Kisah dari Sudut Pandang Anak Kecil Terhadap Fashion Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas

Halo pada kesempatan kali ini penulis berandai-andai menjadi seseorang seorang anak kecil yang gemar bermain, belajar, dan menjelajahi dunia di sekitarku. Penulis sangat menyukai akan berbagai macam hal yang berkaitan dengan alam dan keindahan alam semesta ini. Penulis selalu percaya bahwa untuk dalam menjaga dunia ini tetap indah maka kita sebagai pihak yang meninggali tempat tersebut harus selalu hidup dengan cara berkelanjutan serta ramah terhadap lingkungan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini khususnya pada artikel ini penulis akan berbicara tentang bagaimana perusahaan Royal Golden Eagle (RGE) membantu menciptakan kehidupan berkelanjutan melalui berbagai macam upaya-upaya dalam mode berkelanjutan dan daur ulang kertas. Sehingga disini baik itu penulis maupun pembaca akan bisa belajar secara bersama tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan dan mengambil langkah kecil untuk menjadikan dunia ini lebih baik bagi masa depan yang akan datang.

Mengenal Hidup Berkelanjutan

Sebelum penulis membahas tentang peran yang dilakukan oleh perusahaan yang bernama RGE dalam merealisasikan hidup berkelanjutan maka pada kesempatan kali ini mari kita (penulis dan pembaca) untuk sama-sama terlebih dahulu untuk memahami akan apa itu hidup berkelanjutan. Bisa dikatakan bahwa hidup berkelanjutan adalah tentang mengadopsi gaya hidup yang mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. Ini berarti kita sebagai mahluk yang hidup di bumi harus mengambil keputusan yang ramah lingkungan, mendukung masyarakat lokal, dan mempertimbangkan dampak jangka panjang dari tindakan yang dilakukan.

Harus digaris bahwahi terlebih dahulu akan hidup berkelanjutan bukanlah tugas yang sulit bahkan anak-anak kecil seperti penulis pun masih bisa berperan dalam menciptakan sebuah perubahan positif yang lebih baik lagi. Selain itu ketika berbicar mengenai sebuah perusahaan besar salah satunya seperti perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama RGE telah berkomitmen untuk dalam proses kegiatannya menerapkan prinsip keberlanjutan yang dampaknya bisa sangat besar dan menginspirasi banyak orang untuk bergabung dalam gerakan ini untuk menciptakan sebuah bumi sebagai tempat tinggal yang lebih ramah terhadap lingkungan bagi kini dan masa depan.

Sustainable fashion Akan Mengenakan Gaya Tanpa Mengorbankan Bumi

Penulis suka sekali berpakaian akan membuat penulis menjadi lebih baik secara tampilan dibarengi akan penggunaan berbagai macam pakaian warna-warni. Tapi tahukah para pembaca tahu bahwa kegiatan yang dilakukan oleh para pelaku kegiatan dari bidang industri fashion memiliki dampak besar pada lingkungan?. Dimana produk berupa pakaian yang dibuat dari bahan yang tidak berkelanjutan seperti plastik dan bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan polusi dan kerusakan lingkungan menjadi semakin parah lagi di bumi tercinta ini. Tetapi kini para pembaca tidak usah jangan khawatir karena pada saat ini sudah ada solusinya yang menerapkan dengan mode berkelanjutan sebagai jawabannya atas permasalahan tersebut.

Pihak perusahaan yang dikenal namanya oleh masyarakat dengan nama yaitu RGE telah berperan sangat aktif dalam mendorong mode berkelanjutan melalui salah satu anak perusahaannya yang dikenal oleh masyarakat dengan nama Sateri. Sateri merupakan salah satu perusahaan yang menjadi produsen serat viscose yang ramah lingkungan. Serat viscose adalah serat alami yang terbuat dari kayu atau tanaman lainnya. Sateri menggunakan kayu dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab sehingga tidak ada penebangan liar yang merusak hutan alam.

Mode Berkelanjutan Dengan Sateri

  1. Penggunaan Bahan Baku Bertanggung Jawab. Pihak perusahaan yang bernama Sateri hanya menggunakan bahan baku dari pabrik pulp yang bersertifikat. Tidak hanya itu dalam hal proses pemilihan kayu juga menerapkan konsep berkelanjutan membantu mencegah deforestasi dan mendukung keanekaragaman hayati yang terjadi di bumi tercinta ini.
  2. Pengurangan Limbah. Selain itu perusahaan yang bernama Sateri juga berkomitmen untuk mengurangi limbah produksi dan emisi gas rumah kaca yang terjadi di bumi tercinta sebagai tempat tinggal kita semua. Perusahaan tersebut akan selalu mengadopsi teknologi hijau untuk meminimalkan dampak negatif pada lingkungan dalam proses kegiatan yang dilakukannya.
  3. Kolaborasi dengan Desainer Berkelanjutan. Pihak perusahaan yang bernama RGE dan Sateri juga bekerja sama dengan desainer berkelanjutan yang menggunakan serat viscose dalam koleksi yang dibuatnya. Hal ini tentunya dapat membantu mempromosikan fashion ramah lingkungan dan menciptakan kesadaran tentang pentingnya pilihan berkelanjutan dalam berpakaian yang digunakan oleh masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ketika masyarakat sudah memilih fashion berkelanjutan maka secara tidak langsung juga melakukan kegiatan berkontribusi dalam menjaga bumi tetap indah untuk masa depan.

Merubah Sampah Menjadi Harta Karun Dalam Bidang Daur Ulang Kertas

Pada kesempatan kali ini akan membicarakan tentang bidang daur ulang kertas. Harus diakui bahwa penulis merupakan seseorang yang suka dengan kegiatan menggambar dan menulis di kertas tapi sayangnya semakin banyak kegiatan tersebut digunakan maka akan semakin banyak pula kertas yang hanya sekali pakai dan akhirnya berakhir sebagai sampah. Tapi tahukah para pembaca semuanya bahwa kini kertas bisa didaur ulang dan diubah menjadi bahan yang berguna lagi?.

Kini melalui salah satu anak perusahaannya yang bernama APRIL Group dimiliki oleh perusahaan besar yang bernama RGE telah berinvestasi dalam teknologi canggih untuk memastikan bahwa kegiatan daur ulang kertas dan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab dapat dilakukan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kegiatan daur ulang kertas adalah proses mengubah kertas bekas menjadi serat pulp yang dapat digunakan kembali untuk membuat kertas baru yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Mengapa Daur Ulang Kertas Penting?

  1. Pengurangan Penggunaan Kayu. Dengan melakukan kegiatan mendaur ulang kertas maka secara tidak langsung kita sebagai mahluk hidup turut pula akan mengurangi permintaan terhadap penebangan pohon yang berlebihan. Ini membantu melindungi hutan dan mencegah hilangnya habitat bagi berbagai makhluk hidup yang mendiami akan hutan alam sebagai tempat penyedia kayu yang akan digunakan.
  2. Pengurangan Limbah. Kegiatan daur ulang kertas juga turut mengurangi jumlah kertas yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Hal ini tentunya dapat pula membantu mengurangi volume limbah dan mengurangi dampaknya pada lingkungan yang ada di bumi ini.
  3. Energi dan Sumber Daya. Selain itu dalam melakukan proses daur ulang kertas memerlukan lebih sedikit energi dan sumber daya alam dibandingkan dengan produksi kertas dari bahan baku baru. Hal ini membantu mengurangi jejak karbon dan membantu melindungi lingkungan.

Maka ketika masyarakat atau pihak lainnya melakukan kegiatan mendaur ulang kertas maka secara tidak langsung pula akan turut berperan dalam menjaga keberlanjutan sumber daya alam dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Mengambil Langkah Kecil Menuju Dunia yang Lebih Baik

Penulis menyadari bahwa kadang-kadang perubahan besar terasa sulit dilakukan tapi kita sebagai masyarakat bisa memulai dengan langkah kecil. Misalnya di rumah penulis melakukan kegiatan belajar untuk memilah sampah dengan baik. Kertas bekas penulis akan simpan dan bawa ke tempat daur ulang jadi sampah kertas bekas tersebut bisa diolah menjadi kertas baru yang akan digunakan oleh seseorang dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Selain itu juga terkadang penulis juga meminta keluarga besar untuk dapat membeli pakaian dari bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Ketika perusahaan besar seperti RGE dan anak perusahaannya yang dikenal oleh masyarakat dengan nama Sateri dan APRIL Group terus berkomitmen untuk hidup berkelanjutan tentunya kegiatan yang dilakukan tersebut dapat dikatakan telah banyak sekali menginspirasi banyak orang untuk mengikuti jejak yang sama dalam menciptakan kehidupan yang berkelanjutan. Apalagi kegiatan yang dilakukan oleh pihak RGE melalui anak perusahaannya dengan nemerapakan sustainable living khususnya dalam bidang sustainable fashion  dan paper upcycling agar bisa menciptakan dunia yang lebih baik seperti lingkungan yang lebih bersih, dan masa depan yang lebih cerah bagi masa depan yang lebih baik.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge   
  2. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge   
  3. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s  
  4. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw&t=2s  
  5. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4  
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/   
  7. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Kisah dari Sudut Pandang Anak Kecil Terhadap Fashion Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas"

Posting Komentar