Membuka Harapan Bersama WOM Finance Tentang Kisah Sukses Anak Muda Mengelola Keuangan dan Memanfaatkan Layanan Pembiayaan

Anak muda seringkali sulit untuk dikategorikan sebagai seseorang anak atau orang dewasa. Mau dimasukan dikategorikan sebagai seseorang anak-anak tetapi bukan anak-anak. Tetapi mau dimasukan ke dalam kategori orang dewasa tidak mau karena belum dewasa. Selain itu para anak muda ini masih minim sekali pengalaman dalam segala bidang khususnya dalam bidang mengelola keuangan secara pribadi.

Padahal saat masih memiliki status sebagai anak muda seseorang sudah mulai memasuki dunia kerja atau sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah. Sehingga para anak muda ini pastinya belum secara terbiasa dalam melakukan pengaturan pendapatan dan pengeluaran secara seimbang. Selain itu biasanya para anak muda ini mulai tidak tinggal dengan orang tua karena pekerjaan atau tempat kuliah sehingga mulai semua biaya kebuuthan seperti hunian, makanan, sampai transportasi ditanggung secara mandiri.

Tentunya hal tersebut akan memberikan sebuah tekanan finansial yang cukup besar bagi para anak muda apalagi anak muda tersebut suka berhedon dalam kehidupan sehari-harinya. Kini karena sudah ditanggung secara mandiri melalui penghasilan mandiri atau diberi kepada orang tua tetapi pengelola harus mandiri maka akan ada batasan yang harus diperhatikan agar tidak terjadi keteteran saat menjalani kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali kisah-kisah seseorang di masa lampau yang berkaitan dengan finansial. Dari sekian banyak kisah ada salah satu contoh yang terkenal adalah kisah Jack Whittaker. Di tahun 2002 Jack Whittaker yang merupakan seseorang pengusaha sukses yang memenangkan sebuah jackpot Powerball dengan nilai $314,9 juta. Angka tersebut pada saat menjadi pemenang lotre terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Tetapi nyatanya kemenangan indah tersebut malah menjadi sebuah malapetaka yang menyerang balik.

Ketika hadiah tersebut sudah diterima Whittaker kemudian mendapatkan berbagai macam masalah. Dia menjadi sasaran yang sangat empuk untuk penipuan dan atau pengejaran oleh orang-orang yang ingin memanfaatkan kekayaan dari lotre tersebut. Selain adanya dua hal tersebut Whittaker juga mulai melakukan penghabiskan uang dengan cara memanjakan diri seperti membeli mobil mewah, rumah mewah, sampai gaya hidup yang boros.

Kemudian hal yang bikin tragisnya saat putri Whittaker meninggal dunia dikarenakan overdosis terhadap obat-obatan. Hal tersebut membuat Whittaker menjadi jatuh sangat dalam ke lubang depresi disertai oleh kecanduan alkohol. Dampak lainnya membuat ia mengalami akan masalah hukum dalam kasus pencurian dan kasus lainnya yang melibatkan pengeluaran uang yang tidak terkendali.

Maka dalam beberapa tahun kemudian membuat kekayaan Whittaker menjadi habis tak bersisa. Sehingga ia mulai mengalami kesulitan akan keuangan yang cukup parah. Bahkan hidupnya yang mewah kini tidak dapat kembali dirasakan saat sedang berada di masa jayanya.

Kisah Jack Whittaker merupakan sebuah kisah yang harus menjadi peringatan bagi kita semua agar dapat dengan bijak untuk mengelola keuangan secara baik. Kekayaan yang didapatkan secara mendadak dalam jumlah yang besar tidak dikelola dengan baik akan membawa sebuah kehancurkan dalam menjalani kehidupan. Maka keberuntungan finansial ketika didapatkan harus diimbangi oleh pengelolaan keuangan yang cerdas, rencana yang matang, dan pemahaman tentang bagaimana mengelola kekayaan dengan bijak.

Berbicara mengenai keuangan pastinya akan membicarakan tentang berbagai hal salah satunya mengenai pinjaman. Jika mendengar sampai membaca akan kata “pinjaman” pastinya seseorang akan menghindari akan hal tersebut sepanjang hidupnya. Dikarenakan banyaknya kasus yang menimpa banyak masyarakat yang memberikan dampak kurang baik dari adanya pinjaman yang dilakukan.

Dimana dampak kurang baik tersebut seperti melonjaknya dana yang harus dibayarkan karena adanya biaya tambahan berupa bunga. Selain itu jika seseorang tidak mampu untuk menyelesaikan penyelesaian pinjaman maka jaminan yang telah disepakati akan ditarik. Banyak sekali hal masyarakat yang sudah merasakan dua hal tersebut jika kita melihatnya dari berbagai macam media yang digunakan sebagai penebar informasi di masyarakat.

Padahal sebenarnya pinjaman tidaklah selalu kurang baik terkadang ada sisi baiknya. Hal tersebut bisa terlihat dari banyak sekali perusahaan besar kelas dunia yang walaupun memiliki pendapatan yang besar tetapi tetap memiliki utang. Seharusnya jika menggunakan konsep yang digunakan oleh masyarakat ketika memiliki pendapatkan banyak akan tidak mau melakukan kegiatan berhutang.

Berdaskan laporan Janus Henderson Corporate Debt Index edisi Juli 2022 yang dirilis Janus Henderson, perusahaan manajemen aset multinasional yang berkantor pusat di London, Inggris. Memaparkan bahwa utang bersih Toyota Motor Corporation mencapai US$186 miliar pada tahun fiskal 2021/2022. Angka tersebut tentunya sangatlah besar walaupun demikian tetap saja sampai saat ini produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut masih digunakan oleh masyarakat tidak sampai terjadi pailit.

Sedangkan mungkin banyak pula kisah diluar sana yang menggunakan pinjaman yang dikelola dengan baik dapat merubah kehidupan menjadi lebih baik. Biasanya orang-orang melakukan pinjaman untuk membuka usaha atau mengembangkan usaha yang telah jalan. Tentunya untuk membuat atau menambah cabang maka dibutuhkan pinjaman.

Konsep pinjaman tersebut dapat menjadi sebuah solusi kepada para anak muda yang sedang mengalami masalah kesulitasn finansial. Apalagi terkadang anak muda yang melakukan pinjaman untuk beberapa hal yang akan berdampak pada masa depannya. Walaupun tidak sedikit pula para anak muda melakukan pinjaman untuk beberapa hal konsumtif karena adanya budaya YOLO “You Only Live Once” (Upss).

Biasanya untuk para anak muda untuk melakukan pinjaman akan lebih memilih untuk melakukan pinjaman secara online dibandingkan ke bank. Ya, meminjam ke pihak bank terkadang banyak sekali rangkaian yang harus dilakukan dengan segala jenis pengecekan yang dilakukan. Belum lagi proses pencarian juga terkadang membutuhkan waktu tidak dapat segera cair.

Padahal para anak muda tersebut membutuhkan dana yang secara cepat cair untuk dapat digunakan. Belum lagi dengan penggunaan pinjman online proses yang singkat dan tidak terlalu berbelit-belit. Walaupun memberikan kemudahkan kepada pengguna seperti para anak muda dalam meminjam tetapi banyak sekali oknum yang memanfaatkan hal tersebut.

Para oknum tersebut membuat sebuah pinjol secara ilegal di Indonesia. Menurut laporan yang dimiliki oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menujukan bahwa ada 1.493 pinjol ilegal yang dihentikan operasinya oleh SWI pada 2019 dan jumlahnya turun menjadi 1.026 pinjol ilegal pada 2020. Jia melihat hanya secara angka masih banyak pinjol ilegal yang mengantui masyarakat khususnya para anak muda.

Maka dari itu masyarakat khususnya para anak muda harus dapat lebih selektif lagi dalam memilih pihak yang akan digunakan dalam memberikan pinjaman. Memang ada banyak sekali pihak yang memberikan layanan pinjaman kepada masyarakat untuk para anak muda. Dari sekian banyak pihak tersebut ada satu pihak yang direkomendasikan dikenal dengan nama WOM Finance.

Apa itu WOM Finance???

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau disingkat oleh masyarakat dengan sebuah nama WOM Finance merupakan sebuah perusahaan yang didirikan tahun 1982. Pada tahun tersebut nama yang digunakan yaitu PT Jakarta Tokyo Leasing. Bidang yang digeluti oleh perusahaan tersebut yaitu mengenai bidang pembiayaan sepedah motor dengan khusus pembiayaan untuk merek Honda.

Di tahun 2000 perusahaan tersebut mulai mengganti namanya menjadi menjadi PT Wahana Ottomitra Multiartha untuk menunjang transformasi bisnis. Selain itu kini pembiayaan sepedah motor tidak hanya untuk merek Honda saja tetapi kini mulai merambah ke merek lainnya seperti Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.

Kemudian di tahun 2005 pihak lain yang bernama PT Bank Maybank Indonesia Tbk mengakusisi saham Perseroan sebanyak 43% dari WOM Finance. Di tahun 2015 PT Bank Maybank Indonesia Tbk mulai menambah kepemilikan menjadi sebanyak 67,49%. Maka kondisi tersebut membuat WOM Finance menjadi bagian dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Di dalam WOM Finance ada banyak sekali layanan yang ditawarkan kepada para pelanggan seperti anak muda. Berikut ini beberapa contoh layanan yang ditawarkan oleh WOM Finance yaitu:

  1. MASKu (Masa Depan Keluarga). Pada layanan ini merupakan produk pembiayaan untuk mempersiapkan masa depan finansial. Layanan yang terkait ini digunakan untuk pendidikan, pernikahan, perawatan kesehatan, dan kebutuhan lainnya yang terkait dengan perencanaan keuangan jangka panjang.
  2. Motorku. Merupakan layanan pembiayaan dengan fokus utama kepada kendaraan bermotor. Pihak WOM Finance menyediakan pembelian motor baru dengan pilihan tenor yang fleksibel dan persyaratan mudah dipenuhi oleh para anak muda.
  3. MobilKu. Merupakan layanan yang hampir mirip dengan layanan Motorku. Tetapi pada layanan MobilKu ini fokus pemberian solusi berupa pembiayaan untuk mobil baru atau bekas.
  4. ElektronikKu. Layanan pembiayaan untuk pembelian elektronik seperti telepon genggam, laptop, televisi, dan peralatan elektronik lainnya. Produk ini memberikan kemudahan dalam memperoleh barang elektronik dengan membayar secara cicilan.
  5. KAWAN. Merupakan sebuah program afiliansi yang diberikan oleh WOM Finance. Pada layanan tersebut seseorang dapat mendapatkan penghasilan tambahan berupa komisi melalui mengajak orang lain untuk memanfaatkan layanan WOM Finance.

Layanan-layanan di atas merupakan contoh dari layanan pembiayaan yang ditawarkan oleh WOM Finance. Apakah para pembaca memiliki informasi tambahan lainnya akan layanan yang diberikan oleh pihak WOM Finance?. Jika ada, maka tidak ada salahnya memaparkan hal tersebut dalam kolom komentar.

Jika melihat ke dalam lagi pada WOM Finance memiliki kelebihan pada layanan yang telah ditawarkan kepada para pelanggan khususnya anak muda. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari layanan WOM Finance yaitu:

Kemudahan dan Kecepatan. Hal yang selalu ditawarkan dalam menggunakan layanan dari WOM Finance ketika melakukan segala kegiatan dengan mudah dan cepat. Belum lagi para pelanggan yang akan mengajukan pembiayaan diberikan persyaratan yang jelas dan mudah untuk selalu dipenuhi. Selain itu proses persetujuan yang dilakukan cepat sehingga para pelanggan seperti anak muda akan memperoleh dana dengan cepat pula.

Layanan Profesional dan Transparan. Disini pihak WOM Finance selalu memberikan informasi yang jelas dan juru terhadap beberapa hal seperti produk, persyaratan, biaya, sampai ketentuan pembiayaan. Sehingga diakhirnya WOM Finance benar-benar memberikan sebuah solusi akan permasalahan pembiayaan yang ada di masyarakat.

Banyaknya pilihan layanan. Layanan yang bisa digunakan cukup banyak dari MotorKu, MobilKu, dan masih banyak lagi. belum lagi pilihan ttenor yang fleksibel sehingga memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan pembayaran dengan kemampuan yang dimiliki.

Keamanan dan Privasi. Di dalam layanan yang diberiken oleh WOM Finance akan selalu menjaga kerahasiaan informasi pelanggan dengan ketat. Ketika sudah memiliki data pribadi pelanggan akan dijamin aman dan terlindungi. Hal tersebut karena operasi yang dilakukan menggunakan standar keamanan yang tinggi.

Banyak Cashback. Salah satu contoh Cashback KAWAN MobilKu dengan nilai Rp 500.000 melalui Promo Back to School. Tentunya adanya pengembalian tersebut memberikan keuntungan bagi penggunanya tetapi tetap dapat merasakan layanan yang sama.

Testimoni. Di zaman saat ini testimoni menjadi sebuah hal yang penting. Saking pentingnya dapat mempengaruhi seseorang untuk mau menggunakan layanan yang diberikan. Dilihat dari testimoni dari WOM Finance berikut ini salah satu contohnya yang dipaparkan melalui gambar.

Pastinya saat ini ada banyak sekali para pelanggan yang masih berstatus sebagai anak muda yang telah merasakan layanan dari WOM Finance. Salah satu pihak anak muda yang telah merasakan bernama Rizky (nama samaran) yang tinggal di sebuah kota kecil.

Ia hidup berasal dari keluarga yang sederhana tetapi bermimpi untuk mendapatkan pendidikan terbaik di kota besar. Selain itu ia juga diterima di sebuah universitas ternama yang ada di ibu kota. Tetapi biaya hidup di kota yang tinggi membuat Rizky harus mencari sebuah solusi.

Dari sekian banyak solusi datang salah satunya berasal dari teman sekelasnya yang membahas tentang WOM Finance. Sehingga Rizky langsung mencari seluk beluk tentang WOM Finance. Ternyata di dalam WOM Finance untuk emenuhi banyak hal seperti keperluan kuliah ataupun perlengkapan studi.

Sehingga tanpa ragu membuat Rizky mengajukan pembiayaan dari WOM Finance. Waktu dilakukan Rizky sangat berkesan karena proses yang cepat dan mudah. Bisa dibilang dalam waktu singkat dana yang dibutuhkan sudah ada di tangan. Ia kemudian membelanjakan dana tersebut untuk keperluan kuliah yang akan datang.

Adanya bantuan pembiayaan dari WOM Finance membuat Rizky dapat fokus akan kegiatan akademiknya tanpa harus memusingkan secara finansial. Selain itu Rizky juga menggunakan waktunya untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatakan diri melalui berbagai macam program.

Setelah menyelesaikan masa studinya akhirnya Rizky pun dinyatakan lulus dengan predikat yang membanggakan. Atas keahlian dan dedikasinya membuat Rizky dilirik oleh perusahaan yang mau menariknya. Sehingga ia merupakan salah satu mahasiswa yang langsung bekerja setelah lulus tanpa adanya jenjang waktu tunggu.

Tentunya kesuksesan saat ini yang dirasakan oleh Rizky tidak terlepas dari peran WOM Finance. Dimana pihak WOM Finance membuka harapan bagi Rizky untuk tetap berkuliah dengan nyaman tanpa hambatan.

Hal tersebut membuat ia sangat berterima kasih atas kemudahan dan dukungan berupa pembiayaan dari WOM Finance. Bahkan Rizky yakin dengan keputusannya untuk menggunakan layanan WOM Finance merupakan langkah yang cerdas dalam mempersiapkan masa depannya.

Maka dapat dikatakan bahwa WOM Finance menawarkan beragam layanan pembiayaan kebutuhan dengan berbagai pilihan mulai dari cicilan emas, pembiayaan dengan jaminan bpkb motor, hingga pembiayaan dengan jaminan bpkb mobil. Dengan dukungan dari WOM Finance pelanggan dapat memperoleh dana yang dibutuhkan untuk membeli motor baru atau memenuhi kebutuhan finansial lainnya.

Proses pengajuan pembiayaan menjadi semakin mudah dengan adanya aplikasi pembiayaan yang dapat diakses secara praktis. Selain itu WOM Finance juga memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk berpartisipasi dalam Program Undian Berhadiah WOMBASTIS 2023 untuk memberikan mereka kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

#WOMFinance, #MembukaHarapa#PembiayaanKebutuhan, #UntungAdaKAWAN, #CicilanEmas 

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.wom.co.id/promo/cashback-500-rb-mobilku-juli
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/13/ini-10-perusahaan-pemilik-utang-terbesar-di-dunia
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/03/ojk-jumlah-pinjol-ilegal-terus-menurun-dalam-empat-tahun-terakhir
  4. https://youtu.be/pW1nysbwOso 
  5. https://youtu.be/pJVpE_mlB7U
  6. https://youtu.be/mGEWFh97PlY
  7. https://pixabay.com/id/photos/persimpangan-jalan-cara-kereta-api-2968279/
  8. https://pixabay.com/id/photos/kemiskinan-hitam-dan-putih-emosi-4561704/
  9. https://pixabay.com/id/photos/selamat-tinggal-bintang-jatuh-1758212/
  10. https://www.wom.co.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuka Harapan Bersama WOM Finance Tentang Kisah Sukses Anak Muda Mengelola Keuangan dan Memanfaatkan Layanan Pembiayaan"

Posting Komentar