Aset Digital Bagi Sektor Pariwisata Agar Dapat Bertahan

Persaingan merupakan hal sangat wajar didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang harus melalui persaingan terlebih dahulu salah satu contohnya adalah saat mencari pekerjaan. Setiap orang pastinya didalam menjalani kehidupan sehari-hari pastinya akan menjalani fase kehidupan mencari pekerjaan. Untuk dapat diterima didalam pekerjaan tersebut pastinya para calon pekerja ini akan bersaing untuk diterima didalam sebuah pekerjaan tersebut.

Disini juga pihak perusahaan sebagai tempat mencari pekerjaan terkadang banyak sekali spesifikasi dari seseorang yang harus dapat dipenuhi. Biasanya spesifikasi ada yang khusus dan ada yang umum. Untuk spesifikasi salah satu contohnya adalah berkas dari mulai CV, surat sehat, sampai surat-surat lainnya. Sedangkan untuk spesifikasi yang khusus biasanya lebih ditekankan kepada keahlian yang dibuktikan dengan sertifitas seperti bahasa asing, menguasai sebuah software, sampai telah menyelesaikan banyak pekerjaan. Tentunya spesifikasi akan yang khusus didalam mencari sebuah pekerjaan adalah sebuah nilai tambah bagi seseorang pelamar pekerjaan.

Nyatanya seperti yang sudah-sudah bahwa terkadang besarnya lowongan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pelamar pekerjaan. Bahkan dibeberapa lowongan pekerjaan jumlah para pelamar tidak sebanding dengan posisi yang dibutuhkan mungkin pelamar yang masuk bisa sampai ratusan orang tetapi yang diterima dapat dihitung oleh jari.

Tentunya kondisi tersebut apabila terus saja berlangsung semakin lama akan dapat diibaratkan seperti sebuah bom yang dapat meledak sewaktu-waktu. Mungkin ketika sebelum bom waktu tersebut sebelum meledak semua akan terasa baik-baik saja tetapi akan berbeda ketika bom waktu tersebut meledak pastinya akan membawa dampak yang kurang baik. Ada banyak sekali dampak negatif yang diberikan salah satunya adalah pengangguran yang akan tumbuh subur serta angka kriminalitas menjadi meningkat. Disini pihak pemerintah ataupun masyarakat tentunya tidak menginginkan dampak negatif itu terjadi dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Maka solusi yang dapat dilakukan ataupun ditempuh adalah dengan menciptakan seseorang untuk dapat membuat bisnis agar dapat menyerap angkatan kerja yang belum bekerja tersebut.

Kini membuat bisnis dikalangan anak muda menjadi sebuah racun yang bersifat positif. Banyak sekali tumbuh bersuburan talk show ataupun pelatihan-pelatihan agar para anak muda di negara Indonesia menjadi seseorang pembisnis. Apalagi baik itu didalam sebuah pembicara akan acara sukses dalam berbisnis terkadang menonjolkan sisi kemewahan yang telah diraih ketika sudah sukses membangun sebuah bisnis. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah pendorong yang sangat besar bagi anak muda untuk terjun ke dunia bisnis.

Padahal dunia bisnis dapat diibaratkan seperti bongkahan es. Dimana yang terlihat hanyalah sedikit tetapi yang tidak terlihat sangatlah besar dan dalam. Sudah jelas bahwa yang terlihat adalah kesuksesan sampai kemewahan yang sering kali diperlihatkan oleh seseorang yang telah sukses dalam menjalani sebuah bisnis. Tetapi terkadang sisi lainnya seperti kerja keras, kegagalan, sampai rasa menyerah tidak pernah diperlihatkan sama sekali atau ditutupin. Jangan heran kalau ketika anak muda masuk kedalam sebuah bisnis akan terkaget-kaget dengan sisi yang tidak diperlihatkan tersebut.

Kini setiap negara sedang dilandai oleh sebuah pandemik virus Corona. Pandemik tersebut tentunya bisa dikatakan merontokan beberapa sektor kehidupan. Contoh yang paling terasa akan ada sebuah pandemik adalah bisnis yang berkaitan dengan sektor pariwisata. Mungkin sebelum terjadi pandemik virus Corona bisnis yang berkaitan dengan sektor pariwisata dapat mengantongi uang yang cukup banyak bahkan dibeberapa orang berlebih. Namun kini orang-orang yang bekerja disektor pariwisata harus berdarah-darah untuk dapat tetap bertahan ditengan kondisi pandemik virus Corona ini.

Akibat menurunnya pendapatan orang-orang yang bekerja didalam sektor pariwisata tersebut maka setiap perusahaan melakukan berbagai macam cara agar dapat tetap bertahan. Pastinya pihak perusahaan melakukan beberapa hal seperti berikut ini yaitu mengurangi jumlah pekerja, memberikan diskon secara besar-besaran, sampai melakukan hal lainnya. Bukan hanya perusahaan saja yang melakukan penyelamatan agar dapat bisa bertahan pihak pemerintah pun melakukan berbagai macam cara salah satunya adalah mengeluarkan kebijakan ataupun memberikan bantuan kepada para UKM. Walaupun diberikan bantuan oleh pemerintah namun untuk dapat bertahan tetap harus mengandalkan perusahaan tersebut.

Perlu diakui untuk dapat bertahan dan kembali secara semula tidak bisa dilakukan dengan waktu yang sangat singkat seperti membuat mie instan yang hanya membutuhkan kurang lebih waktu selama tiga menit. Pastinya untuk dapat kembali seperti normal membutuhkan usaha, waktu, sampai kerja keras yang sangat tinggi. Berbicara cara untuk kembali seperti semua dan bertahan ditengah-tengah kondisi pandemik virus Corona bagi orang-orang yang memiliki bisnis adalah dengan beralih ke dalam aset digital.

Secara sederhana aset digital adalah segala macam yang bisa dikatakan konten baik itu berupa video, tulisan, atau bahkan gambar bergerak yang disimpan secara digital. Bisa dikatakan lebih sederhana lagi bahwa salah satu contoh dari aset digital adalah website. Tentunya disini kita semua dari mulai anak kecil sampai orang dewasa kini tidak asing dengan yang nama website. Kelebihan utama dari adanya website adalah tidak lagi tergantung akan waktu dan tempat. Sehingga seseorang asalkan memiliki alat pengakses website maka seseorang tersebut dapat melakukan dimanapun dan kapanpun tanpa melihat waktu dan tempat.

Berbicara mengenai aset digital tidak hanya berorientasi atau didominasi oleh website saja tetapi masih banyak hal lain salah satunya adalah B2B Marketplace dan Direktori Bisnis. Kepanjangan dari B2B Marketplace adalah Business to business artinya adalahh salah satu model bisnis akan suatu perusahaan yang memiliki fokus pada penjualan sebuah produk atau layanan bagi perusahaan lain. Sedangkan Direktori Bisnis dapat memiliki disederhanakan yaitu sebuah kumpulan data perusahaan atau bisnis yang dapat dilihat didalam media internet. Dengan hal tersebut maka timbul sebuah pertanyaan bagaimana caranya bisnis yang berkaitan dengan sektor pariwisata tersebut dapat bertahan dan kembali seperti semua dengan menanfaat aset digital???.

Secara sederhana dan mudah dipahami mungkin cara yang dilakukan adalah mengubah yang awalnya biasa dilakukan secara langsung kini harus dilakukan secara online. Lebih jelasnya mungkin ketika ingin merasakan pengalaman berwisata seseorang harus datang langsung ke tempat wisata tersebut namun kini ketika seseorang mau merasakan pengalaman berwisata harus dilakukan secara online. Mungkin terlihat gampang apabila berkaitan dengan pengalaman mendapatkan makanan & minuman didalam tempat wisata yaitu dengan cara memesan dengan cara online baik itu melalui web ataupun hal lainnya. Untuk mendatkan pengalaman merasakan dapat dikolaborasikan dengan virtual reality. Dengan hal tersebut diharpakan dapat mampu memberikan pengalaman yang berbeda ketika keinginan pariwisata ditengan kondisi pandemik virus Corona. Agar lebih menyukseskan dapat melakukan kegiatan B2B Marketplace ataupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan aset digital maka dapat menggunakan Indonetwork.co.id.


Apa Itu Indonetwork.co.id???

Indonetwork.co.id bisa dikatakan adalah sebuah marketplace dan Direktori Bisnis online yang dikenal tidak hanya di bagi kalangan-kalangan dari B2B (Business-to-Business) saja tetapi juga bisa dari kalangan B2C (Business-to-Customer) sebagai portal bisnis untuk UKM di seluruh Indonesia agar dapat bertahan serta mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Untuk lebih jelasnya tidak ada salahnya para pembaca melihat video dibawah ini.

3 Hal Yang Akan Ditemui Ketika Menggunakan Indonetwork.co.id

Pertama adalah sistem pendaftaran yang GRATIS. Memang biaya menjadi suatu masalah yang selalu ditemui ketika mau melakukan sesuatu hal. Namun kini untuk melakukan pendaftaran di Indonetwork.co.id dilakukan secara gratis maka permasalahan akan biaya menjadi bukan masalah lagi.

Kedua adalah sistus perdangan online denga pengunjung terbesar yang ada di negara Indonesia setiap harinya. Ketika banyak pengunjung pastinya secara tidak langsung pula akan banyak pembeli. Maka diujungnya akan banyak pelanggan yang mau membeli sebuah produk yang ditawarkan.

Ketiga adalah menjadi member dari Indonetwork.co.id persyaratan yang mudah. Sebuah perusahaan wajib memiliki SIUP dan NPWP sebagai salah satu syarat mutlak untuk bisa memasarkan produk dan jasa di marketplace B2B Indonetwork.co.id.

Penutup.

Diharapkan dengan adanya Indonetwork.co.id dapat menjadi sebuah jalan keluar bagi perusahaan atau orang-orang yang bekerja denggan bidang pariwisata dapat tetap bertahan tetap bertahan atau bahkan mendapatkan menjadi lebih sukses walaupun masih dalam kondisi pandemik akan virus Corona. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.


Sumber tulisan & gambar:

  1. https://www.mbizmarket.co.id/news/tag/b2b-marketplace/
  2. https://www.mbizmarket.co.id/news/direktori-bisnis/
  3. https://blog.indonetwork.co.id/blog-competition/
  4. https://pixabay.com/id/photos/pelari-laki-laki-olahraga-373099/
  5. https://pixabay.com/id/photos/pekerjaan-pencarian-aplikasi-3338103/
  6. https://pixabay.com/id/photos/komputer-ringkasan-bagan-bisnis-767776/
  7. https://pixabay.com/id/photos/bandar-udara-transportasi-wanita-2373727/
  8. https://youtu.be/WC0v19WrTpY

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aset Digital Bagi Sektor Pariwisata Agar Dapat Bertahan"

Posting Komentar