Melahirkan Daerah Batik

Sumber

Batik merupakan sebuah sebuah kain yang berasal dari negara Indonesia. Oleh karena batik ini berasal dari negara Indonesia maka tidak ada salahnya apabila kita sebagai masyarakat dari negara Indonesia ini menyebutukan bahwa batik ini merupakan budaya dari negara Indonesia. Dengan batik sebagai budaya maka pada beberapa tahun kebelakang atau bahkan sampai saat ini dibeberapa instansi pemerintahan atau bahkan tidak menutup kemungkinan di beberapa perusahaan mulai menerapkan batik ini sebagai pakaian didalam menjalani pekerjaan tersebut.

Berbicara batik pastinya akan sangat meluas dan sangat dalam oleh karena itu tidak ada salahnya pada tulisan kali ini hanya akan membahas mengenai bagaimana caranya agar batik yang berasal dari desa Wisata Batik Tegalrejo dapat diterima dan digunakan oleh masyarkat baik itu yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Pastinya tidak akan mudah bahwa untuk menciptakan batik yang dapat digunakan masyarkat bagi itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Pastinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satu caranya yaitu:

Pertama adalah ciri khas harus dapat diberikan. Tidak dapat menutup kemungkinan bahwa ciri khas merupakan hal yang utama seseorang pembeli akan membeli produk khsusunya batik ini. Maka dari itu sebelum mengeluarkan produk batik yang berasal dari desa Wisata Batik Tegalrejo harus memiliki ciri khas. Dikarenakan produknya batik tentunya ada beberapa ciri khas yang dapat ditonjolkan baik itu dari mulai corak batik, bahan batik, ataupun yang lainnya.

Kedua adalah proses pembuatan jangan sampai memakan waktu yang lama. Berbicara produksi pastinya akan berbicara tentang waktu produksi. Proses pembuatan yang lama pastinya memiliki dampak salah satu dampaknya dari mulai tidak dapat terpenuhinya kebutuhan pasar akan batik yang diproduksi atau bahkan harganya juga akan meningkat karena proses waktu yang lama untuk dibuat. Oleh karena itu maka para produksi batik yang berasal dari desa Wisata Batik Tegalrejo harus dapat memperhatikan waktu produksi. Agar waktu produksi yang dibutuhkan dapat mengimbangi kebutuhan akan pasar dan menekan harga batik.

Ketiga adalah harga yang ditawarkan. Pastinya bukan rahasia umum bahwa harga merupakan faktor yang sangat penting bagi seseorang menjual produk apalagi produk yang dijual merupakan produk yang berbentuk batik. Maka dari itu disini para penjual ataupun orang – orang yang memproduksi batik ini harus memperhatikan harga yang dikeluarkan agar dapat sesuai dengan dompet para pembeli. Namun selain itu juga harus diperhatikan biaya dari produksi atau bahkan dari sisi logistiknya juga jangan sampai harga yang dikeluarkan untuk produk batik yang berasal dari desa Wisata Batik Tegalrejo tidak dapat menutup keuangan hasil produksi sampai logistik.

Memang pada dasarnya untuk dapat membuat produk batik yang dapat diterima oleh masyarakat baik itu yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri akan ada banyak sekali beberapa hal yang harus dapat diperhatikan. Namun salah satu hal yang diperhatikan telah disebutkan diatas. Diharapkan dengan sudah diperhatikan akan beberapa hal yang telah disebutkan tersebut maka batik yang berasal dari desa Wisata Batik Tegalrejo akan dapat digunakan oleh masyarakat baik itu yang berasal dari luar ngeri maupun dalam negeri. Selain itu juga diharapkan batik yang diproduksi oleh desa Wisata Batik Tegalrejo menjadi sebuah produk yang menjadi acuan bagi produk batik lainnya yang berasal dari negara Indonesia yang dikenal sebagai budayanya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca khususnya bagi orang – orang yang bekerja di produksi batik yang berasal dari desa Wisata Batik Tegalrejo agar membuat batik yang diproduksinya akan dapat diterima masyarkat baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Melahirkan Daerah Batik"

Posting Komentar