Melindungi Mata di Era Digital untuk Kesehatan Optimal

Terjadinya Revolusi Industri telah menjadi tonggak sejarah akan perubahan dalam stuktur ekonomi sampai sosial di masyarakat dunia. Revolusi Industri pertama dimulai saat akhir abad ke-18 di Britania Raya yang diciptakannya mesin uap dan mekanisme proses produk. Sehingga pada saat itu mengubah Britania Raya dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.

Setelah itu dibeberapa tahun selanjutnya tepatnya di akhir abad ke-19 sampai awal abad ke-20 terjadi Revolusi Industri kedua. Hal tersebut ditandai oleh penerapan teknologi listrik, jalur perakitan bergerak, dan konsep manajemen ilmiah. Pada saat itu membawa efisiensi produksi dan ledakan dalam produk massal.

Di pertengahan abad ke-20 terjadi lagi Revolusi Industri ketiga atau Revolusi Digital. Tanda pada Revolusi Industri ketiga dengan munculnya penggunaan teknologi komputer dan otomatisasi proses produk. Bisa dikatakan pada zaman tersebut telah memasuki gerbang akan era informasi dan globalisasi ekonomi.

Sementara itu ketika memasuki awal abad ke-21 mengalami perkembangan dengan memasuki Revolusi Industri keempat. Tanda dari zaman tersebut berupa penggabungan teknologi digital, fisik, dan biologi. Penggabungan tersebut menciptakan jaringan yang terkoneksi secara luas di kehidupan masyarakat.

Saat ini didepan mata atau dapat dikatakan saat ini juga telah memasuki Revolusi Industri kelima walaupun masih tahap yang disempurnakan. Tetapi kini sudah dapat terlihat akan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan, interne semesta, sampai manufaktur aditif. Semua tersebut mengubah akan fundamental manusia dalam bekerja, hidup, dan berinteraksi dengan lingkungan di masyarakat.

Hidup di tengah perkembangan Revolusi Industri kelima menuntut masyarakat agar menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut terjadi karena adanya teknologi benar-benar membantu masyarakat dalam melakukan aktifitasnya. Secara contoh dalam berkomunikasi sebelum adanya perkembangan seperti ini komunikasi antar individu dilakukan dengan waktu dan tenaga yang besar. Tetapi kini secara real-time tanpa mengenal jarak antar individu dapat berkomunikasi dengan mudah.

Dampak adanya koneksi aktifitas masyarakat dibantu oleh teknologi membawa perubahan besar. Teknologi sensor pintar dan monitoring dalam mengawasi polusi udara, air, dan tanah memberikan data secara akurat kepada pemerintah dalam memberikan kebijakan. Selain itu inovasi dalam manufaktor memungkinkan produksi limbah seminimal mungkin tanpa terkontak dengan tubuh manusia.

Walaupun adanya teknologi memberikan kemudahan dan efesinesi dalam berbagai aspek kehidupan. Nyatanya hal tersebut membawa masyarakat akan jebakan ketergantungan yang sangat sulit dipisahkan. Bahkan kini ada istilah di masyarakat berupa “lebih baik ketinggalan dompet dibandingkan ketinggalan hp”. Istilah tersebut menandakan bahwa masyarakat sudah tidak mau dipisahkan dari teknologi seperti hp dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Penduduk Indonesia yang berusia 16-64 tahun melakukan berselancar di internet dalam sehari secara rata-rata mencapai 7 jam 59 menit. Mayoritas menggunakan internet pada ponsel dengan jumlah 171 juta atau 98% dari pengguna internet Indonesia. Sedangkan mengakses media sosial berada di urutan kedua dengan rata-rata waktu yang dihabiskan 3 jam 26 menit. Media sosial yang sangat populer diraih oleh Yotube 88% dan Whatsapp 84%. Sementara media lainnya selama 3 jam 4 menit melakukan tontonan televisi, 1 jam 30 menit untuk streaming music, dan 1 jam 23 menit untuk menggunakan konsol game.

Lama penggunaan teknologi seperti ponsel pintar (smartphone) oleh masyarakat karena kenyamanan yang diberikan. Kenyaman tersebut nyatanya didukung oleh perusahaan pembuat smartphone yang terus mengembangkan inovasinya. Setiap tahun produsesn smartphone terkemuka berlomba-lomba mengeluarkan jenis smartphone dengan kecanggihan terbaik. Belum lagi pada smartphone tersebut ditawarkan berbagai fitur baru sampai peningkatan kinerja yang memikat.

Perkembangan akan canggihnya teknologi tidak hanya dirasakan smartphone saja. Pada beberapa waktu yang lalu muncul teknologi realitas virtual (VR). Munculnya VR kehidupan masyarakat telah di prediksi dalam serial animasi "The Simpsons". Animasi klasik karya Matt Groening tersebut diklaim telah memprediksi kehadiran gadget paling mutakhir. Hal tersebut mengambarkan teknologi yang dikenal dengan nama VR saat ini.

Saat ini pengguna VR sudah mulai terjadi di masyarakat Amerika Serikat dan akan segera merambat ke negara lainnya. Dimana adanya VR tersebut memberikan pengalaman yang mendalam dan imersif yang tidak bisa diberikan oleh teknologi lainnya seperti smartphone. Apalagi penggunaan VR memiliki kelebihan berupa mobilitas yang sangat mudah. Selain itu penggunaan VR akan dapat dilakukan walaupun sedang melakukan kegiatan lainnya.

Penggunaan teknologi mulai dari smartphone sampai VR memiliki benang merah yang sama berupa aktivitasnya menatap layar teknologi. Namun penting untuk diakui bahwa ketergantungan terhadap layar teknologi juga memberikan beban tambahan bagi organ mata. Belum lagi semakin sering menatap layar teknologi membuat organ mata harus bekerja sangat keras dan ekstra.

Menatap layar teknologi yang memiliki paparan sinar biru memberikan dampak kerusakan organ mata. Paparan sinar biru yang berlebihan memicu terjadinya degenerasi makula, glaukoma, degeneratif retina, bahkan memicu kebutaan. Terpapar sinar biru terus-menerus membuat kornea dan lensa mata tidak berfungsi lagi dalam memantulkan cahaya.

Tidak hanya itu saja terpapar sinar biru dengan jenjang waktu lama menyebabkan kelelahan mata, ketegangan pada otot mata, serta mengganggu ritme tubuh. Apalagi organ mata tidak memiliki perlindungan alami untuk menghindar daari paparan sinar biru. Maka kondisi tersebut membuat peluang terjadi kerusakan organ mata dari kegiatan menatap layar teknologi menjadi berbahaya bagi seseorang. Salah satu penyakit atas organ mata yang dirasakan oleh masyarakat akibat penggunana teknologi berupa miopi.

Miopi merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kesulitan melihat objak yang jauh dengan jelas. Seseorang yang mengidap miopi maka ketika cahaya masuk ke organ mata difokuskan di depan retina daripada tepat diatasnya. Hal tersebut menyebabkan objek yang jauh terlihat kabur atau tidak terlihat jelas.

Peluang terjadinya penyakit miopi di masyarakat Indonesia semakin besar akibat masyarakat memiliki teknologi smartphone. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 memaparkan 67,88% yang berusia 5 tahun ke atas telah memiliki smartphone. Angka tersebut rekor tertinggi dalam sedekade terakhir mencerminakan adopsi teknologi seperti smartphone semakin pesat di kehidupan masyarakat. Adanya penggunaan smartphone tersebut berpotensi sangat besar bagi masyarakat terjangkit penyakit miopi akibat lamanya penggunaan.

Untuk mengurangi paparan sinar biru dari layar teknologi dan mencegah potensi kerusakan pada organ mata seperti penyakit miopi ada beberapa solusi. Dari sekian banyak solusi salah satunya yaitu menggunakan filter cahaya biru atau kacamata anti-cahaya biru pada layar teknologi. Pengunaan kacamata anti-cahaya biru akan dapat mengurangi dampak dari sinar biru yang diberikan oleh layar teknologi.

Jika tidak mau menggunakan filter cahaya biru dapat menerapakan aturan “20-20-20”. Aturan tersebut menyarankan setiap 20 menit menatap layar maka harus istirahat dengan melihat objek 20 kaki (sekitar 6 meter) selama minimal 20 detik. Secara tegas teori tersebut melakukan pandangan ke jarak yang lebih jauh dan memberikan istirahat mata organ mata. Hal tersebut membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan otot mata dari paparan sinar biru dari teknologi seperti smartphone.

Selain itu agar lebih maksimal seseorang dapat mengkonsumsi makanan tertentu. Salah satu jenis makanan tersebut seperti bunga marigold, wortel, buah bilberry, dan madu murni. Lutein yang terdapat dalam bunga marigold dapat membantu mencegah gangguan kesehatan mata. Vitamin pada wortel dapat meningkatkan kejernihan mata dan mencegah katarak. Antosianin yang ada dalam buah bilberry dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan dan seng dalam madu murni membantu menjaga fungsi syaraf optik. Buah blueberry memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Meskipun mengonsumsi makanan seperti bunga marigold, wortel, buah bilberry, madu murni, dan buah blueberry memberikan manfaat kesehatan mata. Tetapi jika semua makanan tersebut dimasukan ke dalam pola makanan sehari-hari rasanya menjadi tantangan. Dimana tantangan tersebut berupa rasa kenyang secara berlebihan dirasakan seseorang. Jika sudah terjadi demikian maka menyebabkan rasa ngantuk yang akan menghambat produktifitas sehari-hari.

Belum lagi sulitnya mendapatkan beberapa makanan yang baik bagi organ mata seperti yang dipaparkan diatas. Alasan sulit tersebut karena makanan tersebut harus berbenturan dengan makanan pokok yang harganya terkadang mengalami kenaikan. Sehingga jika harus diberikan pilihan antara makanan sehat bagi organ mata dengan makanan pokok. Maka masyarakat akan secara dominan memilih untuk membeli kebutuhan pokok dan mengorbankan kesehatan mata. Oleh karena itu untuk membantu masyarakat Indonesia tetap memiliki organ mata yang sehat dikeluarkanlah produk bernama Eyebost.

Eyebost merupakan produk yang dikembangkan oleh PT Erdigma (Erhanesia Digima Mukitama). Kandungan utama bahan pembentuk Eyebost berupa wortel, ekstrak bilberry, ekstrak bunga marigold, dan rasa blueberry. Sehingga saat seseorang mengonsumsi Eyebost akan dapat memberikan perlindungan pada kesehatan mata akibat serangan paparan sinar biru dari layar teknologi. Saat mengonsumsi Eyebost juga tidak akan merasa pahit karena telah dicampurkan dengan rasa bluerberry.

Dari sisi keamanan produk Eyebost juga sudah sangat terpecaya dibuktikan akan serifikat resmi dari pihak terkait. Sertifikat pertama diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan kehalalan. Nomor registrasi sertifikat halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI berupa 00110000121941021. Sedangkan seritikat lainnya diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor seri BPOM TR226015961.

Adanya sertifikat resmi dari pihak terkait menandakan bahwa produk Eyebost telah sesuai standar kesehatan dan agama (Islam). Dapat dikatakan bahwa Eyebost bukan hanya menjadi pilihan yang aman bagi kesehatan mata saja. Tetapi dengan mengonsumsi Eyebost akan juga menerapakan agama Islam dalam kehidupan berupa mengonsumsi makanan-minuman halal.

Anak-anak, remaja, sampai orang dewasa dapat mengonsumsi produk Eyebost. Untuk anak usia 2 tahun hingga 11 tahun disarankan untuk mengonsumsi 1 sendok teh Eyebost sehari sekali setiap hari. Sementara untuk remaja dan orang dewasa dosis yang disarankan adalah 2 sendok teh Eyebost sehari sekali setiap hari. Eyebost aman dikonsumsi setiap hari dan dianjurkan untuk dikonsumsi pada malam hari.

Eyebost telah menjadi pilihan yang diminati oleh banyak pelanggan dengan lebih dari 1.200.000 produk terjual. Dalam perjalanan bisnisnya Eyebost telah berhasil mengirimkan lebih dari 680.000 pesanan kepada para pelanggannya. Dimana jumlah pelanggan yang dikirim Eyebost telah mencapai 150.000. Angka yang impresif tersebut menunjukkan akan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan manfaat dari produk Eyebost dalam menjaga kesehatan mata.

Harga produk Eyebost menawarkan pilihan yang nyaman dan terjangkau bagi konsumen di masyarakat Indonesia. Hanya dengan harga Rp 90.000 untuk satu botol Eyebost masyarakat akan merasakan kesehatan mata terbaik. Tetapi jika konsumen memiliki dua botol harga Rp 174.000 atau tiga botol harga Rp 255.000. Dalam pembelian dua atau tiga produk Eyebost akan dikenakan potongan ongkir.

Setelah membahas akan seluk beluk akan Eyebost kurang lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai pengalaman penulis. Maka dari itu berikut ini pengalaman penulis akan menggunakan Eyebost dalam memelihara organ mata.

Hidup di era digital yang serta teknologi maka menjaga kesehatan mata menjadi semakin penting. Sebagai seorang yang bekerja di depan layar komputer sepanjang hari sering merasa lelah pada organ mata. Untuk mengatasi masalah tersebut akhirnya penulis mencoba produk Eyebost atas saran dari teman-teman.

Cara membeli produk Eyebost dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Pertama berupa klik tombol “Order” yang ada pada situs web. Pilihat paket yang digunakan 2 botol Vitamin Mata Eyebost dengan harga Rp 174.000. Setelah itu pesanana akan diproses oleh tim layanan yang siap membantu dan memberikan informasi. Setelah itu dilakukan pembayaran dan penulis akan menerima konfirmasi bahwa produk Eyebost akan dikirim sampai rumah.

Aturan minum bagi penulis berupa 2 sendok teh Eyebost setiap hari pada pagi hari dan malam hari khususnya 1 jam sebelum tidur. Disini penulis dalam menggunakan sendok untuk mengonsumsi Eyebost cukup khusus seperti sendok plastik/keramik/kayu. Tidak pernah penulis mengonsumsi produk Eyebost menggunakan sendok besi. Hal tersebut dilakukan penulis sesuai dengan aturan konsumsi produk Eyebost yang tertera pada bagian informasinya. 

Saat sampai Eyebost ditempat tinggal maka penulis memperlakukan produk tersebut secara khusus secara spesifik produk Eyebost tidak disimpan pada kulkas. Tetapi penyimanan dilakukan di tempat yang terjaga dengan tidak terkena sinar mahatahari secara langsung dan memiliki suhu ruang. Hal tersebut dilakukan agar dapat menjaga kandungan Eyebost dapat tetap maksimal memberikan manfaat saat dikonsumsi.

Setelah mengonsumsi Eyebost dalam beberapa waktu menghasilkan dampak bagi penulis terhadap kenyamanan organ mata. Dimana secara spesifik kelelahan mata yang biasa dirasakan akibat menatap layar komputer mulai berkurang. Belum lagi ketegangan pada orot mata juga berkurang sehingga bekerja dengan layar teknologi dalam jangka waktu cukup lama menjadi nyaman.

Perasaan setelah mengonsumsi produk Eyebost juga memberikan dampak ketajaman pengelihatan mata. Dimana yang setelah mengonsumsi produk Eyebost maka teks atau gambar yang berukuran kecil dan jaraknya jauh dapat terlihat dengan jelas oleh organ mata. Tentunya hal tersebut membantu penulis dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan baik.

Selain berdampak kepada kesehatan organ mata nyatanya penggunaan produk Eyebost juga kepada hal lain. Produk Eyebost juga memberikan perasaan akan percaya diri yang meningkat. Hal tersebut karena pada organ mata tidak mengalami kerusakan sehingga tidak perlu merasa minder saat bertemu dengan orang lian. Sehingga penulis merasa nyaman dan pede bertemu dengan orang lain untuk menyelesaikan berbagai urusan.

Secara keseluruhan berdasarkan pengalaman penulis akan produk Eyebost sangatlah memuasakan. Produk Eyebost yang dikonsumsi tidak hanya membawa kesehatan mata saja tetapi juga rasa percaya diri. Sehingga dapat dikatakan bahwa Eyebost sebagai bagian penting dari rutinitas perawatan organ mata penulis. Kondisi tersebut membuat produk Eyebost dan kehidupan sehari-hari penulis seperti dua sisi pada mata koin. Dimana penulis dan Eyebost tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan selalu bersatu.

Setelah membaca pengalaman penulis dalam mengonsumsi produk Eyebost. Apakah para pembaca memiliki pengalaman yang berbeda?. Jika iya, maka tidak ada salahnya para pembaca memaparkan hal tersebut didalam komentar agar penulis mengetahui pengalaman tersebut.

Nyatanya pengalaman dampak akan organ mata setelah mengonsumsi produk Eyebost juga dirasakan oleh beberapa individu lainnya. Salah satu individu berjenis kelamin laki-laki akibat mengonsumsi produk Eyebost. Berikut ini pemaparan akan testimoninya dapat dilihat dalam bentuk gambar sebagai berikut:

Dengan mengingat akan pentingnya menjaga kesehatan mata di era digital. Kini banyak individu yang mulai mencari solusi alami untuk merawat organ mata. Salah satu pilihan yang populer adalah menggunakan obat sakit mata alami. Obat ini terbuat dari bahan alami yang efektif dalam meredakan kelelahan dan ketegangan pada organ mata. Khasiat dari obat sakit mata alami ini membantu dalam memelihara kesehatan organ mata akibat aktivitas mentalap layar teknologi.

Selain itu dalam menjaga kesehatan mata juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup termasuk mengonsumsi vitamin mata terbaik. Vitamin mata ini mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh mata untuk menjaga kesehatannya. Bagi individu di masyarakat yang mengalami kondisi mata minus maka mencari cara mengurangi mata minus tanpa operasi. Dengan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan maka individu dapat memperbaiki kondisi mata mereka tanpa harus bergantung pada tindakan operasi.

Dimana hal tersebut dilakukan dengan cara mengonsumsi produk Eyebost. Jika masyarakat tidak mengalami kerusakan organ mata khususnya generasi mudanya akan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) berharga bagi Indonesia Emas 2045. Memiliki kesehatan mata yang optimal membuat SDM akan dapat berkontribusi secara maksimal dalam berbagai sektor pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, maupun sosial.

Mata yang sehat menjadi aset yang tak ternilai bagi kemajuan Indonesia. Hal tersebut karena kesehatan mata tidak hanya berpengaruh pada kinerja individu saja. Tetapi juga berdampak kepada kemajuan bangsa secara keseluruhan. Oleh karena itu dengan terjaminnya kesehatan mata melalui penggunaan Eyebost maka masyarakat akan lebih siap. Kesiapakn tersebut untuk menghadapi tantangan dan menjadi bagian dari perjalanan menuju Indonesia Emas 2045 di depan mata.

Untuk lebih jelas mengenai produk EyeBost maka tidak ada salahnya seseorang mendapatkan informasi lebih jelas dapat mengklik ini atau kesini https://eyebost.id/blog/.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/indonesia-habiskan-hampir-8-jam-untuk-berinternet
  2. https://seleb.tempo.co/read/1830523/viral-the-simpsons-prediksi-kemunculan-apple-vision-pro-sejak-8-tahun-lalu
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/08/67-penduduk-indonesia-punya-handphone-pada-2022-ini-sebarannya
  4. https://www.youtube.com/watch?v=5lHGIJ-ZL2A
  5. https://www.youtube.com/watch?v=4WgomkfSbWs
  6. https://www.youtube.com/watch?v=ps6dzX6AGDE
  7. https://www.youtube.com/watch?v=GMfHNTV19PM
  8. https://www.youtube.com/watch?v=prSn4vyToS4
  9. https://eyebost.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Melindungi Mata di Era Digital untuk Kesehatan Optimal"

Posting Komentar