Hambatan Dan Solusi Berbisnis Menggambar Di Tengah-Tengah Pandemik Untuk Bertahan Memenuhi Kebutuhan Hidup

Memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari harus selalu dapat dipenuhi oleh setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Menurut ilmu pengetahuan yang diberikan pada masa sekolah dahulu memaparkan bahwa kebutuhan hidup manusia ada banyak sekali. Kebutuhan hidup manusia terbagi kedalam tiga jenis yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Perbedaan ketiga kebutuhan tersebut hanya terletak pada jenjang waktu pemenuhan kebutuhan. Dimana jenjang waktu tersebut diawali oleh kebutuhan primer, kemudian kebutuhan sekunder, dan terakhir baru kebutuhan tersier.

Kebutuhan primer dapat diartikan kebutuhan yang wajib dan harus dipenuhi segera-segera untuk dapat dipenuhi apabila tidak akan menimbulkan ketidak nyaman dalam menjalani kehidupan seperti menimbulkan penyakit yang dapat menyerang tubuh. Kebutuhan primer juga terbagi kedalam tiga bagian yaitu sandang, papan, dan pangan. Ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan yang saling berkaitan. Maka dari itu seseorang harus dapat memenuhi sandang, papan, dan pangan secara bersamaan apabila mau menjalani aktifitas kehidupannya secara nyaman.

Secara sederhana untuk dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidup tersebut ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan tetapi ujung-ujungnya haruslah menghasilkan uang. Uang yang didapat akan digunakan untuk membeli segala macam kebutuhan hidup sehari-hari seperti kebutuhan primer. Pada umumnya didalam pemikiran masyarakat bahwa untuk menghasilkan uang adalah dengan cara bekerja. Tentunya tidak ada yang salah akan pemikiran tersebut apalagi pemikiran tersebut memang salah satu cara yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Namun kini ternyata hanya bekerja saja untuk menghasilkan uang rasanya tidak bisa diandalkan lagi apalagi ketika sedang terjadi pandemik virus Corona.

Pandamik virus Corona memang sedang menyerang seluruh dunia bahkan untuk negara Indonesia sudah berlangsung beberapa bulan lamanya. Pandemik yang sedang terjadi memberikan efek kejut yang sangat luar biasa bagi beberapa pihak. Dari sisi pemerintah saja disini pemerintah kini mengeluarkan berbagai macam kebijakan agar setiap komponen didalam negaranya tetap dapat bertahan ditengah-tengah pandemik yang terjadi. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah ada banyak sekali salah satunya adalah PSBB sampai work from home.

Kejutan yang diberikan pandemik virus Corona tidak hanya itu saja tetapi ada juga yang bersifat kurang menyenangkan. Berbagai media yang ada baik itu media cetak, media elektronik, sampai media internet sudah sangat jelas memaparkan kejutan yang kurang menyenangkan tersebut. Pemutusan kerja, pengurangan gajih, sampai keterbatasan ruang gerak di luar ruangan merupakan salah satu contoh kejutan yang kurang menyenangkan. Tetapi hal yang paling besar adalah pemutusan kerja dan pengurangan gajih merupakan berita yang sangat tidak menyenangkan. Kedua hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh kepada kebutuhan hidup yang menjadi menurun. Mungkin yang biasanya dapat membeli makanan daging setiap hari kini hanya bisa dapat dilakukan beberapa kali dalam satu minggu.

Adatasi merupakan kata yang tepat untuk dapat tetap bertahan ditengan pandamik virus Corona yang dibarengi dengan kewajiban untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kita sebagai manusia pastinya sudah tidak asing dengan kata “Adaptasi”. Jika dilihat dari pelajaran biologi adaptasi merupakan cara hewan agar dapat bertahap hidup. Tetapi jika dilihat adapatasi dari sisi manusia adalah cara yang dilakukan agar tetap bertahap dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Harus digaris bawahi ada tidaknya pandemik virus Corona manusia harus tetap melaksanakan adaptasi namun dengan adanya pandemik ini hanya mempercepat saja proses tekanan agar manusia beradaptasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jika melihat dari kasus pemutusan kerja dan pengurangan gajih akibat pandemik virus Corona maka solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara berbisnis. Memulai kegiatan berbisnis dapat dilakukan dari mulai hal yang disukai contoh apabila seseorang menyukai kegiatan menggambar maka dapat berbisnis seperti membuat dan berjualan stiker, logo, dan lain-lain. Memulai berbisnis nyatanya tidak semudah dan selancar seperti yang dibayangkan ataupun digambor-gemborkan oleh para pembicara akan mudahnya berbisnis.

Rintangan, tantangan, sampai hambatan akan dapat ditemui didepan mata. Walaupun berbisnis menggambar dalam membuat dan berjualan stiker, logo, dan lain-lain dapat dilakukan secara online tetapi ada juga rintangan, tantangan, sampai hambatan yang harus dilewati. Berikut ini adalah rintangan, tantangan, sampai hambatan berbisnis dalam berbinsis dalam melaksanakan kegiatan menganggar untuk membuat stiker, logo, dan lain-lain:

Pertama adalah sifat kreatifitas dan sifat inovasi tidak dapat dikeluarkan diwaktu yang kita mau. Mendapatkan dua sifat dengan keinginan sendiri rasanya sangat sulit karena biasanya dua sifat tersebut terkadang keluar atau tercipta diwaktu-waktu yang tidak bisa ditebak. Padahal dua hal tersebut sangat penting bagi orang-orang yang berbisnis yang berkaitan dengan menggambar dalam membuat stiker, logo, dan lain-lain. Adanya dua sifat tersebut pastinya dapat memberikan dampak yang sangat luar biasa pada hasil karya yang dibuat bahkan terkadang ada perbedaan yang cukup besar adanya dua sifat tersebut dengan tidak dalam sebuah karya. Perbedaan tersebut salah satu contohnya adalah terkadang adanya dua sisi tersebut hasil karya menjadi lebih segar serta menarik ketika sudah dipamerkan ditengah-tengah kehidupan masyarakat sehari-hari.

Kedua adalah fasilitas penunjang yang tidak memadai agar lebih jelas tentunya harus diberikan contoh sehingga para pembaca menjadi jelas dan memahami. Contohnya adalah seseorang membuat logo secara manual melalui kertas Vs menggunakan fasilitas berupa laptop. Dari sisi waktu saja sudah dapat terlihat bahwa seseorang yang menggunakan fasilitas dapat dengan cepat melakukannnya karena biasanya apabila terjadi kesalahan atau ketidak sesuaian dapat dengan cepat menghapusnya dengan cukup mudah dibandingkan dengan menggambar manual menggunakan kertas. Bahkan untuk menggambar logo secara manual dengan kertas apabila ketika menghapus tidak hati-hati akan dapat merusak logo yang telah dibuat sehingga ketika sudah rusak hasil karya yang dibuat harus dilakukan dari proses awal kembali.

Ketiga adalah keinginan banyak tetapi waktu yang diberikan sedikit oleh pelanggan. Ungkapan kata “Pelanggan adalah raja” terkadang menjadi sesuatu hal yang sangat mengerikan dalam urusan berbisnis apalagi berbisnis menggambar untuk membuat sebuah karya. Kejadian yang bisa terjadi dalam bisnis menggambar sebuah hasil karya baik itu stiker, logo, dan lain-lain telah selesai dan diberikan kepada calon pelanggan tetapi nyatanya pelanggan tersebut menginginkan berbagai macam perubahan didalamnya. Perubahan yang dilakukan tersebut terkadang sangat banyak dari mulai warna, bentuk, sampai tulisan yang digunakan. Ketika sudah demikian terkadang penggambar harus melakukan perubahan sesuai keinginan pelanggan dengan waktu yang terbatas pula dan apabila tidak dilakukan maka pembayaran tidak akan terjadi. Dan terlebih terkadang proyek selanjutnya menjadi terhambat karena adanya perubahan tersebut.

Dari ketiga hal yang telah dipaparkan sebenarnya dapat diselesaikan dengan cukup mudah yaitu dengan bantuan dari produk ASUS Expert Series khususnya ASUS ExpertBook P2451F.

Lohhhhhh….. Bagaimana Caranya ASUS ExpertBook P2451F Dapat Menyelesaikan Beberapa Hal Diatas???

Jika bertanya demikian maka jawabannya akan sangat panjang sekali agar lebih singkat maka penulis hanya membahas satu sisi saja. Dimana jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah adalah dengan memaparkan kelebihan serta dibumbui oleh berbagai spesifikasi akan yang dimiliki oleh ASUS ExpertBook P2451F sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang sudah dipaparkan. Agar lebih jelas dan muda dipahami berikut ini adalah beberapa penjelasannya yaitu:

Pertama adalah komponen prosesor yang digunakan Intel® Core™ i7 generasi terbaru sehingga menghadirkan kinerja yang cepat dan responsif sesuai tingginya kebutuhan serta aktifitas yang harus dipenuhi. Mencari dua hal yaitu sifat kreatifitas dan sifat inovasi pastinya membutuhkan kinerja laptop yang terbaik. ASUS ExpertBook P2451F menggunakan prosesor yang terbaik maka diharapkan ketika sedang berselancar di dunia internet atau lainnya agar dapat menemukan kedua hal tersebut tidak terjadi ganggunan. Selain itu juga ruang penyimpanan yang cukup serta akses data yang cepat dapat membuat pengguna khususnya pengguna yang mau mencari sisi kreatifitas serta inovasi melalui berbagai macam referensi dapat disimpan terlebih dahulu didalam laptop tersebut.

Memang fasilitas untuk menggambar dalam menghasilkan karya ada banyak sekali salah satunya adalah fasilitas akan laptop. Tetapi perlu ditekanan bahwa laptop yang harus dimiliki haruslah memiliki daya tahan yang cukup tinggi serta sudah teruji kualitasnnya secara ketat. ExpertBook P2 dibuat dengan bahan-bahan sampai proses yang kokoh dan sudah teruju kualitasnnya secara ketat. Bahkan standar yang digunakan untuk produk tersebut adalah militer US MIL-STD 810G serta uji kualitas internal dari standar Asus yang dilakukan seperti uji benturan fisik seperti jatuh, terbentur, dan tumpah, serta paparan ketinggian, suhu, dan kelembapan yang ekstrem. Dengan hal tersebut diharapkan laptop tersebut tidak akan mengalami kerusakan apalagi ketika penggua sedang melaksanakan menggambar untuk menghasilkan sebuah karya. Itulah solusi untuk point ke dua.

Untuk penyelesaian pada point ke tiga adalah melakukan komunikasi dengan menunjukan hasil karya. Berkomunikasi ditengah-tengan pandemik seperti saat ini pastinya tidak bisa dilakukan secara langsung tetapi kini harus melalui teknologi. Audio yang diberikan oleh Built-in 2 W Stereo Speakers with Digital Array Microphone sampai Asus SonicMaster Technology pada laptop ASUS ExpertBook P2451F sehingga menghasilkan kualitas suara yang baik. Dengan kualitas suara yang baik maka diharapan komunikasi dapat terjalin dengan baik sehingga setiap keinginan pelanggan dapat dipenuhi dan tersampaikan. Sedangkan dari sisi WebCam terdapat HD 720p CMOS module sehingga memberikan gambaran yang sangat jelas sehingga komunikasi tidak hanya mengandalkan sisi suara saja tetapi sisi visual juga dapat diberikan agar komunikasi secara online dapat terasa seperti tatap muka. Agar gambar dari komunikasi terlihat sangat baik maka diberikan layar NanoEdge dengan bezel tipis sehingga memberikan pengalaman layar visual yang baik. Apabila sudah dapat dilaksanakan kegiatan komunikasi tatap muka laptop ASUS ExpertBook P2451F memberikan spesifikasi berupa 180° lay-flat hinge. Dengan layar tersebut maka penggambar dapat berbagi layar sehingga hasil gambarnya dapat dipaparkan dengan mudah kepada pelanggan. Itu untuk point ke tiga.

Jadi Cuma itu saja kelebihan yang dimiliki oleh ASUS ExpertBook P2451F???

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki dari laptol ASUS ExpertBook P2451F salah satunya telah dipaparkan diatas. Namun kelebihan tidak hanya terdapat tiga point ada banyak sekali berikut ini adalah tambahan yang dimiliki laptol ASUS ExpertBook P2451F yaitu:

Pertama adalah Ergonomic keyboard. Perencanaan dan pemasangan keyboard pada laptol ASUS ExpertBook P2451F memiliki fitur keyboard dengan lampu latar dengan tombol long-travel4 untuk pengalaman mengetik yang lebih responsif dan seperti desktop. Bukan hanya itu saja didalamnya terdapat Point Nub SensePoint yang terletak di tengah keyboard memungkinkan pengguna untuk dapat mengontrol kursor pada layar dengan mudah. Adanya hal tersebut sangat memberikan manfaat bagi para penggambar untuk kenyamanan dalam membuat karya berupa stiker, logo, ataupun lain-lain karena penggunaan keyboard dan kontrol kursor sangat nyaman ketika digunakan.

Kedua adalah Rock-solid construction. Desain sasis juga menggabungkan beberapa fitur yang dapat memberikan kekakuan stuktural ekstral agar memenuhi tingginya aktifitas pengguna dalam menghasilkan sebuah karya yang dapat dijual. Kekuatan laptop dikarena menggunakan bahan berupa Aluminum Alloy Lid yang dapat memberikan kekuatan struktural. Serta adanya Steel Support Brace dapat menjadi penguat internal memberikan dukungan struktural tambahan. Supaya lebih lengkap maka ditambah EAR HDD Protection yang dapat menjadi peredam kejut melindungi hard drive dari benturan.

Ketiga adalah konektivitas yang sangat mudah. Konektivitas yang terdapat pada ASUS ExpertBook P2451F menawarkan secara lengkap satu set port I/O agar transfer data menjadi mudah. Agar koneksi dapat berjalan secara lanjar maka port diuji terlebih dahulu dengan menahan hingga 15.000 penyisipan. Salah satu contoh penghubungnya yang terdapat pada laptop tersebut ada banyak sekali salah satunya USB 3.2 Gen 1, USB-C™ 3.2 Gen 2, HDMI, VGA, RJ45 LAN, dan microSD card reader.

Dari semua hal yang telah dipaparkan ada satu satu penghalan besar yaitu mengenai keamanan. Bukan hal baru apabila ketika dalam melaksanakan sesuatu dengan media teknologi permasalahan keamanan menjadi sebuah permasalahan yang selalu ditemui. Apalagi seseorang yang bekerja dalam kegiatan menggambar pastinya membutuhkan keamanan yang baik agar hasil karyanya tidak bocor dan digunakan oleh orang lain sehingga orang lain yang mendapatkan keuntungan. Kemanan yang diberikan oleh laptop ASUS ExpertBook P2451F cukup lengkap. Berikut ini salah satu contoh keamanan didalam laptop tersebut yaitu:

Pertama adalah Webcam privacy shield. Adanya webcam tersebut tentunya memberikan ketenangan yang cukup besar dari pada biasaanya khsuusnya ketika sedang bekerjad di lingkungan sensitif bahkan webcam didalam laptop tersebut juga menawarkan sebuah perisai privasi yang terintergrasi yang hanya dapat meluncur di atas dan menutup kamera.

Kedua adalah TPM 2.0. Dimana chip keamanan TPM 2.0 ini akan dengan aman menyimpan berbagai informasi yang otentikasi seperti kata sandi yang dapat digunakan oleh perangkat lunak agar dapat melindungi data sampai sebuah transaksi penting. Selain itu juga dapat gunakan untuk memblokir akan akses ke PC jika terjadi sebuah ancaman keamanan yang terdeteksi saat boot-up.

Ketiga adalah Fingerprint sensor. Mengakses laptop tersebut sangatlah mudah apalagi dilengkapi teknologi Windows Hello dan sensor sidik jari yang dapat diintegrasikan di sebelah panel sentuk. Maka dengan hal tersebut hanya dengan satu sentuhan kini sudah dapat masuk serta bekerja laptop tersebut.

Berbicara keamanan pada laptop tersebut juga dibahas pada webinar ASUSXIIDN yang mengangkat pembahasan “Secure Your Business with ExpertBook Series”. Dimana pembicara tersebut ada dua yaitu pertama bernama Rifan Fernando yang berasal dari Asus ID Commercial FAE dan kedua adalah Dr. Budi Sulistyo, S.T., CISA yang berasal dari Expert Consultant at PT. Sharing Vision Indonesia. Kedua pembicara tersebut akan mengupas secara tuntas dan seluk beluk mengenai “Secure Your Business with ExpertBook Series” pada webinar yang dilakukan. Tentunya pembahasan akan sangat berguna bagi seseorang yang sedang mencari cuan dari kegiatan menggambar dengan membuat stiker, logo, dan lainnya dalam bidang keamanan ketika menggunakan produk laptop khususnya laptop ASUS ExpertBook P2451F. Kegiatan webninar yang dilakukan pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 13.00 melalui media Zoom.

Dengan dipaparkan hambatan sampai solusi diharapkan dapat menjadi jalan keluar bagi orang-orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan ditengah-tengah sisi kurang baik akan pandemik yang sedang berlangsung. Dimana dengan hal tersebut diharapkan melakukan bisnis seperti menggambar dalam membuat stiker, logo, dan lain-lain ditambah dengan teknologi dari Asus berupa ASUS ExpertBook P2451F dapat menjadi solusinya. Walaupun terdapat berbagai permasalahan ketika sedang melaksanakannya tetapi solusi sudah dipaparkan sehingga permasalahan sampai hambatan dapat diselesaikan dan membawa berita perubahan ke arah yang lebih baik lagi khususnya dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan layak. Dengan hal tersebut maka diujungnya diharapkan memenuhi kebutuhan hidup dapat tersebut berlangsung tanpa hambatan karena biaya pengongkong telah dapat dipenuhi melalui kegiatan berbisnis seperti berbisnis menggambar dan menjual berupa stiker, logo, dan lain-lain. Ditambah kata “Perfect Device Built for Your Business” dapat dicapai karena telah disokong oleh produk Asus berupa ASUS ExpertBook P2451F yang dapat memperlancar bisnis digital akan mengambar menghasilkan produk berupa stiker, logo, dan lain-lain.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.




Sumber tulisan & gambar:

  1. https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ExpertBook-P2451FB/Features/
  2. https://pixabay.com/id/photos/ikan-salmon-hidangan-makanan-518032/
  3. https://pixabay.com/id/photos/topeng-masker-bedah-virus-4898571/
  4. https://pixabay.com/id/photos/bunglon-alam-reptil-margasatwa-3837131//

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hambatan Dan Solusi Berbisnis Menggambar Di Tengah-Tengah Pandemik Untuk Bertahan Memenuhi Kebutuhan Hidup "

Posting Komentar