IFA - 9 Juli 2020


Manusia merupakan mahluk sosial. Arti mahluk sosial adalah manusia ini membutuhkan orang lain didalam menjalani kehidupan sehari-harinnya. Jika kita ambil contoh sederhana saja pada makan pagi yaitu nasi kuning. Dimana dari nasi kuning ini terdapat beberapa komponen dari mulai tempe, telur, nasi, kunyit, dan lain-lain. Semua kebutuhan untuk membuat komponen nasi kuning pastinya sangat panjang namun yang jelas setiap komponen yang ada didalam nasi kuning pastinya akan melibatkan orang lain didalam prosesnya. Dengan hal tersebut maka akan sangat aneh bila seseorang menganggap dirinya tidak membutuhkan orang lain didalam kehidupannya.

Kata Dari Tarsito Direktur Lax Dasi NTB
Sumber: Dokumen Institut Fundraising Indonesia FB

Pastinya dengan manusia merupakan mahluk sosial memberikan dampak kepada berbagai bidang salah satunya yaitu membuat manusia memiliki sifat saling membantu. Bahkan didalam ajaran agama atupun sekolah terkadang kita selalu saja ditanamkan untuk saling membantu orang lain khususnya orang lain yang berada didalam kesusahan. Apalagi didalam menjalani kehidupan ini terkadang setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda-beda maka tidak heran kalau sifat saling membantu harus ditanamkan untuk membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik lagi.  

Jika sudah berbicara saling membantu maka akan berbicara tentang galang dana. Ketika sudah berbicara galang dana akan berbicara pula fundraiser. Namun apakah anda sebagai pembaca tau apa itu fundraiser??? atau apa kata pertama yang terlintas didalam benak anda ketika mendengar kata fundraiser???.

Kata Fundraiser


Bisa diartikan bahwa fundraiser adalah seseorang pihak yang memiliki fungsi untuk membantu melakukan penggalangan dana. Perlu diakui bahwa setiap orang pastinya memiliki arti yang berbeda-beda akan arti dari kata fundraiser namun bagi penulis artinya telah disebutkan pada kalimat pertama. Dengan demikian maka dengan adanya penggalangan dana atau bisa disebut dengan fundraiser dapat lebih terarah dan jelas terget akan orang-orang yang menerima bantuan. Maka dengan hal demikian bahwa di negara Indonesia mulai terlahir berbagai lembaga yang bergerak akan fundraiser atau berkaitan dengan fundraiser.

Logo Institut Fundraising Indonesia
Sumber: Dokumen Institut Fundraising Indonesia FB
Ada peristiwa yang menarik yang berkaitan dengan fundraiser yang diselenggarakan pada tanggal 9 Juli 2020 yaitu Indonesia Fundraising Award (IFA) yang diselenggarakan oleh Institut Fundraising Indonesia (IFI). Adanya kegiatan IFA merupakan sebuah kegiatan yang harus diapresiasi untuk lembaga kemanusiaan dan instan fundraising yang bergerak dalam kaitannya dengan fundraising. Bahkan direktur dari IFI yaitu Arlina F.Saliman menyebutkan bahwa adanya event ini merupakan salah satu cara untuk penyemangat dan memotivasi dalam fundraising dan kemanusiaan.

Didalam acara yang sedang diselenggarakan yaitu IFA 2020 diharapkan dapat sebagai pertama yaitu ajang apresiasi pejuang zakat dan kemanusiaan, kedua yaitu ajang mendorong lembaga zakat, kemanusiaan, dan fundraiser untuk profesional dan transfran, dan yang ketiga yaitu menhajak generasi muda kita unuk bersama-sama berjuang dan berdedikasi dalam rangka fundraiser di Indonesia.
 
H-5 Acara IFA 2020
Sumber: Dokumen Institut Fundraising Indonesia FB
Pada ajang IFA 2020 yang dilaksanakan dalam memenangkan pihak-pihak tidak sembarangan ada banyak sekali tahap-tahap yang harus dilakukan oleh para juri. Dimana setiap tahap yang harus dilalui terbagi kedalam beberapa tahap seperti tahap pendataan, tahap seleksi berkas, tahap kategorisasi, tahap nominasi, dan juga tahap menentukan pemenang. Setiap tahap pastinya dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga pememang benar-benar diberikan kepada pihak yang benar-benar layak.




Untuk para jurinya terdari tiga orang. Berikut ini adalah juri-juri yang ada didalam ajang IFA yang sedang diselenggarakan yaitu:

Juri Acara IFA 2020
Sumber: Dokumen Institut Fundraising Indonesia FB


Tentunya ketika menonton acara IFA 2020 yang sedang berlansung ada beberapa kekurangan dan juga kelebihan. Berikut ini adalah contoh beberapa kekurangan ketika penulis sudah menonton acara IFA yaitu:

Pertama tidak adanya komunikasi yang baik antara pembaca acara dan pemutar video. Bukti tidak ada komunikasi yang baik adalah ketika pada pembacaan pemenang nominasi pertama pembawa acara mau memberikan informasi pememang tiba-tiba video pememang sudah diputar. Tentunya dengan hal itu tidak adanya komunikasi yang baik antara pemutar video dengan pembaca acara. Dengan hal itu tentunya membuat penonton menjadi binggung ketika menonton acara IFA 2020 tersebut.

Kedua adalah set tidak ditengah untuk pembaca acaranya. Mungkin ini aneh tapi untuk orang-orang yang sangat-sangat-sangat prefeksionis adalah hal yang sangat menggangu. Tempat duduk pembawa acara sedikit kekiri sehingga sepanduk yang berada di belakang tidak benar-benar berada di tengah.

Acara IFA 2020
Sumber: Dokumen Institut Fundraising Indonesia FB
Setiap kekurangan pastinya ada kelebihan. Menurut penulis sendiri berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan yang dimiliki didalam acara IFA 2020 yang sedang diselenggarakan yaitu:

Pertama adalah cepat memperbaiki kesalahan khususnya pada kesalahan pertama akan tidak komunikasi yang baik antara pembawa acara dengan pemutar video. Pada beberapa pembacaan nominasi selanjutnya kesalahan akan tidak komunikasi yang baik tersebut segera diatasi. Maka dapat dikatakan bahwa panitia yang berada di belakang acara IFA 2020 cepat dalam melakukan perbaikan khususnya dalam hal kesalahan yang telah dibuat.

Kedua adalah pertanyaan. Pastinya terkadang para penonton yang menyaksikan acara IFA 2020 memiliki pertanyaan. Dengan adanya pertanyaan yang diberikan oleh pembawa acara maka para penonton yang memiliki pertanyaan dapat dijawab dengan jelas. Sehingga beberapa hal yang tidak dimengerti oleh para penonton dapat diatasi dengan jawaban yang diberikan oleh para panitia IFA 2020.
 
Pemenang Acara IFA 2020
Sumber: Dokumen Institut Fundraising Indonesia FB
Perlu digaris bawahi bahwa kelebihan dan kekurangan tersebut hanya dilihat dari sudut pandang penulis saja. Diharapkan dengan adanya kekurangan dan kelebihan yang diberikan oleh penulis dapat dijadikan sebagai sebuah bahan motivasi untuk lebih baik lagi apabila acara IFA diadakan ditahun depan. Untuk lebih jelasnya kelangsungan acara berikut ini adalah video acara dari IFA 2020.


Semoga pembahasan yang dibahas pada tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Untuk lebih jelas mengetani apa itu Institut Fundraising Indonesia khususnya pada acara Indonesia Fundraising Award bisa langsung masuk ke webnya. Terima kasih. 
Poster Lomba Blog IFA 2020

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "IFA - 9 Juli 2020"

Posting Komentar