Melangkah Bersama Menuju Hidup Berkelanjutan Dari Peran Royal Golden Eagle Dalam Sustainable fashion Dan Daur Ulang Kertas

Selamat datang di blog ini. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang pentingnya hidup berkelanjutan dan bagaimana Royal Golden Eagle (RGE) berkontribusi pada upaya ini melalui inisiatif mode berkelanjutan dan daur ulang kertas. Sebagai perusahaan yang mengedepankan keberlanjutan maka dahulu sampai kini pihak perusahaan yang bernama RGE telah menjadi pemimpin dalam mendorong praktik bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Mari ayo kita sama-sama untuk jelajahi lebih dalam mengenai dua subtopik yang menarik ini yang akan dibahas pada tulisan kali ini.

Hidup Berkelanjutan Akan Mengapa Penting Dan Bagaimana Kita Sebagai Masyarakat Dapat Mencapainya?

Hidup berkelanjutan adalah pilihan gaya hidup yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan manusia dengan kesehatan lingkungan dan keberlanjutan sumber daya alam. Dalam menjalani kehidupan di era modern yang gejolak ini mau tidak mau bahwa akan isu-isu lingkungan semakin mendesak dan penting untuk masyarakat dapat berkontribusi pada perubahan positif yang ke arah lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Hidup berkelanjutan bukan hanya tentang bertanggung jawab terhadap lingkungan tetapi juga harus dapat berdampak pada kesehatan, kesejahteraan, dan masa depan generasi mendatang.

Salah satu sektor yang memiliki dampak besar terhadap lingkungan adalah industri fashion. Produksi bahan-bahan pakaian yang tidak ramah lingkungan, kondisi kerja yang tidak manusiawi, dan pembuangan limbah yang berlebihan adalah beberapa masalah yang perlu ditangani agar dapat menjadi lebih baik lagi. Namun disini dibutuhkan sebuah perubahan kesadaran dan kepedulian konsumen akan menerapkan sebuah mode berkelanjutan menjadi tren yang berkembang pesat dalam setiap kegiatan yang dilakukannya.

Mode Berkelanjutan Merupakan Langkah ke Arah Fashion yang Ramah Lingkungan

Industri fashion berkelanjutan kini dapat juga berfokus pada produksi pakaian dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat. Salah satu pihak yang telah menerapkan akan lingkungan salah satunya pihak yang dikenal oleh masyarakat dengan sebuah nama Royal Golden Eagle (RGE). Royal Golden Eagle (RGE) kini telah memahami pentingnya mode berkelanjutan dan berkomitmen untuk menghadirkan inovasi di sektor ini melalui salah satu anak perusahaannya yang bernama Sateri.

Sateri adalah produsen serat viscose terkemuka di dunia yang telah menghasilkan serat dari sebuah material yang dikenal dengan nama bubur kayu yang berasal dari hutan dan perkebunan yang dikelola secara berkelanjutan. Dalam produksi serat viscose ini pihak perusahaan yang bernama Sateri menggunakan sumber daya yang dapat diperbaharui untuk dapat mengurangi permintaan terhadap bahan-bahan yang tidak dapat diperbarui seperti kapas dan polyester. Penggunaan serat viscose Sateri memberikan dampak positif bagi pelestarian lingkungan dan keberlanjutan sumber daya alam.

Selain itu pihak perusahaan yang bernama Sateri juga menerapkan praktik manufaktur yang bertanggung jawab dalam hal ini termasuk saat proses loop tertutup untuk mendaur ulang dan menggunakan kembali bahan kimia. Praktik ini mengurangi limbah dan emisi serta membantu menciptakan produksi yang lebih berkelanjutan secara keseluruhan.

Dengan memilih mode berkelanjutan masyarakat yang dilihat sebagai konsumen dapat berperan aktif dalam mendukung praktik bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Mode berkelanjutan juga memberikan kesempatan bagi perancang busana untuk berinovasi dan menghadirkan desain yang kreatif dengan tetap memperhatikan lingkungan.

Daur Ulang Kertas Dapat Mengubah Limbah Menjadi Sumber Daya Bernilai

Selain mode berkelanjutan dalam hal daur ulang kertas juga menjadi salah satu inisiatif penting yang digalakkan oleh Royal Golden Eagle (RGE) melalui anak perusahaannya yang dikenal dengan sebuah nama APRIL. Industri kertas adalah salah satu sektor yang menyebabkan pembabatan hutan dan dampak lingkungan lainnya. Namun dengan penggunaan akan daur ulang kertas maka dapat membuat sebuah produk yang dihasilkan dari limbah kertas bekas dapat diubah menjadi sumber daya bernilai dan berguna bagi kegiatan sehari-hari masyarakat.

Selain itu perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama APRIL adalah produsen serat, bubur, dan produk kertas terkemuka di dunia. Melalui program daur ulang kertasnya maka secara tidak langsung perusahaan yang bernama APRIL telah mengumpulkan limbah kertas pascakonsumen dan mendaur ulangnya menjadi bahan baku yang dapat digunakan kembali. Praktik ini mengurangi kebutuhan akan bahan baku baru dan membantu mengatasi masalah limbah kertas.

Melalui proses kegiatan daur ulang kertas yang dilakukan oleh perusahaan yang bernama APRIL menunjukkan bahwa ekonomi sirkular adalah mungkin di mana limbah dapat diubah menjadi sumber daya yang bernilai. Praktik ini juga mendorong partisipasi masyarakat lokal dan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

Kontribusi Individu Untuk Hidup Berkelanjutan

Sebagai individu yang ada di masyarakat yang tinggal di bumi juga dapat berperan dalam upaya hidup berkelanjutan. Beberapa langkah sederhana yang dapat diambil adalah sebagai berikut:

Beralih ke Mode Berkelanjutan. Maka dari itu disini masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-harinya pilihlah pakaian dari bahan ramah lingkungan dan dukung perusahaan yang berkomitmen pada mode berkelanjutan seperti Sateri di bawah naungan RGE.

Daur Ulang Kertas. Daur ulang kertas bekas di rumah, kantor, atau tempat lainnya yang menjadi kegiatan sehari-hari yang diproduksi oleh APRIL. Dukung program daur ulang kertas yang dilakukan oleh perusahaan seperti APRIL untuk membantu mengurangi limbah kertas.

Penggunaan Berkelanjutan. Gunakan barang-barang secara lebih efisien dan hemat sumber daya. Contohnya matikan perangkat elektronik ketika tidak digunakan dan manfaatkan air dengan bijak.

Dukungan: Dukung perusahaan dan merek yang menganut prinsip hidup berkelanjutan dengan memilih produk dan layanan mereka.

Hidup berkelanjutan adalah tanggung jawab bersama tidak hanya satu pihak saja tetapi harus secara bersama-sama antara masyarakat sampai perusahaan yang ada di bumi ini untuk dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi planet tercinta ini. Royal Golden Eagle (RGE) adalah perusahaan yang terlibat aktif dalam mempromosikan kehidupan berkelanjutan melalui inisiatif mode berkelanjutan dan daur ulang kertas.

Tidak hanya itu dalam melakukan kegiatan akan mode berkelanjutan yang dihadirkan oleh Sateri membantu mengurangi dampak negatif industri fashion terhadap lingkungan sedangkan daur ulang kertas oleh APRIL mengubah limbah menjadi sumber daya bernilai. Kontribusi ini menunjukkan betapa pentingnya upaya bersama dalam menjaga keseimbangan antara kebutuhan manusia dengan keberlanjutan lingkungan.

Sebagai individu maka kita juga dapat berperan dalam hidup berkelanjutan dengan memilih mode berkelanjutan melalui kegiatan mendaur ulang kertas dan mengadopsi praktik ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari. Mari bersama-sama berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan untuk generasi mendatang. Dengan kerjasama dan komitmen dari seluruh komunitas maka secara langsung akan dapat membuat sebuah perubahan positif adalah hal yang pasti dapat kita capai khususnya dalam menciptakan sebuah kehidupan yang ramah lingkungan.

Harapannya dengan adanya sebuah tulisan ini akan dapat memberikan sebuah dampak yang sangat besar dalam bumi yang sedang terjadi masalah lingkungan yang cukup parah akibat kegiatan yang dilakukan di masa lampau. Dimana dengan adanya berbagai macam pihak yang terlibat dari mulai masyarakat sampai pihak RGE yang kegiatan secara nyatanya pada bidang sustainable living khususnya pada bidang sustainable fashion  dan paper upcycling yang dilakukan oleh anak perusahaan yang dimiliki oleh pihak RGE. Diakhirnya di bumi ini akan menjadi lebih baik karena sudah menerapkan berbagai macam kegiatan yang ramah terhadap lingkungan. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge   
  2. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge   
  3. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s  
  4. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw&t=2s  
  5. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4  
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/   
  7. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Melangkah Bersama Menuju Hidup Berkelanjutan Dari Peran Royal Golden Eagle Dalam Sustainable fashion Dan Daur Ulang Kertas"

Posting Komentar