Hidup Berkelanjutan dengan Royal Golden Eagle Sebagai Menggagas Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas

Saat ini saat menjalani kehidupan bermasyarakat menerapkan kehidupan berkelanjutan menjadi isu yang semakin penting dalam era modern ini. Apalagi saat ini telah banyak sekali bukti-bukti bahwa bumi sebagai tempat tinggal mulai menghadapi tantangan perubahan iklmi dan kerusakan lingkungan. Sehingga mau tidak mau kita sebagai manusia yang hidup di bumi untuk perlu mengadopsi praktik dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Berbicara mengenai kehidupan yang berkelanjutan tidak hanya menekankan kepada pihak masyarakat tetapi juga harus didukung oleh banyak pihak. Salah satu pihak yang mengadopsi praktik dan gaya hidup yang ramah lingkungan dilakukan oleh berbagai macam pihak. Salah satu pihak yang turut mendukung akan hal tersebut dikenal oleh masyarakat dengan nama Royal Golden Eagle.

Royal Golden Eagle atau bisa juga disingkat dengan kata RGE merupakan sebuah kelompok industri global. Dimana ketika didirikan memiliki visi untuk dapat menciptakan sebuah kehidupan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dimana pihak RGE kini telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan multinasional yang memiliki operasi di berbagai macam sektor. Dari sekian banyak sektor tersebut salah satunya termasuk ke dalam sektor pulp dan kertas, energi, agribisnis, dan manufaktur. Tetapi melihat dari sejarah berdirinya sekitar tahun 1973 oleh seseorang pengusaha Indonesia bernama Sukanto Tanoto.

Selain itu juga pihak RGE juga melakukan tindakan dasarnya menggunakan prinsip-prinsip yang berkelanjutan yang kuat dan berkomitmen untuk mengelola operasionalnya dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. Belum lagi pada perusahaan tersebut melihat akan sebuah pentingnya menjaga kelestarian hutan dan ekosistem sehingga dalam melakukan pengelolaan akan sumber daya alam akan selalu bijaksana serta dibarengi akan meningkatkan kesejahteraan sosial pada masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasionalnya.

Maka sebagai perusahaan yang memiliki konsep berkelanjutan maka membuat pihak RGE juga selalu berusaha untuk menghadirkan akan berbagai macam solusi inovatif dalam menghadapi berbagai isu-isu berkelanjutan secara global yang terjadi. Oihak RGE juga selalu melakukan upayah dalam membangun ekonomi hijau dan berkelanjutan guna melindungi akan keanekaragaman hayati sambil memastikan akan ketersediaan akan sumber daya alam yang masih terus berlanjut.

Melalui sebuah inisiatif dan melakukan kolaborasi melalui berbagai macam pemangku kepentingan dengan melalui pihak RGE akan komitmen untuk menciptakan masa depan yang lebih baik kepada generasi yang akan datang. Adanya penggabungan antara keahlian pada industri dengan prinsip berkelanjutan membuat pihak RGE terus melakukan inovasi dan berkontribusi dalam membangun dunia untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebagai pihak kelompok industri global yang menggunakan basis di Singapura maka pihak RGE telah melakukan langkah-langkah yang sangat penting untuk dapat menciptakan sebuah hal yang lebih baik melalui inisiatif yang berkelanjutan. Maka dari itu dalam tulisan kali ini akan membahas mengenai subtopik yang sangat penting untuk konteks berkelanjutan yaitu mode berkelanjutan dan daur ulang kertas.

Mode berkelanjutan merupakan sebuah salah satu aspek yang sangat penting dalam menjalani kehidupan yang berkelanjutan. Apalagi dalam hal ini industri fashion memiliki dampak yang sangat besar terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat terlihat dari kegiatan mulai dari produksi hingga pembuangan limbah tekstil memberikan dampak terhadap lingkungan. Maka dari itu pihak RGE menyadari akan sebuah hal yang penting dalam mengubah industri mode tersebut agar lebih berkelanjutan dan memiliki sisi ramah terhadap lingkungan. Langkah nyatanya melalui salah satu anak perusahaan yang dimiliki oleh pihak RGE yang memiliki gerak dalam bidang atau sektor tersebut dikenal dengan nama Sateri.

Dimana Sateri merupakan pihak yang menghasilkan serat rayon yang memiliki sifat berkelanjutan. Serat rayon yang dihasilkan terbuat dari kayu yang berasal dari sumber daya alam yang telah dikelola dengan sangat baik dibuktikan akan sebuah sertifikasi PEFC (Program for the Endorsement of Forest Certification). Adanya penggunaan serat rayon yang berkelanjutan tersebut dapat mengurangi akan dampak kurang baik terhadap lingkungan jika dibandingkan menggunakan bahan baku yang sudah sangat konvensional yang ada di masyarakat biasa digunakan. Belum lagi dalam setiap proses produksi yang dilakukan pihak Sateri juga selalu memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk dapat meminimalkan akan limbah dan emisi yang dihasilkan pada saat proses produksinya. Sehingga semua hal yang dilakukan oleh pihak Sateri yang merupakan anak perusahaan dalam bagian yang besar dari pihak RGE tersebut untuk berperan dalam mempromosikan mode berkelanjutan dan memajukan transforamsi industri fasional yang ada di dunia khususnya di Indonesia.

Untuk tetap dapat mengetahui lebih dalam dan lanjut mengenai inisiatif akan mode berkelanjutan yang dilakukan oleh pihak RGE beserta jajaran akan perusahaannya dapat mengunjungi website yang membahas mengenai mode berkelanjutan dari pihak RGE.

Selain itu dalam mengurangi dampak yang dihasilkan dalam kegiatan deforestasi dan meminimalkan akan limbah kertas yang dihasilkan maka pihak RGE juga terlibat dalam praktik daur ulang kertas yang menerapkan prinsip berkelanjutan. Dimana anak perusahaan yang berasal dari RGE yang bernama APRIL adalah salah satu produsen yang berkaitan dengan bidang pulp dan kertas juga turut mengambil langkah-langkah penting dan juga nyata dalam melakukan pengolahan daur ulang kertas. Dimana pihak APRIL meluncurkan sebuah program yang dikenal oleh masyarakat dengan nama PaperOneTM. Dimana produk yang termasuk ke dalam jenis tersebut merupakan sebuah merek kertas daur ulang yang berkaulitas tinggi yang diproduksi menggunakan serat kertas bekas.

Sehingga dalam produk yang dihasilkan menggunakan program pihak APRIL melakukan kerja sama dengan berbagai macam konsumen dan mitra untuk dapat menghasilkan dan mendaur ulang kertas untuk dapat menjadi produk kertas baru. Dimana adanya proses daur ulang kertas ini memainkan sebuah peran yang sangat krusial dalam mengurangi akan permintaan bahan baku serta meminimalkan dampak kurang baik terhadap hutan dan ekosistem. Dengan adanya penggadopsian daur ulang kertas maka dapat pula mengurangi akan penggunaan akan sumber daya alam yang berbatas untuk membantu pula melindungi akan keanekaragaman hayati yang ada.

Untuk dapat melakukan hidup berkelanjutan membutuhkan sebuah kerja sama dengan melibatkan semua pihak dalam hal ini terdiri dari perusahaan dan individu. Maka pihak RGE memainkan sebuah peran penting dalam memimpin gerakan menuju kehidupan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Maka dengan adanya adopsi mode berkelanjutan dan praktik daur ulang kertas tersebut membuat pihak RGE memberikan contoh yang baik dalam dunia industri fasion dan pengelolaan limbah kertas. Inisiatif yang telah dilakukan tersebut sangatlah penting untuk dapat mengurangi dampak kurang baik terhadap lingkungan dan menciptakan sebuah masa depan yang lebih baik kepada generasi yang akan datang.

Harapannya dengan sudah menerapkan sustainable living khususnya pada sustainable fashion dan paper upcycling dibuktikan dengan beberapa hal yang telah dipaparkan maka pihak RGE dapat mewujudkan kehidupan yang berjelanjutan yang lebih baik untuk bumi ini sebagai tempat tinggal kita semua. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Apakah para pembaca memiliki pemahaman yang berbeda akan apa yang telah dipaparkan?. Jika ada, maka ayo paparkan di dalam kolom komentar. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s
  2. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4
  3. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw
  4. https://www.youtube.com/watch?v=ddrswHtvgKg
  5. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/
  7. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge 
  8. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hidup Berkelanjutan dengan Royal Golden Eagle Sebagai Menggagas Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas"

Posting Komentar