Mengawal Kehidupan Berkelanjutan Dari Royal Golden Eagle sebagai Pelopor Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas

Saat menjalani kehidupan sehari-hari untuk menjalani kehidupan yang berkelanjutan telah menjadi sebuah isu yang sangat penting ketika menjalani kehidupan yang di era modern ini. Bumi sebagai tempat tinggal kita semua sedang menghadapi tantangan akan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang semakin nyata terlihat secara kepala mata telanjang. Adanya hal tersebut membuat akan pentingnya bagi kita semua sebagai manusia untuk mengadopsi sebuah praktik dan gaya hidup yang ramah terhadap lingkungan. Memang ada banyak sekali pihak yang saat ini untuk mengadopsi praktik dan gaya hidup yang ramah lingkungan dalam hal ini ada banyak sekali pihak yang telah melakukan tetapi salah satunya bernama Royal Golden Eagle.

Royal Golden Eagle atau dikenal dengan sebutan oleh masyarakat dengan nama RGE merupakan sebuah kelompok industri yang telah berskala global. Dimana pihak RGE memiliki komitmen untuk menciptakan sebuah kehidupan yang berkelanjutan dan juga ramah terhadap lingkungan. Tidak hanya itu saja kini pihak RGE juga telah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah perusahaan yang berbasis akan multinaasional dengan sektor operasi akan banyak hal. Dari sekian banyak sektor seperti sektor pulp dan kertaas, energi, agribisnis, sampai sektor manufaktur. Melihat dari sejarah berdirinya pihak RGE didirikan di tahun 1973 oleh seseorang pengusaha yang berasal dari Indonesia. Pengusaha tersebut dikenal oleh masyarakat secara luas dengan nama Sukanto Tanoto. Awal yang melatar belakangi berdirinya pihak RGE karena kaya akan industri yang sangat beragam yang dijalani untuk kehidupan sehari-hari masyarakat.

Maka dikarenakan dikenal oleh masyarakat sebagai perusahaan yang memiliki orientasi kepada hal yang berkelanjutan maka pihak RGE selalu mendasarkan segala macam tindakan atau operasionalnya kepada prinsip-prinsip yang berkelanjutan yang sangat kuat. Dimana pihak RGE selalu memiliki komitmen yang sangat kuat untuk selalu mengelola sampai operasionalnya dengan penuh tanggung jawab terhadap lingkungan sampai masyarakat. Sehingga pihak RGE selalu menyadari akan pentingnya untuk menjaga akan kelestarian hutan sampai ekosistem di dalamnya serta mengelola akan sumber daya alam dengan sangat bijak sana. Selain itu pihak RGE juga selalu mengusahakan secara optimal akan meningkatkan kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasionalnnya.

Untuk menghadapi isu-isu yang berkelanjutan secara global maka pihak RGE selalu mendedikasi untuk selalu menciptakan sebuah solusi yang inovatif dengan tetap menerapkan sisi berkelanjutan. Dimana visi dari pihak RGE yiatu untuk membangun sebuah ekonomi hijau yang berkelanjutan, melindungi keanekaragaman hayati, serta untuk memastikan akan ketersediaan akan sumber daya alam yang berkelanjutan. Selain itu misi dari pihak RGE untuk melibatkan seluruh jajaran perusahaan dalam membangun ekonomi hijau dan berkelanjutan, melindungi keanekaragaman hayati, memastikan ketersediaan sumber daya alam yang berkelanjutan, serta meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

Ada banyak sekali aspek penting dalam menjalani kehidupan yang berkelanjutan salah satunya dengan menerapkan mode berkelanjutan. Industri fashion merupakan salah satu bidang yang memiliki dampak yang cukup besar terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat terlihat dari kegiatan saat mulai produksi sampai pembuangan akan limbah hasil dari proses kegiatan tekstil yang dilakukan. Maka dari itu pihak RGE melalui salah satu anak perusahaan yang bernama Sateri melakukan pengambilan langkah-langkah yang sangat penting dan berdampak pada pengubahan akan industri fashion untuk dapat memiliki sisi berkelanjutan.

Ya, Sateri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produsen akan sebuah serat rayon yang berkelanjutan menjadi salah satu bagian dari keluarga pihak RGE. Dimana serat rayon yang dihasilkan berasal dari sumber daya alam yang telah dikelola dengan sangat baik hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah sertifikasi bernama PEFC (Program for the Endorsement of Forest Certification). Adanya penggunaan serat rayon yang telah memiliki sifat berkelanjutan yang digunakan tersebut akan dapat mengurangi sebuah dampak kurang baik terhadap lingkungan jika dibandingkan menggunakan bahan baku yang digunakan secara konvensional. Apalagi pihak Sateri juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk menghasilkan minimal mungkin akan limbah sampai emisi yang dihasilkan selama proses produksi berlangsung. Semua hal tersebut memiliki tujuan untuk Sateri dalam menjadi peran dalam mempromosikan mode berkelanjutan dan memajukan dalam transformasi industri fashion yang lebih baik lagi untuk ke depannya.

Selain mode berkelanjutan dalam bidang fashion pihak RGE juga memiliki mode berkelanjutan dalam bidang lain seperti daur ulang kertas. Hal tersebut dibuktikan secara jelas melalui anak perusahaan yang dimiliki oleh pihak RGE dikenal dengan sebuah nama perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan nama APRIL. Sehingga membuktikan pihak RGE selalu terlibat dalam praktik daur ulang kertas yang memiliki sifat berkelanjutan melalui perusahaan APRIL.

Dalam masyarakat perusahaan yang bernama APRIL merupakan sebuah perusahaan produsen pulp dan kertas yang memiliki komitmen terhadap pengelolaan dari sumber daya alam yang bersifat berkelanjutan. Apalagi hal tersebut untuk dapat mengurangi upaya akan hal deforestasi dan meminimalkan akan limbah kertas yang dihasilkan. Maka pihak APRIL kini meluncurkan sebuah program baru yang dikenal oleh masyarakat dengan nama PaperOneTM. Program tersebut dapat menghasilkan merek kertas akan hasil daur ulang dengan kualitas tinggi yang diproduksi menggunakan serat kertas bekas. Apalagi dengan melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti konsumen sampai mitra membuat pihak APRIL dapat melakukan kegiatan mendaur ulang kertas bekas untuk dapat menghasilkan produk kertas baru. Hasil dari daur ulang kertas tersebut memainkan peran yang penting untuk dapat mengurangi permintaan akan bahan baku yang baru sehingga dapat mengurangi dampak negatif terhadap hutan sampai ekosistem yang dapat melindungi akan keanekaragaman hayati.

Maka dalam mencapai hidup yang berkelanjutan diperlukan sebuah kerja sama dengan berbagai macam pihak dari mulai individu sampai perusahaan. Pihak RGE juga diharapkan dapat memimpin akan sebuah gerakan baru yang menuju kehidupan yang berkelanjutan yang dibarengi dengan ramah lingkungan. Adanya inisiatif akan mode berkelanjutan dan praktik daur ulang kertas membuat pihak RGE akan memberikan contoh yang sangat baik dalam bidang industri fashion dan juga pengelolaan limbah kertas. Maka adanya inisiatif ini memberikan efek yang penting dalam mengurangi dampak kurang baik terhadap lingkungan dan menciptakan sebuah masa depan yang lebih baik bagi para generasi yang akan datang.

Pastinya ada sebuah harapan dengan telah menerapkan sebuah kegiatan sustainable living khususnya pada sustainable fashion atau paper upcycling seperti yang dilakukan oleh pihak RGE dalam menjalani roda kegiatan perusahaan tersebut. Maka di depannya nanti dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik khususnya kepada bumi sebagai tempat tinggal kita semua. Apakah para pembaca juga memiliki pemahaman yang berbeda akan apa yang telah dipaparkan diatas?. Jika iya, maka tidak ada salahnya para pembaca untuk memaparkan perbedaan tersebut di dalam kolom komentar agar para pembaca yang lain dapat mengetahui akan perbedaan tersebut sehingga menambah pemabahamn yang baru dengan sudut pandang yang baru.

Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan manfaat berupa informasi kepada para pembaca sehingga diakhirnya dapat terjadinya bumi yang lebih sehat di masa yang akan datang kepada generasi muda. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge
  2. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge
  3. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s
  4. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw&t=2s
  5. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/
  7. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengawal Kehidupan Berkelanjutan Dari Royal Golden Eagle sebagai Pelopor Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas"

Posting Komentar