Menginspirasi Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas dari Perspektif Masyarakat

Harus diakui bahwa saat ini akan hidup berkelanjutan telah menjadi isu yang semakin mendesak di seluruh dunia dan menjadi sebuah pembahasan yang sangat menarik untuk dibahas oleh masyarkat. Bumi sebagai tempat tinggal kita semua sedang menghadapi tantangan nyata akibat adanya sebuah perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang semakin parah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita sebagai masyarakat yang menjalani kehidupan di Bumi untuk dapat melakukan adopsi akan berbagai macam praktik dan gaya hidup berkelanjutan agar dapat menjaga planet ini untuk generasi mendatang saat menjalani kehidupan sehari-harinya. Maka dalam konteks ini salah satu perusahaan yang dikenal oleh masyarakat dengan sebuah nama yaitu Royal Golden Eagle atau disingkat dengan sebuah kata RGE berperan penting dalam mendorong mode berkelanjutan dan daur ulang kertas agar membuat bumi sebagai tempat tinggal menjadi ramah lingkungan. Sehingga pada artikel ini akan membahas mengenai sebuah pentingnya mode berkelanjutan dan daur ulang kertas dari perspektif masyarakat yang peduli akan masa depan planet kita.

Selain itu aalam era modern ini saat menjalani kehidupan maka harus selalu dikaitkan dengan sebuah kehidupan berkelanjutan telah menjadi isu yang semakin penting dan menarik untuk dibahas agar kehidupan di bumi ini menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Apalagi saat ini dampak nyata dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang semakin terasa telah menuntut kita sebagai mahluk hidup yang mendiami bumi untuk melakukan bertindak dengan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Sebagai masyarakat yang tinggal di Bumi kita memiliki tanggung jawab untuk dapat terus menciptakan sebuah lingkungan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang kini dan nanti. Sehingga hal ini memerlukan sebuah kesadaran dan komitmen yang sangat kuat dari setiap individu, entitas, dan lainnya dalam hal ini termasuk pula dari sisi lainnya seperti perusahaan dan industri.

Salah satu perusahaan yang berkomitmen untuk dapat menciptakan sebuah kehidupan berkelanjutan dikenal oleh masyarakat dengan sebuah nama Royal Golden Eagle (RGE). RGE adalah sebuah kelompok dari pihak industri secara global dengan memiliki sebuah visi untuk menciptakan kehidupan berkelanjutan dan ramah lingkungan di Bumi. Dimana bisa dikatakan bahwa perusahaan ini telah berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan berbagai sektor operasi termasuk sektor pulp dan kertas, energi, agribisnis, dan manufaktur. Jika membicara mengenai pihak yang bernama dilihat dari sejarah maka dapat dikatakan bahwa pihak RGE didirikan pada tahun 1973 oleh pengusaha Indonesia yang dikenal oleh masyarakat dengan sebuah nama yaitu Sukanto Tanoto. Selain itu maka sejak itu telah berkomitmen untuk mengelola operasionalnya dengan bertanggung jawab dalam hal ini terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Selain itu dari sekian banyak hal maka salah satu aspek penting dalam menciptakan kehidupan berkelanjutan adalah mode berkelanjutan. Lebih spesifik lagi dalam hal seperti industri fashion merupakan salah satu sektor yang memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat terlihat dari mulai dari produksi hingga pembuangan limbah pada industri fashion seringkali menghasilkan dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan yang ada di bumi sebagai tempat tinggal kita semua. Namun kini melalui salah satu anak perusahaan yang dimiliki oleh pihak RGE yang bernama Sateri. Dimana kini saat sejak berdiri hingga sampai saat ini dalam melakukan setiap langkah-langkah penting telah diambil untuk mengubah industri fashion agar lebih berkelanjutan dan ramah terhadap lingkungan yang dilakukan oleh pihak Sateri.

Sateri merupakan pihak dari produsen serat rayon berkelanjutan yang bahan bakunya berasal dari kayu yang dikelola secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan dengan menggunakan teknologi dan standar yang sangat baik. Dimana penggunaan serat rayon berkelanjutan ini membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dibandingkan jika menggunakan sebuah bahan baku konvensional yang sering digunakan oleh produsen lainnya. Selain itu pihak Sateri juga selalu memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk dapat melakukan dalam hal meminimalkan limbah dan emisi selama proses produksi berlangsung.

Belum lagi dalam sisi inovasi dan komitmen untuk mode berkelanjutan pihak Sateri telah memberikan contoh yang baik dalam mempromosikan akan sebeuah hal transformasi dalam dunia industri fashion menjadi lebih berkelanjutan dan ramah terhadap lingkungan. Selain itu perusahaan ini juga telah melakukan sebuah kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal ini termasuk merek dan konsumen dengan tujuan untuk dapat mengurangi terhadap lingkungan melalui penerapan sumber daya alam yang berkelanjutan dan produksi yang ramah lingkungan.

Selain mode berkelanjutan pihak yang dikenal dengan nama RGE juga terlibat dalam praktik daur ulang kertas melalui anak perusahaannya yang bernama APRIL. APRIL adalah perusahaan produsen pulp dan kertas yang berkomitmen untuk mengelola sumber daya alam dengan berkelanjutan dan mengurangi kegiatan deforestasi serta limbah kertas yang dihasilkan.

Belum lagi saat ini pihak APRIL telah meluncurkan sebuah program bernama PaperOneTM yang bertujuan untuk memproduksi kertas daur ulang berkualitas tinggi menggunakan serat kertas bekas yang tidak terpakai lagi. Penggunaan bahan baku daur ulang ini berperan penting dalam mengurangi permintaan akan bahan baku baru dan melindungi keanekaragaman hayati.

Apalagi kini dengan melibatkan pihak lainnya seperti masyarakat dalam praktik daur ulang kertas kini membuat APRIL selalu berusaha untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya daur ulang dalam mengurangi limbah dan memanfaatkan kembali sumber daya alam. Melalui edukasi dan partisipasi aktif masyarakat membuat pihak APRIL berharap dapat menciptakan perubahan positif dalam cara kita memandang dan mengelola limbah kertas.

Kini dengan adanya sebuah keterlibatan dari pihak RGE dalam mode berkelanjutan dan daur ulang kertas telah memberikan dampak positif bagi masyarakat yang menjalani kehidupan di Bumi. Dengan memilih produk berkelanjutan seperti pakaian yang menggunakan serat rayon berkelanjutan dari Sateri atau menggunakan kertas daur ulang dari APRIL kini membuat pihak masyarakat dapat berpartisipasi dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap Bumi yang saat ini sedang terjadi.

Dari perspektif masyarakat yang peduli akan masa depan planet maka dibutuhkan sebuah dukungan terhadap perusahaan yang berkomitmen untuk kehidupan berkelanjutan seperti yang dilakukan oleh pihak RGE menjadi semakin penting. Kini dengan melalui sebuah kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat dapat menciptakan sebuah perubahan positif dan memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberlanjutan Bumi.

Maka dalam sebuah kesimpulannya untuk hidup berkelanjutan dengan Royal Golden Eagle adalah sebuah visi yang menginspirasi dan memberdayakan masyarakat untuk menjalani kehidupan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan mengadopsi sebuah mode berkelanjutan dan mendukung daur ulang kertas kini mau tidak mau pihak masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga keindahan dan keberlanjutan Bumi untuk generasi mendatang. Agar lebih mengetahui akan seluk beluk mengenai sustainable living khususnya kepada hal yang berkaitan dengan sustainable fashion dan paper upcycling yang dilakukan oleh pihak RGE melalui anak perusahaannya dalam menciptakan sebuah masa depan yang berkelanjutan untuk Bumi yang kita cintai ini. Sehingga dengan melakukan secara bersama-sama marilah kita untuk berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan bagi anak cucu kita. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Sekali lagi terima kasih sudah membaca tulisan ini. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.sateri.com/about-royal-golden-eagle-rge   
  2. https://www.aprilasia.com/en/about-royal-golden-eagle-rge   
  3. https://www.youtube.com/watch?v=4TZePNzG18Q&t=1s  
  4. https://www.youtube.com/watch?v=OCBNr3punKw&t=2s  
  5. https://www.youtube.com/watch?v=x5c5jr2_Qu4  
  6. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/what-is-sustainable-fashion/   
  7. https://www.aprayon.com/en/media-english/articles/why-viscose-fabric-is-the-future-of-the-fashion-industry/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menginspirasi Mode Berkelanjutan dan Daur Ulang Kertas dari Perspektif Masyarakat"

Posting Komentar