Sukses Mahasiswa dalam Bisnis Hijab

Menjadi mahasiswa merupakan sebuah hak istimewa (privilege) bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena sampai saat ini banyak masyarakat yang cukup sulit menjadi mahasiswa. Berdasarkan data hanya 6,41% masyarakat Indonesia yang telah mengenyam pendidikan tinggi di Juni 2022. Secara rincian dari jumlah tersebut yang berpendidikan D1 dan D2 proporsinya 0,41%, D3 sejumlah 1,28%, S1 sejumlah 4,39%, S2 sejumlah 0,31%, dan hanya 0,02% penduduk yang sudah mengenyam pendidikan jenjang S3. Padahal berdasarkan data yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) memaparkan bahwa penduduk Indonesia berjumlah 275,36 juta jiwa pada Juni 2022.

Padahal setelah seseorang memiliki status sebagai mahasiswa tidak akan mudah seperti membalikan telapak tangan. Dimana kehidupan mahasiswa tidak hanya diidentikan dengan kegiatan kampus yang begituh banyak seperti tugas kuliah, ujian, sampai mimpi-mimpi untuk mendapatkan gelar sarjana. Dengan kondisi tersebut pastinya banyak sekali sekelompok mahasiswa yang berfokus kepada buku teks dan nilai-nilai akademik. Tetapi tidak sedikit pula para mahasiswa tersebut melakukan kegiatan lainnya salah satunya berbisnis. Dimana dengan melakukan berbisnis tersebut dapat menyelesaikan banyak sekali masalah yang terjadi saat mahasiswa. Salah satu masalah yang terselesaikan tersebut seperti tuntutan sebagai agen perubahan di masyarakat khususnya dalam bidang ekonomi.

Bidang ekonomi merupakan bidang yang cukup memilukan bagi mahasiswa karena terdapat banyak sekali tekanan baik dari dalam diri maupun masyarakat. Untuk dari dalam diri sendiri berasal dari biaya pendidikan yang tinggi sedang masyarakat menuntut perubahan karena kegiatan ekonomi terkadang sedang dipukul secara habis-habisan. Maka tidak heran jika kini banyak sekali mahasiswa yang melakukan banyak sekali kegiatan secara bersamaan seperti melakukan kegiatan mengenyam pendidikan dibarengi kegiatan bisnis. Ya dari dahulu hingga sampai saat ini banyak sekali mahasiswa yang telah cukup memiliki nama dalam bidang usaha yang digelutinya. Bahkan di beberapa kasus pada mahasiswa kegiatan usahanya sampai sukses setelah seseorang tersebut tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa dan telah terjun ke masyarakat. 

Melihat hal tersebut kini ada banyak sekali hal-hal yang mendorong para mahasiswa ini melakukan kegiatan berbisnis salah satunya yaitu:

Pertama berupa kemandirian finansial. Dengan mahasiswa yang mulai melakukan bisnis mereka sendiri maka akan memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang secara mandiri sehingga dapat menyelesaikan berbagai macam beban biaya saat menjadi mahasiswa. Sehingga di ujungnya akan dapat mengurangi beban finansial bagi orang tua sebagai penyokong finansial seseorang mahasiswa. Kedua pengalaman praktis. Melakukan kegiatan berbisnis juga akan mendatangkan sebuah pengalaman praktis yang sangat berharga seperti keterampilan manajemen, pemasaran, keuangan, dan lainnya yang sulit diperoleh hanya dari teori akademis pada perguruan tinggi. Ketiga menciptakan lapangan kerja. Kini setelah terjadi pandemik virus corona membuat situasi ekonomi menjadi sulit sehingga melakukan kegiatan berbisnis dapat menciptakan sebuah peluang kerja baru bagi diri sendiri dan masyarakat secara luas. Sehingga diakhirnya akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap masyarakat dalam bidang ekonomi.

Walaupun dorongan yang telah dipaparkan diatas sangatlah mempesona tetapi dibalik itu semua terdapat banyak sekali tantangannya. Saat seseorang mulai mengoperasikan bisnis yang dijalankan akan ada banyak sekali tantangan yang menghadapi. Bahkan jika seseorang mahasiswa tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah tantangan tersebut maka bisnis yang dijalankan berpotensi mengalami gulung tikar. Maka dari itu untuk tidak merasakan gulung tikar maka seseorang mahasiswa harus mengetahui beberapa tantangan tersebut yaitu:

Pertama berupa waktu dan energi. Dalam mengelola bisnis sambil melakukan kegiatan kuliah merupakan kegiatan yang sangat padat. Sehingga seseorang mahasiswa harus dapat mengatur waktunya agar tidak menguras energi sangat besar dalam menjalani dua kegiatan secara bersamaan. Kedua berupa sumber daya terbatas. Ya, harus diakui saat menjadi mahasiswa akan ada banyak sekali keterbatasan salah satunya sumber daya seperti dana hal lain. Ketiga resiko kegagalan yang akan selalu ada dalam menjalani kegiatan bisnis yang dilakukan. Oleh karena itu untuk menekan tantangan tersebut maka seseorang mahasiswa dapat melakukan kegiatan bisnis yang memiliki potensi sukses cukup besar seperti hijab.

Bisa dikatakan di Indonesia bisnis hijab tidak akan pernah surut. Bahkan tidak tahun khususnya saat bulan Ramadhan bisnis hijab akan mengalami peningkatan seiring permintaan baju baru saat lebar. Sehingga masyarakat secara berbondong-bondong akan membeli hijab untuk digunakan. Belum lagi menurut data yang dimiliki oleh World Population Prospects pada 1990 TFR memaparkan bahwa Indonesia masih di level 3,10. Artinya dalam setiap satu orang perempuan rata-rata melahirkan tiga anak sepanjang masa reproduksinya. Belum lagi Indonesia dikenal sebagai penduduk dengan memeluk agama Islam terbesar di dunia. Kondisi tersebut membuat pasar dari bisnis hijab di Indonesia tidak akan pernah ada surutnya.

Agar dapat sukses mengelola bisnis hijab dengan memanfaatkan kondisi masyarakat tersebut maka harus dibarengi oleh barang yang berkualitas. Jangan sampai ketika ada peluang berupa pasar yang tidak akan pernah surut para mahasiswa yang mengelola bisnis tersebut tidak dapat memanfaatkanya. Maka dari itu disini dibutuhkan barang hijab dengan kualitas yang terbaik agar ketika digunakan tidak hanya nyaman tetapi juga tahan lama karena kualitas yang baik. Untuk mendapatkan hijab dengan kualitas terbaik dapat dari seseorang pihak yang dikenal oleh masyarakat dengan nama iPrint. Maka kini timbul sebuah pertanyaan bagi para pembaca yaitu:

Apa itu iPrint???

Dapat dikatakan bahwa iPrint merupakan sebuah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2015. Dimana bidang usaha yang digeluti berupa bidang cetak kain / print kain / print tekstil digital yang secara khusus untuk melayani cetak large format dengan segala jenis kain. Bahkan layanan yang disediakan oleh iPrint menyedia 20 jenis bahan kain yang dapat digunakan. Agar lebih jelas kain yang disediakan oleh pihak iPrint maka para pembaca dapat langsung ke websitenya khususnya pada halaman “Bahan Kain”. Tetapi salah satu jenis kain yang disediakan oleh pihak iPrint seperti Kain canvas CCP dan Kain toyobo royal mix .

Kain canvas CCP atau biasa disebut juga dengan nama canvas cotton calamus greige. Kain tersebut merupakan jenis kain yang telah ditenun menggunakan teknik anyaman plat. Dari sisi bahan kain juga mempunyai karakteristik kain yang cukup tebal, kuat, tidak mudah robek. Dari jenis kain ini jika sudah ada di tangan iPrint dapat menghasilkan berbagai macam produk barang salah satunya seperti tas, sepatu, sampai toge bag. Kondisi tersebut maka tidak usah heran jika saat ini banyak sekali produsen yang berburu mati-matian untuk mendapatkan kain canva CCP juga sangat tinggi. Tetapi saat seseorang menggunakan layanan dari iPrint kain canva CCP akan selalu tersedia karena telah menyetok untuk para pelanggannya. Selain itu ada kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kain canva CCP agar lebih mudah dipahami maka dipaparkan menggunakan sebuah gambar:

Kain toyobo royal mix merupakan salah satu jenis yang disediakan oleh layanan dari iPrint. Dapat dikatakan kain tersebut merupakan salah satu jenis kain yang berasal dari Negara Sakura, Jepang. Tetapi untuk pengaplikasiannya jenis kain ini sering kali dijadikan bahan dasar terhadap pembuat pakaian baik laki-laki maupun perempuan. Jenis kain ini sudah sangat dapat dipastikan memiliki kualitas yang sangat apik. Belum lagi dari sisi warna juga tidak akan mudah luntur atau pudar karena jenis kain tersebut terbuat dari serat alami yang dapat mempertahankan warnanya dengan sangat baik. Ada banyak sekali produk yang dapat dihasilkan kain toyobo royal mix salah satunya seperti gamis, kemeja, sampai seragam. 

Berbicara mengenai layanan yang disediakan oleh pihak iPrint tidak hanya berfokus kepada mencetak kain saja tetapi dapat melakukan hal lain seperti menjahit sampai menghasilkan sebuah produk yang siap di jual. Atas kondisi tersebut dapat dikatakan bahwa iPrint merupakan salah satu pihak yang menjadi pioneer akan perusahaan digital printing di Indonesia. Belum lagi pihak iPrint juga memudahkan para individu kreatif seperti mahasiswa untuk mewujudkan akan kreasinya melalui Print Kain Digital.

Pelanggan yang dapat menggunakan layanan dari iPrint cukup beragam dari mulai individu seperti mahasiswa sampai perusahaan yang baru merintis. Maka dapat dikatakan pelanggan dari iPrint sangatlah banyak dan beragam tanpa melihat latar belakang semuanya akan dilayanan dengan baik ketika menggunakan layanan di iPrint. Untuk menggunakan layanan dari iPrint maka seseorang pengguna minimum mengorder hanya 10 meter. Walaupun demikian maka pihak iPrint akan mendukung orderan yang masuk dengan berbagai macam hal untuk dapat menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh para pengguna layanan iPrint.

Agar menghasilkan produk yang berkualitas serta nyaman digunakan tidak tanggung-tanggung pihak iPrint juga menggunakan tinta dengan kualitas terbaik. Saking terbaiknya tinta yang digunakan sudah memenuhi persyaratan akan sertifikasi OekoTex 100 class 1 sehingga aman untuk kulit manusia termasuk kulit bayi yang baru lahir. Tinta yang digunakan juga termasuk ke dalam sifat tinta yang non toxic sehingga dapat menjamin akan produk yang dihasilkan sangat aman sampai ke tangan konsumen.

Jika menyelam lebih dalam akan layanan yang dimiliki oleh pihak iPrint ada banyak sekali. Agar para pembaca memahami akan layanan yang diberikan oleh iPrint maka berikut pemaparannya yaitu:

Pertama Jasa Cetak Kain. Seseorang pengguna layanan dari iPrint juga membuat berbagai macam produk fashion yang memiliki nilai dan kualitas yang terbaik. Bahkan produk dari jasa cetak kain ini dapat menghasilkan berbagai macam produk lanjutan salah satunya seperti hijab printing, gamis printing, pashmina printing, jersey, tote bag, tas printing, masker printing, kemeja printing, piyama printing, baju seragam kantor, dan masih banyak lagi. Jenis cetak kain yang digunakan hingga 20+ jenis bahan kain yang siap cetak digunakan oleh masyarakat seperti mahasiswa untuk dijual kembali. Belum lagi keunggulan dari Jasa Cetak Kain yang disediakan oleh iPrint agar lebih mudah dipaparkan menggunakan sebuah gambar:

Kedua Jasa print hijab. Untuk layanan kedua ini hijab yang dihasilkan cukup banyak salah satunya seperti hijab segi empat, hijab syar’i, hijab segitiga, hijab instan, pashmina, scarf, bergo, khimar, dan masih banyak lagi. Uniknya dalam proses kegiatan produksi akan proses pembuatan hijab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu teknologi terbaru dalam pembuatan hijab yaitu dengan cara di print melalui proses sublimasi yang bisa kita kenal dengan istilah hijab printing. Belum lagi didalam Jasa print hijab juga menyediakan 7 pilihan bahan dari jenis 6 kain yang sudah dipenuhi oleh iPrint salah satunya sebagai berikut:

Belum lagi pada layanan Jasa print hijab yang dimiliki oleh iPrint memiliki 7 Motif Laser Cut Hijab Printing. Agar lebih jelas maka berikut ini pemaparan secara singkat dari motif yang disediakan tersebut dipaparkan menggunakan sebuah gambar:

Ketiga Jasa Sablon DTF. Pihak iPrint menyediakan layanan jasa sablon kaos satuan dengan menggunakan metode sablon terbaru yaitu Direct Transfer Film (DTF). Metode ini menggunakan tinta khusus DTF yang harus dicetak di atas kertas PET Film dan dibantu oleh lem powder kemudian di press sehingga gambar dapat merekat kuat di atas permukaan kaos. Apalagi saat ini layanan berupa sablon DTF banyak diminati karena hasil cetaknya lebih cerah, hasil gambar lebih elastis, tidak mudah retak maupun rontok meski ditarik dan di cuci berkali-kali. Untuk ukuran layanan dari sablon DTF sebagai berikut: Logo dengan area cetak 10 cm x 10 cm, A5 dengan area cetak 14,8 cm x 21 cm, A4 dengan area cetak 21 cm x 29,7 cm, dan A3 dengan area cetak 29,7 cm x 42 cm.

Sedangkan untuk area Sablon DTF dari iPrint sebagai berikut: bagian depan dengan area dada kanan / kiri / tengah, bagian belakang dengan area punggung atas / tengah / bawah, dan bagian samping dengan area lengan kanan / kiri. Walaupun demikian harga yang ditawarkan cukup bersahabat saat menggunakan layanan iPrint khususnya yang ketika. Agar lebih nyaman tidak ada salahnya para pengguna seperti mahasiswa untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Lebih menarik dari layanan dari Jasa Sablon DTF memiliki kelebihan lainnya salah satunya seperti:

Keempat Jasa Laser Cutting Hijab. Saat proses kegiatan dari pembuatan hijab ada beberapa metode yang dapat digunakan salah satunya bernama laser cutting. Metode tersebut merupakan jenis metode yang banyak diminati karena hasil akhir yang dihasilkan sangat rapih dan kuat sehingga produk yang dihasilkan menarik untuk digunakan. Berikut ini salah satu produk yang dihasilkan pada layanan keempat berupa Jasa Laser Cutting Hijab yaitu:

Pada dasarnya ada banyak sekali ada banyak sekali layanan yang diberikan oleh iPrint salah satunya telah dipaparkan diatas. Apakah para pembaca memiliki pemahaman yang berbeda dari yang telah dipaparkan diatas?. Jika ada hal yang berbeda tidak ada salahnya untuk memaparkan di dalam kolom komentar. Harapannya dengan hal tersebut ada terjadi transfer ilmu pengetahuan antara para pembaca dengan penulis.

Di zaman yang modern serba canggih ini kini harus diakui bahwa testimoni memegang peran yang sangat penting. Saking pentingnya akan berdampak dalam memengaruhi akan banyak sekali aspek kehidupan masyarakat. Dalam urusan bisnis misalnya testimoni tersebut akan dapat memengaruhi akan keputusan para pembeli atas produk atau jasa yang ditawarkan. Tetapi jika melihat testimoni dari seseorang yang telah menggunakan layanan iPrint sangatlah bersifat positif. Sehingga dapat dikatakan banyak sekali orang-orang yang telah menggunakan layanan dari iPrint dapat nyaman serta ingin menggunakan layanan tersebut dikemudian hari. Dimana salah satu contoh testimoni yang memaparkan akan produk iPrint sebagai berikut:

Tidak hanya itu saja dari sisi ide produk juga pihak iPrint juga menyediakan sangat banyak. Saking banyaknya ide produk dapat diibaratkan seperti sebuah pribahasa “sekali mendayung dua pulau terlewati”. Dimana dengan hanya menggunakan layanan dari iPrint maka seseorang pengguna seperti mahasiswa yang mau berjualan dengan berbagai ide produk. Salah satu produk ide yang ditawarkan seperti khimar, jaket sepedah, tunik, selimut bayi, sampai kaos.

Supaya lebih lengkap lagi pembahasannya maka tidak lupa penulis memaparkan akan langkah-langkah pemesanan dari layanan yang ada di iPrint. Maka berikut ini adalah langkah dari pemesanana dari layanan iPrint agar lebih mudah dipaparkan melalui sebuah gambar:

Kini pastinya para pembaca sekalian memiliki satu pertanyaan yang sangat pamungkas yaitu:

Bagaimana caranya pihak iPrint dapat menolong mahasiswa dalam melakukan bisnis hijab agar dapat sukses?

Saat ini harus diakui bahwa industri hijab merupakan salah satu sektor bisnis yang terus berkembang pesat terutama di kalangan mahasiswa yang ingin menjalankan bisnisnya sendiri. Kepopuleran hijab sebagai simbol identitas dan gaya hidup telah menciptakan peluang bisnis yang signifikan. Maka dalam perjalanan akan sukses dalam mengelola bisnis hijab para mahasiswa sering kali dihadapkan oleh beberapa tantangan seperti pencetakan dan pengelolaan stok. Untuk itu dengan adanya pihak iPrint tersebut dapat menolong mahasiswa yang mau berbisnis hijab sebagai pihak penyedia hijab printer dengan kualitas yang terbaik.

Adanya iPrint tersebut memiliki peran yang sangat utama dalam menyediakan teknologi cetak yang canggih. Belum lagi didalamnya terdapat berbagai macam peralatan cetak yang sudah menerapkan teknologi cetak yang canggih. Sehingga diakhirnya produk hijab yang dihasilkan akan berkualitas tinggi yang menarik untuk digunakan serta dapat terserap dengan baik bagi para pembelinya. Belum lagi disisi lainnya mengapa bisnis hijab menarik dijalankan mahasiswa karena tingginya permintaan untuk produk hijab yang dipersonalisasi dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Maka dengan hal tersebut kini pihak iPrint memberikan sebuah solusi kepada mahasiswa yang mau menjalankan bisnis untuk dapat menyesuaikan akan produk desain hijab yang dapat disesuaikan dengan preferensi para pelanggan. Belum lagi dalam proses produksinya juga menggunakan teknologi cetak yang tepat dan canggih sehingga dapat menciptakan produk hijab dengan warna-warna dan motif yang unik untuk digunakan.

Harus diakui pula bahwa mahasiswa terkadang sering kali memiliki anggaran yang begituh terbatas apalagi dalam urusan berbisnis. Untuk menyelesaikan masalah tersebut kini pihak iPrint dapat membantu akan masalah dana tersebut dengan menyediakan layanan cetak hijab yang efisien. Sehingga saat mahasiswa menggunakan layanan dari iPrint hanya akan membayar apa yang digunakan dalam layanan yang dipakai sehingga akan dapat menghindari biaya-biaya yang overhead yang terkadang membebani mahasiswa dalam sisi biaya. Belum lagi dengan menggunakan layanan di iPrint maka mahasiswa dapat juga menghemat waktu. Sehingga para mahasiswa dapat mengelola bisnisnya secara penuh pada aspek lainnya seperti pemasaran dan distribusi.

Maka dengan adanya keterlibatan dari iPrint dalam industri bisnis hijab yang dikelola oleh mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan manajemen yang berharga. Ini bukan hanya sekedar tentang mencetak hijab semata tetapi juga dapat membantu mahasiswa dalam merancang dan mengelola bisnisn hijab menjadi lebih baik. Tentunya adanya pemberian pendidikan praktis dalam memberikan fondasi yang kuat untuk kesuksesan dalam bisnis hijab yang mahasiswa kelola.

Peran iPrint sebagai penyedia hijab printer dapat menjadi salah satu kunci terbesar bagi mahasiswa untuk meraih kesuksesan dalam bisnis hijab yang dijalankan. Belum lagi adanya penggunaan teknologi yang canggih, kemampuan customisasi, penghematan biaya, dan dukungan yang diberikan oleh iPrint membantu mahasiswa mengatasi berbagai kendala yang mereka hadapi dalam menjalankan bisnis hijab. Selain itu didalam layanan dari iPrint juga cukup beragam dari mulai jasa print kain sampai jasa print hijab. Diakhirnya para mahasiswa ketika sudah menggunakan layanan dari iPrint dapat membuat para mahasiswa dapat membuat brand hijab sendiri. Dengan hal tersebut maka mahasiswa yang memiliki bisnis hijab akan dapat berkembang dan mengukir nama mereka sendiri dalam industri yang kompetitif sambil mempersiapkan diri untuk masa depan yang cerah sebagai wirausahawan yang sukses.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya mahasiswa yang mau mengembangkan bisnis hijabnya menuju kesuksesannya. Terima kasih.

iprint blog writing competition 

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/hanya-6-warga-indonesia-yang-berpendidikan-tinggi-pada-juni-2022
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/30/angka-kelahiran-indonesia-turun-30-dalam-tiga-dekade
  3. https://www.youtube.com/watch?v=Xo19thxUTiM
  4. https://www.youtube.com/watch?v=5dia-WI4YPM
  5. https://www.iprint.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sukses Mahasiswa dalam Bisnis Hijab"

Posting Komentar