Konsep Livable City Untuk Kehidupan Sehari-hari yang Luar Biasa pada Grand City Balikpapan

Saat ini Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk dibarengi urbanisasi ke kota besar oleh masyarakat. Hal tersebut membuat kebutuhan akan papan berupa tempat tinggal di kota besar menjadi proritas utama. Namun ironinya tidak semua masyarakat dapat merasakan rumah tinggal yang nyaman karena banyak rumah yang tersedia nyatanya tidak memenuhi standar kelayakan. Mau tidak mau akibat kodnisi rumah tersebut maka ujung-ujungnya dapat mempengaruhi produkfititas seseorang saat menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk mencegah penurunan produktifitas masyarakat maka dibutuhkan rumah yang layak dengan menerapkan konsep Livable City.

Konsep dari Livable City atau kota layak huni merujuk kepada perencanaan dan pengembangan kota yang tujuannya untuk menciptakan lingkungan kota perkotaan yang lebih baik, nyaman, dan berkuliatas bagi penduduknya. Selain itu kota tersebut juga berfokus kepada peningkatan kualitas hidup penduduknya melalui penggabungan antara infrastruktur yang baik, aksesibilitas, lingkungan yang berkelanjutan, fasilitas sosial dan rekreasi, serta partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan. Untuk benar-benar dapat direalisasikan secara nyata pastinya sangat sulit tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Tetapi nyatanya ada salah satu perusahaan yang berhasil menerapkan konsep tersebut bernama Sinar Mas.

Sinar Mas merupakan perusahaan yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja pada tahun 1962. Sinar Mas merupakan perusahaan bisnis terbesar di Indonesia yang terus melakukan banyak inovasi dalam operasionalnya. Kini dapat terlihat hasilnya Sinar Mas tidak hanya beropasional dalam satu bidang tetapu mulai merambah ke bidang seperti perkebunan kelapa sawit, kertas dan pulp, properti, energi terbarukan, keuangan, dan lain-lain. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Divisi Sinar Mas Land dalam pengembangan properti dan real estate yang menerapkan konsep Livable City menjadi 4 pilar berupa Live, Learn, Work, and Play.

Live mengacu kepada sarana dan prasarana dalam menunjang kebutuhan hidup masyarakat seperti hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan. Learn mengacu kepada sarana dan prasarana dalam menunjang pendidikan masyarakat seperti sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional. Work mengacu kepada sarana dan prasarana dalam menunjang profesional dan lapangan kerja seperti pusat perkantoran, green office, kota industry, serta area komersial. Sedangkan untuk Play mengacu kepada sarana dan prasarana dalam menunjang kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat seperti pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner. Adanya konsep 4 pilar tersebut dapat ditemukan pada proyek Sinar Mas di kenal oleh masyarakat dengan nama Grand City Balikpapan.

Grand City Balikpapan merupakan hunian keluarga modern yang berada di Jalan MT Haryono No 20, Batu Ampar, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan yang memberikan kenyaman sampai keamanan serta ditunjang oleh fasilitas yang memadai. Pemilihan Kota Balikpapan berdasarkan prospek yang cerah di masa depan seperti menjadi bagian dari kota metropolitan serta saat ini sudah menjadi kota terbesar kedua dan termaju di Provinsi Kalimantan Timur. Belum lagi dari sisi penataan master plan pada Grand City Balikpapan mengusung konsep “Experience Nature in Vibrant City”. Sehingga masyarakat yang datang akan melihat banyak sekali pepohonan hijau sepanjang mata memandang. Berikut ini pemaparan dari bukti nyata bahwa Sinar Mas selaku pengembang Grand City Balikpapan telah menerapkan 4 pilar yaitu:

Pilar Live bisa dilihat dari contoh berupa akses jalan dan hunian. Akses jalan dibuat sangat lebar sehingga beberapa kendaraan dapat lewat di jalur yang telah disedikan. Bahkan kalaupun ada satu jalur yang diperbaiki masih tetap akan terhindar dari kemacetan karena terdapat beberapa jalur lainnya. Sehingga pemikiran jalan yang sempit dari akses jalan ke perumahan tidak akan dirasakan ketika memiliki tempat tinggal di Grand City Balikpapan. Belum lagi pada sisi hunian dibuat menjadi berbagai macam pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sebagai pengguna. Salah satu contohnya seperti jenis hunian berupa Cheville Grand City Balikpapan yang terdapat 2 pilihan berupa Tipe 49 dan Tipe 69.

Pilar Learn dapat terlihat dari adanya fasilitas pendidikan. Salah satu contoh fasilitas pendidikan yang ada di Grand City Balikpapan bernama Sekolah IPEKA Balikpapan II yang berada di dari Jl. Sinar Mas Land Boulevard. Untuk dapat lebih jelas buktinya adanya fasilitas pendidikan tersebut maka berikut ini adalah bukti dari progres dari pembangunan atas gedung sekolahnya. Tidak hanya itu saja untuk fasilitas pendidikan lainnya berada dengan jarak yang sangat dekat mencapai 14 menit ke SMA Negeri 5 Balikpapan.

Pilar Work dapat dilihat dari Ruko A6 dan Palladium. Roku A6 berada di kawasan komersial dengan lokasi yang strategis berada di jantung kota Balikpapan. Sedangkan Palladium berjarak 300 m dari gerbang utama Balikpapan dan didukung oleh jalan utama (Boulevard) sehingga memudahkan mobilitas. Kedua lokasi tersebut cocok untuk melakukan kegiatan bisnis untuk membuka sebuah usaha karena potensi atas perkembangan yang besar. Sedangkan pilar Play dapat terlihat dari berbagai macam fasilitas seperti taman kota, danau, sampai country club yang dapat digunakan oleh para penghuni dari Grand City Balikpapan.

Sehingga dapat dikatakan dapat dikatakan bahwa pihak Sinar Mas Land telah kembangkan konsep Livable City yang dapat terlihat dari Grand City Balikpapan. Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh Grand City Balikpapan berupa konsep tata huninya yang bersandar pada lima unsur kehidupan berupa Kayu, Air, Tanah, Api, dan Metal. Setiap unsur yang ada tersebut dapat terlihat dari wujud dalam pembagian zona hunian beserta petunjuk. Untuk lebih jelasnya dapat terlihat pada pemaparan digambar bawah:

Setelah berselancar cukup dalam mengenai Grand City Balikpapan pastinya akan ditemukan beberapa hal menarik lainnya yang belum dibahas. Maka dari itu disini penulis akan memaparkan mengenai hal menarik yang dimiliki oleh Grand City Balikpapan yaitu:

Lokasi yang terkoneksi oleh berbagai macam fasilitas lainnya. Didalam Grand City Balikpapan juga memiliki segudang fasilitas untuk menunjang kehidupan para pengguninya. Tetapi jika melihat ke dalam peta atas lokasi sekitar juga ditemukan fasilitas lainnya. Fasilitas rumah sakit dapat terbagi menjadi dua berupa RSUD DR. Kanujoso Djatiwibowo dan Rumah Sakit Hermina Balikpapan yang jaraknya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit. Fasilitas berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dapat mengunjungi ke Plaza Balikpapan yang membutuhkan waktu 24 menit. Jika membutuhkan fasilitas bersantai seperti Pantai Melawai dapat ditempuh selama 30 menit. Sedangkan untuk mobilitas masyarakat dapat Bandar Udara Sepinggan yang ditempuh selama 15 menit. Sehingga ketika penghuni yang mendiami pada Grand City Balikpapan akan mudah dan nyaman karena sudah dilengkapi oleh akses yang mudah terhadap berbagai macam fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari.

Tipe hunia yang disediakan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat seperti terlihat pada rumah minimalis yang terbagi kedalam beberapa bagian seperti Nordville Tipe 172, Hayfield at Grand City Balikpapan, dan Chevile Balikpapan. Nordville merupakan salah satu cluster yang memiliki tipe dan luas tanah yang lebih besar serta desain modern ditambah adanya fasilitas berupa Jogging track, Park, dan Keamanan 24 jam. Haryfield at Grand City Balikpapan merupakan salah satu cluster yang memiliki yang memiliki konsep modern & simple menggunakan enam unsur kehidupan yaitu Live, Work, Learn, Recreation, Sport, and Lifestyle. Sedangkan untuk Chevile Balikpapan yang didesain dengan urban modern minimalis dengan memaksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara di setiap ruangan serta dekat dengan berbagai macam fasilitas seperti sekolah IPEKA Grand City, pusat makanan dan bisnis Grand City, rumah sakit, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, dan pintu keluar tol Balikpapan-Samarinda Km 13.

Dibangun oleh developer properti terpecaya. Pastinya didalam kehidupan masyarakat sudah banyak sekali oknum developer properti nakal yang merugikan masyarakat. Untuk buktinya dapat dilihat oleh para pembaca diberbagai macam media sudah banyak pemaparan. Bahkan jika mencari disekeliling tempat tinggal saat ini mungkin dapat ditemukan korban dari oknum developer properti yang nakal. Tetapi jika seseorang pengguna yang ada di masyarakat memilih Grand City Balikpapan sebagai tempat tinggalnya yang digagas oleh developer properti terpecaya berupa dari pihak Sinar Mas. Maka sudah pasti hal-hal yang kurang baik tidak akan dirasakan oleh masyarakat sebagai penggunannya malah akan didukung dengan diberikan fasilitas yang banyak dan baik untuk menunjang kehidupan sehari-harinya. Belum lagi jika melihat ke dalam kehidupan secara langsung pihak developer properti dari Sinar Mas telah mengembangkan proyek properti lainnya seperti Kota Wisata di Cibubur, Kota Deltamas di Cikarang, sampai Grand Wisata di Bekasi.

Pada dasarnya pastinya jika berselancar lebih dalam lagi mengenai Grand City Balikpapan pastinya ada banyak sekali hal menarik lainnya tetapi salah satunya telah dipaparkan diatas. Apakah para pembaca sekalian memiliki pemikiran yang berbeda akan hal menarik yang dimiliki oleh Grand City Balikpapan dikembangkan oleh Sinar Mas?.

Pastinya setiap orang yang tinggal di bumi tercinta ini mendambakan akan sebuah rumah tinggal yang aman dan nyaman. Tidak hanya itu saja dari beberapa hal lain seperti lingkungan asri, bersih, dan masih banyak lagi merupakan keinginaan setiap orang. Dimana keinginan tersebut dapat tercapai oleh developer properti bernama Sinar Mas yang telah membangun berbagai macam hal salah satunya seperti di Grand City Balikpapan. Di Grand City Balikpapan tersebut telah menerapkan akan sebuah konsep livable city. Adanya konsep tersebut akan menunjang penghuninya untuk memiliki produktiftas yang tinggi karena dilingkungan sekitar sudah dilengkapi oleh berbagai macam fasilitas penunjang. Sehingga diakhirnya dengan memiliki tempat tinggal di Grand City Balikpapan maka seseorang pengguna akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menggunakan rumah yang ada di Grand City Balikpapan saat menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak percaya akan sensasi yang berbeda tersebut. Maka tidak ada salahnya untuk membeli dan mencobanya secara langsung sensasi dari Grand City Balikpapan akan konsep livable city yang diterapkan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sinarmasland.com/
  2. https://www.sinarmasland.com/development/commercial/ruko-a6
  3. https://www.sinarmasland.com/development/commercial/palladium
  4. https://ecatalog.sinarmasland.com/project/grand-city-balikpapan
  5. https://m.facebook.com/grandcitybpn/photos/a.1589424301111926/3321942604526745/?type=3
  6. https://www.facebook.com/photo/?fbid=3616611381726531&set=a.1589424301111926
  7. https://www.sinarmasland.com/assets/files/upload/Brosur%20Grandcity%20Final%20030214.pdf
  8. https://www.youtube.com/watch?v=t_W6zMIZnUA
  9. https://www.youtube.com/watch?v=HYLllVfMYl0

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Konsep Livable City Untuk Kehidupan Sehari-hari yang Luar Biasa pada Grand City Balikpapan"

Posting Komentar