UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University



Belakangan ini kita sudah mengetahui bahwa sekarang kita ini hidup di zaman yang sudah serba digital. Dari mulai bangun sampai tidur selalu saja kehidupan sehari – hari kita tidak dapat terbebas dari yang namanya digital. Dengan hal itu maka dapat kita ibaratkan sebagai pisau bermata dua. Disatu sisi bersifat negatif karena memiliki peluang akan dampak negatif dari ketergantungan dalam menjalan kehidupan sehari – hari. Sedangkan disatu sisi lainnya menimbulkan dampak positif seperti mempermudah dalam menjalani kehidupan sehari – hari.

Zaman yang sudah serba digital ini juga mulai memasuki dunia pendidikan khususnya kepada pendidikan tinggi. Dimana para pengelola pendidikan tinggi ini berlomba – lomba untuk menjadi pendidikan tertinggi dengan menjadikan kampusnya berbasis teknologi agar dapat lebih menjadi lebih baik lagi. Jika perguruan tinggi sudah mulai menerapkan berbasis teknologi maka tidak dipungikiri lagi akan menerima status sebagai Cyber University.

Bisa dikatakan bahwa Cyber University ini merupakan sebuah usaha untuk dapat membentuk suatu perguruan tinggi untuk dapat berbasis teknologi. Tentunya ada banyak sekali penerapan teknologi didalam perguruan tinggi salah satunya dari mulai pelayanan, fasilitas, kurikulum, pembelajaran, dan masih banyak lagi. Dimana hal – hal tersebut harus dilakukan dengan berbasis teknologi modern. Tentunya tidak akan mudah mengubah suatu perguruan tinggi dari hal biasa ke perguruan tinggi yang menyandang status Cyber University. Namun pastinya ada beberapa hal yang harus dikorbankan untuk menyandang status tersebut dari mulai waktu, tenaga, sampai uang harus direlakan untuk dapat menyandang status tersebut.

Perguruan tinggi Universitas Tanjungpura atau bisa disebut dengan UNTAN ini juga mulai atau bahkan sudah mau menuju akan status Cyber University. Dimana pada paragraf sebelumnya dapat ditarik sebuah benang merahnya yaitu dimana apabila suatu perguruan tinggi untuk dapat menyandang status Cyber University maka harus dapat penerapkan teknologi didalam perguruan tinggi tersebut. Maka untuk disini saya akan membahas mengenai contoh hal – hal yang ada di perguruan tinggi Universitas Tanjungpura atau biasa disebut dengan UNTAN yang sudah mulai menyandang status Cyber University salah satu contohnya yaitu sebagai berikut:

Pertama adalah informasi tentang akademik sudah mulai berbasis teknologi contohnya informasi sudah bisa diakses di web. Memang informasi ini sangat penting apalagi informasi yang berkaitan dengan akademik merupakan hal yang penting. Dengan sudah ada didalam webnya maka secara tidak sadar sudah memudahkan baik itu mahasiswa ataupun orang – orang yang membutuhkan informasi tentang akademik yang berada di UniversitasTanjungpura atau bisa disebut dengan UNTAN.

Kedua adalah kerja sama akan beberapa tempat. Memang salah satu cara untuk menciptakan Cyber University adalah dengan kerja sama dengan beberapa tempat baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Maka dari itu Universitas Tanjungpura atau bisa disebut dengan UNTAN berdasarkan web informasi yang berada di webnya menunjukan sudah banyak kerja sama untuk dapat meniciptakan Cyber University.

Memang ada banyak sekali ciri – ciri yang menunjukan bahwa Universitas Tanjungpura atau bisa disebut dengan UNTAN akan menyandang status sebagai Cyber University. Maka dari itu apabila anda sebagai pembaca ada pendapat lain mengenai bukti – bukti yang menununjukan bahwa Universitas Tanjungpura atau bisa disebut dengan UNTAN sudah mulai menunjukan sebagai perguruan tinggi yang menyandang status Cyber University ayo tuliskan pendapat anda tersebut didalam kolom komentar. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih banyak telah membaca tulisan ini.
Universitas Tanjungpura

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University"

Posting Komentar