Mengubah Nasib UMKM Indonesia Pasca Kemerdekaan Melalui Teknologi Cloud Computing

Indonesia merupakan salah satu negara yang merasakan pula akan dampak dari penjajah di masa lampau. Berdasarkan ilmu pengetahuan tentang sejarah memaparkan bahwa Indonesia dijajah oleh berbagai macam negara seperti Belanda sampai Jepang. Penjajahan yang diberikan walaupun ada dampak baiknya tetapi jika dianalisah lebih dalam tentunya kebanyakan akan dampak kurang baiknya. Dimana dari dampak kurang baik tersebut membuat masyarakat Indonesia mengalami banyak perampasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Di ujung penjajahan tersebut membuat masyarakat Indonesia harus merasakan sebuah penyiksaan baik secara fisik, mental, sampai material yang dimilikinya dirampas sehabis-habisnya.

Atas dampak tersebut munculah berbagai macam perlawanan yang diberikan kepada para penjajah. Perlawanan yang diberikan sangatlah beragam dari mulai secara diplomatis sampai gencatan senjata dilakukan. Semua tersebut saling berkolaborasi untuk mengusir penjajah dari wilayah Indonesia. Akhirnya perlawanan tersebut saat tanggal 17 Agustus 1945 seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke mengungkapkan kepada dunia sudah mengalami kemerdekaan secara penuh. Membuat masyarakat Indonesia terbebas dari rantai penjahan yang menyekik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.  

Untuk meraih kemerdekaan Indonesia dari cengkeraman penjajah pastinya membutuhkan kegigihan yang tidak kenal lelah tanpa batas. Apalagi pada saat itu pihak pahlawan Indonesia memiliki sumber daya yang terbatas tidak seperti penjajah yang sudah dilengkapi oleh alat-alat canggih. Hanya bermodal keteguhan, semangat, sampai pengorbanan semua dikorbankan untuk satu kata yaitu kemedekaan. Semua hal yang dilakukan tersebut tentunya untuk mempersiapkan generasi mendatang agar tidak merasakan penjajahan yang menyiksa. Kini setelah kemederkaan diraih maka kisah-kisah heroik para pahlawan tersebut akan menjadi sebuah inspirasi bagi kita semua yang hidup saat ini di Indonesia yang menjadi masyarakatnya. Selain itu juga menjadi sebuah pengingat akan akan betapa mahalnya akan sebuah harga untuk mendapatkan kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pahlawan dahulu.

Maka kini generasi yang hidup di Indonesia saat ini harus memiliki sebuah tanggung jawab yang besar untuk selalu menjaga dan mengisi kemderkaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan dimasa lampau. Apalagi para pahlawan tersebut mewarisakan sebuah negara yang merdeka dan berdaulat serta hak-hak setiap orang dihormati dan dipertahankan. Tentunya untuk dapat memenuhi harapan para pahlawan tersebut maka para generasi muda dapat berperan aktif dalam membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik. Dimana bidang kontribusi yang dapat dipilih dalam berbagai macam bidang seperti pendidikan, ekonomi, sosial, sampai politik. Tetapi bidang-bidang tersebut didasarkan pada nilai-nilai persatuan, keadilan, sampai kemajuan.

Secara bukti maka para generasi muda dapat memilih membangun bangsa Indonesia dengan menjadi salah satu bagian dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan menjadi pihak pengerak pada bidang UMKM secara tidak langsung seseorang generasi muda akan memberikan dampak lainnya. Apalagi berdasarkan pemaparan yang ada di duduk dibangku pemerintah memaparkan bahwa UMKM di Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi. Salah satu buktinya dapat terlihat dari video berita dibawah yang memamaparkan akan UMKM merupakan tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia.

Arti dari UMKM merupakan tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia mempertegaskan bahwa sektor UMKM memegang peran penting dalam ekonomi Indonesia. Bahkan bisa dikatakan bahwa sektor UMKM memeng peran sangat penting dalam ekonomi Indonesia. Hal tersebut karena sektor UMKM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap bidang pertumbuhan ekonomi salah satunya melalui penciptaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Kondisi tersebut selaras dengan data yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Hasilnya berdasarkan data tersebut memaparkan bahwa jumlah tenaga kerja yang terserap oleh UMKM sebanyak 119,6 juta orang di tahun 2019. Data tersebut mengalami peningkatan 2,21% dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 117 juta orang. Secara rinci tenaga kerja di usaha mikro mencatat bahwa 109,8 juta atau 89% sedangkan 5,93 juta orang atau 4,81% tenaga kerja berasal dari usaha kecil.

Walaupun UMKM memegang kunci peran akan tulang punggu ekonomi Indonesia tetapi disatu sisi tantangan dalam operasional sangatlah besar. Saking besarnya tantangan tersebut membuat UMKM membuat ketika operasional berlangsung mengakibatkan terjadinya gulung tikar. Faktor penyebab gulung tikar semakin besar karena beberapa hal seperti modal, sumber daya, sampai kondisi pasar yang sangat kompetitif. Faktor tersebut akan semakin cepat akibat beberapa hal yang tidak bisa direncanakan seperti munculnya pandemik.

Ya, harus diakui bahwa adanya pandemik virus Corona yang terjadi dibeberapa tahun kebelakang membuat pukulan besar bagi UMKM. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) yang dipegang oleh Ikhsan Ingratubun memaparkan bahwa selama tahun 2020 ada sekitar 30 juta UMKM yang bangkrut. Padahal di tahun 2019 jumlah UMKM berada di angka 64,7 juta tetapi setelah adanya pandemik Covid-19 membuat jumlah UMKM menjadi 34 juta tahun 2020.

Padahal adanya UMKM bagi bangsa Indonesia merupakan tulang punggung bangsa. Sehingga ketika tulang punggung tersebut tidak kuat maka akan membuat terguncang ekonomi di masyarakat. Maka tidak heran jika saat pandemik berlangsung banyak sekali masyarakat yang mengalami keguncangan ekonomi akibat tidak beroperasionalnya kegiatan dari UMKM. Disinilah agar UMKM yang ada di bangsa Indonesia tetap bertahan bahkan sampai maju membutuhkan sebuah teknologi. Salah satu contoh teknologi yang dapat digunakan oleh para pemilik UMKM seperti Cloud Computing.

Dapat disederhanakan bahwa Cloud Computing merupakan kegiatan menyewa komputer supercanggih yang ada di internet. Sehingga bayangkan saja seseorang pemilik UMKM dapat menggunakan komputer tanpa harus membeli, mengatur, sampai menjaga komputer fisik. Bahkan pihak pemilik UMKM tersebut masih dapat mengakses akan kegiatan pada komputer tanpa harus memiliki bentuk fisiknya dengan cara mengakses melalui perangkat apapun yang terkoneksi menggunakan internet.

Tidak hanya itu saja seseorang pemilik UMKm juga dapat menyimpan data secara aman serta melakukan kegiatan lainnya seperti menjalankan aplikasi sampai bermain game. Semua kegiatan tersebut sangatlah mudah tanpa harus khawatir akan perangkat keras sampai perangkat lunak tersebut. Diakhirnya dengan menggunakan Cloud Computing bagi para pemilik UMKM dapat memudahkan hidup sehingga lebih terkomputasi dalam kegiatan operasionalnya. Memang dengan menggunakan teknologi Clound computing bagi para pemilik UMKM memberikan dampak yang sangat besar yaitu:

Pertama berupa efisiensi biaya. Menggunakan teknologi Cloud Computing dapat mengurangi biaya awal khususnya pada biaya pembelian sampai mengelola infrastuktur dari komputer fisik. Terkadang pemilik UMKM akan mengeluarkan dana yang cukup besar dalam beberapa hal seperti server, perangkat keras, dan perangkat lunak, serta mengurangi biaya pemeliharaan dan upgrade yang berkelanjutan. Tetapi dengan menggunakan Cloud Computing biaya tersebut dapat ditekan secara minimal mungkin sampai kecil sehingga nyaman untuk dompet.

Kedua berupa skalabilitas. Adanya teknologi Cloud Computing pada kegiatan operasional UMKM dapat memudahkan akan menyesuaikan terhadap kapasitas komputasi yang disesuaikan akan kebutuhan. Ketiga berupa akses fleksibel pada penggunaan. Dimana pihak pemilik UMKM dapat mengakses data sampai aplikasi yang dimiliki pun tanpa adanya halangan berupa jarak dan waktu karena dapat diakses menggunakan koneksi internet ditambah dengan teknologi seperti hp sampai laptop. Pada dasarnya ada banyak sekali manfaat yang diberikan kepada pemilik UMKM ketika sudah menggunakan teknologi Cloud Computing dalam operasionalnya salah satunya telah dipaparkan diatas.

Apakah para pembaca sekalian setuju akan pemaparan dari dampak teknologi Cloud Computing yang telah dipaparkan?. Jika tidak maka tidak ada salahnya para pembaca sekalian memaparkan perbedaan tersebut didalam kolom komentar.

Sebelum para pemilik UMKM tersebut mengambil keputusan untuk melakukan migrasi menggunakan teknologi Cloud Computing dalam setiap operasional bisnis UMKMnya. Maka para pemilik UMKM harus mengetahui akan langkah-langkah yang tepat untuk dapat memaksimalkan layanan dari Cloud Computing ketika digunakan dalam kegiatan operasional. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum para pemilik UMKM menggunakan Layanan Cloud Computing yaitu:

Evaluasi kebutuhan bisnis. Disini pihak pemilik UMKM harus mengetahui akan implikasi bisnis yang dijalani yang akan mengadopsi akan Cloud Computing. Tentukan stategi yang efektif. Disini pihak pemilik UMKM harus dapat mengidentifikasi akan seluk beluk dari bisnis yang dijalankan sehingga dapat menentukan layanan yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Memilih provider yang tepat. Disini sudah pastinya ada banyak sekali penyedia Layanan Cloud Computing dengan berbagai macam penawaran menarik didalamnya seperti kemampuan lisensi sampai layanan support.

Oleh karena itu untuk mendapatkan Layanan Cloud Computing yang maksimal maka para pengguna seperti pemilik UMKM dalam menjalani operasional yang dilakukan. Para pemilik UMKM tersebut dapat menggunakan Layanan Cloud Computing yang berasal dari perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama Eranyacloud.

Diartikan bahwa Eranyacloud merupakan pihak penyedia layanan local cloud untuk masyarakat Indonesia sejak 2020. Dimana Eranyacloud merupakan dibawah dari naungan perusahaan dikenal oleh masyarakat dengan nama PT Era Awan Digital. Didalam Eranyacloud menyediakan Layanan Cloud Computing dengan performa tinggi, kredibel, sampai andal ketika digunakan seperti Public and Private Cloud, Cloud Backup Protection, Disaster Recovery, Virtual Security Operation Center (vSOC), Web Application Security (WAF), Email Collaboration, dan Managed Services.

Tidak hanya itu saja didalam menjalankan operasional bisnis yang dilakukan pihak Eranyacloud telah menerapkan TÜV Rheinland dalam sistem manajemen yang telah diterapkan. Secara contoh sistem manajemen tersebut berupa ISO 9001 untuk kualitas produk atau jasa, ISO 13485 untuk kualitas produk medis, ISO 14001 untuk manajemen lingkungan atau IATF 16949 untuk kualitas dalam industri otomotif. Tujuan penerapan TÜV Rheinland yang digunakan untuk memastikan akan setiap seluk beluk dalam menjalankan operasionalnya akan memenuhi ketentuan dari standar sehingga membuat pengguna seperti pemilik UMKM akan aman dan nyaman ketika digunakan Layanan Cloud Computing. Untuk layanan yang diberikan pada Eranyacloud juga cukup beragam salah satunya seperti Compute, Virtual Machine, Kubernetes, Block Storage, Object Storage, Cloud Drive, Web Application Firewall, Backup Protect & Backup Protect DR, Cloud Monitoring and Support, dan Email Colaboration.

Setelah memaparkan secara permukaan akan hal-hal yang berakitan dengan Eranyacloud pastinya para pembaca yang saat ini memiliki status sebagai pemilik UMKM akan ada banyak sekali pertanyaan. Dimana salah satu pertanyaan tersebut seperti:

Mengapa harus gunakan Layanan Cloud hosting di Eranyacloud?

Pertama komunikasi yang selalu ada bahkan sampai 24/7. Dikarenakan Eranyacloud merupakan perusahaan yang menyediakan sebuah jasa. Maka pastinya terkadang para pengguna seperti pemilik UMKM akan terdapat banyak sekali permasalahan khususnya bagi yang pertama kali menggunakannya. Saat ketika terjadi masalah tersebut pengguna akan berusaha untuk menghubungi. Disinilah pihak pengelola memberikan komunikasi dengan sangat mudah. Sehingga ketika sudah dikomunikasi kepada pengelola dari Eranyacloud tersebut masalah teknik yang terjadi oleh pengguna dapat teratasi. Ada banyak sekali cara untuk berkomunikasi dengan pihak Eranyacloud salah satunya seperti yang dipaparkan pada gambar dibawah:

Kedua pihak Eranyacloud selalu melakukan inovasi terhadap layanan. Salah satu buktinya kini pihak Eranyacloud akan mendambah tiga layanan bernama S3 Storage, DbaaS, dan GPU. Adanya inovasi penambahan layanan tersebut membuat para pengguna tidak usah repot-repot lagi dalam membutuhkan layanan. Hal tersebut karena kini layanan yang dibeirkan oleh Eranyacloud sudah banyak. Kondisi banyaknya layanan yang tersedia seperti sebuah pribahasa “sekali mendayung dua atau tiga pulau terlewati”. Maka dapat diartikan dengan datang menggunakan layanan dari Eranyacloud maka seseorang pengguna seperti pemilik UMKM dapat menggunakan berbagai macam layanan banyak dalam satu waktu.

Ketiga dapat mencoba secara gratis. Tentunya dengan adanya layanan para pemilik UMKM dapat mencoba terlebih dahulu akan Layanan Cloud Computing yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Apalagi dengan adanya layanan mencoba secara gratis untuk permulaan maka para pemilik UMKM dapat mencoba sampai menemukan Layanan Cloud Computing yang dimiliki oleh Eranyacloud yang benar-benar cocok. Sehingga dengan sudah mencoba tersebut benar-benar layanan yang diberikan oleh Eranyacloud tersebut mampu membantu bisnis UMKMnya terus berlajan ke arah yang lebih baik.

Keempat menyediakan layanan yang disesuaikan dengan budget para pengguna seperti pemilik UMKM. Didalam layanan yang diberikan oleh Eranyacloud benar-benar dibuat secara spesifik. Tentunya adanya layanan yang dipaparkan secara spesifik tersebut memberikan keamanan bagi para pemilik UMKM ketika digunakan. Hal tersebut karena harga yang akan dikeluarkan oleh para pengguna sesuai dengan kebutuhan sehingga istilah kelebihan bayar atas layanan yang kurang maksimal tidak akan pernah terjadi karena layanan yang diberikan benar-benar spesifik sesuai dengan layanan yang digunakan.

Kelimat layanan yang diberikan 5x lebih cepat dibandingkan atas penggunaan CPU rata-rata. Tidak hanya itu saja dari sisi lainnya berupa penyimpanan SSD secara rata-rata juga lebih cepat 10x. Hal tersebut tentunya akan sangat penting atas lingkungan lasS. Belum lagi pada sistem penyimpanan all-flash Eranyacloud juga menggunakan sebuah driver yang berbasis NVMe 100% dan sangat sempurna untuk mengerjakan berbagai macam beban kerja yang sangat penting seperti yang dilakukan para pemilik UMKM dalam kegiatan operasionalnya.

Pada dasarnya jika harus memaparkan secara lengkap mengapa para pengguna seperti pemilik UMKM harus menggunakan Layanan Cloud Computing salah satunya telah dipaparkan diatas. Apakah para pembaca memiliki pandangan berbeda atas pertanyaan diatas?. Jika ada maka ayo paparkan perbedaan tersebut dalam kolom komentar.

Dalam konteks yang lebih mendalam lagi khususnya pada layanan dari Eranyacloud untuk Cloud Drive telah menjadi pilar yang penting dalam operasional UMKM di Indonesia selama pandemik menyerang. Pertama adanya Eranyacloud tersebut memberikan sebuah silaunya solusi yang efisiensi untuk kendala aksesibilitas teknologi yang selalu menyerang para pemilik UMKM. Apalagi pada kondisi tersebut ekonomi sedang menglami kesulitan yang besar ditambah anggaran yang terbatas untuk membangun sebuah infrastuktur IT yang harganya sudah pasti sangat menguras dompet. maka adanya Eranyacloud tersebut akan memberikan sebuah solusi akan akses yang mudah dan terjangkau kepada Layanan Cloud Drive yang memungkinkan para pemilik UMKM untuk dapat menggunakan teknologi cangguh tersebut tanpa harus merasakan beban biaya yang mencekik keuangan bisnisnya.

Kedua adanya Eranyacloud memberikan keamanan data dari oknum jahat yang menyerang. Pihak Eranyacloud juga menawarkan sebuah tingkat keamanan data yang tinggi termasuk didalamnya enkripsi end-to-end dan tindakan keamanan terbaru. Sehingga para pemilik UMKM dapat merasa nyaman saat menyimpan berbagai macam informasi bisnis yang rahasia ketika disimpan di Eranyacloud terhadap ancaman siber yang menyerang.

 

Ketiga adanya Eranyacloud juga membuat para pemilik UMKM tersebut dapat bekerja dari jarak yang sangat jauh terhadap para pekerjanya yang sedang melakukan kegiatan operasional khususnya selama pandemi berlangsung. Adanya teknologi yang dimiliki oleh Eranyacloud tersebut dapat menjadi jembatan akan kolaborasi tim dengan menggunakan platofrm yang dapat menghubungkan kepada anggota tim UMKM agar dapat saling berbagi sampai mengakases data dengan mudah tanpa harus memusingkan jarak dan waktu yang sellau emnjadi penghambat. Sehingga seseorang dapat saling terkoneksi walaupun sedang bekerja dari dalam rumah. 

Selain itu adanya layanan teknologi berupa Cloud Drive juga dapat memberikan dampak yang sangat baik bagi para pemilik UMKM melalui mengoptimalkan stok lebih baik, mengikuti tren pasar, sampai memperluas basis pelanggan melalui platform e-commerce. Maka dapat dikatakan dengan adanya Eranyacloud tersebut telah berperan sangat signifikan dalam transformasi UMKM di Indonesia khususnya saat pandemik berlangsung puncak-puncaknya. Dalam kondisi yang penuh tantangan tersebut adanya Layanan Cloud Drive tidak hanya menjadi sebuah fasilitas akan akses teknologi tetapi juga memberikan keamanan data yang diperlukan dalam mendukung kolaborasi tim yang efisien. Melalui pendekatan tersebut membuat UMKM dapat terus bertahan bahkan berkembang walaupun dalam kondisi pandemik. Hal tersebut menunjukan bahwa teknologi dan inovasi seperti Eranyacloud adalah kunci menuju masa depan yang lebih cerah untuk sektor UMKM di negara ini.

Sehingga diakhirnya para generasi muda yang menjadi UMKM dalam mengisi kemederkaannya dapat terus bertahan. Apalagi kini dengan bantuan teknologi yang dimiliki oleh Eranyacloud dengan menyediakan berbagai macam hal seperti Layanan Cloud, Backup Data, Jasa Recovery Data, Cloud Computing, Cloud Server Provider, sampai Cloud Indonesia membuat tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia akan tahan terhadap berbagai macam hal seperti pandemik yang menyerang. Harapannya dengan hal tersebut maka generasi muda yang menjadi UMKM akan membuat ekonomi masyarakat menjadi lebih kuat dan stabil membuat bidang lain merasakan dampaknya. Diakhirnya dengan adanya teknologi Penyedia Layanan Cloud Computing bernama Eranyacloud dalam memajukan Indonesia pasca kemerdekaan. Semua tersebut membantu untuk merealisasikan visi besar Indonesia dengan nama Visi Indonesia 2045 yang selalu diganda-gadangkan.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kini dengan adanya Eranyacloud sebagai Penyedia layanan cloud computing di Indonesia akan #SelaluAdaTukIndonesia khususnya bagi para UMKM di Indonesia yang mau bertumbuh ke arah yang lebih baik. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=Y_pb-eu6uQs
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/12/9692-tenaga-kerja-berasal-dari-umkm
  3. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210326144212-4-233127/sad-30-juta-umkm-gulung-tikar-karena-corona
  4. https://www.youtube.com/watch?v=bKhvStGSqB4
  5. https://www.youtube.com/watch?v=VfbGbChvd20
  6. https://www.youtube.com/watch?v=opE2_pEOtcA
  7. https://youtu.be/BLKkkXETlvI
  8. https://www.youtube.com/results?search_query=Eranyacloud
  9. https://eranyacloud.com/id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengubah Nasib UMKM Indonesia Pasca Kemerdekaan Melalui Teknologi Cloud Computing"

Posting Komentar