Diversifikasi Portofolio Investasi di Aplikasi Reku

Kita sebagai masyarakat saat menjalani kehidupan sehari-hari akan menyaksikan banyak sekali individu di luar sana yang telah mencapai label kesuksesan di bidangnya. Atas kesuksesan tersebut bahkan menjadi sebuah teladan atau inspirasi bagi orang lain untuk sama-sama menggapai hal tersebut atau bahkan lebih.

Tentunya untuk mencapai label sukses tersebut seseorang diraih melalui tekad, kerja keras, sampai ketekunan yang tiada henti. Jika melihat berbagai macam bentuk kesuksesan seseorang berbentuk pemimpin visioner, ilmuan berprestasi, sampai bentuk lainnya. Salah satu contoh individu yang menurut penulis sudah dapat memiliki label kesuksesan pada bidang yang digelutinya bernama Warren Edward Buffett.

Berdasarkan berbagai media informasi memaparkan bahwa Warren Edward Buffett dilahirkan pada tanggal 30 Agustus 1930. Dimana ia dikenal oleh masyarakat dunia sebagai seseorang investor, pengusaha, sampai filantropis yang berasal dari Amerika Serikat. Tidak hanya itu kini ia merupakan seseorang yang memiliki jabatan bergensing pada Berkshire Hathaway. Beberapa hal tersebut berhasil menghantarkan ia masuk dalam orang terkaya ketida di dunia untuk tahun 2015 versi Forbes. Majalah lainnya berupa Time di tahun 2012 telah memasukan Buffett sebagai orang yang berpengaruh di dunia.

“Jika Anda tidak menemukan cara untuk menghasilkan uang saat Anda tidur, Anda akan bekerja sampai mati.”

Ungkapan diatas merupakan muncul dari Warren Buffett. Dimana ia menekankan kepada masyarakat untuk pentingnya dalam mencari sumber pendapatan pasif dan investasi yang cerdas. Buffett memaparkan bahwa hanya mengandalkan pendapatan aktif dari bekerja tidak akan dapat mencapai kebebasan finansial dalam jangka panjang. Maka dari itu seseorang hars dapat menghasilkan uang secara otomatif yang terus berjalan walaupun tanpa kehadiran secara langsung.

Tidak hanya itu saja dalam ungkapan diatas juga masyarakat ditekankan akan pentingnya merencanakan masa depan finansial secara bijak. Cara merencanakan tersebut melalui bijaknya menginvestasikan uang dengan cerdas pada peluang yang menciptakan sumber pendapatan pasif. Dengan demikian maka masyarakat akan diingatkan untuk berpikir jangka panjang dalam upaya mencapai kestabilan finansial dan menghindari ketergantungan pada pekerjaan aktif.

Maka tidak usah heran bahwa saat ini banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk dapat terlihat dalam kegiatan investasi. Kesadaran atas pemaparan diatas membuat masyarkat mencari cara agar menghasilkan uang secara pasif melalui investasi. Ada banyak investasi yang dapat digunakan seperti saham, obligasi, sampai properti. Walaupun sudah pasti setiap produk investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mendapatkan kelebihan dan menekan kekurangan dibutuhkan analisis yang baik dengan melihat kondisi seseorang. 

Melihat ke dalam kondisi masyarakat Indonesia pasti sangatlah cerah. Kecerahan tersebut dapat terlihat dari jumlah masyarakatnya. Indonesia tercatat terus mengalami pertumbuhan terhadap jumlah penduduk di setiap tahunnya. Menurut data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan jumlah penduduk Indonesia telah mencapai angka 278,69 juta jiwa pada pertengahan 2023. Angka tersebut menunjukan kenaikan 1,05% dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Untuk pertengahan tahun 2022 jumlah penduduk berada di angka 275,77 juta jiwa.

Banyaknya jumlah penduduk tersebut selaras banyaknya dengan nilai tabungan masyarakat yang mengendap di perbankan. Untuk jumlah dana yang mengendam mencapai Rp 690 triliun. Kondisi tersebut selaras dengan pemaparan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa:

"Kenaikan tabungan masyarakat di bank di tahun 2022 itu ada Rp 690 triliun. Dana masyarakat ditahan dan tidak dibelanjakan artinya masyarakat ngerem tidak ingin belanja. Tidak ingin datang ke restoran tidak ingin datang ke mal tidak ingin datang ke toko. Belanja tidak. Lebih baik disimpan di bank, ini tidak boleh," tegas Jokowi, dalam pembukaan Rakernas APPSI, Kamis (23/2/2023).

Saat pandemik terjadi ke kehidupan masyarakat Indonesia mengalami tantangan ekonomi yang signifikan. Mau tidak mau memaksa masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup memerlukan pendapatan tambahan seperti passive income. Hal tersebut selaras dengan pemaparan oleh seseorang berupa Direktur Retail dan Treasury Mandiri Sekuritas yang dipegang oleh Theodora VN Manik. Dimana ia memaparkan bahwa terjadi peningkatan investor baru lebih dari 50% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

"Nilai transaksi harian nasabah retail juga meningkat sekitar 70% secara tahunan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," lanjut Theodora, dalam siaran pers, Jumat (23/10/2020).

Di tahun 2020 sampai enam bulan pertamanya pihak Mandiri Sekuritas telah mencatat terjadi peningkatan dengan mencapai angka 26.000 nasabah baru untuk segmen ritel menjadi total 145 ribu nasabah. Kondisi tersebut ada satu hal yang menarik dilihat dari sisi demografi. Dimana investor ritel dengan angka 47,57% didominasi oleh kalangan generasi milenial atau seseorang yang memiliki usia di bawah 30 tahun.

Disamping itu munculnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan passive income diambil kesempatan oleh oknum-oknum jahat yang menciptakan investasi bodong. Para oknum tersebut dengan sangat cerdik memanfaatkan keinginan masyarakat untuk keuntungan pribadi. Untuk mau menarik masyarakat agar terperangkap biasanya oknum jahat tersebut merancang skema investasi menarik. Agar lebih menarik bisanya disisipkan dengan janji manis dilengkapi taknik penupuan yang rumit.

Walaupun banyak orang yang mampu terhindar dari jebakan investasi bodong. Tetapi disisi lainnya masih banyak sekali masyarakat yang tertipu. Kerugian yang dirasakan oleh masyarakat atas peristiwa investasi dari tahun 2018-2022 sudah mencapai angka Rp 126 triliun. Jumlah tersebut berdasarkan hasil yang dihimpun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dilansir dari Antara memiliki rincican kerugian yang berada di angaka Rp1,4 triliun pada 2018; Rp4 triliun pada 2019; Rp5,9 triliun pada 2020; Rp2,54 triliun pada 2021; Rp112,2 triliun pada 2022.

Untuk mencegah terperangkap dalam produk investasi maka seseorang harus dapat memilih investasi yang minim akan dampak kurang baik salah satunya berupa aset kripto. Sudah pasti saat ini banyak sekali pihak-pihak yang membahas mengenai aset kripto. Saking banyaknya dengan menjelajahi media internet akan dipaparkan secara lengkap dengan sudut pandang berdasarkan pemaparannya. Walaupun demikian pastinya masih banyak pembaca lainnya yang belum memahami akan aset kripto.

Aset kripto atau bisa disebut pula dengan mata uang kripto merupakan bentuk aset digital yang menggunakan kriptografi dalam keamanan dan mengandalkan teknologi blochain untuk mencatat dan memverifikasi transaksi. Sebagai bentuk produk investasi yang baru maka bagi seseorang yang mau terjun dalam aset kripto penting memahami akan seluk beluknya.

Saat pertama kali cryptocurrency dikenal oleh masyarakat sebagai nama Bitcoin. Berdasarkan berbagai macam media informasi Bitcoin diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang atau sekelompok orang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Saat peluncuran tersebut kini Bitcoin telah menjadi kripto yang pertama dan paling dikenal hingga saat ini. Tetapi kini seiring bergantinya waktu telah muncul berbagai jenis aset kripto lainnya seperti seperti Ethereum, Ripple, Litecoin, dan masih banyak lagi.

Salah satu karakteristik utama dari aset kripto adalah desentralisasi. Sehingga produk tersebut tidak akan dapat dikendalikan oleh lembaga keuangan ataupun pemerintah pusat. Tetapi produk tersebut menggunakan teknologi blockchain dalam menyimpan akan catatan transaksi yang terjadi pada berbagai titik di seluruh jaringan. Hal tersebut membuat produk aset kripto menawarkan keamanan dan transaksi yang tinggi.

Hal menarik dari aset kripto berupa ketidaksediaan fisik atau representasi fisik merupakan ciri khas lainnya yang diberikan. Dimana secara wujudl aset kriptu hanya ada dalam bentuk digital. Bahkan setiap pemilik akan memiliki kunci pribadi yang akan membuat ia akan mengakses dan mengendalikan kekayaannya. Nilai aset kripto juga berfluktuasi secara dramatis dalam waktu yang singkat. Mau tidak mau kondisi tersebut akan memberikan peluang atas keuntungan yang besar ttetapi akan meningkatkan risiko kerugian yang signifikan. Maka dari itu disini penting akan manajemen risiko dan pemahaman akan fluktuasi pasar bagi para pemula.

Selain itu dalam aset kripto yang sampai saat ini terus berkembang dengan regulasi yang bervariasi antar berbagai negara. Seperti banyak negara yang mulai terbuka bahkan mengadopsi sampai mempertimbangkan regulasinya. Sementara banyak pula negara lainnya yang masih menimbang-nimbang atas aset kripto tersebut. Oleh karena itu pemula harus selalu memperbarui pengetahuan mereka tentang regulasi setempat dan internasional terkait aset kripto.

Aset kripto tidak dapat bisa dilepaskan dari teknologi blockchain yang menjadi landasannya sebagai aspek kunci. Blockchain merupakan buku besar yang terdesentralisasi untuk mencatat semua transaksi agar memastikan keamanan dan integritas data. Melalui pemahaman akan blockchain bekerja akan membantu para pemula dalam mengambil keputusan investasi aset kripto agar menghasilkan keuntungan. Dengan adanya pemahaman tersebut para pemula akan dapat membuat keputusan investasi yang lebih informasional dan membangun kepercayaan dalam menjelajahi pasar kripto yang dinamis.

Kini setelah mendapatkan gambaran secara permukaan tentang aset kripto maka timbul kembali sebuah pertanyaan. Dimana berikut ini merupakan salah satu pertanyaan tersebut yaitu:

Aplikasi apa yang harus digunakan seseorang mau melakukan investasi aset kripto?

Aplikasi yang cocok bagi masyarakat yang mau melakukan investasi aset kripto dikenal oleh masyarakat dengan nama Reku. Reku merupakan perubahan nama dari Rekeningku merupakan bursa aset kripto Indonesia. Melihat dari sejarah akan pendirian Reku didirikan pada tahun 2018 yang dilakukan oleh para pendiri yang secara aktif terlihat dalam komunitas kripto selama bertahun tanpa lelah. Selain itu para pendiri juga telah berfokus cukup dalam dalam pengembangan produk Reku agar dapat melayani pengguna dengan sangat nyaman dan aman.

Visi yang dimiliki oleh Reku adalah menjadi panduan untuk semua hal tentang kripto bagi seluruh masyarakat Indonesia. Keamanan layanan dari Reku tersebut telah diverifikasi dengan terdaftar di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dengan Nomor 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 per tanggal 30 Maret 2020 untuk memungkinkan akses ke aset kripto dengan mudah, aman, dan regulasi yang sesuai.

Agar lebih nyaman digunakan pihak pengelola dari Reku juga menyediakan beberapa hal salah satunya seperti token pilihan berkualitas, 24/7 live chat yang didukung oleh customer support, sampai proses transaksi yang cepat dan mudah. Hal tersebut membuat Reku menjadi pelopor dalam kripto bagi masyarakat yang mau berinvestasi pada produk aset kripto. Setelah memasuki tahun 2018 pengguna layanan dari Reku telah mencapai jumlah transaksi di angka 10 triliun+ rupiah.

Dalam pengelolaan operasional pihak Reku dilengkapi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu SDM yang terdapat pada Reku seperti Sumardi Fung sebagai Chief Executive Officer, Robby sebagai Chief Compliance Officer, dan Jesse Choi sebagai Chief Operating Officer. Sumardi Fung membawa pengalaman kepemimpinan yang mendalam. Sementara Robby memastikan kepatuhan dan kesesuaian dengan regulasi dan Jesse Choi bertanggung jawab atas operasional perusahaan. Ketiga pihak tersebut saling berkolaborasi untuk menghasilkan layanan Reku yang aman sampai nyaman bagi masyarakat ketika menggunakannya.

Supaya memberikan kenyamanan lebih dalam bagi para pengguna maka pihak Reku menyediakan fitur spesial berupa: Pertama berupa Mode Lightning dan Pro. Adanya pilihan diberikan untuk menyesuaikan pada gaya trading penggunanya. Dimana untuk Mode Lightning memberikan tampilan yang lebih simpel. Sedangkan Mode Pro memberikan grafik yang lebih kompleks. Kedua berupa Staking. Staking merupakan cara pengguna untuk mendapatkan rewards hingga mencapai 10 APY dari stake atau mengunci aset kripto. Sedangkan yang ketiga berupa Partisipasi dalam Rekuiz. Dimana pada fitur tersebut seseorang pengguna akan diuji akan skill investasi yang dimiliki. Sehingga ketika partisipasi atas kuis harian Reku tersebut benar maka seseorang akan mendapatkan hadiah.

Setelah beberapa hal yang dipaparkan diatas mengenai Reku maka kurang lengkap jika tidak membahas mengenai cara mendaftar. Supaya lebih mudah dipahami oleh para pembaca maka pemaparan mengenai langkah cara mendaftar dipaparkan melalui gambar dibawah:

Pengalaman saat menggunakan aplikasi Reku dalam investasi aset kripto

Pertama kali  yang dilakukan penulis mendownload aplikasi Reku melalui Google Play. Dilihat dari Google Play nyatanya aplikasi Reku memperoleh kepercayaan dan popularitas yang cukup signifikan. Dimana lebih dari 500 ribu telah di unduh oleh masyarakat yang menggunakan Android. Hasil downlod para pengguna terdahulu membuat rating aplikasi tersebut berada di angka 4,1. Angka tersebut menunjukan kepuasan pengguna saat digunakan dalam melakukan investasi dalam aset kripto yang digunakan. Selain itu Reku juga memiliki ulasan yang lebih dari 30,8 ribu. Adanya angka-angka tersebut mencerminkan tingkat keyakinan yang tinggi dalam menggunakan Reku dalam memberikan pelayanan untuk bertransaksi aset kripto.

Saat melihat profil SDM yang dimiliki oleh Reku dilengkapi oleh yang berkualitas terbaik salah satunya Jesse Choi yang menjabat sebagai Chief Operating Officer. Pastinya sebagai masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan nama Jesse Choi. Ya, Jesse Choi merupakan sosok suami dari artis terkenal Indonesia yang bernama Maudy Ayunda. Dengan adanya sosok tersebut tentunya sedikit lebih banyak aman karena akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap tokoh tersebut. Sehingga dalam mengelola Reku pastinya akan secara berhati-hati agar tidak merusak tokoh SDM yang memiliki nama cukup besar di masyarakat Indonesia.

Aplikasi Reku juga yang membuat penulis yakin menggunakan dalam memilih produk investasi aset kripto karena harga yang terjangkau dan transparan. Untuk biaya pendaftaran akun Reku seseorang harus mengeluarkan uang sebesar gratis. Biaya yang gratis tersebut memungkinkan setiap individu di masyarakat untuk memulai perjalanan investasi tanpa adanya beban akibat biaya awal.

Selain itu aplikasi Reku juga menerapkan jumlah minimum deposit dana sebesar Rp 30.000 untuk melakukan transaksi deposit. Apabila seseorang penulis ingin melakukan kegiatan penarikan dana maka jumlah minimum yang dapat diambil Rp 30.000 dengan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500. Didalam Reku juga cukup menarik karena ketika penulis mau melakukan transfer ke sesama pengguna Reku tidak dikenakan biaya apapun atau dapat dikatakan gratis. Dengan kebijakan biaya yang jelas dan terjangkau membuat penulis saat menggunakan Reku tidak hanya memberikan keamanan finansial tetapi juga menekankan keterbukaan dan keadilan dalam berinvestasi di dunia aset kripto.

Aplikasi Reku juga menghadirkan tampilan yang sederhana tetapi estetik saat dilihat. Hal tersebut menciptakan pengalaman penulis sebagai pengguna yang menyenangkan tanpa menimbulkan kepeningan saat mengakses aplikasi tersebut. Desain yang intuitif juga akan memastikan navigasi berjalan dengan lancar agar penulis saat mengakses fitur investasi aset kripto dengan nyaman.

Walupun terlihat sederhana dan estetika tetapi pihak pengelola telah memberikan kesan profesional dan modern. Mau tidak mau akan dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi penulis sehingga akan mendapatkan pengalaman baru. Dengan pemilihan elemen-elemen desain pada aplikasi Reku tidak hanya akan memudahkan penulis saat menggunakannya tetapi juga akan memanjakan mata penulis tanpa menimbulkan kebingungan visual.

Selain itu aplikasi Reku saat melihat menurut penulis menawarkan akan transparansi nilai aset kripto didalam tampilannya. Aplikasi tersebut memberikan penulis akses yang sangat jelas terhadap nilai aset kripto secara real-time. Adanya transparansi tersebut membuat penulis akan dengan sangat mudah memonotor akan tren pasar sehingga dapat membuat keputusan investasi yang didasarkan pada informasi nilai aset kripto.

Nilai aset kripto yang dipapang secara jelas dalam aplikasi tersebut memberikan kepercayaan tambahan bagi penulis dalam memilih aset kripto yang potensi menghasilkan keuntungan. Hal tersebut membuat penulis dapat secara cepat dan tepat merespon akan perubahan pasar dan mengoptimalkan portofolio sesuai tujuan investasi penulis. Memberikan transparansi nilai aset yang ada di aplikasi Reku tidak hanya memberikan layanan investasi yang andal tetapi juga memberdayakan investor seperti penulis untuk membuat keputusan yang cerdas dan terinformasi.

Hal menarik lainnya yang ada di aplikasi Reku berupa kesempatan dalam meraih keuntungan tambahan melalui program referralnya. Melalui mengajak teman atau rekan yang memiliki ketertarikan akan aset kripto di aplikasi Reku melalui program referral membuat penulis akan mendapatkan keuntungan pada portofolio. Program referral Reku memberikan insentif kepada penulis untuk memperluas jaringan sekaligus membangun komunitas yang aktif.

Kesempatan ini tidak hanya menciptakan atmosfer kolaboratif saja tetapi juga memberikan pengguna peluang untuk meningkatkan potensi penghasilan mereka di luar aset kripto. Dengan menyatukan manfaat finansial dan keuntungan sosial melalui program referral Reku memberikan dimensi tambahan yang menguntungkan dan mendukung pertumbuhan ekosistem investasi penulis.

Setelah menyelesaikan proses pengunduhan aplikasi Reku pada perangkat penulis tahap selanjutnya berupa melakukan verifikasi Know Your Customer (KYN). Dapat dikatakan bahwa verifikasi KYC ini merupakan pintu gerbang yang membuat penulis dapat melakukan berbagai fitur seperti transaksi dan deposit pada aplikasi Reku. Untuk melakukan verifikasi KYC penulis akan memberikan data diri pribadi yang diperlukan.

Ketika semua proses administrasi selesai penulis melangkah selanjutnya yaitu mendapatkan aset kripto pilihan yang dipilih berupa Bitcoin. Agar harganya dapat ditekan secara minimal maka pembelian Bitcoin maka menggunakan kupon Reku. Dengan adanya opsi kupon Reku akan memberikan peluang beli lebih rendah dari harga yang biasanya tetapi menciptakan menciptakan potensi keuntungan yang lebih besar dalam investasi aset kripto mereka melalui Reku.

Menggunakan aplikasi Reku dalam melakukan kegiatan investasi aset kripto tidak hanya akan memberikan pengalaman aman dan transparan. Tetapi juga akan membuka pintu yang nyaman bagi penulis yang masih pemula untuk terlibat dalam dunia investasi aset kripto. Tingkat keamanan yang sangat tinggi diberikan Reku agar membuat penulis tenang secara pikiran saat memasuki pasar aset kripto. Apalagi dengan telah menerapkan enkripsi data dan teknologi blockchain membuat aplikasi Reku bahwa informasi pribadi dan transaksi penulis tetap terlindungi dengan baik, aman, dan terpecaya.

Tidak hanya itu aplikasi Reku juga menyediakan akan pandungan yang lengkap dan mudah dimengerti akan cara berinvestasi dalam aset kripto. Melalui edukasi yang diberikan benar-benar memudahkan mengerti akan seluk beluk dari investasi aset kripto. Sehingga penulis akan dengan mudah menyusun stategi investasi berdasarkan latar belakang penulis melalui informasi tren pasar. Dengan panduan yang diberikan aplikasi Reku akan membantu penulis dalam memberikan pemahaman yang solid kepada para pemula seperti penulis untuk membuat keputusan investasi yang lebih terinformasikan dan cerdas.

Selain itu kemudahan penggunaan aplikasi Reku juga menjadi daya tarik utama bagi penulis untuk berani memasuki dunia kripto. Desain yang intuituf sampai navigasi yang mudah dipahami membuat proses investasi menjadi lebih mudah dipahami dan diakses. Melalui fitur yang telah dirancang tersebut salah satunya berupa opsi beli dengan harga yang dapat seminimal mungkin karna menggunakan kupon Reku. Hal tersebut akan memberikan pengalaman yang ramah sambil dapat mengurangi rasa intimidasi yang mungkin dirasakan oleh para pemula seperti penulis.

Maka pada paragraf terakhir ini adanya aplikasi Reku yang menawarkan layanan kepada pelanggan lebih responsif dan berpengetahuan luas. Apalagi saat menggunakan layanan di aplikasi Reku akan selalu di dukung oleh tim. Dimana tim tersebut akan dapat membantu menjawa pertanyaan penulis yang masih tergolong pengguna baru dalam dunia investasi aset kripto. Dengan adanya dukungan yang diberikan oleh aplikasi Reku akan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberdayakan para pembaca yang masih pemula untuk memulai perjalanan investasi mereka dengan percaya diri.

Jadi ketika ingat ingin membeli Harga Crypto atau Harga Bitcoin dengan baik maka dapat menggunakan Reku. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih. 

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Warren_Buffett
  2. https://internasional.kontan.co.id/news/warren-buffett-hasilkan-uang-saat-anda-tidur-atau-bekerja-sampai-anda-mati
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/13/penduduk-indonesia-tembus-278-juta-jiwa-hingga-pertengahan-2023
  4. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230223132508-4-416359/naik-rp690-t-segini-ternyata-total-tabungan-orang-ri-di-2022
  5. https://www.cnbcindonesia.com/market/20201023134938-17-196606/jangan-kaget-selama-pandemi-banyak-yang-jadi-investor-saham
  6. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/14/kerugian-masyarakat-akibat-investasi-ilegal-tembus-rp126-triliun-melonjak-signifikan-pada-2022
  7. https://reku.id/help/rekeningku-com-telah-terdaftar-dan-diawasi-oleh-bappebti
  8. https://www.youtube.com/watch?v=4qn30selEfI
  9. https://www.youtube.com/watch?v=-5RIUV8Oxz0
  10. https://www.youtube.com/watch?v=SELCVgWDTKw
  11. https://www.youtube.com/watch?v=GTas4vVKoyU
  12. https://www.youtube.com/watch?v=tp8mwb0poFE
  13. https://www.youtube.com/watch?v=93Vhjrk-9_o
  14. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rekeningku&hl=id&gl=US&pli=1
  15. https://www.youtube.com/watch?v=-gZzFbzl48A
  16. https://financer.com/id/perusahaan/reku/
  17. https://www.inbizia.com/review-exchange-kripto-rekeningku-reku-288852
  18. https://reku.id/markets
  19. https://reku.id/
  20. https://reku.id/trade/BTC-IDR 
  21. https://www.youtube.com/watch?v=2zoyTE6dbHg

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Diversifikasi Portofolio Investasi di Aplikasi Reku"

Posting Komentar