Indonesia
dikenal sebagai negara yang memiliki banyak sekali predikat yang melekat. Salah
satu predikat tersebut berupa negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.
Kondisi tersebut dapat dikatakan sebagai aset yang berharga sebagai sumber daya
manusia yang menjadi penggerak utama bagi kemajuan bangsa ke arah yang lebih
baik lagi. Menurut data atas setiap tahunnya Indonesia mengalami pertumbuhan
jumlah penduduk. Data tersebut dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kini
berdasarkan data tersebut jumlah penduduk Indonesia telah menyampai angka 278,69
juta jiwa untuk pertengahan tahun 2023. Adanya angka tersebut mengalami
kenaikan 1,05% dari pada tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Padahal di pertengahan
waktu 2022 jumlah penduduk Indonesia masih di angka 275,77 juta jiwa.
Adanya
jumlah populasi tersebut membentuk sebuah potensi yang besar dalam berbagai hal
seperti kreativitas, pengetahuan, sampai tenaga kerja. Belum lagi adanya
keberagaman akan budaya atau hal lainnya yang dimiliki masyarakat Indonesia menciptakan
sebuah lingkungan yang kaya akan berbagai macam perspektif untuk menghasilkan
ide-ide yang inovatif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di
masyarakat. Maka untuk memaksimalkan akan kondisi jumlah penduduk terbanyak
tersebut dibutuhkan sebuah sinergi antara berbagai pihak seperti pemerintah,
swasta, dan masyarakat. Sehingga diakhirnya potensi yang unik tersebut dapat
menjadi kekuatan untuk menggerakan kehidupan masyarakat Indonesia agar menuju
masa depan yang lebih baik.
Salah
satu bukti yang dapat terlihat secara nyata atas sinergi yang dilakukan
berbentuk transaksi online. Peran pemerintah berupa menyediakan sebuah
kebijakan yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan transaksi
online menjadi nyaman dan aman. Peran dari swasta dapat menjadi penyedia
layanan dari kegiatan transaksi online. Sedangkan peran masyarakat sebagai
konsumen dari kegiatan transaksi online yang dilakukan. Hasilnya setiap pihak
akan mendapatkan timbal balik untuk pemerintah mendapatkan pajak, swasta
mendaptkan keuntungan berupa margin dari transaksi yang dilakukan, dan
masyarakat memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.
Bahkan
adanya kegiatan transaksi online dari berbagai kebutuhan barang dapat menjadi
sumber ekonomi baru. Masih ingatkah pada beberapa tahun ke belakang khususnya
saat sedang tinggi-tingginya pandemik virus Corona yang terjadi di Indonesia.
Dimana pada saat itu kehidupan masyarakat mengalami perubahan yang sangat
signifikan dan mendadak. Perubahan tersebut membuat banyak masyarakat yang
mengalami kegoncangan yang cukup hebat. Belum lagi di satu sisi lainnya seperti
pemerintah melakukan berbagai macam kebijakan. Semua kebijakan yang dikeluarkan
tersebut memiliki tujuan untuk menekan kegiatan masyarakat di luar ruangan.
Hasilnya membuat interaksi antar individu menjadi lebih kecil yang mana membuat
potensi tertular menjadi lebih kecil lagi.
Menurut
data yang dimiliki per Sabtu tanggal 17 Desember 2022 memaparkan kasus aktif di
Indonesia mengalami penurunan. Hal tersebut berdasarkan laporan yang dimiliki
Satgas Penanganan Covid-19 jumlah kasus aktif Covid-19 berada di angka 30.884
kasus. Jika ditotal pada hari itu kasus yang dilaporkan telah mencapai angka
6,17 juta. Jika diklasifikasikan jumlah tersebut sebanyak 6,52 juta sudah
dinyatakan sembuh dan 160,38 ribu dinyatakan meninggal dunia.
Angka
tersebut tentunya akan semakin tinggi jika dari pemerintah tidak melakukan
sebuah penanganan. Maka adanya berbagai kebijakan yang dikeluarga oleh
pemerintah untuk menekan penyebaran infeksi virus Covid-19. Tetapi kebijakan
yang diterapkan seperti pisau bermata dua yang disatu sisi memberikan dampak
baik dan sisi lainnya memberikan dampak kurang baik. Dampak baik dapat terlihat
mulai terjadi penekan untuk penyebaran virus Corona. Tetapi disatu sisi lainnya
seperti bidang ekonomi mengalami pukulan yang sangat luar biasa.
Dampak
bidang ekonomi dapat terlihat dari data yang dimiliki oleh Ketua Asosiasi UMKM
(Akumindo) yang dipegang oleh Ikhsan Ingratubun. Dari data yang dimiliki
memaparkan selama tahun 2020 terdapat sekitar 30 juta UMKM yang mengalami
bangkrut karena Covid-19. Sedangkan dari data 2019 jumlah UMKM yang ada di
Indonesia mencapai 64,7 juta. Adanya pengurangan jumlah UMKM di Indonesia
pastinya membuat goncangan hebat pada sisi ekonomi.
Apalagi
berdasarkan berbagai macam literatur memaparkan bahwa tulang punggu ekonomi
Indonesia ditopang oleh UMKM. Ketika UMKM mengalami penurunan sudah pasti akan
membuat ekonomi Indonesia mengalami guncangan hebat. Padahal di saat itu
seharusnya ekonomis harus kuat-kuatnya karena kebutuhan untuk bertahan hidup
menjadi lebih banyak. Tetapi pada kenyataan dengan banyak UMKM yang tumbang
tidak bergerak sampai gulung tikar membuat ekonomi menjadi terganggu.
Maka
disini pihak pemerintah mencari sebuah cara agar bagian ekonomi tetap bertahan
di tengah pandemik yang berlangsung. Salah satu solusi yang dapat dilakukan
berupa kegiatan transaksi secara online. Kegiatan tersebut benar-benar seperti
solusi terbaik karena kegiatan ekonomi tetap berjalan serta interaksi dengan
orang lain sedikit. Maka tidak heran jika pada saat pandemik transaksi online
menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan
sehari-harinya.
Berdasarkan
data yang dimiliki oleh NielsenIQ mencatat bahwa jumlah konsumen dari kegiatan
belanja online di Indonesia mencapai angka 32 juta tahun 2021. Jumlah tersebut
mengalami peningkatan 88 % dibandingkan 2020 yang hanya 17 juta. Dari pemaparan
Direktur Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri mengatakan bahwa jumlah tersebut
karena adanya faktor penggunaan internet di Indonesia yang naik 32 persen dari
34 juta menjadi 45 juta orang sepanjang tahun ini. Selain itu adanya kebijakan pembatasan
aktifitas masyarakat membuat masyarakat memilih untuk berbelanja online.
Tran
berbalanja secara online harus diakui bahwa saat ini sedang melambung tinggi
pada seluruh kalangan di masyarakat Indonesia. Hal tersebut mencerminkan akan
adanya sebuah perubahan gaya hidup ke arah yang digital. Salah satu alasan
terkuat di balik adanya kenyamanan yang ditawarkan oleh platform e-commerce.
Sehingga kini masyarakat dapat melakukan pembelian akan berbagai macam produk
dari mulai pakaian sampai elektronik dengan mudah melalui genggaman. Kondisi
tersebut membuat masyarakat kini tidak usah lagi menghadapi akan kerumuman atau
waktu antri yang panjang saat berbelanja di toko fisik. Belum lagi kini
berbagai macam pilihan telah tersedia di platform online yang memungkinkan
masyarakat sebagai konsumen untuk mengeksplorasi dan membandingkan akan
berbagai macam produk dari berbagai merek dan penjual yang ada.
Faktor
ekonomi juga memiliki kontribusi yang besar untuk menarik minat masyarakat
untuk bertransaksi online. Penawaran diskon, promo spesial, sampai vouvher
potongan harga sering kali ditawarkan oleh berbagai macam platform e-commerce
untuk memberikan sedikit insentif bagi konsumennya. Maka dalam kondisi
perekonomian yang sedang terjadi fluktuaif pilihan menggunakan berbelanja
online menjadi sebuah solusi untuk mendapatkan sebuah produk dengan harga yang
terjangkau. Diakhirnya masyarakat dapat mengemat biaya pembelian sebuah produk
kebutuhan tetapi tetap mendapatkan kualitas yang sama sesuai diinginkan.
Berbelanja
secara online dari rumah juga memberikan banyak manfaat khususnya dalam hal
perencanaan pembelian menjadi lebih baik. Dengan akses yang mudah ke berbagai
macam produk dan layanan secara online pihak pembeli memiliki waktu yang sangat
lama agar dapat melakukan analisa, membandingkan, membaca ulasan, sampai
meneliti harga sebelum membuat keputusan pembelian barang. Sehingga pihak
pembeli akan dapat membuat daftar belanja yang lebih terencana dan cermat yang
dibuat berdasarkan prioritas kebutuhan agar menghindari pembelanjaan yang
diluar dari kebutuhan. Belum lagi di beberapa platform e-commerce juga ada
sebuah fitur rekomendasi produk terkait membuat pihak pembeli memiliki
kesempatan untuk melakukan eksplorasi opsi yang lebih baik sehingga membuat
pengalaman berbelanja menjadi lebih terarah.
Tetapi
dalam melakukan berlanja secara online cek resi menjadi suatu hal yang sangat
penting karena dapat melacak pengiriman barang sehingga memberikan visibilitas
dalam proses pengiriman. Mengetahui di mana barang yang dibeli secara online
dapat membuat pembeli akan mengantisipasi perkiraan waktu tiba di tangan.
Selain itu dengan adanya cek resi juga pihak pembeli dapat mengetahui akan
potensi kendala seperti keterlambatan atau masalah logistik yang terjadi pada
barang yang dibeli. Dari sekian banyak pihak penyedia layanan cek resi dikenal
oleh masyarakat Indonesia dengan nama Cekresi.com.
Dapat
dikatakan bahwa Cekresi.com
merupakan situs tracking resi no #1 yang ada di Indonesia. dimana layanan yang
diberikan untuk dapat memudahkan pengiriman dan penerima paket melalui status
resi atau keberadaan paket yang sudah dikirim. Bahkan kini pengguna dari
layanan Cekresi.com sudah mencapai
ratusan ribu dari berbagai macam jenis kurir yang digunakan yang dilacak
menggunakan website, widget, sampai aplikasi mobile. Sehingga dapat dikatakan
bahwa jenis ekspedisi apapun yang digunakan oleh masyarakat untuk mengirim
barang seseorang pembeli masih dapat bisa metracking resi jasa pengiriman
barang yang dilakukan. Belum lagi kini pihak pengelola layanan dari Cekresi.com juga telah dapat melacak
akan paket yang berasal dari berbagai macam penyedia layanan pengiriman barang
seperti JNE Express, tracking J&T Express, lacak SiCepat Express, cek paket
Anteraja, cek resi GTL, resi Ninja Xpress, paket Shopee Express (SPX), paket
yang dikirim lewat Pos Indonesia, Lion Parcel, ID Express, Wahana, Tiki,
J&T Cargo, serta Indah Logistik Cargo, dan masih banyak lagi.
Tidak
hanya itu para pengguna layanan dari Cekresi.com
juga dapat melakukan melacak resi yang berasal dari resi PCP Indonesia, Yatama
Air Cargo, Pandu Logistics, Pahala, Citoxpress, REX Indonesia, Rosalia Express,
First Logistics, RPX Holding, NCS, Dakota cargo, MGS Express, Kerry Express,
SAP Express, Indopaket, XSYS Cargo, Sentral Cargo, GTL – GOTO Logistics, serta
KGP – Kerta Gaya Pusaka. Belum lagi kini menggunakan layanan Cekresi.com juga dapat melakukan cek
dibeberapa pengiriman barang seperti Alfatrex, J-Express (JX), JDL Express,
City-Link Express, Rapid Express, IJX Logistics, Janio Asia, Paxel, Etobee,
IKEA, Swift Logistics, 21 Express, JET Express, Quantium Solutions, Star Cargo,
Acommerce, NSS Express, RCL, 21Express, KGXpress, Iruna eLogistics, ASP
Express, ESL Express, BST – Baraka Express, dan Kurir Rekomendasi. Bahkan pihak
Cekresi.com juga dapat cek paket
dari luar negeri yang menggunakan EMS, Standard Express, LWE Express, atau
kiriman lainnya via bea cukai.
Tentunya
disisi terdapat beberapa pilihan fitur yang dapat digunakan oleh pengguna saat
masuk ke dalam Cekresi.com. Berikut
beberapa fitur yang adapat digunakan di Cekresi.com
yaitu:
Fitur
Cek Resi. Didalam fitur tersebut seseorang pengguna dapat melacak akan
pengiriman barang yang dilakukan sehingga dapat mudah dilakukan pencarian jejak
sudah sampai tahap mana barang yang dikirim. Didalam fitur ini juga terdapat
beberapa fitur tambahan seperti riwayat lacakan, notifikasi real-time, sampai
cek lewat whatsapp. Untuk riwayat lacakan pihak Cekresi.com dapat melakukan penyimpanan riwayat dari pelacakan
nomor resi sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan melihat atas status
pengiriman barang yang dilakukan dari waktu ke waktu. Untuk notifikasi
real-time seseorang pengguna dapat juga mengaktifkan sebuah notifikasi
real-time untuk dikirimkan akan informasi terbaru dari pengiriman paket secara
langsung ke perangkat pengguna seperti hp. Sedangkan cek lewat whatapp
memungkinkan seseorang pengguna melakukan pelacakan terhadap nomor resi
pengiriman melalui aplikasi whatapp sehingga memudahkan dalam melakukan
pencarian jejak atas barang yang dibeli.
Fitur
cek ongkir. Didalam Cekresi.com seseorang pengguna dari layanan pengiriman barang juga dapat mengetahui akan
ongkir yang dikeluarkan. Bahkan kini dalam Cekresi.com
seseorang pengguna dapat membandingkan biaya pengiriman berdasararkan jasa
pengiriman barang yang digunakan. Sehingga pihak pengguna dapat merasakan
ongkos yang paling minimum tetapi menghasilkan pengiriman barang yang baik.
Fitur
tanya paket. Didalam Cekresi.com
juga menyediakan sebuah fitur untuk melakukan tanya paket. Hal tersebut membuat
pihak pembeli paket secara online untuk melacak akan paket sudah sampai tahap
mana dengan pihak jasa pengiriman. Bahkan jika terdapat pertanyaan atau atau
kendala terkait dengan pengiriman paket yang dilakukan. Adanya fitur tersebut
membuat pihak pembeli paket akan dengan mudah untuk mendapatkan informasi lebih
lanjut tentang paket barang yang dibeli dengan cepat dan tepat.
Fitur
loker. Hal yang pembeda didalam Cekresi.com
berupa itu loker. Disini pihak masyarakat dapat menemukan berbagai macam jenis
loker yang berkaitan dengan paket, ekspedisi, dan logistik di Indonesia. Disini
pihak Cekresi.com terus melakukan
komitmen untuk dapat memberikan sebuah informasi yang sebaik-baiknya kepada
para calon pencari kerja agar mendapatkan akses informasi lowongan kerja yang
valid sehingga menemukan posisi pekerjaan yang sesuai di perusahaan. Salah satu
contoh loker yang ada di Cekresi.com
seperti yang dipaparkan dibawah gambar:
Pada
dasarnya jika berselancar lebih dalam lagi pastinya akan ditemukan fitur
lainnya tetapi salah satunya telah dipaparkan diatas. Jika para pembaca ingin
mengetahuinya tidak ada salahnya untuk datang dan berselancar secara langsung
ke Cekresi.com. Setelah menyelam
cukup dalam atas layanan di Cekresi.com
ada banyak sekali hal-hal menarik lainnya yang dapat ditemukan didalam Cekresi.com salah satunya seperti:
Fitur
yang diberikan seperti pribahasa “sekali mendayung dua atau tiga pulau
terlewati”. Artinya dengan hanya membuka satu layanan yang ada di Cekresi.com maka seseorang pengguna
mendapatkan banyak sekali layanan. Sehingga para pengguna seperti penulis tidak
usah pusing mencari pihak lain lagi untuk mendapatkan layanan tersebut. Bahkan
layanan yang ada di dalam Cekresi.com
sangatlah kumpit ketika digunakan untuk berbagai macam keperluan.
Tidak
hanya untuk satu pihak layanan. Pastinya di masyarakat ada banyak sekali pihak
penyedia ekspedisi. Sehingga masyarakat seperti penulis saat mau melakukan
penggunaan layanan yang ada di Cekresi.com
tidak akan pernah terhalang oleh adanya pihak penyedia ekspedisi karena semua
bisa diaktakana ada didalam Cekresi.com.
Dapat
mengakses tanpa terpengaru oleh jarak dan waktu. Disini seseorang pengguna
dapat menakses layanan yang ada di Cekresi.com
tanpa harus terpengaruh oleh jarak dan waktu yang selalu menjadi penghambat.
Kini untuk merasakan layanan yang ada di Cekresi.com
seseorang seperti semua ada pada genggaman. Sehingga kini seseorang tidak usah
lagi harus datang secara langsung untuk menanyakan paket yang dikirim sudah
sampai mana. Kini cukup membuka Cekresi.com
secara online diperangkat seperti hp kini dimana pun dan kapanpun seseorang
dapat mengakes akan informasi dari paket yang dilakukan.
Selain
beberapa hal yang telah dipaparkan berikut ini hal menarik yang ada di Cekresi.com agar lebih mudah dipahami
maka dipaparkan melalui sebuah gambar.
Untuk
menggunakan layanan pengaduan akan pengecekan nomor resi pengiriman di Cekresi.com menyedia sebuah fitur cek
resi otomatis (auto detect) dengan berbagai macam ekspedisi pengiriman
sekaligus. Sebelum memaparkan akan langkahnya maka disini pastikan terlebih
dahulu nomor resi harus sudah benar-benar benar. Dikarenakan jika ada salah
saja kesalahan input dari no resi yang menyebabkan terjadinya kegagalan dari
pengecekan status paket. Sedangkan cara untuk langkah-langkah yang dilakukan
seperti pertama salin dan tempel nomor resi, pilih nama jasa pengiriman, dan
hasil lacak paket otomatis ditampilkan. Agar lebih mudah maka pemaparan atas
langkah-langkah yang dilakukan untuk menggunakan layanan Cekresi.com akan sebuah layanan fitur cek resi otomatis maka
dipaparkan secara gambar:
Kini
sebelum berakhirnya tulisan ini penulis akan memaparkan akan pengalaman penulis
saat menggunakan berbelanja online dihubungkan dengan layanan Cekresi.com agar menjadi lebih tenang
dan nyaman. Maka dari itu ayo tuntaskan membaca tulisan ini sampai selesai.
Harus
diakui bahwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari penulis merupakan seseorang
yang selalu saja memilih untuk berbelanja secara online. Dari mulai barang
kecil sampai besar penulis terkadang memilih untuk berbelanja secara online.
Selain waktu, tenaga, sampai biaya yang lebih rendah juga penulis tetap dapat
berbelanja memenuhi kebutuhan disamping melakukan kegiatan yang lebih
produktif. Sehingga dapat dikatakan dalam satu waktu masih dapat melakukan
kegiatan lainnya.
Pada
saat itu karena seseorang di minggu depan ada teman yang merayakan ulang tahun
maka harus membawa sebuah produk yang unik dan langka. Dikarenakan produk
tersebut maka sangat sulit untuk didapatkan di lingkungan sekitar. Setelah
dicari berbagai macam tempat akhirnya didapatkan di toko online dengan harga
yang pada saat itu cukup terjangkau. Barang didapat maka tahap selanjutnya
adalah memilih layanan pengiriman yang begituh banyak. Betapa kagetnya ternyata
dalam pihak penyedia pengiriman barang tersebut menawarkan harga yang cukup
bersaing ada yang tinggi dan rendah. Tetapi dari sekian banyak layanan
pengiriman akhirnya layanan pengiriman JNE Express yang menjadi pilihan.
Dikarenakan
produk barang yang dibeli untuk kado ulang tahun sudah pasti sangat dibutuhkan.
Waktu berlalu setelah beberapa hari nyatanya paket yang dipesan belum juga
sampai. Hal tersebut membuat penulis sedikit agak tegang karena dua hari lagi
paket harus sudah ada karena harus dibungkus kado agar lebih menarik. Tetapi
sampai saat itu belum mendapatkan paket yang dibeli. Maka dari itu untuk
mencari informasi tentang paket yang dibeli akhirnya penulis menggunakan
layanan Cekresi.com. Untuk
menggunakan layanan dari Cekresi.com
maka penulis memasukkan nomor resi dari pengiriman JNE Express agar mendapatkan
informasi paket yang dibeli.
Setelah
mendapatkan informasi nyatanya paket penulis masih berada di gudang terdekat
dan siap untuk dikirimkan ke alamat penulis. Dikarenakan penulis pekerja yang
tidak ada dirumah maka untuk memantau pekembangan pengiriman informasi yang
dikirimkan secara berkala melalui aplikasi WhatApp. Dapat setiap waktu penulis
dapat melihat akan perubahan dari status paket yang dibeli dengan mudah dan
nyaman sambil melakukan kegiatan pekerjaan yang menumpuk. Jika dilihat dari
notifikasi yang diberikan oleh Cekresi.com
kemungkinan paket yang dikirimkan akan sampai saat sore menjelang malam. Waktu
tersebut merupakan waktu yang pas ketika penulis sudah berada di rumah dari
kerja seharian di luar rumah.
Nyatanya
benar saja paket yang diterima saat setelah magrib tiba. Tentunya waktu
tersebut masih cukup banyak untuk penulis membungkus paket yang dibeli tersebut
agar menarik ketika diberikan pada hari ulang tahun sahabat penulis. Diakhirnya
sudah pasti penulis ketika melakukan berbelanja secara online menjadi lebih
tenang. Hal tersebut karena penulis tidak usah pusing atau cemas akan produk
yang dibeli secara online dapat dipantau akan paketnya sudah sampai mana di Cekresi.com. Sehingga diakhirnya dengan
adanya Cekresi.com akan memberikan
pengalaman yang nyaman dan transparan akan setiap jejak paketnya sudah sampai
diterima di tangan penulis. Itulah pengalaman singkat yang mau penulis paparkan
akan pengalaman dari berbalanja secara online yang dimudahkan oleh layanan Cekresi.com saat memantau paket yang
dibeli sampai ketangan penulis dengan baik.
Maka
kini melakukan kegiatan berbelanja online akan lebih nyaman karena sudah
didukung oleh layanan pelacak bernama Cekresi.com
yang membawa kesan tidak terlupakan. Apalagi dengan kemudakan dalam melacak
status pengiriman dari awal hingga tiba di tujuan membuat proses dari kegiatan
berbelanja menjadi lebih transparan dan memberikan rasa ketenangan bagi pembeli
seperti penulis. Keunikan ini menciptakan koneksi yang erat antara pelanggan
dan produk yang di beli karena dapat mengikuti setiap perjalanan paket dengan
detail yang akurat. Semakin berkembangnya teknologi maka pengalaman semacam ini
mengilhami kepercayaan dalam berbelanja online dan memberikan keyakinan bahwa
barang akan tiba dengan aman dan tepat waktu.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/13/penduduk-indonesia-tembus-278-juta-jiwa-hingga-pertengahan-2023
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/17/kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-tercatat-30-884-kasus
- https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen-belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/28/google-prediksi-e-commerce-indonesia-terus-menguat-sampai-2025
- https://www.youtube.com/watch?v=opE2_pEOtcA
- https://www.youtube.com/watch?v=pdjNvhECR-w
- https://pixabay.com/id/illustrations/perdagangan-elektronik-belanja-online-3082813/
- https://apkfab.com/it/cekresi-com-cek-resi-dan-tarif-all-in-one/com.resta.cek_resta
- https://www.google.com/search?q=cekresi.com+logo&tbm=isch&ved=2ahUKEwjfgLuy9YqBAxVsm2MGHc2ZDJAQ2-cCegQIABAA&oq=cekresi.com+logo&gs_lcp=CgNpbWcQAzIECCMQJ1C5AljbEmDTFGgAcAB4AIABlAGIAZUEkgEDMi4zmAEAoAEBqgELZ3dzLXdpei1pbWfAAQE&sclient=img&ei=6KLyZN_sOOy2juMPzbOygAk&bih=691&biw=1288
Belum ada tanggapan untuk "Transformasi Berbelanja Online Menyelami Potensi Penduduk Terbanyak di Indonesia dengan Layanan Cekresi.com"
Posting Komentar