Menuju Masa Depan Berkelanjutan dengan Mendukung Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas dengan Sudut Pandang Orang Tua

Saat sedang menjalani kehidupan sehari-hari yang kian berubah tersebut maka membuat semakin penting bagi kita khususnya yang telah menyandang sebuah status sebagai orang tua. Dimana para orang tua ini harus dapat mengadopsi sebuah praktik dan gaya hidup yang berkelanjutan saat menjalani kehidupan sehari-harinya. Hal tersebut karena bumi yang saat ini sebagai tempat tinggal sedang menghadapi sebuah tantangan yang nyata diakibatkan oleh adanya perubahan iklim yang dibarengi akan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu sangat penting bagi kita semua sebagai manusia untuk dapat memperhatikan akan sebuah dampak yang diberikan terhadap lingkungan saat menjalani kehidupan sehari-hari. belum lagi sebagai manusia untuk memperhatikan dampak yang diberikan terhadap lingkungan dan mengaharkan akan berbagai macam nilai-nilai yang berkelanjutan kepada anak-anak dimasa depan nanti. Maka dalam konteks ini maka perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan sebuah nama yang sudah sangat familiar dikenal dengan nama Royal Golden Eagle atau bisa disingkat dengan sebuah kata RGE. Dimana RGE ini memainkan peran yang cukup penting dalam mendorong akan mode berkelanjutan dan daur ulang kertas. Maka dalam artikel tersebut membuat kita sebagai masyarakat menjelajahi akan pentingnya mode berkelanjutan dan daur ulang kertas dengan sudut pandang orang tua yang peduli akan masa depan para generasi muda yang akan datang.

Belum lagi dalam era modern ini saat sedang menjalani kehidupan yang berkelanjutan telah menjadi isu yang semakin penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. apalagi adanya sebuah perubahan iklim yang terjadi dan kerusakan lingkungan yang semakin terlihat menuntut kita untuk mengambil tindakan yang lebih bertanggung jawab dan nyata terhadap lingkungan sebagai tempat tinggal. Apalagi sebagai seseorang yang sudah dianggap oleh masyarakat dengan label yaitu orang tua maka kita sudah seharusnya memiliki tanggung jawab untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita di mana kehidupan berkelanjutan menjadi norma yang ditaati dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Untuk dapat mendukung akan hal yang dilakukan oleh para orang tua tersebut untuk dapat menciptakan sebuah kehidupan yang berkelanjutan maka dibutuhkan pihak lain. Dari sekian banyak pihak yang terlibat salah satunya yaitu dikenal oleh masyarakat sebagai perusahaan yang bernama Royal Golden Eagle atau bisa juga disingkat dengan sebuah kata RGE. Dimana RGE dikenal oleh masyarakat sebagai kelompok industri global yang memiliki visi untuk menciptakan kehidupan berkelanjutan dan ramah lingkungan di bumi sebagai tempat tinggal. Apalagi kini seiring berjalannya waktu maka membuat pihak RGE telah tumbuh menjadi perusahaan multinasional dengan berbagai sektor operasi termasuk sektor pulp dan kertas, energi, agribisnis, dan manufaktur. Belum lagi saat sejak berdiri pada tahun 1973 oleh pengusaha Indonesia yang bernama Sukanto Tanoto. Kini mau tidak mau pihak RGE telah berkomitmen untuk mengelola operasionalnya dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat yang ada di sekitar.

Dari sekian banyak bidang yang dipilih oleh pihak RGE salah satunya yaitu berkaitan dengan bidang industri fashion. Dimana kini mau tidak mau dalam bidang industri fashion memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat terlihat dari hulu sampai hilir dengan bukti saat di mulai dari produksi hingga pembuangan limbah tekstil. Tetapi kini dengan melalui anak perusahaan RGE yang bernama Sateri. Maka kini dalam setiap langkah-langkah penting telah diambil untuk mengubah industri fashion agar lebih berkelanjutan dan ramah terhadap lingkungan yang mulai mengalami kerusahaan. Saat ini melalui pihak Sateri yang merupakan bagian dari pihak RGE menjadi produsen serat rayon berkelanjutan yang berasal dari kayu yang dikelola secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Selain itu adanya penggunaan serat rayon yang memiliki sifat berkelanjutan akan dapat mengurangi dampak kurang baik terhadap lingkungan dibandingkan dengan bahan baku konvensional yang sudah biasa digunakan oleh para pelaku produsen. Selain itu pihak Sateri juga selalu berkomitmen untuk meminimalkan limbah dan emisi yang dihasilkan selama proses produksi berlangsung.

Selain mode berkelanjutan dalam industri fashion yang dilakukan oleh pihak RGE juga terlibat dalam praktik daur ulang kertas. Hal tersebut dapat terlihat melalui anak perusahaannya yang dikenal oleh masyarakat dengan nama APRIL. Dengan adanya hal tersebut maka membuktikan bahwa pihak RGE selalu berkomitmen untuk mengelola sumber daya alam dengan berkelanjutan dan mengurangi deforestasi serta limbah kertas yang dihasilkan. Apalagi kini dengan adanya sebuah program yang dikenal dengan sebuah nama PaperOneTM telah diluncurkan oleh APRIL. Adanya program tersebut memiliki tujuan untuk memproduksi kertas daur ulang berkualitas tinggi menggunakan serat kertas bekas. Penggunaan bahan yang berasal dari daur ulang kertas berperan penting dalam mengurangi permintaan akan bahan baku baru dan melindungi keanekaragaman hayati.

Adanya sebuah dukungan yang diberikan oleh pihak RGE melalui anak perusahaan membuat pihak orang tua untuk menciptakan sebuah kehidupan yang berkelanjutan menjadi terbantu sangat besar. Apalagi sebagai orang tua yang peduli terhadap masa depan anak-anak kita untuk masa depan sangat penting untuk mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan kepada mereka. Maka dari itu didalam hal ini kita dapat melibatkan mereka dalam praktik berkelanjutan seperti memilih pakaian berkelanjutan, mendaur ulang, dan mengurangi penggunaan kertas. Dengan memberikan contoh dan penjelasan yang tepat membuat kita dapat membantu anak-anak sebagai generasi yang akan datang untuk dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan dan mendorong mereka untuk hidup secara berkelanjutan.

Kini saat sedang dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang sedang berlangsung dalam kehidupan ini dibutuhkan berbagai macam peran dalam hal ini seperti peran orang tua sebagai agen perubahan sangatlah penting. Belum lagi kini dengan adanya bantuan dari pihak Royal Golden Eagle (RGE) dengan inisiatifnya dalam mode berkelanjutan dan daur ulang kertas memberikan contoh yang baik dalam menjalani kehidupan berkelanjutan bagi generasi mendatang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Maka dari itu kini sebagai orang tua membuat kita dalam hal ini segala macam pihak harus dapat mengambil langkah-langkah kecil seperti mengenalkan mode berkelanjutan kepada anak-anak kita dan mendorong mereka untuk menghargai lingkungan. Dengan kolaborasi dan kesadaran bersama dengan secara bersama-sama dapat menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Sebagai orang tua yang peduli terhadap masa depan anak-anak harus mendukung inisiatif berkelanjutan dari perusahaan seperti Royal Golden Eagle (RGE) menjadi sebuah langkah positif untuk memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan dan komunitas di sekitar kita. Dengan mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan kepada anak-anak membuat kita dapat membentuk generasi yang paham akan pentingnya menjaga dan melindungi alam serta menjadi bagian dari solusi untuk permasalahan lingkungan. Melalui kesadaran dan aksi nyata membuat kita dapat bersama-sama menciptakan dunia yang lebih baik untuk di mana kehidupan berkelanjutan bukanlah sekadar isu tetapi menjadi gaya hidup yang tercermin dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya bantuan dari pihak RGE dengan menerapkan  sustainable living khususnya melalui sustainable fashion dan paper upcycling yang dilakukan oleh para anak perusahaannya membuat para orang tua dapat segera membentuk kehidupan yang berkelanjutan dan ramah terhadap lingkungan.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge   
  2. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge   
  3. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s  
  4. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw&t=2s  
  5. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4  
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/   
  7. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menuju Masa Depan Berkelanjutan dengan Mendukung Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas dengan Sudut Pandang Orang Tua"

Posting Komentar