-in-1. Lantas bagaimana caranya atau dukungan apa yang diberikan oleh pihak IndiHome untuk memajukan ekosisitem dari e-sport di negara Indonesia agar terus tumbuh dan subur serta diujungnya dapat mengharumkan nama negara Indonesia dimata dunia???.

Ada banyak sekali dukungan nyata yang dilakukan oleh pihak IndiHome terhadap memajukan dunia e-sport di negara Indonesia berikut ini adalah beberapa dukungan nyata yang dilakukan oleh pihak IndiHome yaitu:

Pertama adalah menyediakan layanan internet. Ya, hal utama yang dilakukan oleh pihak IndiHome terhadap kemajuan dunia e-sport. Dengan sudah disediakannya Internet cepat bagi aktifitas para atlet e-sport harapannya IndiHome dapat menjadi Internetnya untuk gamer dalam aktifitas dari mulai latihannya sampai turnamennya. Dengan memberikan layanan Internet cepat maka membuat pihak IndiHome juga turut membantu dan menyokong kemajuan dunia e-sport di negara Indonesia agar lebih baik dan diterima oleh masyarakat luas.

Kedua adalah melakukan kegiatan Lead by IndiHome. LEAD merupakan sebuah singkatan dari kata Limitless Esport Academy by IndiHome. Dimana Lead merupakan sebuah pusat pengembangan yang dilakukan bagi para atlet e-sport untuk komunitas dan antusias e-sport di negara Indonesia. Lead by IndiHome mengusung konsep Athlete enablement yang memiliki fokus kepada proses pendidikan player dari yang bermain sebagai hobi menjadi beralih ke player yang bermain dengan mental olaragawan.

Ketiga adalah menyelenggarakan turnamen dengan nama IndiHome eSports League. Bisa dikatakan bahwa IndiHome eSports League merupakan liga e-sport terbesar yang dilakukan di negara Indonesia. Apalagi liga tersebut digelas secara masif dan serempak pada seluruh wilayah di negara Indonesia dengan total IndiHome Cars lebih dari 3000 unit. Liga tersebut dilaksanakan secara berkelanjutan hingga dua tahun kedepan serta melibatkan ribuan tim. Total yang disediakan dari hadiah dari IndiHome eSports League sebanyak Rp 1 miliar. Berikut ini adalah satu satu bukti kegiatan dari Indihome eSports League yaitu:

Dengan sudah dilakukannya hulu sampai hulir yang telah dipaparkan diatas oleh pihak IndiHome dapat membuat dunia e-sport dapat berkembang lebih pesat lagi. Tidak hanya berkembang dengan pesat tetapi juga dunia e-sport di negara Indonesia dapat mengharumkan nama negara Indonesia di kanca nasional maupun internasional. Sehingga di depannya negara Indonesia akan disegani oleh negara lain melalui bidang atlet e-sport yang telah diberikan fasilitas dari hulu ke hilir oleh pihak IndiHome.

Agar para pembaca lebih memahami akan beberapa hal seperti Lead by IndiHome, academy eSport, Internet cepat, Internetnya untuk gamer, Athlete enablement, sampai IndiHome Charity tidak ada salahnya untuk mengakses website dari IndiHome.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Olahraga_elektronik
  2. https://inet.detik.com/games-news/d-5308374/10-atlet-esports-dunia-berpenghasilan-tertinggi-di-2020
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/IndiHome
  4. https://www.youtube.com/watch?v=JpjAYMETvWQ
  5. https://telkom.co.id/sites/wholesale/id_ID/news/indihome-esports-league,-kompetisi-e-sports-terbesar-di-indonesia-berhadiah-rp-1-miliar-842#:~:text=IndiHome%20eSports%20League%20merupakan%20liga%20eSports%20terbesar%20di%20Indonesia%20dengan,dilaksanakan%20serentak%20di%203000%20titik
  6. https://www.indihome.co.id/ 
  7. https://esports.id/other/news/2021/10/859555c74e9afd45ab771c615c1e49a6/5-atlet-esports-terkaya-di-indonesia-xepher-urutan-pertama

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengharumkan Nama E-Sport Di Negara Indonesia Melalui Internet Terbaik"

Posting Komentar