Menciptakan Energi Listrik Dari Kekayaan Laut

Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang wilayahnya di donimasi oleh lautan yang sangat luas. Dengan luas laut yang sangat luas maka tidak heran bahwa pada zaman dahulu masyarakat yang berada di negara Indonesia sebagai seorang pelaut.

Adanya laut di dalam sebuah negara dapat dikatakan sebagai menemukan sebuah pulau emas. Artinya bahwa laut ini menyimpan banyak sekali hal-hal yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika kita bedah dan analisis maka laut dapat berfungsi sebagai pertama adalah sumber daya ikan dikarenakan laut adalah tempat tinggal bagi ikan, kedua adalah dapat digunakan sebagai wisata laut yang dapat menarik wisatawan luar negeri maupun dalam negeri, dan yang ketiga adalah menyimpan potensi sumber energi alternatif yang dapat berguna bagi kelangsungan hidup manusia.

Di dalam laut menyimpan energi yang sangat melimpah dimana energi tersebut dibagi ke dalam tiga macam yaitu energi ombat, energi pasang surut, maupun energi ombak. Setiap energi yang akan dimanfaatkan memiliki kelebihan sampai kelebihan yang berbeda-beda. Tetapi yang pasti ketika energi yang berasal dari laut tersebut merupakan energi yang bisa diperbaruhi dan bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa ketiga energi yang ada di lautan tersebut merupakan sumber energi yang tidak akan habis seperti energi yang bersumber dari minyak bumi.

Potensi laut yang ada di negara Indonesia hanya akan menjadi potensi jika tidak dapat dieksekusi langsung di lapangan. Nyatanya untuk dapat benar-benar dieksekusi langsung di lapangan tidaklah mudah ada banyak sekali tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Didalam setiap tahapan yang dilakukan memerlukan banyak sekali hal seperti sumber daya manusia yang berkualitas, teknologi, sampai modal yang sangat besar dan banyak. Namun jika kita berbicara mengenai sistem pengelola sumber daya laut untuk pembangkit listrik tenaga gelombang bisa menggunakan sistem

Bisa dikatakan bahwa Oscillating Water Column atau bisa disebut juga dengan OWC merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk pembangkit listrik dengan memanfaatakan tenaga gelombang air laut sebagai cara untuk dapat menggerakan turbin. Secara sederhana dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Sketsa tampak samping
Sketsa tampak samping 

Di lihat secara prinsip kerjanya sistem yang bernama OWC adalah mengubah energi yang berasal dari gelombang laut menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip kerja kolom isolasi. Ketika gelombang datang dari laut menuju bibir pantai maka gelombang laut akan menabrakan ke dalam bangunan OWC. Dimana pada bagian bawah bangunan OWC tersebut erdapat kolom yang terbuka agar air laut masuk. Dengan terjadi tumbukan gelombang air laut yang terdapat pada bagian dalam chamber OWC akan berisolasi naik maupun turun sehingga membuat peristiwa sedot dan hisap pada kolom udara yang berada di atas. Adanya gerakan air yang naik dan turun akan membuat kegiatan sedot dan hisap pada kolom udara. Dimana kegiatan tersebut akan menggerakan turbin sehingga terjadilah sebuah energi listrik.

Sketsa tampak depan

Sistem OWC yang digunakan didalam pembangkit tenaga listrik memiliki banyak sekali komponen agar dapat benar-benar menghasilkan tenaga listrik. Namun jika kita lihat dan amati maka sistem OWC salah satu komponen yang harus ada didalam sistem OWC ini yaitu chamber, air turbine, generator, dan pontoon. Setiap komponen yang ada didalam sistem OWC ini sangat berguna dan saling berkaitan untuk dapat membentuk sumber energi listrik yang akan berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Didalam kehidupan sehari-hari pastinya ada sisi kelebihan serta sisi kekurangan. Maka tidak heran apabila sistem OWC yang digunakan untuk membangkitkan listirk bagi masyarakat juga memiliki sisi kelebihan serta sisi kekurangan. Berikut ini adalah beberapa contoh sisi kelebihan serta sisi kekurangannya yaitu:

Kelebihan

 

Sistem 


OWC

Kekurangan

Dapat bekerja sepanjang waktu

Energi yang dihasilkan tidak stabil dikarenakan tergantung energi gelombang yang ada

Bisa dilakukan di wilayah Indonesia dikarenakan banyak lautnya

Bangunan yang digunakan harus kuat menerima gelombang air laut

Termasuk kedalam energi yang tidak ada habisnya seperti energi minyak bumi

Perawatan harus baik dikarenakan selalu bertabrakan dengan gelombang sehingga biaya perbaikan bisa saja tinggi

 Walaupun ada banyak kelebihan dan kekurangan jika kita lihat secara tempat negara Indonesia merupakan negara yang cocok untuk menerapkan sistem OWC untuk dapat menciptakan energi listrik bagi masyarakatnya. Dengan menerapkan sistem OWC diharapkan secara perlahan-lahan untuk sektro listrik mulai mengurangi akan menggunakan minyak bumi atau batu bara sebagai cara untuk menghasilkan energi listrik bagi masyarakat. Ketika sudah dilakukan diahlikan caranya atau sistemnya maka dampak negatif dari penggunaan minyak bumi ataupun batu bara dapat lebih ditekan dan terlebih kebutuhan akan listrik bagi masyarakat di negara Indonesia dapat terpenuhi.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

 

Sumber:

https://www.plengdut.com/2012/10/mengenal-teknologi-oscillating-water.html 

http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/115208#:~:text=Dari%20sembilan%20ide%20tersebut%2C%20penulis,turbine%2C%20generator%2C%20dan%20pontoon.&text=Chamber%20didesain%20mampu%20menahan%20hantaman,sistem%20tetap%20mengapung%20dan%20stabil.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menciptakan Energi Listrik Dari Kekayaan Laut "

Posting Komentar