Membentuk Anak Gemar Membaca Dengan Let’s Read

Anak kecil memegang Hp

Tentunya kita semua pernah mendengar slogan tentang membaca seperti membaca adaalah gudangnya ilmu pengetahuan. Jika kita artikan secara sederhana bahwa slogan tersebut memiliki makna yaitu ketika seseorang gemar membaca maka seseorang memiliki banyak sekali ilmu pengetahuan dibandingkan seseorang yang tidak membaca. Bahkan dilihat secara langsung didalam kehidupan masyarakat bahwa ketika seseorang yang gemar membaca cenderung lebih banyak bahan topik pembicaraan dibandingkan seseorang yang tidak gemar membaca. Selain itu juga dengan mambaca maka tulisan seseorang akan lebih luas pembahasannya.

Dizaman sekarang ini pastinya tidak mudah untuk membentuk seseorang agar memiliki sifat gemar membaca. Bahkan cenderung bisa dikatakan cukup sulit apalagi seseorang tersebut sudah memasuki status dewasa. Namun untuk tetap membentuk seseorang agar gemar membaca dapat dibentuk ketika seseorang masih memiliki status sebagai anak kecil. 



Pasti, didalam menjalani kehidupan akan selalu ada hambatan-hambatan ketika mau mencapai sebuah tujuan kehidupan. Salah satu contoh hambatan ketika mau membentuk seseorang anak kecil agar memiliki sifat gemar membaca ada banyak sekali namun bagi penulis saat ini hanya akan membahas dua yaitu lingkungan dan juga teknologi. 



Dapat dilihat bahwa saat ini banyak sekali teknologi-teknologi yang bermunculan dari mulai hp, laptop, sampai hal-hal lainnya. Munculnya berbagai macam teknologi tersebut dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua. Disatu sisi dengan adanya teknologi dapat memberikan manfaat yaitu memudahkan pekerjaan setiap manusia didalam kehidupan sehari-hari. Namun disatu sisi lain memberkan dampak yang tidak baik khususnya dalam hal waktu. Maksud dari waktu disini apabila seseorang terlalu lama menggunakan teknologi akan banyak sekali memakan waktu yang banyak. Ketika sudah banyak memakan waktu maka peluang akan waktu untuk membentuk sifa gemar membaca menjadi lebih kecil atau bahkan hilang.
Sedangkan untuk faktor lingkungan merupakan faktor yang sangat penting setelah teknologi apabila digunakan tidak baik atau berlebihan akan memakan waktu. Faktor lingkungan merupakan penting karena ada sebuah pepatah mengatakan bahwa ketika seseorang ketika berada di toko pafrum maka seseorang pastinya akan menerima harum dari pafrum tersebut. Maka apabila didalam lingkungan seseorang tidak gemar membaca maka seseorang yang ada didalam lingkungan tersebut memiliki peluang akan tidak gemar membaca lebih besar. 



Praktek merupakan cara termudah dalam membentuk seseorang yang masih anak kecil agar dapat memiliki sifat gemar membaca. Praktek membaca didalam sebuah keluarga bagi anak kecil merupakan cara terampuh dan termudah agar menumbuhkan sifat gemar membaca. Peran orang tua disini tidak hanya menitik beratkan kepada pihak sang ibu saja tetapi juga harus memiliki kombinasi baik itu dari mulai ibu sampai bapak. Dengan hal tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sifat gemar membaca. Untuk lebih maksimal dalam menumbuhkan sifat gemar membaca membutuhkan sebuah alat bantu. Salah satu alat bantunya adalah aplikasi seperti let’s read.


Tidak menutup kemungkinan dari namanya saja sudah pada tahu para pembaca. Dapat dikatakan bahwa aplikasi let’s read adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu para pembaca untuk memiliki sifat akan gemar membaca. Bukan hanya itu saja didalam aplikasi ini ada banyak sekali berbagai macam kelebih. Salah satu contoh kelebihan yang dimiliki dari aplikasi let’s read  yaitu:

Let's read 
Sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.asiafoundation.letsread&pcampaignid=MKT-Other-global-all-co-prtnr-py-PartBadge-Mar2515-1

Pertama adalah laboratorium buku. Maksud dari kata laboratorium buku disini adalah let’sread  dapat diartikan rak buku. Dimana let’s read  ini menyatukan berbagai hal dari mulai para penulis, editor, sampai dengan ilustrator untuk dapat menghasilkan berbagai macam bahan buku bacaan yang berkualitas tinggi kedalam bahasa locak yang digunakan.

Kedua adalah terjemahan. Tembok penghalang untuk mendapatkan buku bacaan adalah bahasa. Memang dapat dikatakan bahasa Inggirs adalah bahasa internasional maka dengan hal tersebut bahasa Inggirs yang paling banyak digunakan. Namun nyatanya tidak semua orang dapat memahami bahasa Inggirs namun setiap orang memahami bahasa local. Maka dari itu didalam let’s read  menyediakan fasilitas penerjemah.

Let's read
Sumber: https://reader.letsreadasia.org/esm-bundled/images/about/logo_about.jpg
Ketiga adalah menghemat kertas. Kertas merupakan bahan yang berasal dari pohon. Ketika penggunaan kertas semakin tinggi maka penebangan akan pohon menjadi besar pula. Ketika pohon semakin diekspoitasi secara besar-besaran demi bahan pokok kertas maka perubahan lingkungan. Maka untuk menekan hal tersebut let’s read  tidak diakses dengan buku tetapi melalui aplikasi.

Keempat adalah banyak pilihan buku. Hal yang paling utama dalam menumbuhkan sifat membaca bagi anak adalah pilihan buku yang membosankan. Namun dengan adanya let’s read  maka memberikan pilihan banyak buku. Dengan banyaknya buku maka seseorang pembaca ketika sudah merasa bosan membaca buku satu dapat berpindah ke dalam buku lain. Sehingga dengan adanya hal demikian maka sifat bosan akan sebuah buku dapat dihindari.
Untuk lebih memaksimalkan pembentukan akan anak kecil agar dapat memiliki sifat gemar membaca. Namun ada satu hal penting agar benar-benar dapat memaksimalkan dalam pembentukan anak kecil yang memiliki sifat gemar membaca yaitu konsisten. Memang tidak akan mudah jika kita sudah membahas konsisten namun apabila tujuan yang akan dicapai adalah membentu anak kecil agar dapat memiliki sifat gemar maka konsisten merupakan cara yang harus ditempuh.

Sumber:https://youtu.be/cpWJlK4v7j0

Diharapkan ketika semua hal telah dilakukan dari mulai segala macam hal ditambah dengan penggunaan aplikasi let’s read  akan membuat anak kecil didalam sebuah keluarga menjadi minat baca anak lebih meningkat. Bahkan bukan hanya itu saja budaya membaca menjadi makanan sehari-hari. Apalagi banyak sekali kelebihan yang diberikan oleh let’s read  membuat membaca menyenangkan oleh setiap orang bahkan anak kecil didalam sebuah keluarga sekalipun. Dengan demikian ayo gunakan aplikasi let's read maka dapat terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas karena gemar membaca.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Membentuk Anak Gemar Membaca Dengan Let’s Read"

  1. kita jadi makin semangat mengajak anak baca dengan aplikasi Lets Read ya!

    BalasHapus