Cerita Tentang Sustainable fashion Dan Daur Ulang Kertas

Salam pembaca yang budiman. Selamat datang kembali pada blog ini. Pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan tentang sebuah kisah dari perjalanan yang cukup panjang akan kisah yang inspiratif tentang bagaimana sebuah perusahaan untuk terus berkomitmen dalam menciptakan sebuah dunia yang lebih baik dengan praktik secara langsung akan konsep yang berkelanjutan. Berbicara tentang keberlanjutan tentunya tak bisa dilepaskan dari dua subtopik menarik, yaitu "fashion berkelanjutan" dan "daur ulang kertas". Maka dari itu pada kesempatan kali ini khususnya di dalam cerita ini penulis akan mengenal lebih dekat tentang Royal Golden Eagle (RGE) yang merupakan sebuah perusahaan yang menjadi sejak zaman dahulu sampai saat ini telah menjadi agen perubahan dalam menciptakan gaya hidup berkelanjutan melalui inovasi di industri mode dan daur ulang kertas.

Pertemuan Awal Dengan Royal Golden Eagle

Pada cerita ini dimulai di tahun 2021 ketika penulis sedang menghadiri sebuah acara berkelanjutan di sebuah kota besar yang ada di masyarakat. Ada sebuah hal dari salah satu acara yang menarik perhatian penulis adalah hasil sebuah diskusi tentang perusahaan besar yang berfokus pada praktik keberlanjutan dalam operasional bisnis yang dilakukannya. Belum lagi di antara beberapa perusahaan yang dibahas pada kegiatan tersebut terdapat sebuah nama perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama Royal Golden Eagle yang seketika mengundang rasa ingin tahu penulis lebih jaut terhadap nama perusahaan tersebut.

Royal Golden Eagle adalah salah satu perusahaan konglomerat yang sudah diakui secara global dengan berbagai macam operasi di berbagai sektor termasuk pulp dan kertas, agribisnis, energi, dan agro-industri. Perusahaan Royal Golden Eagle juga selalu saja memegang sebuah keyakinan bahwa bisnis yang sukses haruslah berkelanjutan dan memberi manfaat bagi masyarakat, lingkungan, serta ekonomi secara bersamaan tanpa terpisah satu sama lainnya. Inilah yang mendasari perusahaan tersebut untuk selalu dapat melakukan integrasikan akan sebuah praktik yang berkelanjutan di setiap tahap operasional yang dilakukan.

Mode Berkelanjutan Untuk Perubahan

Kini dari sekian banyak hal ada salah satu aspek menarik yang dibahas dalam acara tersebut adalah berkaitan dengan sebuah kontribusi yang dilakukan oleh perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama RGE di bidang fashion yang memiliki konsep berkelanjutan. Banyak yang tidak menyadari bahwa industri mode tradisional dapat menjadi salah satu penyumbang besar terhadap kerusakan lingkungan yang terjadi di bumi tempat tinggal mahluk hidup dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Dimana penggunaan berbagai macam bahan-bahan yang sintetis dan bahan kimia yang digunakan dalam produksi pakaian sering kali mencemari air dan udara, serta dari sisi lainnya berupa limbah tekstil juga turut menambah beban timbunan sampah yang ada di masyarakat.

Dengan adanya beberapa hal tersebut dimasa lalu mendorong pihak perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama RGE menyadari tantangan ini dan memutuskan untuk melakukan berbagai macam tindakan sebagai bagian dari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kini melalui anak perusahaannya yang dikenal oleh masyarakat dengan nama APRIL Group yang dari berdiri hingga saat ini telah berfokus kepada bidang industri pulp dan kertas yang dibawah nauangan perusahaan besar bernama RGE telah melakukan berbagai macam inovasi dalam produksi serat rayon yang ramah lingkungan. Serat rayon ini berasal dari sumber kayu yang telah diperoleh dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan dan berbasis pada prinsip tanam paksa dan deforestasi nol.

Dengan menggunakan serat rayon sebagai bahan baku utama dalam proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama APRIL Group bersama para mitra merevolusi dunia fashion dengan konsep "fashion berkelanjutan". Serat rayon ini dapat diolah menjadi kain yan berkualitas tinggi selain itu juga produksi kain menggunakan serta rayon juga dapat menghasilkan produk lembut, bernapas, dan nyaman digunakan dalam kegiatan sehari-hari dari masyarakat yang tinggi. Tidak hanya itu penggunaan berbagai macam produk yang berasal dari serat rayon ini juga dapat diwarnai menggunakan pewarna alami sehingga mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia saat digunakan oleh masyarakat dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

Selain itu perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama RGE juga berkomitmen dari dahulu sampai saat ini untuk selalu membantu para perancang busana dan merek-merek ternama dalam industri mode untuk mengadopsi bahan baku yang ramah lingkungan. Melalui cara kemitraan serta melakukan pendampingan secara teknis sehingga di ujungnya perusahaan besar yang bernama RGE selalu berusaha untuk dapat mengurangi jejak karbon dari industri mode dan menghadirkan pilihan fashion berkelanjutan kepada konsumen yang ada di masyarakat sebagai penggunannya.

Tren Fashion Berkelanjutan Menyebar Pesat

Kini mau tidak mau akan waktu yaitu tidak butuh waktu lama bagi tren fashion berkelanjutan untuk menyebar pesat di industri mode. Dengan dukungan dari perancang terkemuka dan kampanye yang kuat untuk mengedukasi konsumen tentang pentingnya memilih produk yang berkelanjutan membuat permintaan akan pakaian ramah lingkungan terus meningkat di masyarakat sebagai konsumen yang akan menggunakan produk tersebut dalam menjalani kegiatan sehari-harinya.

Berbagai macam pihak yang memiliki pemikiran bahwa pakaian yang telah menerapkan konsep berkelanjutan sebagai pilihan kedua tetapi kini dapat melihat hal tersebut menjadi sebuah tren yang menarik dan bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Belum lagi kini para perancang busana terkenal mulai mengintegrasikan penggunaan berbagai macam produk dengan berbahan dasar serat rayon berkelanjutan dalam koleksi yang diproduksinya dan merek-merek fashion terkemuka mulai melabeli produk mereka sebagai "berkelanjutan" untuk menarik perhatian konsumen yang peduli lingkungan.

Perubahan paradigma ini juga didukung oleh kampanye sosial media yang kuat di mana pengguna media sosial berbagi informasi tentang fashion berkelanjutan dan berbagi pengalaman mereka dalam memilih produk yang ramah lingkungan.

Kini dengan perkembangan teknologi sampai perubahan waktu yang semakin berubah nyatanya membuat masyarakat semakin menyadari bahwa pilihan yang buat dalam membeli pakaian tidak hanya berdampak pada penampilan secara visual kepada orang lain tetapi juga berperan dalam mewujudkan perubahan yang positif bagi lingkungan dan komunitas. Fashion berkelanjutan semakin menjadi bagian dari gaya hidup yang diapresiasi oleh banyak kalangan.

Pentingnya Daur Ulang Kertas

Selain menjadi agen perubahan dalam industri mode perusahaan besar yang memiliki nama RGE juga telah memfokuskan perhatiannya pada upaya bidang daur ulang kertas. Kertas adalah produk yang sering temui dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Namun kegiatan dari produksi kertas konvensional seringkali menimbulkan dampak negatif pada lingkungan terutama akibat penebangan hutan secara tidak bertanggung jawab.

Kini melalui pendekatan berkelanjutan yang dilakukan oleh perusahaan besar yang dikenal oleh masyarakat dengan nama RGE telah menerapkan praktik daur ulang kertas yang bertanggung jawab. Perusahaan RGE juga telah melakukan pengembangan berupa teknologi dan proses produksi yang memungkinkan kertas bekas dapat diolah kembali menjadi kertas berkualitas tinggi tanpa mengorbankan kualitas agar dapat digunakan oleh masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Selain itu perusahaan besar yang memiliki nama RGE juga berkomitmen untuk mengurangi jumlah kertas bekas yang berakhir di tempat pembuangan akhir. Perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan komunitas dan pemulung lokal untuk mengumpulkan kertas bekas dari rumah tangga dan perkantoran lalu mengolahnya menjadi produk kertas yang dapat digunakan kembali.

Daur ulang kertas tidak hanya mengurangi penebangan hutan yang merusak tetapi juga mengurangi penggunaan energi dan air yang dibutuhkan dalam produksi kertas baru. Ini berarti pengurangan emisi gas rumah kaca dan dampak negatif pada lingkungan hidup.

Harapannya dengan beberapa hal yang telah dilakukan oleh perusahaan besar yang memiliki nama RGE dalam sustainable living khususnya dalam bidang sustainable fashion dan paper upcycling dapat memberikan dampak kepada bumi tercinta ini menjadi ramah terhadap lingkungan. Sehingga diakhirnya generasi yang akan datang akan nyaman saat menjalani kehidupan sehari-harinya karena tidak ada pencemaran lingkungan ataupun kerusakan lingkungan yang sangat kecil. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Semoga informasi yang disajikan oleh penulis akan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge   
  2. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge   
  3. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s  
  4. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw&t=2s  
  5. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4  
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/   
  7. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cerita Tentang Sustainable fashion Dan Daur Ulang Kertas"

Posting Komentar