Berbagi Kebaikan Di Akhir Tahun 2020

Tidak terasa kini kita semua sudah berapa di ujung tahun 2020 yang mana pada beberapa hari kedepan kita akan memasuki tahun 2021. Seperti pada umumnya dalam pergantian tahun pastinya ada beberapa orang yang memiliki resolusi yang akan dilakukan pada tahun 2021. Ada banyak sekali resolusi yang dapat dilakukan salah satunya adalah pergi ke suatu tempat, mencoba membuka bisnis, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk penulis sendiri resolusi untuk tahun 2021 adalah menjadi seseorang yang lebih baik lagi dari pada tahun 2020.

Loh….Maksudnya Bagaimana???

Itu Terlalu Luas Dan Tidak Menjelaskan!!!!

Ya, memang tidak menjelaskan secara lebih rinci tetapikan pada akhirnya setiap resolusi pastinya memiliki tujuan akhir. Tujuan akhir adanya banyak sekali salah satunya adalah menjadi seseorang yang lebih baik lagi dari pada tahun sebelumnya. Membahas mengenai menjadi seseorang yang lebih baik dari pada sebelumnya ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan seperti melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan tetapi masih bersifat positif. Bekerja, belajar, dan meraih prestasi merupakan sesuatu hal yang bisa dikatakan positif. Tidak ada yang salah akan penilaian tersebut tetapi pada tulisan ini hal baik yang sedang dibahas adalah berbagi.

Berbagi merupakan kegiatan yang sudah diperkenalkan sejak masih anak kecil. Terkadang anak kecil tidak mengetahui akan apa itu kegiatan berbagi namun disatu sisi anak kecil suka melakukan kegiatan berbagi. Contoh ketika anak kecil sedang melaksanakan kegiatan makan dan tiba-tiba saja ada orang dewasa membuka mulut sambil memasang ekpresi seperti meminta makanan terkadang ada beberapa anak kecil secara langsung akan memberikan makanan yang sedang dimakan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh anak kecil tersebut tentunya dapat dikatakan sebagai kegiatan berbagi walaupun anak kecil tersebut belum mengetahui akan apa itu berbagai.

Perlu diakui bahwa dengan melaksanakan kegiatan berbagi didalam menjalani kehidupan sehari-hari memiliki banyak sekali manfaatnya. Saking banyaknya manfaat yang diberikan jika dibahas satu persatu pastinya pembahasannya akan panjang didalam tulisan ini. Oleh karena itu disini penulis hanya akan memaparkan beberapa manfaat dari melaksanakan kegiatan berbagai salah satunya yaitu:

Pertama adalah menambah relasi pertemanan. Memang terkadang ketika sudah menolong seseorang secara tidak sadar terjalin pula sebuah relasi pertemanan. Dimana relasi pertemanan tersebut memiliki banyak sekali manfaat didalamnnya apalagi ketika sedang menjalani kehidupan sehari-hari. Terkadang relasi pertemanan tersebut dapat membuka berbagai macam pintu baik itu pintu rejeki, pintu relasi informasi, dan masih banyak lagi pintu-pintu lainnya yang akan memberikan kehidupan menjadi lebih baik lagi.

Kedua adalah menambah kebahagiaan yang selama ini belum didapatkan. Ketika sedang menjalani kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia pastinya akan selalu mencari kebahagiaan. Memang dalam menjalani kehidupan ini banyak sekali hal-hal yang membuat diri kita menjadi bahagia salah satunya adalah membeli barang keinginan, merealisasikan keinginan yang sudah lama terpendam, dan masih banyak lagi. Namun untuk kali ini tidak ada salahnya mencari kebahagiaan melalui cara berbagai. Banyak sekali hal-hal yang membuat bahagia ketika sudah menolong seseorang seperti ketika seseorang bilang terimakasih yang menandakan bahwa kita dapat menjadi seseorang yang berguna bagi orang lain.

Ketiga adalah menghilangkan perasaan tidak berguna dalam hidup. Insecure kini menjadi kata yang sedang naik daun. Alasannya karena setiap orang pastinya pernah merasakan perasaan insecure. Salah satu contoh bentuk rasa insecure adalah menganggap dirinya tidak berguna dalam hidup sehingga dalam menjalani kehidupan sehari-hari tidak ada semangat. Untuk menghilangkan rasa insecure akan perasaan tidak berguna dalam hidup maka salah satu caranya adalah melaksanakan kegiatan berbagai. Dengan berbagi seseorang secara pelahan-lahan akan menghilangkan rasa insecure tersebut.

Memang ada banyak sekali manfaat bagi seseorang yang melaksanakan kegiatan berbagi didalam menjalani kehidupan sehari-hari salah satunya telah disebutkan diatas. Namun kini timbul kembali pertanyaan yaitu:

Kepada Siapa Kita Harus Melaksanakan Kegiatan Berbagai???

Agar lebih mendapatkan hasil manfaat yang maksimal dari kegiatan berbagi pastinya orang-orang yang menerima dari kegiatan berbagi haruslah kepada seseorang yang benar-benar membutuhkan. Akan terlihat jelas perbedaan antara memberi kepada seseorang yang membutuhkan dengan seseorang yang tidak membutuhkan. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari manfaat yang diberikan. Apalabila diberikan kepada orang yang tepat dalam melaksanakan kegiatan berbagi maka manfaat yang diberikan akan lebih maksimal serta seseorang penerima akan benar-benar dapat digunakan secara maksimal dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pastinya akan banyak sekali orang-orang yang layak untuk menerima bantuan dari kegiatan berbagai tersebut tetapi menurut penulis sendiri orang yang menerima bantuan dari kegiatan berbagai adalah anak yatim.

Tidak lengkap rasanya dari tadi hanya membahas dari mulai resolusi menjadi lebih baik di tahun 2020 dengan meningkatkan kegiatan berbagi, manfaat berbagi, serta pihak yang berhak menerima dari kegiatan berbagi tanpa membahas lewat atau bagaimana cara berbagi tersebut. Membahas akan hal tersebut pastinya akan berbicara mengenai Donasi Dompet Dhuafa.

Sebelum membahas programmnya tidak ada salahnya para pembaca melihat terlebih dahulu profil dari Dompet Dhuafa yang dipaparkan pada gambar dibawah ini:

Dimana didalam menyediakan berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan kegiatan berbagai kepada anak yatim piatu. Didalam donasi tersebut ada dua program yang disediakan yaitu:

Pertama adalah Tebus Ijasah. Di media baik itu media cetak, media elektronik, sampai media internet pastinya pernah membahas akan seseorang yang tertahan ijasanya oleh pihak sekolah. Ketika diterusuri lebih jauh lagi ternyata yang menjadi penyebab terjadi hal tersebut karena ada beberapa tungakan yang belum dibayar. Padahal ijasah memiliki peran yang sangat penting dalam mencari pekerjaan. Seseorang memiliki ijasah dan seseorang yang tidak memiliki ijasah tentunya peluang yang diterima kerja adalah seseorang yang memiliki ijasah. Agar dapat diterima kerja serta mengubah kehidupan menjadi lebih lagi maka disini dibuatlah program Tebus Ijasah yang akan sangat berguna bagi pihak yatim piatu yang mengalami permasalahan akan pembayaran yang belum selesai sehingga ijasah bisa diterima.

Kedua adalah Pembagian School Kit. Saat ini banyak sekali beasiswa yang diberikan baik itu oleh pihak pemerintah maupun oleh pihak swasta. Namun terkadang beasiswa yang diberikan masih terdapat belum dapat mencakup seperti seragam dan alat sekolah lainnya. Untuk menutupi akan biaya tersebut maka pihak Donasi Dompet Dhuafa memiliki program Pembagian School Kit. Program tersebut diharapkan dapat memberikan jalan keluar bagi pihak penerimannya agar ketika tidak pusing lagi memikirikan biaya untuk keperluan seragam ataupun alat sekolahnnya.

Diharapkan dengan perubahan dari tahun 2020 ke tahun 2021 seseorang yang memiliki resolusi akan 2021 khususnya menjadi seseorang yang lebih baik dalam hal melaksanakan kebaikan berbagai dapat lancar. Apalagi pada tulisan ini sudah bisa dikatakan cukup jelas dimana paparan tersebut dari mulai manfaat berbagi, pihak yang menerima kebaikan berbagai, sampai cara untuk berbagai melalui Dompet Dhuafa. Namun apabila para pembaca merasa tulisan ini belum dalam tidak ada salahnya untuk para pembaca langsung mengunjungi web dari Dompet Dhuafa. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.


Sumber gambar & tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berbagi Kebaikan Di Akhir Tahun 2020"

Posting Komentar