Benang Merah Dari Penemuan Listrik Dari Pohon Kedondong

Sektor listrik didalam sebuah negara dapat diibaratkan sebagai sebuah roda didalam sebuah gerobak. Adanya pengibartan tersebut menandakan bahwa sektor listrik dapat menggerakan berbagai sektor lainnya sehingga di dalam sebuah negara tersebut menjadi bergerak ke arah yang lebih baik lagi. Sektor listrik ini tidak hanya sebatas sebagai fasilitas untuk penggerakan sektor-sektor ekonomi lain didalam sebuah negara tetapi juga sebagai salah satu fasilitas bagi masyarakatnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Secara garis besar sektor listik memiliki peranan yang sangat penting yaitu menyediakan listrik bagi penggunannya. Tetapi ketika listrik tersebut telah sampai kepada para pengguna maka akan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ketika listrik sampai kepada sebuah perusahaan atau UKM maka listrik memiliki fungsi untuk menjalankan mesin yang akan menghasilkan sebuah prodak. Tetapi jika listrik sampai kepada masyarakat maka akan memiliki fungsi untuk menjalankan alat elektronik didalam rumah. Walaupun terdapat perbedaan penggunaanya tetapi jika ditarik benang merahnya memiliki kesamaan yaitu listrik sebagai sumber energi.

Dikarenakan listrik sebagai sumber energi pastinya sektor listrik memiliki peranan yang penting didalam kehidupan sehari-hari. Walaupun sektor listrik memiliki peranan yang sangat penting tetapi pemerataaan untuk sektor listrik belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat di berbagai wilayah. Mungkin bisa kita lihat untuk masyarakat yang berada di wilayah kota-kota besar kebutuhan akan pasokan listrik dapat dipenuhi. Tetapi wilayah yang tidak berdekatan dengan kota besar terkadang belum sampai. 
Berita diatas merupakan salah satu dari sekian banyaknya berita yang membahas tentang daerah yang belum menerima pasokan listik. Dimana daerah tersebut yaitu 325 desa di Papua, 102 desa di Papua Barat, 5 desa di Nusa Tenggara Timur, dan 1 desa di Maluku. Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bahwa elektrifikasi 433 desa tersebut hingga saat ini terkendala masalah infrastruktur karena berada di daerah terpencil. Padahal seperti yang sudah dibahas diatas bahwa sektor listrik dapat diibaratkan sebagai sebuah roda di sebuah gerobak. Ketika roda tersebut tidak ada atau rusak maka secara langsung memberikan dampak kepada gerobak tersebut tidak bisa bergerak.
Di negara Indonesia pihak yang ditunjuk untuk dapat menyediakan pasokan listrik yaitu pihak PLN. PLN merupakan singkatan dari Perusahaan Listrik Negara. Ketika PLN mau menghasilkan sebuah listrik bagi negara Indonesia pastinya membutuhkan beberapa hal yang sangat banyak. Dimana yang dibutuhkan tersebut tidak hanya terarah kepada modal saja tetapi juga harus sumber daya manusia, transportasi, dan hal lainnya. Dengan kata lain maka untuk membuat listrik bagi kebutuhan hidup masyarakat di negara Indonesia tidak semudah dibayangkan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui dan dilakukan. Ketika banyak tahap dan persiapan yang matang akhirnya dapat menghasilkan sebuah listrik.

Adanya tahapan yang lama tersebut memungkinkan bahwa pengadaan listrik bagi wilayah yang belum teraliri listrik menjadi lama. Padahal kebutuhan akan pasokan listrik harus dapat dipenuhi secara cepat bagi masyarakat di negara Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan sebuah solusi agar permasalahan akan pemerataan pasokan listrik dapat dipenuhi. Berbicara solusi akan pasokan listrik bisa dilakukan olah anak kecil yang memiliki nama Naufal Raziq.
 
Naufal Raziq bersama penemuannya
Sumber: https://disk.mediaindonesia.com/thumbs/700x-/news/2017/05/ked.jpg
Naufal Raziq merupakan seseorang yang pada saat itu merupakan anak kecil yang masih duduk di Kelas 3 Madrasah Tasanawiyah Negeri. Walaupun masih kecil tetapi penemuan yang dibuatnya sangat berkesan. Apalagi penemuan yang ditemukannya berkaitan dengan sektor energi yang lebih spesifik lagi berkaitan dengan enegri listrik. Penemuan yang dilakukan oleh Naufal Raziq adalah menemukan energi listrik dari sebuah pohon kedondong. Untuk lebih jelasnya tidak ada salahnya untuk menonton video dibawah dimana video tersebut merupakan salah satu program tv swasta yang menjelaskan akan penemuan Naufal Raziq tersebut berikut ini adalah videonya:

Setelah menonton video tersebut pastinya para pembaca atau bahkan saya sebagai penulis memiliki sebuah pertanyaan yang sederhana dan cukup komples untuk menjawabnya dimana pertanyaan tersebut yaitu:



Dari pertanyaan diatas maka jawaban yang pas untuk jawab tersebut adalah bisa iya bisa juga tidak. Jawaban iya bisa apabila penemuan Naufal Raziq ini terus diteliti dan dikembangkan lebih lanjut oleh ahli didalam bidang kelistrikan. Ketika sudah dikembangkan dan diteliti oleh ahlinya maka baru dapat hasilnya apakah benar-benar penemuan Naufal Raziq ini benar-benar dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat atau tidak. Jawaban tidak kalau penemuan yang dihasilkan oleh Naufal Raziq tidak dikembangkan dan langsung saja meredup seiring menurunnya popularitasnya.

Dari adanya seseorang yang bernama Naufal Raziq kita sebagai seluruh masyarakat yang berada di negara Indonesia dapat mengambil benang merahnya. Benang merahnya yaitu bahwa sebenarnya negara Indonesia masih menyimpan banyak sekali energi-energi yang belum dikembangkan dan sumber daya manusia di negara Indonesia mampu untuk menemukan energi baru tersebut.

Untuk dapat benar-benar mengembangkan dan mengeluarkan potensi dari sektor energi maka tidak semudah seperti membuat mie instan. Pastinya untuk mengembangkan dan mengeluarkan potensi dari sektor energi khususnya yang berkaitan dengan energi listrik dibutuhkan tiga pihak yaitu pihak pemerintah, pihak mahasiswa, dan pihak masyarakat. Dimana ketika pihak tersebut memiliki peran sendiri-sendiri tetapi dapat menjadi sebuah hubungan yang mutualisme.

Pihak pemerintah memiliki peran sebagai pihak menyediakan fasilitas dan berbagai kebijakan. Peran pihak mahasiswa adalah pihak yang menganalisis dan mengembangkan lebih jauh lagi berdasarkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan dibangku perkuliahan. Pihak masyarakat sebagai pengguna dari hasil prodak yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut.

Dengan adanya kombinasi dari ketika pihak tersebut diharapkan berbagai penemuan yang dibuat oleh setiap elemen yang ada di negara Indonesia dapat benar-benar diaplikasikan kedalam kehidupan. Apalagi jika kita lihat banyak sekali potensi akan berbagai penemuan yang telah dilakukan oleh anak-anak bangsa Indonesia ini. Diharapkan dengan sudah ditangani dan ditindak lanjut dengan baik maka berbagai penemuan tersebut benar-benar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya penemuan yang berkaitan dengan sektor listrik. Sehingga kedepannya setiap orang dengan kondisi dan berbagai lapisan dapat benar-benar merasakan aliran listrik didalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=7DFiNrr8WfM

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Benang Merah Dari Penemuan Listrik Dari Pohon Kedondong"

Posting Komentar