Pemindahan Ibu Kota



Isu tentang pemindahan ibu kota bagi negara Indonesia ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Pemindahan ibu kota bagi negara Indonesia ini bisa dibilang merupakan sebuah tantangan yang sangat besar dan baru bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Jika Indonesia ini dapat  menyelesaikan sebuah tantang dalam memindahkan ibu kota yang tidak semudah dibayangkan seperti membalikan talapak tangan. Dengan tidak mudahnya melakukan sebuah tantangan pemindahan ibu kota ini maka untuk dapat merealisasikan hal ini perlu sebuah perencanaan yang matang. Namun jika kita menganalisis secara umum memang ada beberapa faktor yang menyebab pemindahan ibu kota Indonesia ini harus dapat direalisasikan salah satu faktor tersebut adalah kepadatan penduduk, kualitas udara, kemacetan, dan masih banyak hal-hal yang memicu mengapa harus dapat direalisasikan pemindahan ibu kota dari kota Jakarta ini.

Pastinya ketika pemerintah merencanakan pemindahan ibu kota bagi negara Indonesia ini akan menimbulkan sebuah pro dan kontra di tengah masyarakat. Memang tidak dapat menutup sebelah mata bahwa pemindahan ibu kota ini jika diibaratkan akan menjadi pisau bermata dua. Disatu sisi dengan adanya permindahan ibu kota ini diharapkan akan dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif. Didalam pemindahan ibu kota pastinya memerlukan lahan yang banyak dan juga pembangunan secara besar besaran di daerah tersebut. Dengan memerlukan lahan yang besar dan pembangunan secara besar besaran memiliki peluang yang sangat besar akan perusakan baik itu terhadap lingkungan maupun ekosisitem didalam lingkungan yang akan menjadi tempat ibu kota baru bagi negara Indonesia ini. Namun disatu sisi positifnya dengan adanya pemindahan ibu kota bagi negara Indonesia ini diharapakan dapat memberikan berbagai dampak salah satunya yaitu pembukaan lapangan pekerjaan baru, penggerak ekonomi, sampai transfer ilmu pengetahuan dari satu kota ke kota lainnya. Maka dengan banyaknya berbagai negara yang sudah berhasil memindakan ibu kota negeranya akan timbul sebuah pertanyaan apakah negara Indonesia ini juga dapat sukses dalam memindahkan ibu kota negaranya ?.

Namun untuk lebih memiliki peluang sukses yang besar pemindahan ibu kota dibutuhkan perencanaan yang sangat matang serta memperhatikan beberapa hal seperti biaya. Bukan hal yang aneh lagi bahwa untuk dapat memindahkan ibu kota dari satu kota ke kota lainnya membutuhkan biaya yang sanagt banyak. Menurut berbagai bahan bacaan baik itu yang berada di media elektronik, media cetak, sampai dengan internet kurang lebih biaya yang dibutuhkan untuk memindahkan ibu kota negara Indonesia ini sekitar  Rp 323 triliun hingga Rp 466 triliun. Dengan investasi yang sangat besar ini sangat rugi apabila ketika tidak suksesnya proses pemindahan ibu kota ini. Apalagi jika biaya yang digunakan untuk pemindahan ibu kota ini merupakan hasil pinjaman yang memiliki bunga yang cukup tinggi.

Tentunya tidak lengkap rasanya hanya membahas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika sebuah negara khususnya negara Indonesia yang memiliki keinginan untuk memindahkan ibu kota. Tetapi juga harus membahas mengenai permasalahan yang ada di negara Indonesia salah satunya masih terpusatnya berbagai hal baik dari mulai ekonomi sampai dengan hal-hal lainnya yang berada di pulau Jawa. Tentunya dengan terpusat berbagai hal ini yang berada di pulau Jawa ini sangat tidak baik bagi negara Indonesia karena negara Indonesia bukan hanya berada di pulau Jawa saja tetapi ada dibeberapa pulau lainnya.

Jika membahas harapan bagi pemindahan ibu kota pastinya yang pertama berdasarkan paragraf atas adalah terjadi sebuah pemerataan di bidang ekonomi, pendidikan, sampai dengan teknologi. Namun yang paling penting disini lebih ditekankan kepada bidang pendidikan karena kedepannya pada beberapa tahun kedepan negara Indonesia ini mendapatkan sebuah peluang yang sangat bagus yang akan merubah negara Indonesia ini dari negara berkembang menjadi salah satu negara dengan super power. Tentunya harapan tersebut menjadi salah satu negara super power dimasa yang akan datang tidak akan datang dengan sendirinya maka dari itu perlu sebuah berbagai upayah salah satunya yaitu pemerataan diberbagai bidang. Diharapkan dengan perpindahan ibu kota ini orang-orang yang bekerja di pemerintah yang mengatur arah roda negara Indonesia ini dapat lebih merasakan, melihat, sampai dengan mendengar langsung permasalahan yang berada di luar pulau Jawa. Ketika orang-orang yang bekerja di pemerintah yang mengatur arah roda negara Indonesia melakukan hal tersebut maka dapat mencari berbagai jalan keluar yang sangat efektif dan baik agar membuat pemerataan diberbagai bidang yang ada di negara Indonesia ini.

Pada dasarnya pemerataan diberbagai bidang ini bukan hanya tugas dari pemerintah saja. Namun disini yang memegang kekuasaan akan arah roda negara Indonesia ini yaitu pemerintah. Maka dari itu disini pemerintah ketika ingin melakukan pemindahan ibu kota jangan hanya berpaku pada pemindahan ibu kotanya saja tetapi juga harus ditekankan kepada pemerataan diberbagai bidang yang berada di luar pulau Jawa. Diharapakan dengan sudah meratanya diberbagai bidang tersebut maka ketika sebuah peluang dibeberapa tahun kedepan yaitu negara Indonesia ini akan menjadi salah satu negara dengan super power akan didapatkan dengan mudah. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi orang-orang yang bekerja dipemerintah yang berfungsi menjalankan arah dari negara Indonesia ini. Terima kasih.


Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pemindahan Ibu Kota"

Posting Komentar