Sumber Makanan Baru Yang Berasal Dari Kekayaan Negara Indonesia




Negara Indonesia merupakan negara yang bisa dibilang cukup unik. Memang jika kita melihat ke berbagai media yang ada baik itu media elektronik sampai media cetak ada banyak sekali beberapa hal yang menyebabkan negara Indonesia ini cukup unik salah satunya yaitu dari julukannya, letaknya, dan masih banyak lagi. Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang dihapit oleh dua benua dan dua samudra. Benua yang menghampit negara Indonesia adalah benua Asia dan benua Australia. Sedangkan untuk samudra yang mengampit negara Indonesia adalah samudara Hindia dan samudara Pasifik.

Dengan letaknya yang dihampit oleh dua benua dan dua samudra menjadikan negara Indonesia ini memiliki dampak positif salah satunya yaitu negara dengan jalur perdagangan yang sangat strategis. Selain letaknya yang sangat stategis negara Indonesia ini juga memiliki berbagai macam julukan salah satunya seperti negara dengan paru-paru dunia, negara dengan seribu candi, dan heaven earth.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa negara Indonesia ini memiliki banyak sekali kekayaan alamnya yang sangat banyak. Kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia ini bisa kita ibaratkan sebagai pisau bermata dua. Dengan memiliki kekayaan alam yang dimiliki akan bisa digunakan untuk mensejahterakan rakyat. Namun disisi lain apabila pengelolaan yang tidak sesuai dengan aturan atau lebih cendrerung mengekpoitasi secara berlebihan hanya akan menyebabkan kerusakan lingkungan saja.

Dengan kekayaan alam yang sangat banyak juga menimbulkan beberapa hal yang belum diketahui oleh banyak orang maka dari itu tidak menutup kemungkinan bahwa kekayaan alam yang dimiliki negara Indonesia ini akan menjadi sumber makanan ataupun bahan untuk kesehatan. Maka timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara untuk memaksimlakan dalam pemafaatan kekayaan alam negara Indonesia ini akan memiliki peluang untuk mendapatkan sumber makanan ataupun bahan untuk kesehatan ?.

Memang ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan oleh berbagai elemen yang ada di negara Indonesia ini untuk dapat memaksimalkan potensi kekayaan alam untuk menumbuhkan sumber makanan ataupun bahan untuk kesehatan namun cara yang terpenting adalah melalui sebuah pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah cara yang sangat baik dalam mengelola kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia. Dengan adanya pendidikan ini maka kekayaan alam ini dapat diteliti apakah kekayaan yang dimiliki potensi untuk menjadi sumber makanan dan bahan kesehatan dimasa yang akan datang. Maka dari itu disini pemerintah harus dapat memberikan pendidikan yang sama di negara Indonesai ini agar seluruh masyarakat di negara Indonesia ini dapat meneliti kekayaan alam dan menemukan sumber makanan dan bahan obat yang baru dan berguna dimasa yang akan datang.

Berbicara dengan keanekaragam alam juga akan berbicara dengan hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang ditetapkan pada tanggal 10 Agustus. Dengan adanya hari konservasi alam nasional yang ditetapkan pada tanggal 10 Agustus ini merupakan sebuah upayah untuk menjaga kesinambungan antara konservasi alam, masyarakat, dan juga membuat konservasi alam ini sebagai sebuah sikap hidup dari sebuah bangsa. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mengelola kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia ini harus dikelola secara hati-hati. Apabila sebuah negara dan masyarakat khususnya yang berada di negara Indonesia ini tidak secara hati-hati dalam mengelola kekayaan alam negara Indonesia ini maka nanti di masa yang akan datang akan menjadi sebuah boomerang yang sangat besar contohnya yaitu terjadi sebuah kerusakan alam. Tentunya bukan hanya kerusakan alam saja yang terjadi tetapi didalamnya akan membawa berbagai macam panyakit baik itu yang bersifat ringan ataupun bersifat keras. Maka disini akan timbul lagi sebuah pertanyaan bagaimana cara mengelola sumber kekayaan alam negara Indonesia ini agar tidak menimbulkan dampak negatif ?.

Tidak dapat dipungkiri sekali bahwa ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan dalam mengelola kekayaan alam yang sangat banyak ini namun salah satu cara yang bisa dilakukan pertama adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak berbahaya terhadap lingkungan. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ketika sebuah perusahaan baik itu yang dimiliki oleh pemerintah ataupuan yang dimiliki oleh swasta ketika mengambil kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia ini akan menimbulkan kerusakan alam yang bisa saja dikategorikan besar atau ringan. Maka dari itu untuk dapat menekan dampak negatif yang diberikan oleh ekspoliatasi kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia ini perusaan yang mau mengekspolitasi tersebut harus menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Kedua adalah dengan selalu meneruti aturan-aturan yang dibuat baik itu oleh pemerintah. Tentunya tidak menutup peluang bahwa ketika sebuah perusahaan baik itu yang dimiliki oleh pemerintah ataupun yang dimiliki oleh swasta akan memiliki peluang yang sama yaitu tidak mau menuruti peraturan yang ada dalam mengelola kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia ini. maka dari itu disini lebih ditekankan kepada pengawasan dan sangsi. Dengan adanya pengawasan dan sangsi yang ketat diharapkan perusahaan yang baik itu yang berasal dari pemerintah ataupun swasta yang mau dan sedang melakukan ekspoitasi terhadap kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia selalu menuruti peraturan yang ada khususnya yang telah dibuat oleh pemerintah agar kerusakan lingkungan akibat ekspoitasi kekayaan alam dapat lebih ditekan. Memang ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan dalam mengekspoliatasi kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia ini agar tidak memiliki dampak negatif seperti dampak negatif rusaknya kekayaan alam namun salah satunya telah disebutkan diatas.

Tentunya disini untuk menjaga dampak negatif dari menjaga kekayaan alam negara Indonesia agar ketika dikelola tidak menimbulkan dampak negatif bukan hanya tugas dari pemerintah saja tetapi tugas kita semua elemen yang ada didalam negara Indonesia ini. dengan adanya bantuan dari mulai tingkat terendah didalam elemen masyarakat sampai elemen tertinggi masyarakat maka pekerjaan ini akan lebih mudah dan cepat. Maka dari itu disini perlunya bantuan dari berbagai masyarakat dari berbagai tempat yang berada di negara Indonesia ini agar selalu bahu-membahu dalam menyelesaikan pekerjaan ini. Diharapkan dengan adanya bantuan yang banyak dan juga lebih banyak yang terlibat akan memberikan sebuah dampak positif yaitu pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dibandingkan dengan bekerja hanya satu instasi pemerintah saja.

Semoga tulisan ini bisa bermafaat bagi anda khususnya para pembaca dan juga dapat menyadaran kita bahwa negara Indonesia ini memiliki memiliki sumber kekayaan alam yang belum dikelola secara maksimal. Maka dari itu pendidikan sangatlah penting agar masyarakat yang berada di negara Indonesia ini dapat membantu kehidupannya menjadi lebih baik lagi. Terimakasih sudah membaca tulisan ini. Semoga anda dapat tergerak untuk dapat menemukan sumber bahan makanan dan bahan kesehatan bagi kemajuan dan kemakmuran negara indonesia ini.

Hari keanekaragaman Hayati 2019

Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sumber Makanan Baru Yang Berasal Dari Kekayaan Negara Indonesia"

Posting Komentar