Momen Yang Tepat Untuk Membeli Rumah, Kapan???


Didalam menjalani kehidupan sehari-hari kita selalu dituntut akan beberapa hal salah satu tuntutannya yaitu akan memenuhi kebutuhan hidup. Mau tak mau tetap saja kebutuhan hidup harus dapat dipenuhi oleh setiap orang didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali kebututuhan hidup yang harus dipenuhi namun menurut berbagai macam sumber seperti yang diajarkan di sekolah kebutuhan hidup dibagi kedalam tiga hal. Ketiga kebutuhan hidup tersebut yaitu kebutuhan akan papan, sandangan, dan pangan. Dimana ketiga kebutuhan tersebut saling terhubung dan saling berkaitan untuk membentuk kehidupan yang nyaman dan layak.

Mungkin bagi anak muda hanya dua saja kebutuhan yang harus dapat dipenuhi yaitu kebutuhan sandang dan kebutuhan akan pangan. Dimana kebutuhan akan papan pada umumnya masih bergantung dengan orang tua atau masih hidup dengan orang tua. Namun seiring bertambahnya usia anak dan semakin dewasa seseorang maka hidup mandiri merupakan sebuah keharusan. Apalagi akan timbul rasa malu dan desakan sosial dari masyarakat untuk dapat memenuhi ketika kebutuhan hidup secara mandiri. Maka mau tak mau seseorang yang sudah dewasa harus juga dapat memenuhi kebutuhan akan papan.

Perumahan
Sumber: https://ppdpp.id/wp-content/uploads/2019/07/DSC_9839-800x445.jpg
Kebutuhan akan papan biasanya dikaitkan dengan kebutuhan akan tempat tinggal. Mungkin pada beberapa tahun kebelakang tempat tinggal hanya berorientasi kepada rumah namun dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan tempat tinggal menjadi banyak sekali salah satunya seperti apartemen, hotel, maupun rumah susun. Walaupun sudah banyak jenisnya akan tempat tinggal namun saja tempat tinggal yang jenis rumah masih banyak diminati oleh banyak orang.

Harga rumah
Sumber: https://ppdpp.id/wp-content/uploads/2015/12/angsuran-terjangkau.jpg
Jika kita menganalisis lebih jauh ada ada beberapa alasan-alasan mengapa masih diminatinya rumah sebagai tempat tinggal. Alasan pertama adalah benar-benar bisa mengubah rumah sesuai dengan keinginan diri sendiri tanpa harus merasa terganggu dengan tetangga. Alasan kedua adalah anggapan masyarakat sukses adalah dengan membeli dan memiliki sebuah rumah. Sedangkan alasan ketika adalah bisa dijual ataupun disewakan tanpa ada banyak batasan waktu. Jika kita menganalisis lebih lanjut pastinya ada banyak alasan namun salah satunya telah disebutkan diatas mengapa rumah masih diminati oleh banyak orang sebagai tempat tinggal.

Ketika mau membeli rumah pastinya kita selalu saja mendapatkan berbagai macam pertanyaan dari mulai harga, lokasi, alasan membeli rumah, dan masih banyak lagi. Namun ada satu pertanyaan yang selalu menghampiri seseorang ketika mau membeli rumah dimana pertanyaan tersebut yaitu:



Jika kita disuruh menjawab dari pertanyaan diatas pastinya setiap orang akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun jika disuruh saya sebagai penulis maka saya akan menjawab pastinya momen yang tepat untuk membeli rumah adalah saat ini. Pastinya ada banyak sekali pertimbangan saya sebagai penulis menjawab saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli rumah yang tepat.


Ada tiga pertimbangan mengapa saya sebagai penulis dapat menjawab demikian yaitu pertama harga rumah ditambah tanah mengalami kenaikan setiap tahunnya, kedua adalah jumlah tanah yang tidak bertambah, dan yang ketiga jumlah penduduk yang kian bertambah. Dengan adanya ketiga hal tersebut maka membeli rumah saat ini merupakan waktu yang tepat.

Pembangunan rumah
Sumber: https://ppdpp.id/wp-content/uploads/2020/04/WhatsApp-Image-2020-03-24-at-17.47.41-800x445.jpeg

Saat ini di dunia ataupun negara Indonesia sedang mengalami pandemik virus Corona. Pada awalnya virus Corona berada di Kota Wuhan. Namun dengan seiring berjalannya waktu maka virus Corona ini menyerang berbagai wilayah bahkan saat ini setiap negara memiliki peluang akan terjangkit dari virus Corona.

Virus Corona yang sedang menyerang ini dapat berpotensi menyerang setiap orang tanpa pandang bulu baik itu muda ataupun tua dapat tertular. Virus Corona yang sedang terjadi ini termasuk kedalam virus yang berbahaya. Berbahaya virus Corona dikarenakan virus tersebut menyerang sistem pernapasan seseorang. Padahal yang kita ketahui bahwa sistem pernapasan merupakan sebuah sistem yang memiliki fungsi vital didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apabila sistem pernapasan terganggu maka untuk menjalani kehidupan sehari-haripun akan terganggu.

Ada banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah pertambahan jumlah orang yang terinfeksi akan virus Corona salah satu caranya adalah dengan menerapkan kebijakan work from home. Secara garis besar kebijakan work from home merupakan sebuah kebijakan dimana berbagai macam kegiatan dari mulai belajar sampai bekerja dilakukan didalam rumah.

Sosial distancing
Sumber: https://ppdpp.id/wp-content/uploads/2020/03/f45d3fad-2661-4908-97d7-12065e63d70a_169.jpeg

Seiring perkembangan waktu maka kebijakan lain juga diterapkan yaitu PSBB. Memang pada beberapa waktu kebelakang kebijakan PSBB ini dilakukan di wilayah negara Indonesia. Sedangkan kepanjangan dari PSBB sendiri yaitu pembatasan sosial berskala besar. Secara garis besar kebijakan yang dibuat memiliki satu tujuan yaitu penekan penyebaran virus Corona ditengah-tengah masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Mau tidak mau banyak sekali sektor kehidupan yang menerima efek kejut dari pandemik virus Corona salah satunya sektor ekonomi. Ada banyak sekali bukti yang menunjukan dampak pandemik virus Corona untuk sektor ekonomi salah satunya adalah pemutusan sampai pemberhentian para pekerja akibat penjualan transaksi yang anjlok. Dengan hal tersebut maka tidak heran bahwa banyak orang melakukan berbagai macam cara untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya seperti menjual barang yang dipunya. Pastinya didalam rumah ada banyak sekali barang yang dapat dijual seperti rumah.

Pembangunan rumah
Sumber: https://ppdpp.id/wp-content/uploads/2019/07/DSC_1320-800x445.jpg
Terkadang menjual rumah dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua. Dimana disatu sisi merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi penjual karena harga yang ditawarkan tidak sesuai standar dikarenakan terdesakn untuk kebutuhan hidup yang harus dapat dipenuhi secepat-cepatnya. Sedangkan disisi lain merupakan hal yang menyenangkan bagi pencari rumah dikarenakan harga yang didapatkan dibawah standar tetapi dengan kualitas yang sama bahkan dibeberapa waktu dengan kualiatas yang baik.

Harga
Sumber: https://ppdpp.id/wp-content/uploads/2015/12/uang.jpg
Tetapi jika kita melihat secara luas membeli rumah tidak hanya memiliki faktor biaya saja. Ada banyak sekali faktor-faktor membeli rumah seperti akses menuju rumah, transportasi, lokasi, tentangga, air, listik, dan masih banyak lagi. Maka dengan adanya berbagai macam faktor tersebut membeli rumah tidak mudah dan cepat perlu ada banyak pertimbangan yang benar-benar matang sebelum fix membeli rumah.

Tentunya saat ini untuk mencari rumah yang cocok sangatlah sulit apalagi saat ini sedang diterapkan berbagai macam kebijakan untuk menekan penyebaran virus Corona. Tetapi dengan hidup dizaman yang sudah berkembang pesat baik itu dari teknologi sampai pendidikan maka permasalahan akan sulitnya mencari rumah yang cocok ditengah kondisi saat ini menjadi lebih mudah. Kemudahan tersebut dikarenakan adanya apalikasi SIKASEP.
Tampilan SIKASEP
Sumber: https://lh3.googleuserconten
.com/zQRe2y3tjW5YajJtPslzJ8rxruN
aDxxgdNm5362EzEDNXnlgWDR
o8m878E-NCR5I0oM=w720-h310-rw
SiKasep merupakan sebuah aplikasi yang mana didalam aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam informasi tentang KPR Subsidi Perumahan. Dimana aplikasi ini merupakan sebuah solusi bagi masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah melalui sebuah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyediakan rumah bagi masyarakat. Aplikasi SiKasep ini dapat didownload melalui sebuah hp. Didalam aplikasi SiKasep juga memiliki banyak kelebihan salah satunya yaitu:

Pertama adalah akses yang mudah. Untuk dapat mengakses aplikasi SiKasep hanya memerlukan alat teknologi seperti hp ataupun yang lain ditambah dengan internet. Dikarenakan menggunakan hal tersebut maka untuk mengaksesnya apliksi SiKasep bisa dikatakan tanpa perlu lagi memperhatikan waktu dan tempat. Hal tersebut sangat cocok bagi orang-orang yang sibuk tetapi harus mencari rumah diwaktu kosong.

Tampilan SIKASEP
Sumber: https://lh3.googleusercontent.co
m/6POTUhG7tjUtJ3V3vx9lP
qz_NKkDQ_ii1uggZRboQIWJNes9
_2uwKzRnLfARvN3f0V8=w720-h310-rw
Kedua adalah berbagai penipuan dapat lebih ditekan dikarenakan aplikasi ini dimiliki oleh pemerintah. Tentunya pemerintah memiliki tugas atau kewajiban untuk mensejahterakan masyarakatnya. Adanya tugas atau kewajiban tersebut maka pemerintah pastinya tidak akan melakukan kegiatan untuk menipu apalagi menipu masyarakatnya. Maka aplikasi SiKasep akan dapat melindungi bagi para pencari rumah dari oknum-oknum jahat yang mau mencari korban untuk melakukan penipuan akan rumah.

Ketiga adalah mencari rumah yang cocok tanpa keluar rumah. Ditengah pandemik virus Corona maka segala hal harus dapat dilakukan didalam rumah salah satunya seperti mencari rumah yang cocok. Dengan adanya SiKasep maka mencari rumah dapat dilakukan didalam rumah dengan menggunakan teknologi. Tentunya hal tersebut dapat dikatakan melakukan dua kegiatan dalam satu bersamaan yaitu melakukan mencari rumah dan menerapkan kebijakan untuk menekan penyebaran virus Corona dengan waktu yang bersamaan.
Pada dasarnya ada banyak sekali kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi SiKasep ini namun salah satunya telah disebutkan diatas. Aplikasi SiKasep ini merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Pusat Pengolaan Dana Pembiayaan Perumahan dimana bisa disingkap pula dengan sebutan PPDPP. Aplikasi SiKasep merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan. Aplikasi SiKasep diluncurkan pada tanggal 19 Desember 2019 dan selalu mengalami perubahan untuk menyelesaikan permasalahan akan rumah yang cocok bagi penggunannya.

Tentunya membahas tanpa praktek dapat diibaratakan seperti makan tanpa sambel bagi orang-orang Sunda akan terasa kurang. Maka dari itu disini penulis mengajak para pembaca untuk mencoba praktek dengan menggunakan aplikasi SiKasep dalam mencari rumah yang cocok untuk ditinggali.


Diharapkan dengan adanya aplikasi SiKasep dapat benar-benar membantu orang-orang yang sudah memasuki usia dewasa untuk dapat kemandirian dalam memenuhi kebutuhan akan kebutuhan papan khususnya rumah yang cocok untuk ditinggali. Apalagi dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya membuat benar-benar membantu dalam mencari rumah yang cocok. Untuk benar-benar merasakan akan kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi SiKasep tidak ada salahnya untuk mencoba dan merasakan kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi SiKasep.  
Apabila sudah merasakan kelebihan ayo tuliskan perasaan anda ketika sudah menggunakan aplikasi dari SiKasep tersebut didalam kolom komentar.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat terutama bagi orang-orang yang sedang mencari rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Momen Yang Tepat Untuk Membeli Rumah, Kapan???"

Posting Komentar