Membangun Negeri Tanpa Berita Hoax Dengan Koran Kaltim

 

Negara Indonesia merupakan negara dengan berbentuk kepulauan. Kepulauan yang ada di negara Indonesia ini ada banyak sekali dari mulai Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, sampai Pulau Papua. Setiap pulau yang ada di negara Indonesia memiliki banyak sekali potensi yang sangat luar biasa untuk dapat mengangkat negara Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentunya negara Indonesia membutuhkan sebuah koneksi antara satu pulau dengan pulau lainnya agar dapat saling terhubung.



Berbicara tentang koneksi didalam sebuah negara pastinya akan berbicara mengenai infrastuktur. Ada banyak sekali infrastruktur yang dapat membuat terkoneksinya setiap pulau contoh jalan dapat mengkoneksi melalui jalur darat, bandara mengkoneksi melalui jalur udara, dan pelabuhan mengkoneksi melalui jalur air. Untuk dapat mengkoneksi tidak hanya lewat darat, udara, ataupun air tetapi ada satu jalur lagi yaitu jalur internet.

Dengan hidup dizaman yang sudah sangat canggih maka jalur internet merupakan jalur yang wajib untuk dapat dipenuhi. Jika kita analisis secara lebih dalam jalur internet merupakan jalur infrastuktur yang sangat penting. Ada banyak sekali contoh pernahkan kita sebagai masyarakat melihat bahwa ketika sebuah warung penghasilan kerajinan yang sudah masuk ke jalur internet dan tidak dengan jalur internet. Dengan warung penghasil kerajinan berdagang lewat internet maka peluang pembeli dapat tak terbatas akan jarak dan waktu sedangkan warung penghasil kerajianan tanpa lewat internet maka pembeli sangat terbatas oleh waktu dan tempat.



Memang dapat dikatakan bahwa jalur internet merupakan jalur yang sangat berpotensi besar merubah banyak hal ke arah yang lebih baik. Ternyata jika dapat diibaratkan bahwa jalur internet seperti pisau bermata dua. Dimana untuk sisi pertama adalah memiliki sisi positif yang telah dibahas pada paragraf atas. Sedangkan untuk sisi kedua adalah memiliki sisi negatif berupa bayangan hitam yang selalu mengikuti.

Berbicara bayangan hitam di dalam jalur internet pastinya ada banyak sekali namun salah satu contoh bayangan hitam yaitu berita hoax. Sebagai masyarakat yang selalu mengakses internet sudah tidak asing lagi dengan berita-berita hoax. Bahkan di berbagai macam media baik itu media sosial, media elektronik, sampai media cetak sudah sangat banyak membahas mengenai berita hoax. Tetapi berita hoax di jalur internet pastinya ada banyak sekali.

Muncul dan suburnya berita hoax di jalur internet memang ada banyak sekali alasan-alasannya. Alasan utama menurut penulis adalah karena kini setiap orang tanpa memandang beberapa hal dapat membuat berbagai macam konten dan menyebarkannya tanpa memandang tempat dan waktu lagi. Dengan hal tersebut maka kini banyak sekali konten-konten yang bertebaran di media internet. Dari banyaknya konten tersebut terkadang mengandung akan hal-hal yang berkaitan dengan hoax.

APA ITU HOAX???

Jika diartikan secara singkat maka kata hoax dapat diartikan sebagai berita bohong atau memiliki kebenaran yang diragukan. Di negara Indonesia sendiri jika kita menjelajahi dunia internet ada banyak sekali beroita hoax yang bertebaran secara bebas. Padahal berita hoax memiliki bahaya yang sangat mengancam. Contoh apabila seseorang terhasut melakukan tindakan berbahaya kepada seseorang hanya karena telah mendengar ataupun membaca berita hoax menganai seseorang tersebut. Dari contoh tersebut saja bisa terlihat sangat berbahaya apabila berita hoax tersebut tersebar didalam masyarakat.

MAKA BAGAIMANA CARANYA UNTUK MENEKAN MASYARAKAT DALAM MENGONSUMSI BERITA HOAX???

Untuk dapat menekan berita hoax yang paling efektif adalah menekan pembuat dan penyebar berita hoax. Oleh karena itu tidak salah bahwa apabila disini pemerintah dari negara Indonesia menyiapkan berbagai macam peraturan yang mengatur seseorang dalam membuat sebuah konten agar tidak ada berita hoaxnya. Ternyata untuk dapat benar-benar menekan berita hoax tidak hanya dibebankan kepada pemerintah saja tetapi harus pula dilibatkan masyarakat. Dimana masyarakat harus dapat memilah-milah informasi yang dikonsumsi.

LANTAS DIMANA TEMPAT INFORMASI YANG TERPECAYA UNTUK DIKONSUMSI???

Berbicara tempat untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat adalah di Koran Kaltim. Koran Kaltim merupakan sebuah surat kabar harian yang berasal dari salah satu provinsi di negara Indonesia lebih tepatnya adalah Provinsi Kalimantan Timur. 

Kantor pusat dari Koran Kaltim berada di Kota Tenggarong tetapi untuk kantor cabang ada juga yang berada di Kota Samarinda maupun Kota Balikpapan. Tanggal 22 November 2006 merupakan tanggal yang menjadi saksi bahwa terlahir dan terbentuknya Koran Kaltim.

KENAPA HARUS MEMBACA DI KORAN Koran Kaltim???

Setelah penulis melihat dan membaca berbagai tulisan yang berada di Koran Kaltim ada banyak sekali alasan-alasanya kenapa harus mengonsumsi informasi dari Koran KaltimBerikut adalah alasan-alasan yang saya buat setelah saya melihat dan membaca berbagai informasi yang berada di Koran Kaltim mengapa anda sebagai pembaca juga harus membaca dan melihat di Koran Kaltim:

Pertama adalah informasi mengenai redaksi Koran Kaltim sangat jelas. Tentunya hal ini sangat penting bagi pembaca agar para pembaca dapat lebih percaya. Kepercayaan ini dapat muncul dikarenakan informasi mengenai redaksi Koran Kaltim sangat jelas. Untuk informasi dapat diakses di web Koran Kaltim. Contoh saja untuk alamat redaksi baik itu yang berada di pusat ataupun cabangnya sangat jelas. Untuk di pusat berada di Jl. Jelawat RT 18 Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sedangkan untuk cabang pertama yang berada di Biro Samarinda di Jl. Basuki Rahmat Samarinda, Kalimantan Timur dan untuk cabang kedua yang berada di Biro Balikpapan yaitu Perum Bangun Reksa Asri Blok B32 RT 16 Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kedua adalah pembahasan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan disampaikan secara jelas sehingga mudah dipahami. Contohnya saja pada tulisan “Sering Pilek, Anak-Anak Memiliki Antibodi Alami Melawan Covid-19?” didalam judul tersebut terdapat penjelasan yang ilmiah sehingga tulisan tidak hanya membahas mengenai opini saja. Walaupun ada pembahasan yang berkaitan dengan ilmiah tetapi dibawakan dengan sangat jelas sehingga ketika membaca tulisan tersebut maka kita dapat mengetahui bahwa anak-anak dinilai memiliki perlindungan alami yang lebih kuat dalam menghalau Covid-19 hal ini berkaitan dengan kecenderungan dengan seringnya anak-anak terkena pilek. Untuk lebih jelasnya dari berita pada point dua bisa mengklik link ini"https://korankaltim.com/read/kesehatan/37984/sering-pilek-anak-anak-memiliki-antibodi-alami-melawan-covid-19". 

Ketiga adalah banyak kegiatan yang menarik untuk diikuti oleh para pembaca. Tentunya pada point ke tiga ini harus diberikan contoh yang benar-benar nyata sehingga para pembaca benar-benar yakin. Berbicara contoh kegiatan yaitu yang bertepatan dengan HUT ke-14 Koran Kaltim. Kegiatan yang menarik tersebut salah satunya adalah blog competition dan kompetisi video. Kedua lomba tersebut memiliki hadiah yang cukup menarik untuk didapatkan. Adanya kegiatan menarik tersebut tentunya tambah membuat para pembaca Koran Kaltim menjadi nyaman lagi apalagi terhadap hadiah menarik didapanya.

Apa Kaitannya Koran Kaltim Dengan Menekan Berita Hoax Di Negara Indonesia???

Ada kaitannya, kaitannya tersebut tentunya dengan berita hoax. Adanya Koran Kaltim di negara Indonesia ini memiliki sebuah harapan akan dapat ditekannya berita hoax di negara Indonesia. Bukan hanya itu saja diharapkan Koran Kaltim dapat terus membuat berita-berita yang terbukti kebenarannya serta memberikan informasi yang sangat bermanfaat tidak hanya di wilayah Kalimantan Timur saja tetapi di seluruh wilayah negara Indonesia. Salah satu berita dari Koran Kaltim di youtube:

Ketika berita hoax yang beredar didalam masyarakat telah ditekan maka koneksi antara setiap pulau dapat menjadi lebih baik. Maka diujungnya adalah negara Indonesia agar bergerak ke arah yang lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Sehingga cita-cita yang selama ini terkudur dan hanya menjadi angan-angan dapat lebih tercapai. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.




Sumber tulisan:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Koran_Kaltim
  2. https://korankaltim.com/read/kesehatan/37984/sering-pilek-anak-anak-memiliki-antibodi-alami-melawan-covid-19
  3. https://pixabay.com/id/photos/anak-anak-sungai-air-mandi-splash-1822704/
  4. https://pixabay.com/id/photos/jembatan-golden-gate-san-francisco-388917/
  5. https://pixabay.com/id/photos/ipad-tablet-teknologi-sentuh-820272/
  6. https://www.youtube.com/watch?v=PAdOpxuuWPQ

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membangun Negeri Tanpa Berita Hoax Dengan Koran Kaltim "

Posting Komentar