Go Digital Warung Mie Ayam, #AplikasiHajiMahmud

Pandemik virus Corona kini sedang berlangsung didalam tengah-tengah kehidupan sehari-hari masyarakat. Bahkan pemerintah negara Indonesia juga membentuk satgas Covid-19 untuk terus memberitakan akan penyebaran virus Covid dan lain-lain yang berkaitan dengan virus Corona. Hampir setiap hari satgas tersebut memberikan informasi mengenai penyebaran kasus virus Corona yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Pemerintah negara Indonesia pastinya tidak ingin masyarakatnya terjangkit akan virus Corona ini. Dengan keinginan tersebut maka disini pihak pemerintah mengeluarkan berbagai macam kebijakan dari mulai pemberlakukan PSBB sampai work from home. Semua kebijakan tersebut tentunya agar penyebaran dari virus Corona bagi masyarakat di negara Indonesia dapat ditekan sekecil mungkin. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan harus ditaati oleh masyarakat secara garis besar bertujuan untuk menekan aktifitas masyarakat di luar ruangan sehingga penyebaran dapat ditekan sekecil mungkin.

Perlu diakui terkadang setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan harus ditaati oleh masyarakat pastinya akan menimbulkan sisi menyenangkan dan sisi kurang menyenangkan layaknya dua sisi pada koin. Dimana untuk sisi menyenangkan pastinya memiliki tujuan agar menekan penyebaran virus Corona bagi masyarakat. Tetapi disisi lainnya menimbulkan hal kurang menyenangkan yaitu banyak pihak-pihak khususnya pihak restoran menjadi kurang pembelinnya karena pembatasan aktifitas tersebut.

Adaptasi, merupakan hal yang harus dilakukan agar tetap dapat bertahan ditengah kebijakan pemerintah dan pandemik yang sedang berlangsung saat ini. Adaptasi yang bisa dilakukan agar tetap bertahan bagi pihak restoran ada banyak sekali salah satunya adalah digitalisasi restoran.

 

Apa Itu Digitalisasi????

Jika ditanya mengenai apa itu “Digitaliasasi” pastinya setiap orang memiliki definisi ataupun pengertian sendiri-sendiri. 

Namun bagi penulis sendiri pengertian dari kata “Digitalisasi” merupakan sebuah cara untuk merubah dari yang konvensional yaitu dengan datang ke restoran agar mendapatkan makanan & minuman kini berubah menjadi dilakukan secara digital khususnya dalam hal pembelian. Pastinya ada kelebihan digitalisasi bagi restoran ada banyak sekali salah satunya adalah:

Pertama adalah meraih banyak pelanggan karena tidak lagi ada batasan waktu dan tempat yang menjadi penghalang. Mungkin sebelum digitalisasi batasan pelanggan yaitu waktu dan tempat sehingga pelanggan menjadi sedikit yang dapat diaraih.

Kedua adalah mengurangi biaya promosi yang biasa dilakukan. Ketika melakukan di suatu promosi disuatu media pastinya membutuhkan biaya yang sangat menguras dompet. Promosi tersebut memiliki tujuan untuk menarik para pelanggan untuk mau makan dan minum direstoran tersebut serta memberi tahu informasi akan restoran tersebut kepada calon pembeli. Dengan melakukan kegiatan didalam digitalisasi maka biaya akan promosi dapat ditekan sehingga biaya dapat dialihkan kepada bagian lain seperti bagian inovasi dan kreatifitias agar memunculkan makanan & minuman yang baru lagi.

Ketiga adalah komunikasi antara pelanggan dan pengelola dapat lebih baik.  Tentunya ketika melakukan digitalisasi biasanya dibuat pula ada sebuah kolom komunikasi. Dengan dibuat kolom komunikasi tersebut maka ketika pelanggan terdapat berbagai komplain, masalah, sampai masukan dapat segera diketahui sehingga diambil tindakan oleh pemilik bisnis tersebut.

Kelebihan yang didapatkan dengan digitalisasi tersebut tentunya dapat diibaratkan seperti peluang emas agar dapat bertahan ditengah kondisi pandemik virus Corona serta bagi masa depan. Dengan hal tersebut maka pihak pengelola seperti Mie Ayam Jamur Haji Mahmud melakukan digitalisasi dengan membentuk sebuah aplikasi. Aplikasi yang dibentuk oleh Mie Ayam Jamur Haji Mahmud memiliki nama Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Reservasi dan Delivery yang dapat di download diplaystore.

Pada tahun 1988 merupakan tahun tersebut berdirinya Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Bahkan pada tahun tersebut bisa dikatakan bahwa Mie Ayam Jamur Haji Mahmud bisa dikatakan bisnis tersebut sebagai sebuah pelopor mie ayam jamur halal di Kota Medan. Sedangkan pada tahun 2019 kini Mie Ayam Jamur Haji Mahmud kini mulai berkembang dengan sangat pesat kini sudah minimal 37 outlet pada tahun 2025 dan mau melaksanakan Go Internasioanl dengan minimal outlet 245 tahun 2045. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh Mie Ayam Jamur Haji Mahmud salah satunya adalah:

Pertama adalah ada menu spesial tiap minggunya. Didalam Mie Ayam Jamur Haji Mahmud terdapat menu spesial dalam tiap minggunya. Tentunya dengan adanya menu spesial tiap minggunya dapat menjadi rekomendasi bagi para pelanggan yang menginginkan pelangaman yang spesial ketika mengonsumsi makanan dan minuman dari Mie Ayama Jamur Haji Mahmud. Banyak sekali makanan & minuman yang terdapat pada menu spesial tiap minggu salah satunya adalah Mie PA. Mie PA adalah Mie Pasing Ayam. Pangsit merupakan makanan yang berupa daging cincang dengan bungkusan lembaran tepung yang dihidangkan kuah sup. Kuahnya sendiri sangat spesial yaitu yang terdiri dari rasa rempah-rempah serta rasa jamur sehinggan sehingga membuat rasanya enak ketika masuk dalam mulut.

Kedua adalah diskon yang diberikan sangatlah banyak. Penting diskon bagi para pelanggan apalagi ditengah kondisi pandemik virus Corona. Walaupun pandemik seperti saat ini kebutuhan akan makanan & minuman harus tetap dapat dipenuhi. Maka salah satu cara agar dapat memenuhi dengan menggunakan diskon yang diberikan. Diharapkan dengan hal tersebut dua kegiatan dapat dipenuhi yaitu memenuhi kebutuhan hidup akan makanan & minuman dengan biaya yang minim.

Ketiga adalah banyak inovasi yang dilakukan oleh Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Salah satu inovasi yang dilakukan agar Go Internasional adalah dengan menyediakan sebuah aplikasi. Aplikasi yang dibuat memiliki nama Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Reservasi dan Delivery. Untuk urusan download sendiri dapat di Download Melalui Playstore. Bukan hanya itu saja kini Haji Mahmud juga mulai secara perlahan-lahan melebarkan sayapnya ke kanca nasional pada tahun 2018 dan akan terus berkembang. Di tahun 2025 saja diperkirakan akan hadir minimal 37 outlet dan pada Go Internasionalnya memiliki minimal 245 outlet pada tahun 2045.

Dari point ke tiga tersebut tentunya bisa dikatakan bahwa Haji Mahmud atau Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan telah menjadi WarungMie Ayam Go Digital dengan telah menyediakan Aplikasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang dapat di Download Melalui Playstore. Tetapi pastinya akan ada masalah yaitu terkadang aplikasi yang dibuat terdapat permasalahan baik seperti tidak bisa diakses ataupun hal lainnya. Disini diperlukan sumber daya manusia yang dapat bekerja secara 24 jam penuh secara bergantian agar dapat menghindari permasalahan dalam aplikasi yang telah dibuat tersebut.

Tentunya akan sangat percuma apabila yang dilakukan sisi inovasi oleh Haji Mahmud atau Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan dari sisi aplikasi saja tanpa dari sisi makanan & minumannya. Apalagi bisnis tersebut sejak awal memiliki konsep pelopor mie ayam jamur halal. Dengan konsep tersebut harus pula diberikan sisi inovasi dan sisi kreatif dari prodak makanan & minuman yang akan dikonsumsi oleh para pelanggan. Dengan munculnya berbagai macam makanan & minuman dapat menarik para pelanggan agar setia makan & minum didalam restoran tersebut.

Jika dilihat dan dianalisis lebih jauh sebenarnya pihak restoran yang bernama Haji Mahmud atau bisa dikatakan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sebenarnya sangat mendukung kebijakan pemerintah yang membatasi aktifitas diluar rumah. Bukti dukungannya adalah dengan Go Digital yaitu melalui sebuah aplikasi yang bernma Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Reservasi dan Delivery. Memang dari namanya saja sudah kita mengetahui kegiatan yang paling ditonjolkan dari Warung Mie Ayam Go Digital adalah Reservasi dan Delivery. Dengan delivery tersebut pastinya pihak pelanggan tidak sudah keluar rumah lagi untuk mendapatkan makanan & minuman yang ada di Haji Mahmud atau bisa dikatakan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Ketika para pelanggan tidak keluar rumah untuk mendapatkan makanan & minuman yang ada di Haji Mahmud atau bisa dikatakan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud maka secara tidak langsung melakukan dua hal seccara bersamaan pertama adalah mengikuti kebijakan pemerintah dan yang kedua adalah menekan penyebaran virus Corona pada lingkungan serta anggota keluarga.

Dengan demikian diharapkan adanya aplikasi yang dibuat oleh Haji Mahmud atau bisa dikatakan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud dapat benar-benar membantu masyarakat khususnya dalam mendapatkan makanan & minuman untuk kebutuhan hidup sehari-harinnya. Sebelum mengakhiri tulisan ini saya selaku penulis mengucapkan

Anniversary 32 Tahun Mie Ayam Jamur Haji Mahmud”.

Semoga pihak Haji Mahmud atau bisa dikatakan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud terus melakukan berbagai macam invoasi serta mengeluarkan sisi kreatifitasnnya diberbagai bidang bukan hanya didalam bidang digita sehingga dapat mencapai Warung Mie Ayam Go Digital #AplikasiHajiMahmud tetapi didalam bidang makanannya juga agar para pelanggan menjadi lebih banyak dan betah mengonsumsi makanan & minuman yang ada. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Go Digital Warung Mie Ayam, #AplikasiHajiMahmud"

Posting Komentar