Strategi Investasi Kripto untuk Kesuksesan Finansial Anak Muda Indonesia

Masih ingat dipikiran masyarakat Indonesia beraktifitas dalam bayang-bayang pandemik virus corona. Pada kehidupan tersebut memaksa banyak orang untuk tetap berada di dalam rumah dan membatasi aktivitas di luar ruangan. Apakah para pembaca sudah mulai melupakan kehidupan ditengah pandemik?.

Marilah kita melihat ke belakang tepatnya ke awal mula dinyatakan pandemik virus Corona oleh pemerintah. Pemerintah mengonfirmasi atas kasus 1 dan 2 terinfeksi virus Corona yang terjadi pada seorang ibu (64) dan putrinya (31) di Depok, Jawa Barat. Kedua individu tersebut terjangkit Corona dari warga Jepang yang datang ke Indonesia di Februari 2020.

Setelah itu barulah bermunculan akan individu yang ada di masyarakat yang dinyatakan terifeksi virus Corona. Berdasarkan laporan yang dimiliki Satgas Penanganan Covid-19 telah mencapai kasus aktif Covid-19 berada di angka 12.450 per Rabu 31 Mei 2023. Jika dihitung secara total atas kasus Covid-19 pada hari tersebut telah mencapai angka 6,81 juta kasus. Dimana dari jumlah tersebut sebanyak 161,77 ribu orang di antaranya meninggal dunia dan 6,63 juta dinyatakan sembuh.

Hidup di dalam bayangan-bayangan pandemik memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan sehari-hari. Kondisi tersebut memaksa masyarakat untuk beralih secara mendadak dan cepat dalam menjalani kehidupan ke dalam digital.

Peralihan ke digital yang dilakukan sebagai solusi yang paling baik diantara beberapa solusi lainnya untuk menjaga jarak antar individu dalam mengurangi risiko penyebaran virus. Maka dari itu berbagai macam aktivitas seperti bekerja, belajar, sampai berkomunikasi dilakukan secara daring. Sehingga di masyarakat akan tercipta transformasi besar-besaran dalam cara masyarakat dalam berinteraksi dan beraktivitas di setiap orang.

Ditengah pandemik yang membuat banyak ruang gerak menjadi terbatas nyatanya membuat masyarakat Indonesia mengeluarkan sisi kreativitasnya. Salah satu bentuk kreatif melalui penciptaan berupa meme sebagai media hiburan yang menarik. Melalui meme yang diciptakan dengan mengambil latar belakang keadaan sehari-hari selama pandemik akan hal-hal lucu. Penciptaan meme tidak hanya menjadi sumber tawa saja tetapi menjadi cara untuk menyatukan masyarakat walupun keadaan sulit atas tekanan pandemik.

Meme yang dibuat oleh masyarakat Indonesia menunjukan bahwa walaupun berada di kondisi sulit tetapi masyarakat tetap memiliki sisi positif. Apalagi penggunaan humor dalam bentuk meme sebagai bentuk ekspresi digital dapat pula menciptakan ikatan yang kuat sambil mengatasi rasa kesepian sampai ketidakpastiaan yang sedang dirasakan. Dalam bayang-bayang virus corona membuat masyarakat Indonesia telah membuktikan bahwa kreativitas dan optimisme dapat menjadi alat penting untuk bersama-sama mengatasi tantangan global yang dihadapi.

Pada saat pandemik virus Corona berlangsung pihak pemerintah menerapkan berbagai macam kebijakan salah satunya berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu penerapan kebijakan tersebut berupa memperbolehkan makan ditempat (dine in) tetapi memiliki batas maksimal waktu 20 menit. Atas kebijakan tersebut menjadi bahan pembuatan meme oleh masyarakat salah satunya dapat dilihat diatas.

Diawal-awal penciptaan meme memiliki fokus sebagai media hiburan di era digital. Tetapi kini secara perlahan-lahan penciptaan meme sudah bertansformasi menjadi alat yang efektif dalam menyebarkan informasi. Salah satu topik yang dapat ada didalam meme berupa investasi. Di tengah arus informasi yang terus meningkat adanya meme memberikan angin yang unik dan menarik dalam menyampaikan pesan yang kompleks kepada masyarakat seperti investasi.

Sehingga adanya meme akan dapat menghadirkan sebuah dimensi baru dalam penyebaran pengetahuan keuangan yang menggabungkan selera humor yang dibungkus akan wawasan serius. Akhir semua itu akan memicu pemikiran dan diskusi yang lebih mendalam di kalangan masyarakat. Salah satu contoh meme yang mengangat tema akan investasi dapat dilihat pada gambar dibawah:

Melihat pada zaman dahulu di masyarakat Indonesia ketika membicara mengenai investasi cenderung hanya terfokus kepada dua aset utama berupa emas dan tanah. Emas dianggal sebagai simbol kekayaan dan stabilitas nilai sehingga menjadi pilihan investasi yang dihargai dan diwariskan secara turun temurun ke generasi selanjutnya.

Emas

Kelebihan

Kekurangan

Nilainya stabil dan cenderung meningkat

Tidak menghasilkan pendapatan periodik

Likuiditas tinggi karena mudah dijual

Tidak memberikan pendapatan langsung

Berfungsi sebagai lindung nilai (hedge)

Potensi risiko pencurian atau kerugian fisik

Dapat dijadikan investasi jangka pendek

Harga emas dipengaruhi oleh pasar global

Sedangkan tanah baik dalam bentuk sawah ataupun properti seperti kosan menjadi pilihan populer untuk investasi jangka panjang. Dua bentuk investasi tersebut mencerminkan kebijaksanaan dari masyarakat zaman dahulu dalam menjaga keamanan pada keuangan yang dimiliki. Walaupun dua jenis investasi tersebut digemari tetapi memiliki dua sisi berupa kekurangan dan kelebihan yang dapat terlihat dari tabel yang telah dipaparkan.

Tanah

Kelebihan

Kekurangan

Aset yang tangibel dan memiliki nilai fisik

Memerlukan perawatan dan pemeliharaan

Dapat memberikan pendapatan dari sewa

Likuiditas lebih rendah dibandingkan emas

Nilainya cenderung meningkat seiring waktu

Nilainya dapat dipengaruhi oleh faktor lokal

Nilai budaya dan sosial dalam masyarakat

Perubahan peraturan pemerintah dapat berdampak

Adanya pemahaman mengenai investasi di dukung pula oleh banyaknya penduduk di Indonesia. Menurut data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk telah mencapai 278,69 juta jiwa saat berada di pertengahan 2023.

Angka tersebut nyatanya mengalami kenaikan 1,05% dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Secara tren jumlah penduduk Indonesia terus mengalami peningkatan sejak pertengahan tahun 2015-2023. Hal tersebut dapat terlihat dari grafik yang dipaparkan dibawah:

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas yang dipegang oleh Suharso Monoarfa memaparkan bahwa penduduk Indonesia bakal menua saat berada di tahun 2045 mendatang. Alasan hal tersebut karena didasarkan pada hasil proyeksi penduduk Indonesia 2020-2050. Sehingga jumlah proporsi jumlah penduduk Indonesia akan berusia di atas 65 tahun akan bertambah pada 2045 dibandingkan 2020.

"Penduduk usia 65 tahun ke atas naik dari 6,16% menjadi 14,61% pada 2045," kata Suharso dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/5/2023).

Jumlah proporsi penduduk usia 0-14 tahun mengalami penurunan dari 24,56% untuk tahun 2020 menjadi 19,61% pada tahun 2045. Pada sisi lainnya proporsi penduduk usia produktif atau 15-64 tahun mengalami penurunan dari 69,61% menjadi 65,79% pada periode yang sama. Seharusnya dengan adanya pemahaman akan investasi yang mengakar di tambah dengan jumlah penduduk terbanyak membuat Indonesia kuat secara investasi.

Tetapi pada kenyataan di masyarakat tidak seperti itu. Bahkan dibeberapa kasus yang terjadi pada masyarakat terjadi banyak investasi bodong.

Kerugian yang dialami oleh masyarakat akibat adanya investagi ilegal dari 2018-2022 menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mencapai Rp 126 triliun. Dilansir dari Antara secara rinci Rp1,4 triliun pada 2018; Rp4 triliun pada 2019; Rp5,9 triliun pada 2020; Rp2,54 triliun pada 2021; Rp112,2 triliun pada 2022. Nilai tersebut diprediksi akan menjadi lebih besar lagi karena masih banyak korban yang tidak melaporkan menurut Deputi Komisioner Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito.

Terjadinya kasus investasi bodong banyak menyerang masyarakat Indonesia karena berbagai macam faktor. Pertama minimnya literasi keuangan pada masyarakat sehingga investasi yang menjanjikan keuntungan yang besa tanpa risiko mudah terpengaruhi. Kedua ketidakpercayaan terhadap lembaga keuangan formal dan perbangkan sehingga mencari pihak alternatif yang menyediakan investasi yang memberikan keuntungan besar. Ketiga adanya ketidakpastian ekonomi yang membuat kebutuhan dana akan cepat bagi masyarakat sehingga mudah tergoda akan skema investasi dengan konsep cepat kaya.

Dalam upaya mencegah akan dampak negatif dari investasi bodong yang menghantui masyarakat maka solusinya berupa deposito. Dimana deposito merupakan produk investasi yang tingkat risiko sangat rendah bahkan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Penggunaan akan produk investasi berupa deposito sering kali tidak bisa menutupi akan kenaikan inflasi pada kebutuhan barang. Sehingga banyak masyarakat yang merasa produk deposito kurang menarik untuk memiliki produk investasi tersebut.

Kondisi tersebut membuat masyarakat semakin cenderung untuk mencari sebuah solusi agar tetap mendapatkan keuntungan dari produk investasi. Dari sekian banyak solusi yang cukup populer salah satunya berupa kriptocurrency. Dimana mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan altcoin yang menawarkan sebuah produk investasi baru yang memberikan keuntungan yang signifikan. Kini timbul sebuah pertanyaan berupa:

Apa itu kriptocurrency???

Kriptocurrency atau biasa disebut oleh masyarakat dengan nama kripto. Kripto merupakan sebuah bentuk mata uang digital yang telah menggunakan teknologi kriptografi dalam mengamankan transaksi dan mengontrol penciptaan unit baru. Salah satu bentuk kripto yang paling terkenal di masyarakat berupa Bitcoin.

Bitcoin diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2009 yang menamainya dengan nama samaran berupa Satoshi Nakamoto. Dalam dunia tersebut setiap transaksi yang dilakukan menggunakan teknologi blockchain. Teknologi blockchain merupakan suatu bentuk buku besar yang terdesentralisasi akan mencatat semua transaksi tanpa harus memerlukan otoritas sentral seperti bank. Adanya teknologi tersebut memberikan keamanan yang tinggi dan transaparasi pada setiap transaksi yang dilakukan.

Keunikan dari produk kripto dilihat dari desentralisasi dan anonimitasnya. Produk kripto tidak diatur atau dikendalikan oleh pemerintah atau lembaga keuangan yang ada. Hal tersebut memberikan kontrol penuh atas aset digital penggunannya. Bahkan beberapa produk kripto yang ada memberikan penawaran fitur privasi yang lebih tinggi kepada pengguna untuk menjaga kerahasiaan identitas dan transaksi yang dilakukan.

Selain itu keunikan dari kripto terletak pada nilai yang dapat bervariasi dan secara sifnifikan dapat berubah dalam waktu yang singkat karena fluktuasi pasar yang tinggi. Oleh karena itu perlu digaris bawahi bagi masyarakat yang mau terlibat dalam investasi kripto dianjurkan melakukan beberapa hal seperti riset, risiko, dana yang siap hilang. Tidak hanya itu dibutuhkan pula pendidikan sampai literasi finansial tentang kripto yang menjadi kunci dalam menghindari risiko dan mampu memanfaatkan peluang secara maksimal.

Banyak sekali kisah sukses seseorang yang memainkan investasi kripto salah satunya berasal dari Ryo Eki Pranata. Dimana Ryo Eki Pranata merupakan pemuda yang berasal dari Mojekerto. Pemuda tersebut secara mendadak menjadi miliarder karena kelupaan dalam pernah membeli kripto. Bahkan dalam jangka waktu satu tahun lamanya pemuda tersebut telah memiliki aset yang mencapai angka miliaran.

Sosok pemuda tersebut memaparkan membeli coin yang dikenal dengan nama Shiba Inu. Pembelian tersebut karena iseng belaka karena disarani oleh temannya. Setelah pembelian tersebut nyatanya nilai dari coin tersebut mencapai angka Rp 1 miliar. Tetapi karena saat berada di nilai tersebut sedang dilakukan maintenance sehingga tidak bisa dijual. Akhirnya pemuda tersebut menjual coin tersebut ketika sudah jadi Rp 500 juta.

Uang yang didapatkan tersebut tidak lantas membuat pemuda tersebut kalap dalam membeli berbagai macam hal yang tidak perlu. Tetapi ia memilih untuk melakukan scalping yaitu membeli aset pada saat harga turun dan dijual saat dikemudian hari. Seketika pemuda tersebut menjadi sosok yang dikenal swing trader dengan membeli aset kripto lainnya.

Saat sedang mendalami industri kripto ia tidak hanya melakukan jual beli kripto saja tetapi mulai melakukan hal lain. Salah satunya yang dilakukan seperti pembuatan web development dan digital marketing. Kini dampaknya sudah terlihat dari kehidupan yang berubah ke arah yang lebih baik.

"Alhamdulillah bisa beli 2 mobil, punya rumah, renovasi rumah orang tua, bayar utang orang tua Rp 700 juta," ujar mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur itu.

Kisah sukses dari pemuda Ryo Eki Pranata yang telah dipaparkan diatas menjadi sebuah motivasi bagi para pemuda yang lainnya. Padahal untuk meraih di posisi dengan kisah sukses tersebut sudah pasti tidaklah mudah. Dimana dalam perjalanan tersebut akan banyak sekali rintangan sampai tantangan yang ada di depannya. Bahkan kedua hal tersebut akan selalu menjatuhkan semangat dalam meraih sukses dari dunia kripto.

Untuk dapat memperbesar akan kesuksesan dalam dunia investasi kripto dibutuhkan beberapa hal seperti: Pertama terlibat secara aktif dalam komunitas kripto. Komunitas tersebut dapat melalui forum online, media sosial, atau acara offline. Komunitas tersebut biasa akan saling berbagai akan tren terbaru yang akan mendapatkan wawasan secara segar dan baru dari sesama investor kripto. Selain itu seseorang juga akan dapat membangun jaringan yang berharga saat telah bergabung pada komunitas tersebut. Perlu digaris bawahi bahwa dalam dunia kripto bahwa informasi dan hubungan personal dapat menjadi peluang kunci sukses.

Kedua mengasah akan keterampilan analisis. Saat terjun dalam dunia investasi kripto sangatlah bergantung tren pasar. Maka dari itu untuk mendapatkan keuntungan secara maksimum seseorang anak muda harus dapat melakukan analisis terhadap koin yang ada di kripto. Apalagi jika melihat ke dalam dunia kripto yang banyak koin tersebut harus dipilih terbaik yang menghasilkan keuntungan dari sekian banyak koin yang ada.

Ketiga menggunakan platform yang tepat. Penggunaan platform memegang peran krusial dalam melakukan investasi kripto. Terkadang keberhasilan atau kegagalan investasi cukup bergantung kepada platform yang digunakan. Dengan penggunaan platform yang baik akan memberikan akses kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi kripto yang memungkinkan telah melewati proses diversifikasi portofolio dalam mengurangi resiko.

Selain itu platform juga terkadang memiliki fitur keamanan yang canggih untuk melindungi aset digital seseorang dari ancaman kejahatan siber. Pemilihan platform juga memengaruhi kenyamanan dan kecepatan eksekusi transaksi sehingga pengguna seperti dapat merespons dengan cepat terhadap perubahan pasar. Salah satu contoh platform yang nyaman digunakan untuk terjun ke bisnis kripto bernama Bittime.

Apa itu Bittime???

PT Utama Nasional Indonesia merupakan perusahaan teknologi yang memiliki fokus pada blockchain dan aset kripto sebagai pemilik dari Bittime. Sedangkan Bittime juga dapat dikatakan sebagai platform perdagangan yang memperjualbelikan berbagai macam kripto. Pendirian akan platform tersebut dilakukan pada September 2021. Pada November 2021 barulah Bittme secara resmi mendapatkan pengakuan dari pemerintah Indonesia melalui terdaftarnya pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) tetapi untuk Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) di April 2022.

Terdaftarnya layanan di Bittime pada pihak pemerintah Indonesia menandakan mengukuhkan reputasi dengan baik ketika digunakan oleh masyarakat dalam bertransaksi investasi kripto. Menarik lainnya diberikan oleh Bittime berupa mahalnya harga aset kripto yang mencapai tiga digit dapat dibeli dengan jumlah yang kecil dimulai dari Rp 10.000 rupiah. Maka dengan adanya pembelian dengan nominal kecil tersebut menandakan komitmen yang besar oleh Bittime dalam menyediakan akses dan layanan kepada aset kripto dengan mudah, cepat, dan aman untuk semua orang dengan pembelian jumlah kecil.

Luck Draw merupakan inisiatif yang berikan oleh Bittime yang akan memberikan peluang kepada pengguna dalam memenangkan hadiah hingga Rp 15.000.000 rupiah. Tentunya untuk mendapatkan hadiah tersebut seseorang pengguna harus melakukan transaksi pada Bittime akan produk investasi kripto. Adanya program tersebut memberikan sebuah sentuhan inovatif tetapi tetap memberikan apresiasi karena telah percaya kepada Bittime sebagai platform investasi kripto. Diujungnya dengan menggunakan adanya Luck Draw pada Bittime akan menciptakan pengalaman investasi yang lebih menarik dan dinamis.

Setelah mengetahui secara permukaan mengenai Bittime pastinya para pembaca memiliki banyak sekali pertanyaan. Tetapi salah satu contoh pertanyaan yang paling utama berupa cara daftar dan verifikasi akun Bittime. Memang terkadang dua kegiatan tersebut sulit untuk dilakukan. 

Bagaimana caranya mendapatkan keuntungan secara maksimal pada investasi kripto menggunakan platform Bittime???

Pastinya kini para anak muda di Indonesia sedang tertarik kepada produk investasi kripto. Hal tersebut karena menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Untuk mendapatkan hal tersebut dapat menggunakan platform Bittime menjadi kunci keberhasilkan.

Pertama yang harus dilakukan berupa fokus kepada diversifikasi portofolio. Meskipun para anak muda memiliki dana terbatas tetapi dengan memiliki beberapa aset kripto yang potensi besar dalam pertumbuhan. Pertumbuhan tersebut akan mampu mengurangi resiko dan meningkatkan peluang keuntungan di depan mata. Agar lebih maksimal gunakan beberapa fitur pada Bittime yang telah memilah akan aset kripto yang sesuai dengan pengguna dalam mencapai tujuan investasi dan toleransi risiko mereka.

Para anak muda yang menggunkan platform Bittime manfaatkan berbagai macam fitur yang inovatif. Dimana salah satu contoh fitur tersebut seperti staking, yield farming, atau program insentif lainnya yang dapat meningkatkan pengembalian investasi. Jika sudah secara baik dalam memahami kegunaan fitur inovasi tersebut sudah pasti para anak muda yang terlibat dalam investasi kripto akan memiliki peluang besar dalam menghasilkan keuntungan yang besar.

Disini para anak muda juga harus dapat menerapkan sebuah strategi investasi jangka panjang sambil terus melakukan riset secara menyeluruh. Jangan sampai para anak muda terperangkap akan jebakan fluktuasi harian yang memberikan keuntungan sedikit. 

Tetapi para anak muda harus lebih menekankan kepada pendekatan jangka panjang yang memberikan keuntungan yang maksimal. Supaya lebih maksimal maka para anak muda harus tetap disiplin pada rencana investasi jangka panjang dan mengikuti perkembangan pasar.

Adanya berbagai pembahasan diatas akan menjadi sebuah harapan bahwa investasi kripto menjadi solusi dalam mengelola keuangan untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik. Apalagi saat menggunakan investasi kripto dibantu oleh platform andalan berupa Bittime. Dimana Bittime menyediakan berbagai macam fasiltias dan alat investasi untuk mengakses jual beli kripto.

Harapannya para pembaca dapat menjadi sosok seperti Ryo Eki Pranata lainnya dari investasi kripto yang dibeli di Bittime. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan pada platform Bittime untuk menjadi sosok Ryo Eki Pranta salah satunya melalui jual Beli crypto  https://www.bittime.com/price/ticker (beli kripto), Trading crypto - https://www.bittime.com/trade/ticker-IDR (trading kripto), sampai membeli Beli crypto - https://www.bittime.com/how-to-buy/ticker  (harga kripto) dengan harga rendah kemudian dijual saat tinggi. Jadi ayo temukan cara para pembaca sebagai anak muda yang mau mendapatkan label kesuksesan melalui investasi kripto agar menjadi sosok Ryo Eki Pranata lainnya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://news.detik.com/berita/d-5964691/kasus-corona-pertama-di-indonesia-ini-kilas-balik-usai-2-tahun-berlalu
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/31/kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-tercatat-12-450-kasus
  3. https://kuyou.id/homepage/read/28408/kaleidoskop-kumpulan-meme-paling-viral-di-tahun-2021-mana-yang-paling-kocak
  4. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/13/penduduk-indonesia-tembus-278-juta-jiwa-hingga-pertengahan-2023
  5. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/14/kerugian-masyarakat-akibat-investasi-ilegal-tembus-rp126-triliun-melonjak-signifikan-pada-2022
  6. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4789850/lupa-pernah-beli-kripto-pemuda-mojokerto-mendadak-jadi-miliarder?page=3
  7. https://youtu.be/_WGJyjyI3vk
  8. https://www.youtube.com/watch?v=7apNaBVj0q8&t=1s
  9. https://www.youtube.com/watch?v=019ukCV1G4M
  10. https://www.youtube.com/watch?v=
  11. https://www.bittime.com/


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Strategi Investasi Kripto untuk Kesuksesan Finansial Anak Muda Indonesia"

Posting Komentar