KBL Performing Arts, Pentingnya Pendidikan Non-Formal bagi Anak Usia Dini

Saat ini di negara Indonesia banyak sekali jenjang pendidikan salah satunya yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah jenjang pendidikan sebelum melangkah ke jenjang pendidikan dasar. Dimana didalam pendidikan PAUD ini seseorang anak yang berusia anak kecil sampai dengan usia kurang lebih enam tahun diberikan sebuah rangsangan yang berkaitan dengan pendidikan yang berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut. Apalagi pendidikan PAUD sampai pendidikan SD merupakan pendidikan yang bisa diibaratkan sebagai pondasi didalam suatu bangunan. Dengan pengibaratan tersebut maka ketika pendidikan yang didapatkan seseorang anak baik dan bagus maka anak tersebut dimasa depannya akan membentuk sang anak menjadi sumber daya manusia yang memiliki karakter yang kuat.

Nyatanya di zaman yang sekarang ini pendidikan formal yang dimulai dari pendidikan PAUD sampai pendidikan perguruan tinggi bisa dikatakan tidaklah cukup untuk menghadapi dunia industri yang kian bergerak dengan sangat cepat ke arah yang lebih baik. Untuk dapat mengimbangi dunia industri tersebut maka dibutuhkan berbagai macam cara agar pembentukan sumber daya manusia yang tidak hanya mengandalkan pendidikan formal saja. Pastinya perlu digaris bawahi bahwa ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengimbangi dunia industri tersebut salah satunya yaitu dengan pendidikan non formal.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional mengatakan bahwa pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Di negara Indonesia sendiri untuk urusan yang berkaitan dengan pendidikan non formal ada banyak sekali macamnya salah satunya pendidikan non formal yang berkaitan dengan bidang seni seperti seni voval, tarik suara, seni mucik, dan seni tari. Jika sudah berkaitan dengan pendidikan non formal yang berkaitan dengan seni seperti kursus vokal, kursus musik, kursus tari, dan kursus modelling maka akan membahas pula tentang KBL Performing Arts.


Pastinya jika disuruh menjawab akan apa itu KBL Performing Arts pastinya akan ada banyak sekali pendapat yang dapat dikeluarkan namun secara garis besar KBL Performing Arts adalah sebuah tempat atau wadah yang bergerak didalam bidang seni seperti seni vocal, music, dan tari yang memiliki orientasi kepada pengembangan teknik seni vocal, music, dan tari serta kualitas penampilan anak didik dengan terus menerus mengikuti perkembangan baik itu dari hal musik maupun ilmu terbaru. 


Untuk lebih jelasnya tidak ada salahnya para pembaca untuk melihat video dibawah ini yang berasal dari channel youtube KBL Performing Arts.

Sumber: https://youtu.be/ejg8XEYm5Gk

Setelah membaca benang merah dari KBL Performing Arts dan video diatas maka timbul kembali sebuah pertanyaan yaitu:

Menurut saya sebagai penulis setelah saya melihat, membaca, dan menganalisis terdapat tiga alasan utama mengapa harus memiliki KBL Performing Arts khususnya ketika memilih pendidikan non formal yang berkaitan dengan bidang seni seperti seni vocal, music, tari. 

Berikut ini adalah alasan-alasanya yaitu:

Pertama adalah bidang seni yang ada seperti seni voval, musik, dan tari selalu di KBL Performing Arts menggunakan para pengajar yang profesional. Tentunya untuk dapat mengeluarkan bakat yang terpendam didalam diri anak kecil perlu dibantu oleh pengajar yang sangat profesional. Untuk memenuhi hal tersebut tidak heran kalau KBL Performing Arts selalu melengkapi dirinya dengan para pengajar yang sangat profesional. Salah satu para pengajar profesionalnya bisa dilihat pada gambar dibawah.

Kedua adalah banyak pilihan kursus yang dapat ditentukan sesuai dengan potensi sang anak dan juga biaya yang perlu dikeluarkan. Kita ambil contoh saja kursus dengan nama Stage Act Group Class: Pra Adv & Adv ( 1 & 2 ). Untuk pembayaran didalam kursus yang dibahas ini sekitar pendaftaran sekitar Rp 300.000 dan untuk Stage Act Intermediate 1 & 2:  Rp. 500.000 / bulan / 4x pertemuan (@40 menit). Didalam untuk kursus yang termasuk ke dalam jenis ini didalam kelas grupnya terdapat perserta sebanyak 3 sampai 6 orang. 

Untuk membedakan dapat dilihat dari table dibawah.

Pre Advanced

Advanced 1

Advanced 2

Teknik vokal adalah head voice

Teknik vokal adalah falsetto

Membuat koreografi full lagu sendiri secara baik dan benar dengan bimbingan pengajar

Jangkauan nada minimal 5 oktaf

Pemberian materi koreografi full lagu

Tujuan adalah anggota melatih kreatifitas dan improvisasi dengan menciptakan koreografi atau karya yang dibuat sendiri, namun tetap medapat bimbingan dari pengajar.

Improvisasi lanjutan

Tujuan adalah peserta mampu memguasai materi koreografi full lagu yang ditentukan dengan teknik yang baik dan benar.

 

Aksi panggung lanjutan mencakup bahasa tubuh, kontak mata dengan penonton, blocking panggung, ekspresi wajah

 

 

Analisa lagu dasar

 

 


Ketiga adalah sudah terpecaya. Ada banyak sekali buktinya namun jika dikaitakan dengan bukti pastinya harus disuguhkan dengan angga. Maka buktinya yaitu KBL Performing Arts telah meluluskan sebesar 100%, Instruktur sebanyak 130+, jumlah murid 2300+, dan masih banyak lagi. Dengan hal tersebut maka tidak heran kalai KBL Performing Arts sudah sangat terpecaya dalam yang berkaitan dengan bidang seni seperti seni vocal, music, dan tari.

Untuk lebih jelasnya mengenai KBL Performing Arts bisa langsung mengakses ke webnya yaitu Kbl.co.id.

Dengan adanya KBL Performing Arts anak kecil dapat mengeluarkan potensi yang ada didalam dirinya khususnya dalam bidang seni seperti seni vocal, music, dan tari. Ketika sudah mengeluarkan potensi maka sang anak akan dapat menjadi sumber daya yang berkualitas yang tidak hanya bertumpu pada pendidikan formal saja tetapi juga pendidikan non formal yang berkaitan dengan bidang seni khususnya seperti seni vocal, music, dan tari degan bantuan KBL Performing Art.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca khususnya kepada orang tua yang menginginkan anaknya untuk dapat berkembang didalam bidang seni seperti seni vocal, musik, dan tari. Terima kasih.


Sumber: 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KBL Performing Arts, Pentingnya Pendidikan Non-Formal bagi Anak Usia Dini"

Posting Komentar