Meraih Sukses di Tengah Pandemi dengan Perlindungan Asuransi MPM Insurance

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan budaya melimpah dan keindahan alam yang mempesona. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Namun di balik yang telah dipaparkan yang memukau tersebut terdapat sebuah pilar ekonomi yang kuat dan teruji dengan baik. Ya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disingkat UMKM merupakan tulang punggu ekonomi Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari kontribusi UMKM terhadap produksi domestik bruto (PDB) dari tahun ke tahun.

Dimana konstribusi dari UMKM terhadap PDB sudah berada di angka Rp 7.034,1 triliun untuk tahun 2019. Angka tersebut mengalami kenaikan sebanyak 22,9% di tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 5.721,1 triliun. Tidak hanya itu UMKM di Indonesia juga mampu berkontribusi dalam menyerap tenaga kerja akibat operasional yang dilakukan. Melihat secara data tenaga kerja yang diserap berjumlah 119,6 juta atau setara 96,92% dari total tenaga kerja di unit usaha Indonesia. tetapi penyerapan kerja tersebut mengalami peningkatan saat berada di tahun 2018 sebanyak 2,21%.

Membahas mengenai UMKM pastinya akan sangat panjang dan menarik sekali untuk dibahas. Tetapi jika hanya membahas mengenai seluk beluk UMKM tanpa membahas contoh seorang individu sebagai pelaku UMKM rasanya sangat kurang. Disini penulis akan membahas menganai salah satu pelaku UMKM yang memiliki lokasi berjualan di sekitar kampus atau biasa disebut dengan kantin kampus. Melihat secara lokasi UMKM tersebut sudah pasti memiliki peluang yang lebih sukses karena targetnya sudah banyak berupa mahasiswa. Apalagi mahasiswa setiap tahunnya ada yang baru sehingga pembeli akan selalu ada.

Jualan yang ditawarkan oleh UMKM tersebut cukup sederhana berupa makanan pokok berupa ayam geprek. Harga yang ditawarkan juga cukup nyaman bagi dompet mahasiswa yang masih terbatas. Dimana harga jual pada penulis membeli saat itu berada di angka Rp 12.000 rupiah. Dengan harga tersebut maka para pembeli akan mendapatkan satu potong ayam, nasi, sambal, dua potong bonteng, tempe atau tahu, dan minuman. Jika penulis bertanya dalam satu hari kepada pelaku UMKM sebut saja namanya Otom. Berdasarkan pemaparan yang dilakukan oleh Otom jumlah transaksi yang dilakukan dalam satu hari bisa mencapai 100 kali.

Tentunya jika dihitung secara kotor jumlah uang yang didapatkan benar-benar sangatlah banyak. Saking menjanjikannya atas UMKM yang dimiliki Otom jika melihat kedalam beberapa tahun kebelakang saat ia masih menggunakan sepeda motornya. Kini setelah penulis berada di semester akhir melihat perubahan dari Otom sangatlah besar. Hal tersebut bisa terlihat dari transformasi perubahan jenis kendaraan yang digunakan. Diawal-awal kendaraan menggunakan sepedah motor kini berubah menjadi mobil dengan keluaran terbaru. Perubahan tersebut terjadi hanya dalam beberapa tahun saja sudah berubah sangat besar sekali dalam hidup Otom.

Kenyamanan yang dirasakan oleh Otom tersebut tidak dapat selamanya berlangsung karena kini kehidupan dimasa depan tidak bisa ditebak. Sehingga banyak sekali masyarakat yang mengungkapkan akan sebuah hidup penuh dengan misteri. Dimana semua orang yang menjalani kehidupan sehari-hari ini tidak akan pernah mengetahui akan apa yang terjadi didepan. Bisa saja didepan nanti mendapatkan kehidupan yang naik atau turun seperti roda yang berputar. Saat sedang lagi nyaman-nyamanya akan kehidupan UMKM yang dilakukan oleh Otom tiba-tiba saja sebuah peristiwa yang tidak mengenakan datang mengantam.

Diawal-awal tahun 2020 Indonesia kini mendapatkan serang dari sebuah virus yang dikenal dengan nama virus SARS-CoV-2. Nyatanya virus tersebut sudah menyerang berbagai macam negara dibelahan dunia lainnya. Tetapi pada bulan Maret 2020 pemerintah mengumumkan kasus pertama yang terjadi di masyarakat. Atas kejadian tersebut benar-benar merubah secara signifikan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dipercepat melalui berbagai macam kebijakan pemerintah untuk menekan penyebaran virus Corona yang semuanya membuat banyak kegiatan harus dilakukan dari dalam rumah atau online. Sehingga mau tidak mau kegiatan kampus harus dilakukan dari rumah. Kebijakan tersebut membuat banyak sekali para pelaku UMKM seperti Otom harus diliburkan karena tidak ada aktifitas pembelajaran diliburkan. Mau tidak mau pada saat itu Otom tidak memiliki pemasukan dari UMKM yang dimiliki karena tidak bisa beroperasional. Jika pun Otom memaksa tetap dibuka pastinya kecil sekali peluang terjadinya transaksi karena target konsumen berupa mahasiswa tidak ada yang melakukan aktifitasnya di kampus.

Dari hasil data yang dimiliki oleh Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) yang saat itu dipegang oleh Ikhsan Ingratubun memaparkan bahwa selama tahun 2020 ada sekitar 30 juta UMKM mengalami kebangkrutan karena Covid-19. Untuk tahun 2019 jumlah UMKM di Indonesia berada di angka 64,7 juta. Sedangkan ketika berada di tahun 2020 jumlah UMKM yang ada menjadi 34 juta. Tentunya pengurangan yang terjadi benar-benar sangatlah besar karena banyak kegiatan ekonomi menjadi terhambat akibat adanya pengurangan jumlah UMKM tersebut. Mungkin dari data tersebut salah satu UMKM tersebut adalah Otom.

Adanya kisah hidup secara nyata yang terlihat secara jelas melalui mata telanjang penulis tersebut tentunya mengandung hikmah dan pesan moral yang sangat berarti bagi penulis. Dimana saat menjalani kehidupan sehari-hari harus dapat memiliki pentingnya akan perencanaan sebelum sebuah resiko kehidupan benar-benar terjadi di masa depan. Ada banyak sekali perencanaan yang harus disiapkan bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari salah satunya perencanaan keuangan.

Harusnya jika berfikir secara panjang maka perencanaan keuangan harusnya dipelajari sejak dini khususnya saat seseorang berada di status pelajar. Padahal ilmu yang penting dan berguna untuk menjalani kehidupan sehari-hari ini berupa ilmu akan literasi keuangan. Apabila seseorang di masyarakat Indonesia memiliki literasi keuangan yang baik maka seseorang akan mampu meminimalisir akan hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi saat menjalani kehidupan yang tidak bisa disa ditebak.

Contohnya saja jika Otom pemilik UMKM tersebut memiliki ilmu pengetahuan berupa literasi keuangan yang baik setidaknya dampak yang diterima akibat pandemik dapat lebih ditekan lagi. Disini tentunya literasi keuangan tidak harus masyarakat mengetahui sampai secara dalam akan berbagai macam teori yang dikemukakan oleh berbagaia macam para ahli. Maksud literasi keuangan disini cukup mengetahui secara permukaan saja akan setidaknya menolong masyarakat seperti Otom yang memiliki UMKM untuk dapat bertahan dan bangkit setelah pandemik Covid-19 mereda di masyarakat.

Atau pernahkah para pembaca sekalian termasuk penulis berkaca kepada diri sendirI untuk bercaka ketika pandemik virus Covid-19 berlangsung. Apakah para pembaca atau penulis mengalami kondisi yang kurang baik dari sisi keuangan saat pandemik Covid-19?. Jika jawaban atas pertanyaan yang diberikan berkata iya bisa saja hal tersebut karena perencanaan keuangan dari ilmu pengetahuan dari literasi keuangan belum maksimal dimiliki. Maka dari itu mari kita secara bersama-sama belajar mengenai literasi keuangan. Secara sederhana dari ilmu pengetahuan literasi keuangan terdapat minimal ada tiga bagian yang harus diperhatikan saat seseorang menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini pemaparan secara sederhana atas tiga bagian yaitu:

Pertama berupa tabungan. Pastinya para pembaca sudah mengenal akan hal yang pertama ini. Bahkan penulis masih ingat saat masih berada di status pelajar jenjang Sekolah Dasar (SD) sudah diajarkan. Cara untuk menabung pada saat itu cukup sederhana dan mudah dilakukan melalui menyisihkan uang jajan yang akan ditabung biasanya di guru. Disitu guru akan memberikan sebuah buku tabungan yang selalu dilakukan perubahan ketika penulis menabung.

Jika tidak mau melakukan menabung melalui guru disekolah biasanya dilakukan di rumah. Apalagi biasanya saat masih kecil orang tua selalu saja memberikan sebuah benda untuk menabung yang berbahan dasar plastik. Seiring perkembangan zaman maka terjadi pula perubahan dari kegiatan menabung. Melihat berbagai macam berita serta pengalaman orang-orang banyak sekali kasus pengalaman kurang menenangkan dari menabung melalui celengan atau guru. Sehingga rasanya menabung secara mandiri atau guru menjadi pilihan yang kurang mau dilakukan. Kini banyak masyarakat memilih melakukan menabung di bank karena aman serta dijamin oleh pihak pemerintah. Apalagi kini pihak bank juga menyediakan berbagai macam pilihan yang membuat nyaman bagi masyarakat. Menabung di bank tersebut juga dapat digunakan oleh Otom untuk menyimpan uang dari cashflow yang berasal dari UMKM.

Kedua berupa investasi. Masih ingat gak kita semua saat sedang pandemik kondisi puncak-puncaknya?. Pada saat itu entah mengapa banyak sekali berbagai macam jenis investasi yang bermunculan. Saking banyaknya investasi tersebut banyak sekali produk yang baru bermunculan dari mulai robot trading, berbagai macam koin, dan masih banyak lagi. Memang setiap produk investasi pastinya memberikan peluang indah berupa keuntungan. Tetapi disatu sisi bahwa setiap produk investasi memiliki sisi kurang baik.

Maka disinilah penting memilih untuk investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu pentingnya saat memilih investasi jangan semua ditari dalam satu bentuk investasi. Tetapi disini dibutuhkan sebuah pemahaman untuk menaro uang di setiap investasi yang dimengerti. Sehingga ketika ada satu investasi yang dimiliki tidak begituh menghasilkan masih dapat ditopang oleh investasi lainnya. Hal tersebut membuat kerugian dari investasi yang dimiliki tidak terlalu banyak karena ada investasi lainnya yang saling menutupi.

Ketiga berupa asuransi. Memang masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang masih memandang kurang baik akan produk asuransi yang beredar. Salah satu berita yang cukup menghebohkan masyarakat dialami oleh salah satu artis. Dimana sang artis tersebut menerima sebuah hal yang kurang menyenangkan dalam menjalani kehidupan. Ketika mau diberikan perlindungan dari asuransi nyatanya produk tersebut tidak memberikan perlindungan karena klaim mengalami kegagalan. Atas banyaknya kasus tersebut yang dialami oleh artis atau masyarakat membuat pilihan asuransi menjadi sebuah hal yang kurang diminati.

Padahal di dalam menjalani kehidupan sehari-hari pastinya kita semua tidak mengetahui akan kejadian-kejadian yang ada di depan nanti. Dimana bisa saja kejadian tersebut menyenangkan atau kurang menenangkan yang akan dapat terjadi tanpa harus terlebih dahulu membuat aba-aba peringatan. Tentunya bisa dibayangkan jika kejadian tersebut menimbulkan sebuah kerugian akan moril dan material seperti kerusakaan kendaraan, kebakaran sampai kecelakaan. Pastinya jika hal tersebut terjadi pada diri kita akan membuat kerepotan diri sendiri akan menangani hal tersebut.

Untuk mencegah akan hal kurang baik dari peristiwa yang terjadi didepan maka pentingnya sebuah asuransi untuk memproteksi. Agar lebih maksimal maka masyarakat sebelum memilih perusahaan penyedia layanan asuransi harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama laporan keuangan yang transparan. Hal tersebut dapat menjadi sebuah bukti akan dana yang terkumpul benar-benar digunakan sebagai perlindungan bagi para penggunannya. Sehingga peluang terjadinya penyalah gunaan oleh oknum kurang baik dapat terhindarkan. Melihat dari website MPM Insurance laporan keuangan dapat diakses oleh siapa saja. Saking transparannya bahkan dapat melihat dari tahun ke tahun. Hal yang ditunjukan juga sangat beragam dari mulai investasi, asset, premi bruto, laba bersih, sampai hasil underwriting. Untuk lebih jelasnya mengenenai laporan keuangan dari MPM Insurance tidak ada salahnya para pembaca untuk mengakses websitenya.

Kedua penghargaan. Tentunya semakin banyak penghargaan yang dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan asuransi menandakan bahwa kredibilitas perusahaan tersebut sudah terjamin. Pastinya untuk mendapatkan penghargaan tersebut sebuah perusahaan harus paling tidak diatas standar dari pemberi penghargaan tersebut. Jika hal tersebut dapat tercapai maka perusahaan tersebut akan mendapatkan penghargaan. Berbicara perusahaan asuransi yang memiliki segudang penghargaan bernama MPM Insurance. Berikut ini salah satu penghargaan yang dimiliki oleh MPM Insurance yaitu:

Ketiga lokasi kantor cabang yang jelas dan mudah ditemui. Sangat penting memiliki perusahaan asuransi untuk memiliki kantor cabang. Memang sekarang lebih mudah untuk membuat kantor online yang segala macam dilakukan secara online. Tetapi untuk penulis lebih nyaman adanya kantor cabang. Dimana ketika penulis sebagai pengguna layanan asuransi ketika mendapatkan masalah lebih nyaman untuk datang ke kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan untuk menyelesaikan. Sehingga jika hanya menyelesaikan masalah secara online rasanya kurang pas karena tidak mendapatkan penyelesaian secara langsung (tatap muka). Terkadang dengan layanan online harus membutuhkan waktu tunggu yang membuat penulis merasa digantung akan masalah penulis dari produk layanan asuransi. Untuk lokasi dari kantor cabang dari MPM Insurance sangatlah jelas, berikut ini beberapa contoh lokasi tersebut:

Keempat mudah dihubungi. Sebagai perusahaan yang memberikan layanan berupa asuransi sudah pasti akan ada banyak sekali masalah yang terjadi oleh para pengguna. Ketika masalah tersebut terjadi maka para pengguna akan pastinya menggubungi oleh perusahaan asuransi. Terkadang disitulah terjadi masalah tambahan berupa pihak pengelola asuransi menjadi sangat sulit untuk dihubungi. Tetapi kini ketika menggunakan layanan asuransi di MPM Insurance sangatlah mudah. Bahkan kini cara mengubunginya dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Berikut ini adalah sebuah cara yang memamaparkan jenis-jening menghubungi pihak MPM Insurance.

Kelima sumber daya manusia yang terlibat dalam operasional. Masih ingatkah kita semua akan sebuah kalimat “Jika dikelola oleh ahlinya maka akan berfungsi dengan baik”. Dengan begituh maka ketika sebuah layanan asuransi dikelola oleh ahlinya maka layanan tersebut akan berjalan dengan baik. Jika melihat ke dalam pihak sumber daya manusia yang terlibat di MPM Insurance sudah pasti merupakan seseorang yang ahli di bidangnya. Salah satu buktinya dapat terlihat dari sosok Alexander H. Setokusumo sekali pemengang jabatan sebagai President Director.

MPM Insurance merupakan singkatan dari PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika. Dapat diartikan MPM Insurance merupakan sebuah perusahaan asuransi umum yang telah memiliki izin. Dimana izin operasional dari MPM Insurance yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui surat keputusan nomor KEP-554/KM.10/2012 tertanggal 2 Oktober 2012. Atas izin tersebut menandakan bahwa setiap kegiatan operasional yang dilakukan oleh MPM Insurance sesuai dengan aturan yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia melalui kebijakan yang dimiliki oleh OJK. Dalam kegiatan operasional yang dilakukan oleh MPM Insurance memiliki nilai-nilai utama sebagai berikut:

Produk asuransi yang ditawarkan oleh MPM Insurance dapat dikatakan seperti sebuah isitlah yang ada dimasyarakat dengan kalimat “sekali mendayung dua atau tiga pulau terlewati”. Secara arti dengan menggunakan layanan asuransi dari MPM Insurance maka seseorang dapat mendapatkan banyak beragam pilihan sesuai kebutuhan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Untuk produk asuransi yang ditawarkan sangatlah beragam. Dimana jenis asuransi yang dapat digunakan terbagi menjadi dua berupa tipe bisnis dan personal. Perbedaan antara jenis tipe bisnis untuk kegiatan bisnis sedangkan personal untuk lebih spesifik ke seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jenis asuransi bisnis juga terbagi ke dalam beberapa produk seperti Asuransi Kendaraan Bermotor, Asuransi Properti Harta Benda Terbaik, Asuransi Rekayasa, Asuransi Keuangan, Asuransi Pengangkutan, Asuransi Rangka Kapal, Asuransi Tanggung Gugat, dan Penjaminan Surety. Sedangkan untuk jenis personal terbagi ke dalam beberpaa produk seperti Asuransi Kendaraan Bermotor, Asuransi Properti, Asuransi Perjalanan Wisata Terbaik, dan Asuransi Kecelakaan Diri.

Dengan banyaknya pilihan yang telah dipaparkan membuat masyarakat tidak usah pusing lagi dalam memiliki asuransi yang dibutuhkan. Hal tersebut karena kini MPM Insurance sudah menyediakan berbagai macam pilihan. Selain banyaknya produk pilihan asuransi yang dapat dipilih oleh masyarakat dari MPM Insurance juga terdapat kelebihan lainnya. Dimana kelebihan tersebut dapat terlihat dari claim akan asuransi yang dilakukan. Untuk tahapan claim asuransi di MPM Insurance dapat dilakukan melalui tiga tahap sebagai berikut:

Setelah mengisi tahapan claim pastinya para pembaca ingin mengetahui sudah sampai tahap apa akan proses claim asuransi dari MPM Insurance. Untuk mengetahui caranya dapat melalui gambar dibawah ini.

Setelah mengetahui secara permukaan dari dari seluk beluk layanan asuransi dari MPM Insurance maka berikut ini secara gambaran akan manfaat yang dirasakan. Cerita ini akan mengambil tokoh yang bernama Otom yang telah dipaparkan diatas. Dimana kondisinya Otom ini telah mengambil sebuah langkah yang sangat bijak dan tepat berupa memiliki dan memanfaatkan layanan asuransi dari MPM Insurance. Spesifik dari layanan yang digunakan berupa Asuransi Kendaraan Bermotor.

Dalam menjalani kegiatan operasional UMKM yang dimilikinya Otom selalu menggunakan kendaraan motor untuk mencukupi kebutuhan logistiknya. Apalagi dengan memiliki memiliki Asuransi Kendaraan Bermotor dari MPM Insurance membuat Otom merasa lebih tenang karena mengetahui bahwa kendaraannya terlindungi dari risiko kecelakaan, pencurian, dan kerusakan. Adanya kehadiran dari layanan Asuransi Kendaraan Bermotor dari MPM Insurance memberikan manfaat bagi Otom. Pernah saat itu motor yang menemaninya mengalami hal yang kurang menenangkan dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Tetapi karena sudah dilengkapi oleh asuransi maka kegiatan kurang menyenangkan tersebut diberikan perlindungan. Bahkan claim yang dihasilkan dapat membantu mengurangi dampak yang kurang menyenangkan dari motor yang dimilikinya sebagai media logistik UMKMnya.

Dalam dunia menjalankan UMKM sangat penting untuk mengamankan aset yang dimiliki seperti kendaraan bermotor yang dimiliki Otom. Ketika kendaraan motor yang dimiliki Otom hilang maka kegiatan operasional UMKM menjadi terganggu. Maka dari itu untuk tidak terganggu maka dibutuhkan pemanfaatan akan layanan Asuransi Kendaraan Bermotor dari MPM Insurance. Sehingga kini Otom telah mengambil langkah proaktif untuk melindungi kelangsungan operasional kantinnya khususnya pada kendaraan motornya. Dengan dukungan perlindungan asuransi yang handal kini Otom dapat merasa lebih percaya diri dalam mengelola bisnisnya dan menjaga kelancaran aktivitas harian di lingkungan universitas. Sehingga diakhirnya Otom akan meraih kata sukses dalam menjalani kegiatan UMKM menjadi lebih besar lagi di masa yang akan datang selagi bangkit dari dampak pandemik yang beberapa tahun belakang berlangsung.

Memang adanya pandemik yang terjadi dibeberapa tahun kebelakang pastinya memberikan efek yang luar biasa kepada bidang ekonomi khususnya pada UMKM seperti yang dijalani oleh Otom. Tetapi pastinya dibalik hal tersebut terdapat sebuah hikmah positif bagi seseorang seperti Otom. Dimana hikmah tersebut berupa munculnya pemahaman berupa melek akan dunia literasi keuangan khususnya pada asuransi. Asuransi seperti Asuransi Kendaraan Bermotor yang disediakan oleh MPM Insurance sangatlah penting. Apalagi pada saat pandemik berlangsung dimana pendapatan turun tetapi disaat itupula kendaraan bermotor yang digunakan mendapatkan hal kurang menyenangkan. Sehingga seperti pribahasa sudah jatuh tertimpa tangga. Maka untuk bangkit rasanya cukup sulit tetapi dengan adanya asuransi dari MPM Insurance membuat bangkit menjadi lebih mudah dan cepat. Jadi masih tidak percaya akan perlindungan dari layanan asuransi dari MPM Insurance?. Jika jawabanya masih tidak maka para pembaca dapat berkonsultasi secara langsung ke pihak MPM Insurance atau ke websitenya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/13/kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-terus-meningkat
  2. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210326144212-4-233127/sad-30-juta-umkm-gulung-tikar-karena-corona
  3. https://www.youtube.com/watch?v=GyXAmsAuSuc&t=2s
  4. https://www.youtube.com/watch?v=AvdLwPlEHQo
  5. https://pixabay.com/id/illustrations/keluarga-kesehatan-tangan-keamanan-2073604/
  6. https://www.mpm-insurance.com/
  7. https://lifepal.co.id/asuransi/mpm/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Meraih Sukses di Tengah Pandemi dengan Perlindungan Asuransi MPM Insurance"

Posting Komentar