Pentingnya Peningkatan Konten Lokal Dalam Dunia Digital di Indonesia

Haloooo para pembaca blog pengenkepo1

Didalam menjalani kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia sudah merasakan perkembangan yang sangat pesat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Perkembangan pesat ini sejalan dengan revolusi industri yang terjadi. Menurut banyak sekali referensi baik itu berupa tulisan di media online ataupun media lainnya menyebutkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari revolusi industri yang terjadi telah mengalami beberapa kali. Adanya revolusi industri yang terjadi tersebut kini terlahirlah sebuah media digital yang menghubungkan setiap orang tanpa memandang tempat dan waktu.

Dunia digital kini telah hampir mendominasi kehidupan sehari-hari. Bahkan kini dari mulai anak kecil sampai orang dewasa dalam menjalani kehidupan bergantung dari dunia digital. Jika kita ambil contoh pada anak kecil yaitu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang diluar dari sekolah maka bisa didapatkan dari dunia digital. Sedangkan contoh bagi orang dewasa terhadap penggunaan dunia digital yaitu membantu pekerjaan menjadi mudah baik itu dalam hal berkomunikasi ataupun hal lainnya.

Dunia digital ditambah dengan berbagai macam teknologi kini membuat pengguna internet menjadi kian melambung. Kini ada sebuah anggapan bahwa sesuatu hal dalam kehidupan tidak dikaitkan atau tidak berhubungan dengan internet maka akan tertinggal baik itu secara waktu ataupaun dikarenakan hal lainnya. Maka untuk dapat tetap mempertahkan beberapa hal yang berasal dari kehidupan masyarakat atau bisa disebut local harus dapat dikaitkan dengan dunia digital.

Negara Indonesia merupakan sebuah negara dengan memiliki konten lokal yang cukup banyak. Konten lokal yang cukup beragam di negara Indonesia tentunya tidak terlahir begitu saja. Konten lokal yang bisa diangkat ini berasal dari kebudayaan yang cukup beragam yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Dunia digital kini dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua jika dilihat dari sisi kebudayaan. Sisi positif dari dunia digital bagi kebudayaan negara Indonesia yaitu dapat melebarkan sayap ke negara lainnya dan mendatangkan wisatawan dari luar negeri. Sisi negatif dari dunia digital bagi kebudayaan negara Indonesia yaitu tergerusnya kebudayaan lokal terhadap kebudayaan dari luar yang terlihat lebih menarik. Jika dilihat dari sisi banyaknya kebudayaan negara Indonesia ditambah dengan dunia digital yang dimiliki ini kedua hal bisa dikatakan sebagai peluang emas bagi negara Indonesia agar dapat menyebarkan kebudayaan yang beragam kepada negara lain.

Cara untuk konten lokal yang berasal dari budaya lokal dapat mengudara didunia digital adalah dengan memanfaatkan Web Hosting.

Apa itu web hosting???

Didalam berbagai macam tulisan pastinya memiliki pandangan tersendiri terhadap kata web hosting. Namun menurut web hosting menurut penulis sendiri merupakan sebuah layanan online yang memiliki fungsi sebagai untuk mengonlinekan website ataupun sebuah aplikasi web didalam layanan internet. Agar lebih sedernaha dan mudah dimengerti oleh setiap orang maka web hosting dapat diibaratkan sebagai menyewa rumah. Tentunya agar dapat menggunakan berbagai fasilitas yang ada didalam rumah yang telah disewakan maka para penyewa rumah tersebut harus membayar terlebih dahulu begitupun dengan web hosting agar dapat digunakan maka pengguna layanan harus membayar. 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk dapat membuat web hosting adalah dengan mencari sebuah perusahaan hosting yang menyediakan space server. Berbicara perusahaan hosting yang menyediakan space server untuk web hosting pastinya akan berkaitan kepada IndoWebsite

Dilihat dari sejarahnya IndoWebsite merupakan sebuah tempat penyedia layanan dari web desain yang dikelola secara personal. Namun dengan seiring berjalannya waktu kini IndoWebsite kini bergerak ke arah yang lebih baik lagi dan menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh para pelanggannya ataupun pengguna. 

Tetapi permasalahan web hosting tidak hanya bertumpu kepada perusahaan layanan saja tetapi juga kepada isi konten dari web hosting. Pada paragraf sebelumnya menyebutkan bahwa konten isinya adalah konten lokal yang berasal dari budaya negara Indonesia maka timbul siapa yang mau mengisi, mencari, membuat, dan memposting konten lokal tersebut?.

Untuk menjawab pertanyaan diatas maka dibutuhkan sebuah kolaborasi antara beberapa pihak. Ada banyak sekali pihak-pihak yang harus terlibat yang hasil akhirnya adalah membuat konten lokal yang berasal dari kebudayaan negara Indonesia salah satu pihak yang terlibat dari mulai pemerintah, pihak-pihak yang bekerja dengan berkaitan akan kebudayaan negara Indonesia, dan anak mudah. Setiap pihak memiliki fungsi yang berbeda-beda tetapi saling berkaitan. Fungsi dari pemerintah disini adalah menyediakan tempat sampai dengan kebijakan. Fungsi dari pihak-pihak yang bekerja dengan berkaitan akan adalah menyediakan bahan yang akan menjadi isi konten. Sedangkan untuk pihak anak muda memiliki fungsi untuk membuat konten yang menarik baik itu secara visual ataupun sisi lainnya sehingga menarik para pembaca.

Diharapkan dengan hal tersebut maka konten lokal yang berasal dari kebudayaan negara Indonesia ini dapat memberikan dampak yang positif bagi negara Indonesia apalagi konten lokal yang dibuat mengudara di dunia digital dengan bantuan internet. Maka tentunya pastinya akan memberikan dampak positif diberbagai sisi kehidupan yang mana diujungnya akan berdampak kepada pemerintah sampai masyarakatnya. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Peningkatan Konten Lokal Dalam Dunia Digital di Indonesia"

Posting Komentar