Pembisnis Sebagai Tren Karir Anak Muda

Negara Indonesia didepan mata akan mendapatkan sebuah bonus sangat menjanjikan dimana bonus tersebut adalah bonus demografi. Berdasarkan beberapa literasi mengatakan bahwa bonus demografi tersebut akan datang ke negara Indonesia pada tahun 2030 sampai 2045. 

Setiap orang memiliki pendapat tersendiri mengenai apa itu bonus demografi. Namun bagi saya sebagai penulis bonus domografi adalah ketika di dalam suatu negara memiliki banyak jumlah penduduk yang termasuk termasuk ke dalam usia produktif (16 sampai 30 tahun).

Adanya bonus demografi didalam suatu negara seperti negara Indonesia menyimpan dua kenyataan yang akan dihadapi yang dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua. Kenyataan pertama adalah sumber daya manusia yang berkualitas akan sangat banyak sehingga dapat membuat roda perubahan didalam suatu negara menjadi lebih cepat. Sedangkan kenyataan kedua adalah apabila sumber daya manusia tidak memiliki kualitas yang tidak berkualitas maka akan menimbulkan permasalahan lain seperti pengangguran atau bahkan sampai kriminal merajalela.

Hal ini menyiratkan bahwa berhasil atau tidaknya dalam memanfaatkan potensi akan bonus demografi bagi negara Indonesia tergantung akan sumber daya manusianya khususnya kepada para pemuda. Tentunya sumber daya manusia dikarenakan bonus demografi tanpa adanya lowongan kerja yang banyak pula seperti memiliki banyak kunci tetapi tidak memiliki pintu. Hal tersebut hanya akan menjadi sangat percuma bahkan apabila tidak diberikan lowongan kerja yang sama dengan jumlah sumber daya manusia akan menghasilkan sumber daya manusia yang dibayar tidak sesuai standar tenaga kerja hanya demi menyambung hidup.

Saat ini isu menjadi seseorang bisnis sedang naik daun di dalam masyarakat khususnya pada kalangan anak muda. Apalagi ketika seseorang anak muda mendapatkan julukan pembisnis yang sukses menjadi sebuah kebanggan baik itu didalam sebuah keluarga ataupun dalam pertemanan. Maka tak heran kalau seminar ataupun diskusi akan menjadi seseorang anak muda yang memiliki julukan pembisnis sukses saat muda akan selalu ramai pengunjungnya oleh kalangan anak muda ataupun kalangan lainnya. 

Tentunya melihat keinginan anak muda untuk memiliki jiwa bisnis yang sukses saat muda bagi seseorang millenial merupakan hal yang baik. Alasannya baik hal tersebut dikarenakan seseorang yang masih diusia sudah muda sudah mengetahui akan tujuan hidupnya dimasa depannya. Padahal terkadang pada umumnya seseorang yang masih di usia muda terkadang masih belum mengetahui akan tujuan hidupnya sehingga kehidupannya masih luntang-lantung.

Suka ataupun tidak suka ketika seseorang apalagi anak muda yang sudah memutuskan untuk menjadi pembisnis yang sukses didalam menjalani kehidupan tidak selalu berbuah manis. Terkadang ketika seseorang menjadi pembisnis mengalami banyak sekali jalan buntu, kegagalan, ataupun ditipu oleh teman bisnis. Memang jika kita kupas sedalam-dalamnya menjadi seseorang pembisnis memiliki sisi tidak enaknya. Berikut ini beberapa contoh sisi tidak enaknya menjadi seseorang pembisnis yaitu:

Pertama adalah ditipu oleh teman yang dianggap seseorang yang terpecaya. Pada kejadiaan pertama ini dirasakan oleh seseorang pembisnis yang melakukan bisnis secara kerja sama. Kerja sama didalam sebuah pembisnis merupakan sesuatu hal yang biasa dilakukan oleh seseorang. Ketika melakukan kerja sama memiliki dua sisi yang tidak dapat dipisahkan. Dimana sisi pertama bersifat baik contohnya modal yang dikeluarkan tidak banyak dikarenakan ditanggung sama rata oleh setiap investor ataupun pemilik. Sedangkan sisi kedua bersifat kurang baik contohnya ditipu atau dijatuhkan.

Kedua adalah jam kerja yang melebihi waktu jam kantor pada umunya. Pada umumnya jam kantor untuk bekerja dari jam 08.00 sampai 16.00 ditambah terkadang di beberapa perusahaan sabtu dan minggu libur. Sedangkan ketika seseorang khususnya anak muda telah memilih menjadi pembisnis jam kerja tidak fleksible atau bahkan cenderung melebihi jam kantor. Bahkan demi untuk mendapatkan keutungan secara maksimal maka solusi yang ditempuh adalah buka bisnis yang sedang dijalani pada hari ataupun tanggal libur ataupun tanggal merah.

 

Ketiga adalah penghasilan yang tidak bisa tentu. Apabila seseorang bekerja di sebuah perusahaan baik itu yang kecil ataupun besar gajih yang diterima sudah diketahui. Namun ketika seseorang sudah memilih menjadi pembisnis penghasilan menjadi tidak tentu. Besar kecilnya penghasilan yang didapatkan oleh seseorang pembisnis tergantung dari berapa banyak jumlah prodak yang laris dijual. 

Saya sebagai seseorang penulis pernah membaca bahwa salah satu cara untuk menjadi pembisnis yang sukses di awali dengan membuka sebuah usaha ataupun bisa dikatakan UKM. Namun ada satu sebuah acara didalam suatu media dimana acara tersebut berbincang-bincang dengan seseorang yang awalnya memiliki usaha kecil kini memiliki perusahaan besar. Dimana kata yang dia ucapkan tersebut adalah lakukan bisnis berdasarkan akan apa yang disukai. Maka apabila seseorang menyukai burung maka buatlah sebuah usaha ataupun UKM berkaitan dengan lele yaitu pecel lele.

Pada awalnya saya sebagai penonton acara tersebut sedikit terheran-heran akan pendapat dari pembicara tersebut namun setelah menganalisis lebih jauh dan dalam maka saya menemukan alasannya. Memang ada banyak sekali alasan-alasannya pertama dikarenakan ketika melakukan bisnis akan hal yang disukai akan seperti tidak melakukan bisnis tetapi seperti melakukan hobi yang dibayar, kedua adalah ketika surut atau tidak ada pembeli masih tetap memiliki semangat karena melakukan hal yang sangat disukai, ketiga adalah tidak ada merasa beban karena berpikir bahwa seperti menyalurkan hobi.

Memang perlu diakui untuk dapat memulai sebuah bisnis yang berskala kecil seperti UKM dapat dimulai melalui hobby yang dimiliki oleh seseorang. Tetapi untuk bertahan dan membawa bendera kesuksesan diperlukan sebuah solusi akan permasalahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali contoh yang dapat ditemukan yang awalnya bisnis kecil menjadi besar kita sebut saja bisnis pecel lele yang awalnya dipinggir jalan kini menjadi di sebuah restoran.

Mungkin kita pernah melihat akan sebuah bisnis pecel lele di dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun dikarenakan harganya yang murah maka tidak heran kalau makanan pecel lele tersebut banyak dicari dan dimakan seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Tentunya permasalahan yang ada di bisnis pecel lele yaitu memenuhi kebutuhan hidup khususnya makanan yang dengan harga cukup murah. Sedangkan solusi yang diberikan adalah makan pecel lele.

Untuk dapat lebih berkembang lebih pesat maka bisnis pecel lele mulai menggunakan berbagai macam teknologi. Jika menggunakan teknologi tersebut maka yang awalnya bisnis pecel lele tersebut hanya menjaring pelanggan sekitar lingkungan pecel lele saja kini mulai bisa menjaring pelanggan lebih banyak dan lebih luas. Bahkan melalui teknologi tersebut maka pelanggan tidak perlu pusing lagi akan membeli pecel lele karena menggunakan teknologi tersebut jarak dan waktu dapat diatasi dengan sangat mudah. Dimana teknologi tersebut biasa disebut dengan nama digitalisasi.

Arti digitalisasi ini akan sangat luas dan lebar seperti sebuah lautan namun jika kita berbicara akan digitalisasi yang berkaitan dengan mengembangkan bisnis menjadi lebih sukses maka akan berbicara mengenai hosting UMKM, website builder terbaik, beli domain dan hosting. Apalagi sebuah UKM sangat membutuhkan teknologi tersebut untuk dapat menjaring lebih banyak pelanggan yang membeli prodaknya.

PT.Master Web Network adalah sebuah perusahaan yang lebih memfokuskan pada jasa yang berkaitan dengan webhosting, yang mencakup domain name, shared hosting, vps, website builder, colocation server, dedicated server, managed server dan learning center. PT. Master Web Network berkecimpung pada bidang ISP sejak tahun 1996 dan di bidang web hosting sejak 1998. Sejak awal berdiri hingga sekarang PT. Master Web Network merupakan perusahaan yang selalu bergairah dalam memberikan layanan yang terbaik bagi para pelanggan, PT. Master Web Network sangat mengedepankan kepuasan pelayanan. Pada tahun 2015 PT. Master Web Network dipilih oleh Google Indonesia secara resmi menjadi Mitra Premium UKM.

Disini bisa dikatakan bahwa pihak PT. Master Web Network sebuah cara untuk melakukan digitalisasi pada UKM seperti pecel lele yang ingin mengibarkan bendera kesuksesan. Dimana produk yang dapat digunakan oleh para UKM yang disedikan oleh PT. Master Web Network adalah hosting umkm, website builder terbaik, beli domain dan hosting.

Untuk dapat benar-benar menarik maka tampilan yang diberikan jangan asal tempel tetapi harus juga diperhatikan. Bahkan kalau bisa atau diwajibkan tampilan yang diberikan berisikan tentang informasi akan produk ditampilan melalui tulisan, gambar, dan video. Ketika informasi hanya untuk menjadi para pelanggan yang tidak makan ditempat sedangkan untuk dapat menjaring para pelanggan yang mau makan ditempat tampilan yang diberikan harus mengandung unsur alamat yang mudah ditemukan dan dibaca bahkan oleh seseorang anak kecil. Tetapi terkadang para pelanggan yang mengakses layanan pecel lele tersebut ingin sekali memiliki informasi yang lebih lengkap. Oleh karena itu tidak ada salahnya didalam layanan yang diberikan oleh PT. Master Web Network yang digunakan oleh para UKM memuat berbagai informasi lainnya seperti forum tanya jawab sampai forum kritik dan saran agar lebih mendekatkan pengusan UKM dengan pembeli.

Pastinya dengan adanya prodak yang diberikan oleh PT. Master Web Network kepada UKM yang paling utama adalah menekan biaya promosi tetapi menarik lebih banyak target pelanggan. Bahkan dengan menggunakan produk yang ada di PT. Master Web Network usaha UKM pecel lele tersebut dapat ditawarkan diantarkan langsung ke pemesan tentunya dengan adanya ongkos kirim yang sesuai. Dengan adanya kurir pengantar makanan maka membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain khususnya bagi lingkungan pecel lele tersebut.

Dengan adanya tulisan ini yang membahas secara lengkap dari mulai bonus demografi (keutungan dan kerugian), sumber daya manusia, bisnis dikalangan anak muda, UKM, cara mengembangkan bisnis menjadi besar, sampai produk yang disedikan oleh PT. Master Web Network dapat membuat negara Indonesia khususnya masyarakatnya menjadi seseorang yang memiliki UKM. Apalagi ketika bonus demografi terjadi maka dibutuhkan banyak lapangan pekerjaan di negara Indonesia. Sehingga ketika bonus demografi datang ditambah lapangan kerja sudah banyak dikarenakan banyak UKM yang menyerap tenaga kerja maka bonus demografi dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk membuat negara Indonesia menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

Tentunya berhasil atau tidaknya tergantung pilihan anak mudanya. Mengapa anak muda karena anak muda adalah roda kehidupan negara. Jadi anak muda Indonesia kalian pilih yang mana?.

Web Builder Terbaik, Hosting UMKM, Beli domain dan hosting ya di masterweb saja.

Sumber gambar:

https://www.masterweb.com/

https://pixabay.com/id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembisnis Sebagai Tren Karir Anak Muda"

Posting Komentar