Menuju Hidup Berkelanjutan melalui Fashion Ramah Lingkungan dan Daur Ulang Kertas oleh Royal Golden Eagle (RGE)

Halo pembaca setia blog ini, semoga masih betah dan nyaman dengan berbagai macam tulisan yang dibuat oleh penulis. Tetapi pada kesempatan kali ini saya sebagai penulis ingin berbicara tentang hidup berkelanjutan dan bagaimana Royal Golden Eagle (RGE) berperan dalam mengedepankan keberlanjutan melalui dua aspek penting yaitu fashion berkelanjutan dan daur ulang kertas. Saat ini sedang gencar-gencarnya akan kehidupan berkelanjutan menjadi semakin relevan di era modern ini dengan  tantangan lingkungan semakin kompleks. Namun pihak RGE telah membuktikan komitmennya dalam menjalankan bisnis dengan memperhatikan dampak sosial dan lingkungan disekitar wilayah operasionalnya atau secara luas. Dengan memfokuskan pada mode berkelanjutan dan daur ulang kertas maka membuat pihak RGE telah mengambil langkah-langkah penting untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik bagi masyarakat saat ini dan atau kepada generasi mendatang yang mendiami bumi sebagai tempat tinggal. Maka dari itu disini penulis akan memaparkan lebih dalam mengenai subtopik berupa fashion berkelanjutan dan daur ulang kertas yang dilakukan oleh pihak RGE dengan sudut pandangan yang sangat berbeda dari penulisan lainnya, penasaran kan?. Maka ayo kita bahas secara permukaan akan hal tersebut pada tulisan ini, selamat membaca.

Saat ini mode kehidupan yang berkelanjutan semakin populer dan relevan di kalangan konsumen sebagau masyarakat yang menyadari akan lingkungan. Apalagi saat ini sedang berada di era fast fashion yang mendorong konsumsi berlebihan membuat solusi akan industri fashion berkelanjutan menawarkan alternatif yang lebih etis dan bertanggung jawab. Selain itu saat ini perkembangan akan akan sebuah tren mode berkelanjutan sedang berada di puncak-puncaknya sehingga membuat berbagai macam pihak salah satunya yaitu pihak RGE memberikan kontribusinya melalui salah satu anak perusahaan yang berada di bawah naungan dari pihak RGE dikenal oleh masyarakat dengan nama Sateri.

Sateri

Sateri merupakan sebagai bagian dari pihak RGE yang memiliki komitmen untuk menciptakan mode berkelanjutan melalui produksi serat viscose ramah lingkungan. Serat viscose ini dihasilkan dari bahan baku selulosa berupa kayu yang berasal dari hutan yang dikelola dengan baik dan berkelanjutan menggunakan standar sampai teknologi yang sangat tinggi di dalamnya. Penggunaan kayu sebagai bahan baku utama juga membantu mengurangi penggunaan sumber daya non-daur ulang seperti minyak bumi yang telah banyak digunakan dalam produksi serat sintetis. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa pihak RGE melalui perusahaan yang bernama Sateri memainkan peran penting dalam mengurangi dampak industri fashion terhadap lingkungan.

Selain itu pihak RGE melalui adanya anak perusahaan yang bernama Sateri juga berkomitmen untuk mendukung komunitas lokal dan menghormati hak asasi manusia yang ada di kehidupan sehari-hari di dalam kehidupan masyarkat. Dengan memastikan keberlanjutan melalui penggunaan bahan baku dan melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan bisnisnya dimana melalui pihak Sateri memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial di sekitarnya.

Tidak hanya itu dalam upaya untuk mencapai hidup berkelanjutan juga melaui hal lain dalam hal ini salah satunya berupa kegiatan dari daur ulang kertas menjadi langkah penting untuk mengurangi limbah dan memanfaatkan kembali sumber daya. Di sinilah melalui anak perusahaan lainnya yang dikenal oleh masyarakat dengan nama APRIL Group yang merupakan salah satu anggota dari pihak RGE dengan memiliki peran yang sangat aktif dalam mengelola limbah kertas dan mengubahnya menjadi produk yang memiliki nilai tinggi.

Melalui pihak APRIL Group telah menerapkan pendekatan yang berfokus pada ekonomi sirkular dalam bisnisnya yang dilakukan tersebut. Apalagi melalui penerapan teknologi dan inovasi terdepan membuat pihak APRIL Group dapat mendaur ulang kertas bekas menjadi produk kertas berkualitas tinggi yang dapat digunakan oleh kegiatan sehari-hari pada masyarakat. Dengan memanfaatkan kembali limbah kertas membuat pihak APRIL Group dapat berkontribusi secara signifikan dalam mengurangi penebangan pohon yang sudah meresahkan lingkungan kini dalam hal ini pada gilirannya membantu melestarikan hutan dan ekosistemnya yang kurang bagus karena kegiatan dimasa lampau.

Selain manfaat lingkungan melalui kegiatan daur ulang kertas juga memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Proses daur ulang menciptakan peluang kerja bagi masyarakat sekitar dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Tidak hanya itu saja dari duhu sampai kini dalam menjalankan bisnisnya yang berkelanjutan tersebut pihak RGE selalu menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan sumber daya. AI memungkinkan untuk pihak RGE untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan lebih cepat dan mendalam sehingga dapat membantu mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam menjalankan operasional yang berkelanjutan dalam setiap operasional yang dilakukan.

Penerapan AI juga berkontribusi pada keberlanjutan dalam industri pulp dan kertas yang dijalankan. Dengan menggunakan teknologi canggih membuat pihak RGE dapat mengoptimalkan proses produksi dan mengurangi limbah sehingga meningkatkan efisiensi dan mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan operasional yang dilakukan.

Perkembangan teknologi telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan termasuk di bidang ekonomi dan sisi lingkungan yang kini telah memiliki sifat berkelanjutan. Melalui penerapan teknologi canggih seperti AI dan big data yang dibarengi dengan sisi lingkungan yang berkelanjutan membuat setiap proses kegiatan menjadi lebih efisien dan produktif lebih tinggi lagi. Belum lagi dengan adanya teknologi juga membuka peluang baru dan menciptakan lapangan kerja di sektor-sektor yang sebelumnya tidak terpikirkan sebelumnya.

Namun dengan adanya perkembangan teknologi juga memunculkan tantangan baru seperti menghadapi perubahan pasar dan mengantisipasi dampak sosial dari otomatisasi. Oleh karena itu disini sangatlah penting bagi perusahaan dan pemerintah untuk berkolaborasi dalam menciptakan kebijakan yang mendukung inovasi teknologi sambil memastikan keseimbangan antara efisiensi ekonomi dan kesejahteraan sosial yang berorientasi kepada sisi lingkungan yang berkelanjutan.

Kehidupan berkelanjutan menjadi tujuan penting bagi kita semua sebagai masyarakat yang tinggal di bumi ini dan bagi pihak perusahaan salah satunya yang dikenal oleh masyarkat dengan nama RGE telah menunjukkan komitmennya dalam mengambil bagian aktif dalam mewujudkannya. Melalui fokus pada mode berkelanjutan dan daur ulang kertas yang telah dilakukan oleh pihak RGE berperan dalam mengurangi dampak lingkungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Apakah para pembaca lainnya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai beberapa hal salah satunya tentang sustainable living khususnya pada sustainable fashion sampai paper upcycling seperti yang dilakukan oleh pihak RGE yang dilakukan dari dulu sampai saat ini untuk menciptakan sebuah kehidupan yang berkelanjutan yang lebih lanjut lagi?. Jika iya maka tidak ada salahnya dalam hal ini para pembaca untuk mengakses website yang dimiliki oleh pihak RGE untuk mengetahi akan beberapa hal dalam hal ini salah satunya yang membahas mengenai sustainable living, sustainable fashion, dan paper upcycling yang sedang dilakukan dalam setiap operasional kegiatan seluruh perusahaan yang dimiliki oleh pihak RGE.

Semoga tulisan ini maka pihak para pembaca setelah membaca tulisan ini akan memberikan dampak secara nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu untuk menciptakan kehidupan yang berkelanjutan yang berorientasi kepada lingkungan menjadi semakin besar lagi. Sehingga diakhirnya akan membuat generasi muda yang akan hidup di bumi menjadi lebih nyaman lagi. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge   
  2. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge   
  3. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s  
  4. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw&t=2s  
  5. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4  
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/   
  7. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menuju Hidup Berkelanjutan melalui Fashion Ramah Lingkungan dan Daur Ulang Kertas oleh Royal Golden Eagle (RGE)"

Posting Komentar