Menggapai Mimpi Besar sebagai Mahasiswa dengan Lister dalam Menguasai Bahasa Inggris

Masih diingat dahulu ketika penulis masih berada di status SMA (Sekolah Menengah Atas). Dimana pada saat itu penulis sering bertanya-tanya tentang berbagai macam hal salah satu pertanyaannya seperti

“Kapan sih status sebagai siswa di SMA ini selesai karena kehidupan ini sangat membosankan?”

Harus diakui pada saat itu kegiatan yang dilakukan cukup monoton dengan berputar hanya di bangun bagi, belajar mengajar di sekolah, tugas, les, guru kiler, sampai hal lainnya. Semua hal tersebut didominasi oleh kegiatan di sekolah pada kegiatan belajar mengajar. Sehingga kondisi tersebut membuat penulis entah mengapa ingin sekali cepat-cepat selesai dan keluar dari masa-masa tersebut. Serta memulai sebuah lembaran kehidupan baru yang lebih menantang dari pada saat masih berada di status SMA.  

Tidak terasa pada akhirnya masa-masa tersebut sudah berakhir dan diganti dengan status baru dari siswa SMA kini menjadi sosok label “MAHASISWA”. Kini sudah pasti perbedaan dapat dirasakan salah satunya seperti pada saat SMA ketika melangsungkan kegiatan proses belajar mengajar bisa dikatakan disuapin pada saat itu. Dimana maksud arti dari disuapin tersebut apa yang diajarkan pasti akan ditanyakan saat ujian tiba. Tetapi saat memasuki label mahasiswa sangatlah berbeda seratus delapan puluh derajat dimana terkadang ilmu yang diberikan apa tetapi di soal ujian apa dengan perbedaan yang sangat jauh sekali seperti air dan minyak dalam satu wadah yang selalu berseberangan. Bahkan terkadang ilmu pengetahuan yang diberikan hanya diberikan judul atau sub judulnya saja sehingga untuk isisnya harus mencari secara mandiri pada berbagai media informasi yang ada.

Nyatanya di Indonesia mendapatkan label mahasiswa di masyarakat khususnya untuk pendidikan di perguruan tinggi masih tergolong sangatlah sedikit. Melihat data jika dihitung masih hanya sekitar 6% penduduk Indonesia yang sudah mengenyam pendidikan tinggi. Menurut data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) penduduk Indonesia berjumlah 275,36 juta jiwa pada Juni 2022 sehingga dapat dihitung jumlah yang baru mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Secara spesifik jumlah tersebut baru mencapai 6,41% masyarakat Indonesia menyenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Dimana untuk D1 dan D2 proporsinya 0,41%, D3 sejumlah 1,28%, S1 sejumlah 4,39%, S2 sejumlah 0,31%, dan 0,02% penduduk yang sudah mengenyam pendidikan jenjang S3. Sehingga dapat dikatakan bahwa seseorang seperti penulis yang dapat merasakan akan pendidikan dibangku perguruan tinggi harus bersyukur dan berseamngat untuk memaksimalkan kesempatan yang diberikan.

Maka dari itu saat sudah mendapatkan label dan kesempatan tersebut disinilah perubahan mulai terjadi. Kini penulis tidak mau masa kuliah ini menjadi masa SMA yang seperti sia-sia belaka tanpa adanya sebuah hasil yang membekas dalam kehidupan penulis. Maka dari itu disinilah mulai penulis memaksimalkan kesempatan yang diberikan dalam menjalani kehidupan sehari-hari ini dengan sangat maksimal tanpa ada yang terlewat satu kalipun. Tentunya disinilah beberapa tips yang dilakukan penulis agar mendapatkan hasil yang maksimal saat sedang menyenyam pendidikan dibangku perguruan tinggi:

Belajar dari berbagai macam hal seperti dari jurnal. Saat menjadi mahasiswa ilmu pengetahuan tidak lagi terbatas dari dosen sebagai pihak pemberi materi ilmu pengetahuan. Tetapi kini setelah mendapatkan label tersebut yang menjadi pembatas ilmu pengetahuan adalah diri sendiri. Belum lagi kini dengan majunya berbagai teknologi membuat informasi akan ilmu pengetahuan menjadi sangat tidak terbatas. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk membaca berbagai macam jurnal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Hal menarik dari belajar dari jurnal merupakan sebuah hasil penelitian baru yang dilakukan oleh seseorang. Dengan hal baru tersebut maka penulis mendapatkan ilmu dahulu dari teori yang ada juga mendapatkan ilmu pengetahuan terbaru dari penelitian yang dilakukan oleh seseorang dengan sudut pandang orang tersebut. Selain itu membaca berbagai macam jurnal yang sudah dipublis membuat penulis mendapatkan sudut pandang baru dari peneliti terdahulu terhadap sebuah masalah yang diangkat.

Dapat mengikuti berbagai macam kegiatan dengan memiliki status mahasiswa. Salah satu kelebihan mendapatkan status mahasiswa adalah terbukanya sangat lebar berbagai kesempatan atas berbagai macam hal. Belum lagi kalaupun melakukan sebuah kesalahan dalam proses melewati kesempatan tersebut masih dapat dimaafkan karena masih stasus mahasiswa. Kini juga berbagai macam perusahaan baik itu swasta, pemerintah daerah, sampai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) memberikan berbagai kesempatan untuk bergabung dengan syarat masih memiliki label berupa mahasiswa. Tidak hanya itu saja kini melalui Kemendikbudristek (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia) yang saat ini dipegang oleh Nadiem Makarim membuat sebuah gebrakan yang baru. Dimana kini mahasiswa diberikan berbagai macam opsi kegiatan di luar kampus untuk mengembangkan kegaitan seperti magang, proyek desa, penelitian, sampai kegiatan lain. Semua hal tersebut membantu penulis untuk mengembangkan diri dari potensi yang terpendam didalam diri.

Melakukan manajemen waktu dengan sangat efektif. Dikarenakan kini saat sudah mendapatkan label mahasiswa manajemen waktu diatur secara mandiri. Saat masih siswa kegiatan manajemen waktu diserahkan dalam sebuah kebijakan sekolah dan orang tua sehingga penulis hanya mengikuti saja. Kini hal tersebut ketika sudah mahasiswa tidak lagi diatur tetapi mengatur secara mandiri. Dengan mengatur secara mandiri maka jika penulis tidak baik dalam manajemen waktunya agar membuat penulis menjadi sehancur-hancurnya kehidupannya karena kini kehidupan ada di tanggung jawab sendiri. Untuk mengatur dalam manajemen waktu maka penulis terkadang membuat sebuah list jadwal secara harian untuk melakukan beberapa kegaitan dalam hari tersebut. Untuk pengaturan dilakukan melalui hasil analisis skala prioritas yang harus dikerjakan. Disini penulis sangat anti untuk melakukan multitasking karena akan menghasilkan yang kurang maksimal karena fokus tidak baik.

Selain beberapa hal yang telah dipaparkan tidak lupa penulis juga melakukan belajar Bahasa Inggris. Kini serta saat dahulu Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional sehingga untuk berkomunikasi dengan pihak lain khususnya masyarakat secara Internasional membutuhkan bahasa tersebut. Tidak hanya itu saja kini untuk melamar pekerjaan saja seseorang yang menguasai Bahasa Inggris mendapatkan peluang lebih besar diterima dibandingkan yang tidak menguasainya. Bahkan dibeberapa lowongan pekerjaan seperti perusahaan internasional ada sebuah kriteria akan lowongan pekerjaan khususnya dalam segi menguasai Bahasa Inggris. Agar penulis lebih banyak mendapatkan peluang tersebut mau tidak mau penulis juga belajar dan menguasi Bahasa Inggris.

Tetapi nyatanya untuk belajar Bahasa Inggris sangatlah tidak mudah apalagi berpikir seperti membalikan telapak tangan yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik sudah dapat tercapai. Disini dibutuhkan dedikasi yang tinggi dibarengi akan pengorbanan waktu, tenaga, sampai pikiran. Terkadang ketika sudah melewati beberapa hal tersebut untuk menguasai Bahasa Inggris belum masih bisa dilakukan dengan sangat baik. Disinilah penulis membutuhkan beberapa trik khusus agar menguasai hal tersebut salah satunya seperti:

Pertama berupa mendengarkan akan saluran podcast Bahasa Inggris. Dengan adanya perkembangan teknologi kini saluran podcast dapat diakses dengan sangat mudah dari seluruh dunia khususnya yang menggunakan Bahasa Inggris. Disinilah saat mendengarkan saluran tersebut akan meningkatkaan kemampuan Bahasa Inggris dalam sisi mendengarkan. Apalagi di seluruh dunia memiliki aksen yang berbeda-beda dalam Bahasa Inggris. Terkadang adanya akses tersebut membuat beberapa pengucapan yang dikeluarkan dari mulut menjadi sulit dipahami karena akses tersebut. Tetapi karena sudah terlatih dengan mendengarkan podcast Bahasa Inggris dengan berbagai macam aksen yang diucapkan menjadi terlatih dalam mendengarkan akses Bahasa Inggris hal tersebut akan tidak terjadi pada penulis khususnya saat berbicara Bahasa Inggris melalui akses yang berbeda-beda.

Kedua berupa membaca dan menulis tulisan yang menggunakan Bahasa Inggris. Belajar Bahasa Inggris tidak hanya dari mendengarkan tetapi membaca dan menulis tulisan sangatlah penting. Belum lagi dibangku kuliah banyak sekali berbagai macam referensi yang menggunakan Bahasa Inggris. Disinilah penulis harus belajar dari berbagai macam hal seperti buku, koran, media sosial, bahkan sampai bungkus makanan. Harapannya dengan banyak membaca dan menulis membuat kosakata Bahasa Inggris mengalami peningkatan karena hal tersebut.

Ketiga berupa menonton video Bahasa Inggris. Selain dua hal tersebut penulis juga melakukan kegiatan menonton video Bahasa Inggris. Apalagi kini berbagai video berupa film sedang membanjiri dunia film di Indonesia. Sehingga penulis ketika film berbahasa Inggris yang viral di masyarakat itu jika penulis memiliki waktu untuk pergi ke bioskop. Tetapi jika tidak ada waktu maka penulis terkadnag menggunakan media lainnya seperti Youtube atas video Bahasa Inggris.

Tetapi setelah penulis melakukan beberapa hal tersebut masih saja penulis merasa kurang menguasai akan Bahasa Inggris. Setelah melakukan analisis lebih dalam nyatanya disini hal tersebut karena penulis belajarnya secara otodidak. Memang bagi sebagian orang belajar otodidak bagus tetapi jika diterapkan kepada penulis rasanya kurang bagus. Belum lagi dengan belajar secara ododidak arah belajar Bahasa Inggrisnya menjadi tidak terstuktur. Sehingga diakhirnya belajar menguasai Bahasa Inggris menjadi kurang maksimal hasilnya karena tidak ada arah yang jelas.

Disinilah penulis membutuhkan guru untuk membimbing penulis untuk menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Disini penulis terdapat kendala yang cukup menggangu dimana penulis saat sedang memiliki label mahasiswa memiliki segudang kegiatan. Hal tersebut membuat membuat memilih cukup selektif akan guru Bahasa Inggris yang akan dipilih. Setelah berselancar sekian dalam untuk mendapatkan guru yang tepat dalam mengajarkan Bahasa Inggris didapatkan nama bernama Lister.

Dapat diartikan bahwa Lister merupakan sebuah perusahaan startup teknologi yang bergerak dalam bidang pendidikan (edu-tech). Fokus bidang yang dikerjakan oleh Lister pada penyediaan akan pengalaman berlajar akan bahasa berkualtias tinggi yang disesuaikan pada siswa. Sehingga sang siswa dapat mencapai impian akan profesional di masa yang akan datang.

Melihat sejarah akan pendirian dari Lister pada bulan Juni tahun 2019. Diawal mulannya organisasi nirlaba tersebut bernama Listerclub. Organisasi tersebut diprakarsai oleh seseorang yang bernama Sigit Arifianto. Tujuan awal berdirinya untuk memberikan sebuah kesempatan akan pendidikan bagi setiap orang tanpa melihat latar belakangnya. Seiring berjalannya waktu mulailah Listerclub mengalami perubahan akan berbagai macam bidang didalamnya. Salah satu perubahan seperti pada bulan Agustus 2019 akan mengadakan kelas IELTS secara gratis dengan peserta lebih dari 2.000 peserta. Di Januari 2020 pihak Listerclub mulai meluncurkan pembaharuan berupa kelas premium yang dilengkapi oleh guru berkulitas tinggi. Saat sudah memasuki Juni 2020 pihak Listerclub melakukan pergantian nama menjadi PT Lister Teknologi Edukasi dengan meluncurkan sebuah kelas untuk korporat. Maka adanya perubahan tersebut dalam waktu beberapa bulan saja pihak Lister telah memperluasa jangkauan layanan hingga mencapai lebih dari 70 program pembelajaran online untuk pelayanan swasta dan korporat.

Dalam pihak Lister juga menyediakan berbagai macam kelas yang dapat digunakan untuk menunjang menguasai Bahasa Inggris seperti Kelas Korporasi, Kelas Anak, Kelas Remaja, dan Kelas Dewasa. Bahkan yang lebih mengejutkan sekali didalam setiap kelas tersebut terbagi lagi menjadi beberapa bagian agar lebih maksimal dalam menguasai Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat dilihat pada Kelas Anak yang terbagi lagi dalam dua bagian berupa Bahasa Inggris untuk Anak Kecil dan Bahasa Inggris untuk Anak-Anak. Banyaknya kelas yang disediakan oleh Lister tentunya untuk dapat menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang ada di Indonesia untuk menguasai Bahasa Indonesia dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Jika melihat lebih dalam lagi ke dalam seluk beluk dalam pihak Lister nyatanya ada banyak sekali program yang diberikan. Dimana salah satu contoh program yang dapat digunakan oleh masyarakat seperti Tes Resmi, Kursus Bahasa Asing, Persiapan Ujian, Tes Prediksi, Berbicara bahasa Inggris, dan masih banyak lagi. Semua program yang di adakan oleh pihak Lister di ujungnya untuk dapat menunjang masyarakat dalam menguasai Bahasa Inggris menjadi lebih mahir tanpa adanya terbata-bata saat menggunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Untuk memaksimalkan masyarakat dalam menguasi Bahasa Inggris pihak Lister juga menggunakan berbagai metode khusus yang diterapkan yang menurut penulis bernama Metode Lister. Metode Lister merupakan model pembelajaran yang memberikan pembelajaran ilmiah dibarengi dengan pembelajaran aktif. Dimana tujuan dari metode tersebut untuk memperluas pengalaman pendidikan siswa yang menerapkan akan pengetahuan dan keterampilan yang didasarkan oleh kebutuhan siswa. Metode Lister juga didasarkan pada pendekatan konstruktivis yang mana guru secara aktif melakukan pembelajaran siswa dengan cara membiarkan para siswa agar dapat mengeksplorasi dan mengkostuksi akan pengetahuan dan pemahamannya. Harapannya dengan adanya pendekatan yang konstruktivis tersebut para siswa dapat mensintesis akan pemahaman baru dari pembelajaran sebelumnya dan informasi baru yang diberikan. Agar lebih jelasnya maka berikut ini merupakan tahapan demi tahapan dari metode khusus yang diterapkan oleh pihak Lister kepada para muridnya untuk memaksimalkan dalam menguasai Bahasa Inggris. 

Setelah diberikan beberapa pemaparan secara permukaan akan beberapa hal yang ada didalam Lister. Maka kini para pembaca pastinya memiliki sebuah pertanyaan yang bersarang didalam benak pikiran para pembaca. Dimana berikut ini adalah pertanyaan tersebut yaitu:

Alasan Apa Yang Mendasari Para Mahasiswa Untuk Menggunakan Layanan Di Lister Dalam Menguasai Bahasa Inggris???

Pertama adalah waktu yang fleksibel. Tentunya ini sangat memberikan leluasan kepada mahasiswa yang sedang berada di puncak kegiatan yang padat dari mulai belajar, organisasi, bisnis, dan masih banyak lagi. Adanya hal tersebut membuat mahasiswa dapat tetap melakukan kegiatan disamping tetap belajar Bahasa Inggris di Lister. Belum lagi media belajar yang dilakukan oleh Lister menggunakan pembelajaran secara online sehingga para mahasiswa dapat melakukan kegiatan les tersebut dimana pun dan kapanpun tanpa terhalang oleh jarak dan waktu. Walaupun pembelajaran dilakukan secara online tetapi makna dan esensi dari pembalajaran yang asik dan menyenangkan tetapi maksimal diberikan untuk merealisasikan kelancaran Bahasa Inggris tetap sampai tujuan bagi para siswa didalamnya.

Kedua adanya garansi. Hal tersebut menandakan bahwa para mahasiswa yang telah belajar di Lister akan diberikan jaminan dalam bentuk garansi. Dimana garansi yang diberikan berupa target atau skor yang akan mengalami peningkatan jika telah mengambil kursus persiapan tes. Bentuk garansi dari Group berupa mengulang kelas yang sama tanpa harus membayar dengan jumlah pertemuan sebanyak 20% dari total pertemuan kelas sebelumnya. Secara contoh jika seseorang mahasiswa mengambil kelas IELTS dengan pertemuan 60 kali maka garansi yang diberikan sebanyak 60 x 20% = 12. Maka kelas pengganti berupa garansi sebanyak 12 pertemuan. Sedangkan untuk kelas Privat dan Semi Privat dimana garansi berupa pengembalian biaya sebanyak 40% dari biaya yang telah dibayarkan. Untuk para mahasiswa sebagai pengguna cara untuk mendapatkan garansi berikut ini beberapa tahapan yang dilakukan: 

Ketiga berupa dapat dilakukan pembayaran cicilan. Untuk mahasiswa dapat melakukan pembayaran menggunakan sistem cicilan memiliki syarat dan ketentuan berupa Student menerima dan menyetujui segala syarat dan ketentuan cicilan dari Lister, Kelas dapat dimulai setelah cicilan pertama dibayarkan, Student harus melakukan pelunasan yakni 1 bulan setelah pembayaran pertama, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk Prosedur Cicilan yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai berikut akan tahapan yang dilakukannya yaitu:

Kelima berupa testimoni yang sudah banyak dan berhasil sesuai keinginan. Dizaman yang serba digital kini testimoni merupakan hal yang sangat penting. Saking pentingnya adanya testimoni yang bersifat ke arah yang baik dan kurang baik akan dapat mempengaruhi keputusan seseorang seperti mahasiswa dalam hal mau atau tidaknya menggunakan layanan tersebut. Tetapi jika melihat ke dalam testimoni dari layanan pengguna Lister bisa dikatakan sangat baik. Berikut ini salah satu contoh testimoni dari seseorang pengguna layanan Lister.

Keenam berupa sumber daya manusia sebagai pengajarnya berkualitas. Dapat dikatakan semakin berkualitasnya sumber daya manusia yang terlibat dalam metode pembalajar pastinya akan lebih maksimal dalam memberikan ilmu pengetahuan yang dilakukan. Jika melihat kedalam pemaparan yang ada di Lister dapat dilihat akan sumber daya manusia yang terlibat dalam pengajaran benar-benar berkualitas. Tentunya dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas tersebut ada sebuah harapan bagi para siswanya agar dapat menguasai bahasa Inggris ketika sudah mendapatkan ilmu pengetahuan di Lister. Sebagai bukti atas sumber daya manusia yang berkualitas didalam kegiatan pembelajaran yang ada di Lister maka berikut ini adalah beberapa contoh dari sumber daya manusiannya:

Jika harus memaparkan secara lengkap pastinya akan sangat banyak dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Maka dari itu untuk menyingkatkan waktu pemaparan penulis memaparkan beberapa contoh diatas. Apakah para pembaca memiliki pemahaman yang berbeda atas pertanyaan “Mengapa masyarakat khususnya yang berstatus mahasisaw harus menggunakan layanan Lister untuk menguasai Bahasa Inggris?”. Jika ada maka tidak ada salahnya untuk memamaparkan pemikiran tersebut didalam kolom komentar. Harapannya dengan adanya pemaparan tersebut terjadi sebuah transfer ilmu pengetahuan antara penulis dan pembaca.

Setelah membaca beberapa hal diatas pastinya para pembaca sekalian kini memiliki pertanyaan yang berbeda lagi. Dimana pada kali ini pertanyaan tersebut yaitu:

Bagaimana Caranya Penulis Sebagai Mahasiswa Dalam Merealisasikan Ciptakan Kemenangan Anda Sendiri Dengan Lister (Create Your Own Victory With Lister)?

Melanjutkan cerita awal atas perjalanan penulis yang kini berstatus sebagai mahasiswa. Dimana harus diakui bahwa penulis bukan berasal dari sebuah kota besar di Indonesia. Tetapi penulis berasal dari sebuah kota kecil yang jarak ke kota besar membutuhkan waktu yang cukup lama. Walaupun demikain orang tua penulis selalu memiliki keinginan bahwa setiap anaknya harus mendapatkan pendidikan terbaik. Sehingga pemikiran tersebut membuat penulis selalu memiliki cita-cita untuk dapat merealissaikan akan kemenangan yang sangat besar dalam menjalani kehidupan sehari-hari melalui menjadi mahasiswa. Bisa dikatakan cita-cita penulis yaitu bekerja di perusahaan multinasional dan menggapai karir setinggi-tingginya dalam sisi internasional. Tetapi untuk merealisasikan cita-cita tersebut memiliki banyak sekali hambatan salah satunya berupa penguasaan akan bahasa Internasional berupa Bahasa Inggris.

Saat mengetahui hambatan tersebut penulis bukan langsung menyerah begituh saja. Adanya hambatan tersebut membuat penulis begituh bersemangat untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Oleh karena itu penulis memutuskan untuk mengambil sebuah langkah yang konkret dengan cara mendaftar di sebuah kursus akan Bahasa Inggris yang cocok untuk penulis dikenal oleh masyarakat dengan nama Lister.

Hal pertama yang dilakukan oleh penulis berupa mendafarkan kursus IELTS yang biasanya digunakan untuk masuk ke universitas terbaik di luar negeri. Bisa dikatakan bahwa skor yang terpampang pada IELTS dapat mencerminkan akan kemampuan Bahasa Inggris. Maka dari itu disini penulis mengambil kursus IELTS yang ada di Lister. Agar harga dapat ditekan lebih minimal maka penulis menggunakan sebuah kode promo “BLOG23” yang memberikan sebuah diskon khusus kepada para pelanggan setia layanan Lister. Dengan mengikuti kursus tersebut membuat penulis menjadi lebih dekat lagi dengan cita-cita penulis karena sudah membuka peluang dari universitas terbaik di luar negeri yang pastinya memiliki sebuah peluang khusus untuk dapat masuk ke perusahaan internasional.

Tidak hanya itu saja penulis juga mengal kursus lainnya seperti TOEFL IBT. TOEFL IBT merupakan sebuah ujian yang banyak digunakan untuk mendapatkan peluang lainnya seperti magang sampai pekerjaan yang berasal dari luar negeri. Apalagi dengan memiliki skor TOEFL IBT membantu CV yang dimiliki penulis menjadi lebih berbobot sehingga akan dilirik lebih besar dari pada pesaing lainnya. Tentunya ada skor dari IELTS dan TOEFL IBT yang dibimbing Lister untuk penulis akan membuat CV penulis saat masih berstatus mahasiswa menjadi lebih berisi. Dimana isinya cukup beragam karena adanya skor nilai yang tinggi akan dua tes tersebut membuat terbuka peluang lainnya seperti magang atau pekerjaan dari luar. Sehingga ketika penulis sedang mendaftar ke perusahaan internasional tersebut membuat penulis tidak membawa apa-apa. Tetapi kini penulis sudah memiliki bekal yang cukup sehingga ketika masuk ke dalam bagian dari perusahaan internasional tersebut penulis sudah dapat menjadi bagian yang akan membantu perushaaan tersebut untuk berkembang labih baik dari pada sebelumnya.

Diakhirnya penulis dapat meraih sukses dalam bidang karir di perusahaan internasional. Apalagi dengan rasa percaya diri yang tinggi dilengkapi Bahasa Inggris dibantu oleh Lister. Tidak hanya itu saja pihak Lister juga membantu penulis akan beberapa hal lainnya dengan menyediakan sebuah hal secara nyata Kursus IELTS, Kursus Persiapan TPA, Kursus Persiapan TOEFL IBT, Kursus Bahasa Korea General, Kursus Business English, Kursus Persiapan TOEFL ITP, Kursus General English Dewasa, Kursus Bahasa Jerman, Kursus Bahasa Belanda, dan Kursus Academic English. Kini terbukti secara nyata bahwa dengan adanya dedikasi, usaha yang keras, serta bantuan dari Lister. Diakhirnya kini adanya hal tersebut sudah menciptakan sebuah kemenangan oleh penulis dalam meraih kesuksesan dalam dunia karir yang begituh kompetitif. Sehingga cerita sukses penulis dengan memanfaatkan peluang sebagai mahasiswa dibantu dalam sisi bahasa khususnya Bahasa Inggris melalui pihak Lister. Maka cita-cita mimpi besar penulis dapat terealisasikan secara nyata.

Dengan adanya cerita sukses penulis tersebut dapat menjadi sebuah kisah inspirasi bagi para anak muda lainnya untuk dapat meraih kisah suksesnya melalui cara sendiri dengan bantuan dari Lister dalam menguasai Bahasa Inggris. Terima kasih sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.

Agar lebih jelas mengenai Lister maka tidak ada salahnya para pembaca langsung mengujungi ke Lister.co.id.

#LISTERBlogCompetition #BeBetterWithLister

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/hanya-6-warga-indonesia-yang-berpendidikan-tinggi-pada-juni-2022
  2.  https://youtu.be/DZcAE0xLVac
  3. https://youtu.be/1rCCN25I1DI
  4. https://youtu.be/dxbMsowygjE
  5. https://www.youtube.com/watch?v=eZ3ltJc7xKQ
  6. https://www.youtube.com/watch?v=5SpaXqAQ4Wo
  7. https://www.youtube.com/watch?v=urIDvQHCxZc
  8. https://www.youtube.com/watch?v=X_b-wNkz4DU
  9. https://www.youtube.com/watch?v=MHd7fvR8fnU
  10. https://pixabay.com/id/illustrations/bolam-ide-inspirasi-lampu-energi-4514505/
  11. https://pixabay.com/id/illustrations/papan-kapur-papan-tulis-kesuksesan-1097118/
  12. https://lister.co.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menggapai Mimpi Besar sebagai Mahasiswa dengan Lister dalam Menguasai Bahasa Inggris"

Posting Komentar