Minyak Bumi Vs Listrik Bagi Transportasi Mobil

Saat ini kita hidup dizaman yang serba dituntut salah satu contoh tuntutannya adalah harus dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Bukan tanpa alasan mengapa tuntutan itu ada namun salah satu alasannya yaitu karena aktifitas kehidupan sehari-hari. Didalam menjalani kehidupan sehari-hari kita selalu saja harus dapat bergerak dengan cepat dari satu tempat ketempat lain seperti bekerja, sekolah, dan lain-lain. Kita sebagai manusia untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya pastinya membutuhkan alat bantu yaitu transportasi.
 
Transportasi didalam kehidupan manusia sudah tidak bisa dipisahkan bahkan jika harus diibaratkan akan seperti makanan dan minuman. Dimana kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dan sangat penting bagi manusia. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan ditambah dengan beberapa faktor seperti kreatifitas, inovasi, dan imajinasi maka saat ini muncul berbagai macam penemuan akan transportasi.
Bahkan kini trasnportasi sudah banyak jenisnya dari mulai transportasi darat, laut, sampai udara. Tetapi jika ditarik benang merah dari transportasi ini memiliki satu tujuan yaitu untuk memudahkan manusia agar dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Jika harus membahas akan transportasi pembahasannya akan sangat lebar dan panjang maka dari itu untuk memperkecil dan mempersempit pembahasan maka pada tulisan kali ini akan membahas akan transportasi berjenis mobil.


Pastinya ada banyak sekali beberapa alasan utama mengapa pembahasan tulisan ini akan berorientasi kepada transportasi mobil namun berikut ini beberapa alasannya yaitu: Pertama adalah karena mobil lebih dekat dengan manusia didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kedua adalah mobil bisa dilihat dengan mudah dengan mata kepala sendiri sehingga lebih nyata apabila dibahas. Terakhir adalah setiap orang dapat memiliki hak untuk memiliki mobil dan menggendaraainnya.

Mobil isi bensin
Sumber: https://www.medcom.id/otomotif/tips-otomotif/VNx32QyK-isi-bbm-sampai-luber-banyak-efek-negatifnya
Transportasi akan mobil pastinya tidak akan jauh dari namanya bahan bakar. Bahan bakar dan mobil dapat diibaratkan sebagai roda didalam sebuah gerobak. Apabila gerobak ingin agar dapat berjalan maka dibutuhkan roda yang dapat menggerakan gerobak tersebut. Begitupun dengan bahan bakar pada mobil agar mobil dapat berjalan dibutuhkan bahan bakar yang bagus dan tepat.

Setiap alat tranportasi memiliki bahan bakar yang berbeda-beda. Jika kita kaitkan bahan bakar dengan alat transportasi mobil maka bahan bakar yang digunakan biasanya disebut dengan bensin. Pastinya ketika mendengar kata bensin ada beberapa hal yang terngiang didalam benak pikiran kita semua sebagai para pembaca yaitu premium, pertalite, pertamax. Dimana ketiga jenis bahan bakar merupakan bahan bakar yang dapat digunakan untuk alat transportasi mobil.

Minyak bumi merupakan bahan bakar yang berasal dari fosil yang dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk bahan bakar berupa bensin. Meskipun mulai dicampurkan dengan berbagai bahan bakar lainnya untuk bahan pembuat bensin agar tidak 100% mengandalkan minyak bumi. Tetapi tetap saja untuk negara Indonesia hampir alat transportasi mengandalkan minyak bumi yang akan diolah menjadi bensin. Hal tersebut tentunya memberikan dampak yang kurang baik terutama apabila harga minyak bumi tiba-tiba melonjak tinggi maka memberikan dampak pada sektor lainnya sehingga yaitu secara otomatis biaya transportasi melonjak pula dimana diujungnya akan lebih menekan masyarakat didalam menjalani kehidupan dikarenakan biaya kehidupan menjadi lebih membengkak dari pada biasanya.

Grafik produksi dan konsumsi minyak Indonesia (2000-2018)
Sumber: https://cdn1.katadata.co.id/media/chart_thumbnail/113152-defisit-neraca-minyak-indonesia-kian-melebar.png?updated=1594832400
Negara Indonesia sejak tahun 2003 mulai mengalami defisit neraca minyak. Dimana berdasarkan data yang diberikan oleh British Petroleum (BP) mengatakan bahwa produksi minyak yang ada di negara Indonesia sebesar 1,18 juta barel perhari. Sedangkan untuk konsumsi minyak sampai sebesar 1,21 juta barel per hari di negara Indonesia. Adanya perbedaan yang cukup besar antara produksi dengan konsumsi maka mengakibatkan neraca minyak mengalami defisit sekitar 54 ribu baral per hari.

Perlu digaris bawahi pembakaran yang menggunakan bahan minyak akan menghasilkan sisa-sisa gas hasil pembakaran. Komposisi dari kandungan utama bahan bakar minyak yaitu hidrokarbon ditambah dengan beberapa komponen seperti belerang, nitrogen dan lain-lain. Pembakaran sempurna hidrokarbon dengan menggunakan bahan bakar minyak bumi menghasilkan beberapa hal yaitu karbon dioksida dan uap air. Sedangkan pembakaran tidak sempurna dengan menggunakan bahan bakar minyak bumi menghasilkan berbagai macam partikel padat yang bisa disebut dengan asap dan beberapa butiran halus dari mulai karbon, karbon monoksida, karbon dioksida, dan uap air.

Bukan hanya itu saja penggunaan minyak bumi dalam hal ini yang lebih spesifik lagi bensin bagi transportasi mobil memberikan dampak yang kurang baik dalam hal kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali tulisan-tulisan yang sudah membahas akan dampak kurang baik terhadap penggunaan minyak bumi khususnya bensin bagi transportasi mobil didalam kehidupan. Berikut ini beberapa contoh dampak kurang baik penggunaan bensi yaitu:

Pertama adalah hasil pembakaran yang berupa karbon dioksida. Komponen karbon dioksida merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya pemanasan global. Ketika sudah terjadi pemanasan global maka secara perlahan-lahan akan mempengaruhi laposan ozon didalam bumi. Seperti yang sudah kita ketahui dari berbagai macam berita yang beredar bahwa laposan ozon dibumi mulai menipis. Apalagi lapisan ozon merupakan lapisan pelindung bagi bumi.
 
Lapisan ozon bumi
Sumber: https://chemistryofray.com/2013/06/14/1376/
Kedua adalah terjadi pencemaran terhadap air. Pencemaran air ini terjadi dikarenakan dua faktor proses pengambilan minyak dari dalam bumi dikarenakan kebocoran atau saat transportasi minyak yang terjadi kesalahan sehingga bocor. Dua hal tersebut merupakan salah satu contoh terjadi pencemaran akibat minyak. Apalagi minyak dan air tidak dapat bersatu maka ketika suatu aliran air sudah terdapat minyak akan dapat mudah terlihat. Adanya minyak didalam air tentunya akan menghancurkan dan mencermarkan ekosistem didalam air tersebut sehingga mematikan hewan yang berada didalam aliran air tersebut.

Pencemaran air
Sumber: https://informazone.com/pencemaran-air/
Ketiga adalah menyerang kesehatan bagi manusia. Seperti yang sudah dibahas pada paragraf atas bahwa pembakaran transportasi mobil menghasilkan beberapa hal yang berupa gas. Dimana gas yang dihasilkan akan sangat berbahaya ketika sudah terhirup oleh saluran pernapasan manusia. Ketika gas berbahaya telah terhirup dan berdiam di saluran pernapasan maka akan sangat menggangu saluran pernapasan dan hasil akhirnya akan menimpulkan penyakit yang berbahaya bagi manusia didalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pastinya ada banyak sekali dampak yang kurang baik dari penggunaan minyak bumi khususnya bensin didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan adanya dampak negatif tersebut maka manusia dituntut untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Salah satu solusi untuk menekan angka penggunaan bensin bagi transportasi mobil adalah dengan menggunakan mobil listrik.

Bisa dikatakan bahwa untuk saat ini penggunaan transportasi mobil listrik belum banyak bahkan bisa dikatakan masih sedikit. Tetapi secara perlahan-lahan mulai ada beberapa orang yang menggunakan mobil listrik. Bukti mulai ada orang-orang yang menggunakan mobil listrik didalam kehidupannya adalah bisa dilihat dari youtuber beberapa artis terkenal di tanah air mulai membeli mobil listrik untuk kegiatan sehari-harinya.

Dari katanya saja bahwa kita sudah mengetahui bahwa mobil listrik adalah mobil yang menggunakan bahan bakar berupa listrik. Dikarenakan menggunakan bahan bakar berupa listik maka hasil pembakaran akan berbeda dari bahan bakar yang menggunakan bensin. Tetapi untuk benar-benar dapat menjalankan mobil listrik dibutuhkan daya listrik yang tidak sedikit untuk dapat menyumplai mobil tersebut.
Berbicara penyedia listrik bagi negara Indonesia pastinya akan berbicara pula tentang PLN. Tentunya PLN merupakan sebuah singkatan dari perusahaan listrik negara. PLN juga biasa disebut dengan PT PLN (Persero). Dimana PLN yang ada di negara Indonesia merusakan sebuah perusahaan BUMN yang memiliki tugas untuk hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut akan listrik di negara Indonesia. Dengan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa PLN merupakan kunci untuk membuka gerbang akan kebutuhan listrik di negara Indonesia bagi masyarakat.

Namun untuk dapat menyediakan kebutuhan akan listrik bagi mobil listrik bagi PLN nyatanya tidak mudah seperti mengedip mata langsung ada. Untuk dapat menyediakan tempat cas mobil listrik ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Dimana setiap tahap yang harus dilalui memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Tetapi untuk dapat menyediakan cas mobil listrik dibutuhkan beberapa hal dari mulai sumber daya manusia, teknologi, serta bahan pasokan akan listrik. Dimana ketiga hal tersebut seperti lingkaran merah yang selalu saja menjadi permasalahan utama didalam membuat cas mobil listrik yang baik dan bagus.

Memang adanya mobil listrik didalam menjalani kehidupan sehari-hari khususnya digunakan sebagai alat transportasi akan dapat diibaratakan sebagai pisau bermata dua. Dimana disatu sisi menimbulkan masalah baru yaitu akan hal-hal yang berkaitan dengan pasokan listrik dan tempat cas listriknya. Tetapi disatu sisi lainnya adanya memberikan perubahan yang lebih baik khususnya dari dalam hal menekan dampak kurang baik yang dihasilkan oleh pembakaran berbahan bakar bensin. Perlu diakui bahwa ada banyak sekali perbedaan yang sangat mencolok antara mobil berbahan bakar bensin dan mobil listrik. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya yaitu:


Mobil listrik
Mobil bensin
Tempat pengisian
Masih sedikit
Ditemukan sangat mudah
Waktu pengisian
Membutuhkan waktu lama
Cepat
Mengenai mesin
Masih binggung karena baru didalam kehidupan
Sudah mengenal dikarenakan sudah lama digunakan
Tempat service
Masih sedikit penyedia
Sudah banyak penyedia
Jarak tempuh
Masih tergantung kekuatan baterai
Tergantung kapasitas tangki bensin
Bahan bakar
Listrik
Bensin

Ada banyak sekali perbedaan antara mobil listrik dengan mobil bensin salah satunya telah disebutkan pada table diatas.
Jika kita melihat ke dalam beberapa waktu belakang yang terjadi di negara Indonesia khususnya yang lebih spesifik lagi akan peristiwa pemadaman listrik. Di negara Indonesia sendiri pastinya pernah mengalami peristiwa pemadaman listrik. Salah satu contoh pemadaman listrik yang terjadi di negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2005 di pulai Jawa dan Bali. Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 10:23 dihari Kamis. Didalam peristiwa tersebut terjadi kegagalan sebuah saluran transmisi sebesar 500 kilovolt antarara wilayah Cilegon dan wilayah Saguling di Jawa Barat. Hal tersebut menyebabkan pemadaman pemadaman 5.000 megawatt secara masif dan menyebabkan tanpa listrik selama hampir 11 jam.

Adanya peristiwa yang dicontohkan diatas dapat dikatakan bahwa permasalahan akan listrik di negara Indonesia tidak hanya berorientasi kepada sumber pembentuk saja tetapi juga kepada transfer dari tempat pembentuk listrik ke tempat pengguna listrik di berbagai wilayah. Tetapi yang menjadi masalah utama dari litrik adalah pembentukan listrik. Ada banyak sekali cara-cara untuk dapat yang dapat dilakukan untuk melakukan pembentukan listrik bagi kebutuhan hidup sehari-hari salah satunya adalah membangun pembangkit tanaga listrik. Salah satu pembangkit listrik tenaga air yang berada di Jawa Barat adalah PLTA Cirata.



Seperti yang kita ketahui bahwa PLTA khususnya PLTA Cirata pastinya mengandalkan air yang berada di waduk Cirata untuk membentuk listrik sebagai kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan hal tersebut maka pembentukan listrik tidak dapat konstan dikarenakan energi yang dihasilkan tidak konstan pula bahkan tergantung akan air yang ada didalam tersebut. Adanya hal tersebut maka produksi listrik tidak dapat konstan.



Berbicara bagaimana cara agar produksi listrik dapat dipenuhi pastinya ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Tetapi jika kita tarik benang merahnya hal pertama yang harus dilakukan adalah membentuk sumber daya manusia. Berbicara sumber daya manusia pastinya akan berbicara pula tentang mahasiswa. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membentuk mahasiswa untuk dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dimasa depannya.

Dimana mahasiswa yang dibentuk tersebut harus memiliki tujuan yang pasti. Tujuan dari pembentukan mahasiswa tersebut adalah pertama membentuk sumber-sumber baru untuk menciptakan listrik, kedua adalah membuat cara yang lebih efektif tetapi menghasilkan pasokan listrik yang maksimal, dan yang ketiga adalah membuat cara perawatan yang costnya sedikit tetapi tetap maksimal dalam memprodiksi listrik bagi masyarakat.

Maka dari tulisan ini dapat ditarik benang merahnya bahwa setiap manusia pastinya selalu dituntut untuk dapat berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu caranya untuk dapat melakukan hal tersebut adalah dengan menggunakan alat transportasi berupa mobil. Mobil pada umumnya di negara Indonesia masih didominasi oleh mobil yang menggunakan bahan bakar berupa bensin. Penggunaan media bahan bakar berupa bensin pastinya memberikan dampak yang kurang baik seperti yang telah disebutkan diatas. Dengan berbagai perkembangan maka terlahirlah mobil listrik. Mobil listrik ini merupakan salah satu solusi untuk dapat menekang dampak kurang baik dari kehidupan. Nyatanya mobil listrik juga ada banyak sekali masalah-masalah yang harus dihadapi.

Walaupun demikian diharapkan dengan adanya mobil listrik ini dapat menjadi sebuah cara akan mengubah ketergantungan energi yang berasal dari bahan bakar berupa bensin bagi transportasi mobil untuk beralih kepada energi listrik. Dengan diharapkan negara Indonesia dapat terbebas dari dampak kurang baik dari penggunaan bahan bakar bensin didalam masyarakatnya dan menjadi contoh bagi negara lainnya agar sama-sama menyelamatkan bumi dari dampak kurang baik akan penggunaan bahan bakar bensin.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.


Sumber:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Minyak Bumi Vs Listrik Bagi Transportasi Mobil"

Posting Komentar